Refund Tiket Pesawat di Traveloka Tetap Lama Diproses, Meski Pakai Fitur “Jaminan Refund 100%”

Pada tanggal 26 Maret 2020 saya melakukan refund di aplikasi Traveloka, refund dengan alasan penumpang. Saya melakukan pembelian tiket pesawat Citilink rute Makassar-Surabaya pada tanggal 24 Februari 2020 dengan no pesanan 617074376. Pembayaran menggunakan cicilan kartu kredit BNI, saat itu saya juga menambahkan biaya jaminan 100% Rp 49.000,-. Sewaktu-waktu bisa melakukan refund jika ada alasan dari penumpang.

Traveloka mengatakan jika jaminan refund tersebut akan diproses selama 1 jam. Tapi kenyataannya saya menunggu sampai 7 hari, dana refund tersebut belum masuk ke limit kartu kredit saya.

Jaminan refund 100% dalam waktu 1 jamKemudian saya terus mencoba hubungi via call center Traveloka tapi telpon selalu sibuk karna ada lonjakan permintaan refund akibat Covid-19, akhirnya saya complain via email cs@traveloka.com. Customer service selalu mengatakan bahwa dana refund saya akan dikembalikan 100 % karena saya menggunakan fitur jaminan refund. Tapi masalahnya kebijakannya adalah saya disuruh menunggu estimasi 90 hari untuk proses refund dari maskapai.

Lalu yang jadi pertanyaan. Kenapa di aplikasi ada fitur jaminan refund 100% yang akan dikirim dalam waktu 1 jam. Mana buktinya? Sampai 7 hari pun saya lihat di aplikasi, di menu refund. Masih menunggu konfirmasi dari maskapai.

Tolong para konsumen atau pelanggan jangan dibohongi seperti ini, di aplikasi disebutkan jaminan refund 100 persen akan diproses selama 1 jam tapi kenyataan 7 hari lebih belum juga masuk ke limit kartu kredit saya. Seharusnya pelanggan yang sudah membayar jaminan 100% sejumlah 49ribu itu lebih didahulukan, dan prosesnya lebih cepat. Kalau harus menunggu estimasi 90 hari sama saja dengan proses refund jalur biasa tanpa ada jaminan.

Saya minta kepada Traveloka agar uang refund saya segera diproses dan dikembalikan ke limit kartu kredit saya, karena tagihan terus saja berjalan.

Terima kasih kepada media konsumen telah menampilkan surat pembaca saya.

Bagus Nur Agustianto
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:32    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Bagus Nur Agustianto

Kepada Yth Bapak Bagus Nur Agustianto, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan...
Baca Selengkapnya

Loading...

9 komentar untuk “Refund Tiket Pesawat di Traveloka Tetap Lama Diproses, Meski Pakai Fitur “Jaminan Refund 100%”

  • 2 April 2020 - (14:39 WIB)
    Permalink

    saya juga ngalamin mas hampir 1 bulan lebih nunggunya dan berbelit untuk minta pengajuan refund di ping pong dari pihak sana , bilang bahwa mengikuti regulasi maskapai dll dan maskapai pingpong kembali mengikuti regulasi traveloka sampai akhirnya saya pas dihari keberangkatan disistem saya masih muncul etiket padahal saya sudah mengajukan refund dan ditolak , jadinya saya tetap berangkat pas sampai dibandara tiket saya dinyatakan pengajuan refund ga jelas sistemnya mengacaukan sekai, sampe saya kebooth traveloka dan ga dapet jawaban , saya telpon ke cs traveloka jawabannya pun berbelit . dan kasus ke-2 covid 19 ini juga saya pengajuan refund padahal sudah jelas2 maskapai saya sudah membatalkan penerbangan saya dikarenakan force meajure tapi disistem tetap muncul tidak bisa refund, padahal regulasi jelas bahwa yang membatalkan pihak maskapai terkait covid-19 bukan saya pribadi.tapi sampai saat ini belum ada proses refund saya sudah hubungi via dm twitter,insytagram dan telepon.

  • 7 April 2020 - (22:45 WIB)
    Permalink

    5 april 2020 saya mengajukan refund dan tgl 6 april 2020 refund saya di setujui ,saya mendapatkan info email dari bank mandiri dengan menyebutkan dana refund dari PT TRINUSA TRAVELINDO telah di transfer sesuai nominal …
    Setelah saya cek di rekening saya ternyata masih belum ada dana transfer tersebut…
    Mohon pencerahanya dari pihak traveloka…

    • 28 Mei 2020 - (20:42 WIB)
      Permalink

      maaf mas mau tanya, apakah sudah masuk dana refund nya? dan apakah full refund nya sesuai konfirmasi email dari traveloka?
      kasus saya sama nih sepertnya.. trims

  • 9 April 2020 - (12:02 WIB)
    Permalink

    TOLONG KEPADA PEMEGANG REGULASI. Tutup ijin TRAVELOKA. Benar benar konsumen dirugikan sama traveloka. Betul jelas jelas ada kebijakan yg ditulis sendiri di website/aplikasinya TAPI DILANGGAR SAMA DIA. Konsumen sudah banyak kerugian pulsa, paket DATA utk menagih haknya. Kedepan tidak akan beli lagi ke traveloka. TOLONG LAH jangan dipersulit dan nyari keuntungan seperti ini. Contoh kasus saya tertulia disitu bahwa SQ menerapkan bebas biaya reschedule dan harga tiket. Malah sama traveloka kita suruh bayar hampir 8jt. Duuuuhhhhh getok banget ya dimasa masa kayak gini

  • 2 Mei 2020 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Traveloka, sy minta refund sy segera di kembalikan. Sy pesan tiket tgl 14 April 2020 pukul 15:08 wib dan saat itu sy langsung transfer. Lalu di saat itu klrg sy menahan sy utk pulang krn sy dianggap masih dlm keadaan kurang sehat, tepat di hr yg sama pukul 15:18 wib sy ajukan pembatalan sekaligus ajukan refund kpd traveloka, selanjutnya sy ikuti proses pengajuan refund, dan diakhir dituliskan bhwa REFUND DISETUJUI. Selang 2 hr sy langsung membeli tiket kembali, dan tetap menanti kapan dana refund sy kembali. Tolong ya traveloka klo kalian minta transfer pembyran dr konsumen itu semangat kali..cepat..cepat.. nah giliran balikin uang refund konsumen knp hrs tggu 90 hr, kalian gila ya??? Skrg mslh ekonomi sdg mewabah krn virus yg sdg mewabah jg, jd tlg laah jgn kau sulitkan hdp org di masa yg sdg sulit gni, gilakk lo yaaak???? Kembalikan dana refund sy segera, klo tdk maslh ini akan berlnjt dlm proses hkm. Kecewa…satu kata utk kalian.

  • 8 Mei 2020 - (04:48 WIB)
    Permalink

    Saya refund penerbangan 25 april, padahal sudah jauh jauh hari booking tiket pesawat sebelum ada info lockdown. Sampai sekarang dana belum kembali, udah tutup aja traveloka, tidak melayani konsumen dengan baik, respon pun berbelit dan susah di hubungi. Semakin lama semakin kelihatan buruk nya, kalau tidak segera di perbaiki, dan tanggapan kami pun para konsumen tidak ada di berikan kejelasan.

  • 3 Juni 2020 - (16:22 WIB)
    Permalink

    refund tiket pesawat di traveloka potongannya hampir 90%, gila ga nih. harga tiket 1.5 juta, cuma bisa refund 260 ribu dong 🙁

  • 6 Juni 2020 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Paling kurang ajar itu refund karena maskapai membatalkan penerbangan tapi prosesnya tidak jelas. Saya refund dari tgl.27 Maret 2020. Pemberitahuan katanya sampai dengan 90 Hari kerja. Katanya mengikuti regulasi mengenai aturan refund. Masalahnya kita yg mengajukan refund dari regulasi tersebut blm dikeluarkan kenapa terkena imbas nya? Lalu skrg kalau diperhatikan baik2 sudah ada ngmgan proses refund maksimal 90 hari atau bahkan bisa lebih. Gila kalau dipikir apakah mau menahan dana konsumen selama kondisi skrg ini? Gak mau rugi tapi jangan menahan hak orang lain,kepercayaan konsumen kepada kalian tapi bukan untuk di pergunakan seperti itu. Tolong diperhatikan dan dipertegas perihal refund dana konsumen. Tidak usah saling melempar tanggung jawab karena dari Kantor Official Maskapai mengharuskan proses lewat traveloka sedangkan traveloka menginformasikan menunggu persetujuan maskapai. Sungguh kalian terlalu banyak melempar tanggung jawab. Kalau konsumen khilaf kelupaan maka bisa saja kalian khilaf juga lupa dengan uang konsumen. Adalagi statement lucu kalian.
    “Dalam kondisi di mana tanggal keberangkatan Anda sudah lewat atau sebentar lagi tiba, Anda tidak perlu menghubungi kami atau maskapai kembali. Kami akan bekerja sama dengan maskapai untuk memastikan refund Anda bisa dituntaskan.
    Terima kasih atas kesabaran dan pengertian Anda.”
    Kesan biar gak usah diganggu dipertanyakan cukup percaya walau hasilnya tidak pasti. Kami beli tiket di kalian itu jelas dan sesuai fakta jadi bukan Halu yang kami butuhkan untuk pertanggung jawaban pengembalian dana refund dari kalian.

    • 12 Juni 2020 - (10:14 WIB)
      Permalink

      Saya membeli tiket penerbangan ykia-cgk untuk tanggal 1 mei 2020. Berhubung ada pandemi covid saya menerima email bahwa penerbangan saya dibatalkan. Pada tanggal 23 april 2020 saya mengajukan pembatalan. Tapi hingga kini dana refund jg belum masuk. Saya sudah menunggu hampir 2 bln tak kunjung ada kepastian. Contak cs juga hanya disuruh menunggu. Sedangkan tiket cgk-ykia untuk tgl 11 mei 2020 yang saya beli diaplikasi lain sudah dikembalikan secara penuh. Kemana lagi saya harus komplain?

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Refund Tiket Pesawat di Traveloka Tetap Lama Diproses, Meski Pakai Fit…

oleh Bagus Nur dibaca dalam: 1 min
9