Traveloka Belum Memproses Permohonan Refund Tiket Pesawat

Selamat malam,

Perkenalkan nama saya Muhammad Muhajir, saya merupakan customer setia Traveloka. Seperti kita ketahui semakin merebaknya virus COVID-19 membuat beberapa jadwal penerbangan dibatalkan bahkan masyarakat dilarang melakukan aktivitas keluar daerah, saya termasuk terkena imbas ini.

Saya mengajukan permohonan refund atas pembelian tiket saya pada tanggal 17 Maret 2020,  tujuan Medan- Pekanbaru menggunakan maskapai Lion Air, yang seyogyanya berangkat tanggal 28 Maret 2020 kemarin. Akan tetapi proses seakan dipersulit bahkan tidak diproses oleh Traveloka, hingga jadwal keberangkatan yang seharusnya telah lewat, dengan alasan masih proses persetujuan dari pihak maskapai 24 Maret 2020. Saya sudah coba menghubungi beberapa media yang disediakan oleh pihak Traveloka tapi semuanya dijawab dari mesin penjawab otomatis dan sama sekali tidak menyelesaikan pengajuan refund saya sampai sekarang.

Di samping itu saya juga ada melakukan pembelian tiket untuk 3 orang dengan tujuan Pekanbaru -Medan dengan penerbangan Citilink QG-929 untuk tanggal 2 April 2020, dan saya sudah melakukan pengajuan refund pada tanggal yang sama (17 Maret 2020) dan lagi-lagi diberikan jawaban yang sama, saya khawatirkan hal yang serupa akan berlanjut.

Sungguh saya sangat kecewa dengan Traveloka ini, saya sudah email, chat via aplikasi bahkan DM di IG Traveloka, tapi tetap tidak memberikan solusi dan hingga hari ini belum ada satupun tiket saya yang dikembalikan uangnya. Sungguh sangat memalukan untuk perusahaan yang digadang-gadang sebagai decacorn Indonesia kalau pelayanan konsumen seperti ini.

Saya membaca postingan Traveloka di Instagram terakhir tanggal 21 Maret 2020 dan semua isinya keluhan serta caci maki customer. Mohon kepada pihak Traveloka jangan memanfaatkan kesempatan di kala sebagian besar masyarakat ditimpa musibah seperti, sekali lagi ini sangat memalukan!!!!

Muhamad Muhajir
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Traveloka untuk Bapak Muhammad Muhajir

Kepada Yth Bapak Muhammad Muhajir, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Benar, hal ini sama seperti yang saya alami pembelian tiket pesawat citilink saya ditraveloka & tiket.com tdk kembali 100% walaupun refund tsb krn covid 19.

  • Pengalaman saya juga sama belum ada kejelasan sampai hari ini…
    1. Kronologinya dulu karena ada wabah covid 19 ini, jadi jadwal penerbangannya dipindah
    2. Akhrinya saya telpon cs citilink untuk ngajuin refund, katanya g bisa klo mu langsung di refund lewat citilink langsung .karena saya beli tiketnya lewat agent (di nusatrip,com. Maaf saya sebutin namanya)
    3. Sayapun akhirnya telpon deh cs agent itu, dan saya ceritain alasan knp saya ajuin refund bla…bla… Dan diterima oleh cs agent itu dan diproses. (SAYA TELPON DAN DIPROSES HARI ITU JUGA PADA TGL 10 APRIL 2020)
    4. Dan ada balasan e-mail dari agent bahwa proses refund tiket sedang diproses. Tinggal nunggu blsan dari pihak citilink untuk minta no rek bank yg akan menerima uang refund ini
    5. Saya tungguin sampe sekarang tgl 2 agustus 2020 (sejak ditulis tulisan ini) belum ada kabar2nya lagi, sayapun bingung g tau harus gimana. apa mmg karena nunggu wabah ini selesai atau g tau gmn kelanjutannya, smg saja dari pihak citilink ataupun agent tersebut merhatiin masalah ini juga harusnya. Inikan hak kita juga menerima pelayanan yg serius
    6. Tolong dari pihak citilink ataupun agent2 tiket agar memproses masalah seperti ini, dan juga tolong dengan memberi kabar bagaimana kelanjutannya. Karena banyak juga yg mengalami masalah soal pelayanan refund ini yg g memuaskan karena g jelas tindak lanjutnya…
    *mohon maaf dan terima kasih