Pelayanan Oxygen Home Mengecewakan

Saya adalah pelanggan baru saya berlangganan atas nama Surtiyem dengan no pelanggan 26600713, dengan alamat pemasangan wifi Oxygen home di Kayuringinjaya, Bekasi Selatan. Saya baru dipasang wifi tersebut pada tanggal 29 Maret 2020.

Lalu kemudian tak disangka pada tanggal 31 Maret 2020 internetnya mati, dengan lampu indikator LOS di modem menyala merah. Kemudian saya langsung laporkan kendala ke call center dengan nomor aduan 262676. Tapi teknisi baru datang di tanggal 2 April 2020, sekitar pukul 16.00 dan selesai perbaikan sekitar pukul 17.00 dan internet kembali lancar. Sekeluarga kami sudah senang. Namun pada sekitar jam 19.00 lampu LOS di modem tersebut kembali menyala merah dan kami pun kembali tidak bisa menikmati layanannya.

Kemudian saya telpon kembali call center dan infokan kondisinya, responnya adalah hari itu juga akan ditindak lanjuti. Namun hingga surat ini saya tulis tanggal 3 April 2020 pukul 8.30 tidak ada tindak lanjut apa-apa baik berupa telepon ataupun teknisi yang datang.

Memang, saat ini banyak sekali provider wifi rumah dan Oxygen salah satu yang menawarkan dengan harga murah dan bandwidth besar. Namun jika seperti ini percuma, lebih baik saya bayar lebih mahal. Jika Oxygen memang serius berbisnis ini, saya sarankan agar secepatnya ditindaklanjuti jika tidak ingin kehilangan pelanggan. Jika sampai siang ini belum ada perbaikan, maka saya akan tulis surat kembali agar tidak ada lagi konsumen yang terjebak seperti saya.

Terima kasih kepada media konsumen atas penyediaan wadah keluh kesahnya.

Imam Situmeang
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • mau tanya itu oxygen apakah sudah ip publik ?? krn stau saya msh ip local...

    • management oxygen.id itu memang perlu diperbaiki.
      banyak sekali keluh kesah saya sm oxygen.id ini

      1. Speed test
      pertama kali memasang oxygen dirumah saya, saya pasang yg "up to 100 Mbps" nyatanya saya bolak balik pake speedtest kecepatannya paling tinggi hanya diangka "50an Mbps" saat saya tanya salesnya, dia berdalih krna di test pakai hp, coba di test pakai laptop menurut dia. dan setelah saya coba ternyata hasilnya sama saja "hanya paling tinggi diangka 50an Mbps" (disini saya merasa tertipu)

      2. Perubahan Jatuh Tempo Pembayaran
      Perubahan Jatuh Tempo yang semena mena tanpa ada pemberitahuan lebih lanjut ke konsumen, yang biasanya saya bayar disetiap diakhir bulan skrg menjadi setiap tanggal 21, itupun saya mengetahuinya stlh internet dirumah saya tidak bisa digunakan sudah 2 hari, akhirnya saya cari tahu sendiri, ternyata krna saya blm membayar tagihan yang jatuh temponya di rubah semena mena tanpa pemberitahuan sebelumnya dr pihak oxygen.id
      (kekonyolan yang hakiki)

      3. Tidak ada Respon dr pihak oxygen.id
      setiap menghubungi call centre oxygen saya tidak pernah mendapat tanggapan, begitu jg dengan email saya ke oxygen, begitupula dengan pesan saya dr aplikasi oxygennya.
      pertama kali saya menghubungi cust care oxygen untuk menyampaikan keberatan saya tentang jatuh tempo tapi tidak ada tanggapan, begitupula tentang pengaduan gangguan jaringan, tidak ada jawaban sama sekali.
      (Kalian konyol)

      4. Kenaikan Tarif
      hari ini Rabu, 17 November 2021 saya baru membaca pesan dari Oxygen.id klo tagihan saya yang semula Rp 433.600 menjadi Rp 520.000 ini dalam rangka apa ya ada kenaikan di tagihan saya ?
      waktu awal pemasangan, saya tanya berkali kali sm salesnya "mas, ini harga promo akan flat seterusnya atau akan ada perubahan setelah 1 tahun saya berlangganan ?" dan jawaban dia "iya pak flat sampai seterusnya bapak berlangganan"
      lalu saya pastikan kembali "yang bener mas ? krna saya pake provider lain biasanya harganya hanya untuk 1 tahun berlangganan, setelah 1 tahun akan ada kenaikan harga" dan salesnya menjawab dengan sangat yakin "betul pak, ini harga flat selama bapak berlangganan"
      oleh krna jawaban sales yg sangat yakin makanya saya tertarik menggunakan oxygen.id
      dan eng ing eng, hari ini tagihan saya naik.
      hahahahha.
      (kalian sudah 2x menipu saya)

      klo saya disuruh mendeskripsikan oxygen.id, saya akan katakan dengan sangat lantang "Oxygen.id ITU KONYOL"
      dan saya sangat amat tidak merekomendasikan Oxygen.id digunakan untuk kerabat dan saudara saudara smuanya jika tidak ingin bernasib sama seperti saya dan yang lainnya.
      karena saya sendiri sudah memutuskan mulai saat ini akan berhenti berlangganan oxygen.id krna sudah terlalu muak dengan cara oxygen.id memberikan jasanya.

  • Maaf sebelumnya. Saya baru mau pasang tp di awal sudah dibuat kecewa. Di awal daftar kayanya mudah banget, saya sudah bayar bulan pertama setelah itu pemasangan. Tp saya nunggu lama gak di pasang2 sampe gak kerja 3hari. Bilang di hari pertama nunggu jadwal pemasangan, saya tunggu sampe malam gkada info, pagi saya follup bilang nya besok diusahakan jam 9 pagi dan telp cs pun blg jam 9 tp nihil juga, ini hari ke3 saya tunggu sampe siangpun blm datang juga teknisi aku hub sales disuruh tunggu bentar. Telp CS jadwalnya berubah lg jd besok. Makasudnya apa gitu kasih jadeal berubah ubah. Baru ini pasang internet banyak bertele tele nya.

    • Saya juga pelanggan yg bisa dikatakan tidak baru lagi. Pelayanan oxygen memang sangat mengecewakan saya pernah 2 bulan berturut turut merasakan jaringan Internet yang tiba2 tidak ada jaringan dengan indikator Los Merah menyalah... Ketika saya hubungi CS sehari normal lalu hari berikutnya terulang lagi. Dan yang paling mengecewakan adalah ketika keadaan pandemi ini yg mengharuskan karyawan WFH ini sangat menjadi kendala ketika dalam bekerja tiba2 layanan internet tidak ada. Kejadian tersebut terulang lagi saat ini dari hari sabtu tgl 17 Oktober 2020 dan sempat ketika menghubungi CS esok nya hari Minggunpagi sudah normal namun, mlm nya pukul 20.00 internet sudah tidak ada jaringan lagi. Dan hari ini senin tgl 19 oktober 2020 sampai jam sgini masih belum ada progres perbaikan dari pihak Oxygen... Tolong jadikan kenyamanan pelanggan sebagai keutamaan pelayanan anda Oxygen.

  • Sama dengan saya juga dari tanggal 30 November sampai saat ini tgl 3 desember belum ada petugas yg datang utk memperbaiki.. lampu LOS menyala merah.. setiap hari saya telp ke call center.. mereka hanya bilang dalam perbaikan dan akan secepatnya diperbaiki... apakah yg dimaksud secepatnya itu kuranh dari 1x24 jam??? Bahkan skrg sudah 4x24 jam.. apakah perusahaan yg profesional tidak dapat mengetahui estimasi dalam perbaikan?? Bagaimanakah SOP perbaikan LOS?? Mengapa msh lama?

  • Ternyata sama ya keluhan kebanyakan Costumer Oxygen. Service after sale nya terburuk! Untuk jaringan jujur aja saya uda pakai Indihome, Firstmedia, MNCplay dari ke empat itu memang jaringan terbaik adalah MNCplay sayang karena saya pindah rumah jd tidak ada jaringan nya dirumah baru. Akhirnya saya coba pakai Oxygen, ampun deh kalau complaint katanya 3x24 jam eh taunya teknisi datang pas 1 minggu lebih dr waktu complaint dan saat itu internetnya uda sembuh dengan sendirinya. Yang paling parah adalah marketing nya berani marah balik ke costumer saat costumer complaint karena kecewa dengan pelayanan nya. Sumpah saya complaint ke Indihome, Firstmedia aja baik CS maupun marketing nya ga ada yg pernah marah balik, mereka tetap sabar dan sopan hadapi keluhan costumer. Yakin nih kalau ga diperbaiki service after sale nya akan bernasib sama dengan beberapa provider yang uda lebih dulu bungkus!

    • Ada harga ada warna, itu kenapa indihome terasa mahal karena csnya mudah di hubungi, yg lain terutama warna biru kalo pake paket rumahannya jauh2 dah, kalo upgrade ke bisnisnya manusia yg jawab, yg rumahan habis pulsa nungguin bot..

  • wah saya baru mau mengajukan oxygen hari ini, setelah melihat reviewnya yang gak bagus.. saya cancel saja kalau begitu

  • Surat pembaca ini ditulis di 2020 dan kemudian saya mengalami hal yang sama di Juni 2021 ini.

    Mungkin ini ISP yang tidak punya service level agreement (SLA) atau mudahnya SOP penanganan terhadap keluhan/kendala yang dialami pelanggannya.

    Kalau bisa nggak kasih bintang untuk review, saya akan kasih zero star buat provider ini. Pilihlah provider lain dibanding harus pilih provider ini. Mahal dikit dan ada kuota gak masalah, asal customer handling-nya bisa diandalkan.

    6 bulan berlangganan sejak Desember 2020 s.d. 16 Juni 2021 seakan baik-baik saja, sampai akhirnya tiba-tiba gak connect dan malapetaka itu kemudian datang, internet saya LOS merah.

    Coba telepon CS di nomor 50551155 dan akhirnya teknisi datang setelah H+2 LOS itu. Itu juga harus ditelepon secara intens 3 kali sehari. Baru dinikmati 1 hari secara normal, besoknya LOS lagi. Coba telepon CS lagi dan akhirnya teknisi datang di H+2 lagi setelah kejadian. Pada saat itu juga, saya langsung ajukan pengakhiran kontrak berlangganan dengan provider ini.

    Untuk pengajuan pengakhiran kontrak berlangganan pun sama saja, customer handling-nya sangat sangat lambat. Saya ajukan di 21 Juni 2021, sampai hari ini (24 Juni 2021), CS hanya bisa mengeskalasikan informasi dan meneruskan ke tim internal. Itupun sama saja, saya juga harus telepon setiap hari, harus kontak via IG dan Twitter untuk segera mengambil perangkatnya. Padahal saya pun siap untuk bayar pinaltinya. Saya sudah sampai di tahap "yaudahlah", lebih baik saya bayar pinalti 500rb (karena belum genap 1 th kontrak berlangganan), daripada saya harus buang energi untuk komplain, komplain, dan komplain.

    Saya yang salah juga kok bisa dulu kepincut untuk pakai provider ini. Tapi ya manusiawi juga, siapa yang tidak tertarik dengan speed cepat dan harga murah. Murahnya itulah yang kemudian menjadi kompensasi untuk lambatnya proses penanganan keluhan pelanggan di provider ini.

    Buat Anda semua yang ingin berlangganan provider ini, baiknya dipikir ulang dulu. Pertimbangkan semua review yang ada di sini. Saya yakin reviewer yang menulis di sini sudah jengah dan berada di puncak kekesalan terhadap provider ini.

  • ya sama saya juga sangant kecewa dengan pelayanan oxigen betapa kami sangat di rugikan disaat kami butuh internet untuk belajar anak2 kami dan disitu juga pelayanan oxigen sangat mengecewakan padahal baru tgl 23 saya bayar internet sudah beberapa kali kami mengalami loos,,dan saat waktu2 genting yang dibutuhkan anak2 kami mengejar waktu untuk mengerjakan tugas disaat itu juga oxigen sering mengalami loos,,tolong ya segera perbaiki layanan oxigen yang lelet,,,setiap kami di kasih nomor hp pasti jawabannya "emang pasangnya sama siapa" lah kan tentunya sama orang oxigen dong masa saya mau pasang tarik kabel sendiri kalau pasang baru pelayanan cepat tapi kalau keluhan lama

  • Oxygen internet provider, jangan pernah tergiur oleh harga murah. Waktu menghubungi, dengan manis salesnya berkata, proses pemasangan paling lama 2 hari setelah transf pembayaran. Memang benar setelah transfer, besok langsung ada teknisi instalasi, tetapi jaringan tidak ada. Kembali menghubungi sales, yang katanya menunggu perluasan jaringan. Jadi saya jawab kalau menunggu perluasan jaringan itu pasti lama tidak mungkin dalam 1 minggu selesai.
    Membaca banyak review yg begitu buruk, jadi saya memutuskan untuk membatalkan saja, dari pada ke depannya mesti complain terus.
    Sales meminta no rek. ,.... diberikan ....,, esok hari saya tanya, apakah sudah direfund? ... esoknya dijawab, masih proses. Setelah itu no wa saya di blok, hanya setelah jawab langsung di blok ..... kemudian saya tanya ke call center ... singkatnya dijawab butuh waktu 14 hari, karena kebijaksanaan kantor. Jadi dengan nada agak tinggi saya mengatakan 14 hari ????? Dijawab lagi oleh call center, paling lama pak 7 hari. Karena sudah malas ribut hanya dengan uang 327k saya tutup telp.
    PERTANYAAN SAYA. Mengapa ada provider separah ini, dengan review negatif begitu banyak didiamkan saja oleh pihak berwenang? Apakah terjadi pembiaran terhadap apa yang terjadi? Apa gunanya atau bagaimana regulasi dengan badan terkait menkominfo?
    Tulisan ini juga saya sebar ke berbagai media, jadi jangan sampai ada kejadian lagi seperti ini terhadap yang lain.
    Jika memang pihak oxygen membaca review ini saya tunggu niat baiknya..... tidak apa saya kehilangan uang 327k. Tetapi anda akan kehilangan nama baik dan reputasi diri anda sendiri.
    Sekali lagi saya tunggu niat baik anda.
    INGAT BAGI CALON KONSUMEN OXYGEN HATI HATI
    ditulis tgl 14 Okt. 2021

  • saya langganan oxygen, karena akan renovasi rumah maka saya hold alias tidak diaktifkan tetapi hanya boleh 3 bulan meski saya minta diberi kebijakan lebih dari 3 bulan karena rencana renovasi lebih dari 3 bulan, tetap tidak boleh. Setelah itu tagihan datang dan saya minta holdnya dilanjutkan karena memang belm bisa dipakai/renovasi blm selesai. oleh petugasnya saya disuruh bayar satu bulan dulu baru bisa hold lagi, padahal saya ga mungkin menggunakan layanan tersebut. Saya terkesan masuk jebakan. semoga layanan oxygen bisa diperbaiki.