Permohonan Relaksasi atau Penangguhan Pembayaran Kredivo

Sehubungan dengan wabah Covid-19. Saya mengajukan permohonan relaksasi ke pihak Kredivo, untuk bulan depan sampai situasi normal kembali, karena sudah dipastikan hotel tempat saya bekerja akan tutup sementara. Berulang kali saya sampaikan meminta petunjuk dan prosedur teknis cara pengajuannya melalui chat aplikasi tapi seakan tidak dihiraukan. Jawaban pihak Kredivo hanya menyarankan untuk tetap bayar seperti biasa sebelum jatuh tempo untuk menghindari biaya keterlambatan 4% dan bunga sebesar 6%. Kalau begitu seakan tidak peduli akan situasi saat ini.

Sebagai catatan saya tidak pernah telat bayar tapi kembali saya sampaikan ini himbauan dari pemerintah jadi hotel saya bekerja tutup sementara. Lalu mau bayar dari mana? Sedangkan gaji sudah dipastikan tidak akan mencukupi untuk bulan depan.

Mohon tanggapi ini dan berikan solusi, saya selaku warga negara yang baik ikut anjuran pemerintah dan pihak Kredivo sudah sepatutnya ikut peduli Akan situasi seperti ini, tidak dda yang menginginkan situasi ini terjadi.

Muhammad Ikbalul Khoer
Cibeureum, Cimahi Selatan
Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Muhammad Ikbalul Khoer

Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Bapak Muhammad Ikbalul Khoer di Media Konsumen tanggal 3 April 2020 yang berjudul “Permohonan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Tolong kebijakan dari pihak kredivo untuk mengerti situasi negara kita ini yang terdampak pandemik covid 19,bukan kita tidak mau membayar,tapi dikarenakan kita dirumahkan dan untuk sementara tidak punya penghasilan,mohon kredivo untuk relaksasi pembayaran kita,sesuai dengan anjuran pemerintah,terima kasih

  • TOLONG DENGARKAN DAN PATUHI PERINTAH PRESIDEN BAPAK JOKOWI

    Saya pengguna kredivo, saya selama ni tidak pernah untuk terlambat membayar
    Dan tolong dengan adanya wabah covid 19 ni tolong agar bapak /ibu untuk menunda sementara agar pembayaran kredivonya ditunda...
    Karna kita juga bingung harus membayar dengan apa sedangkan kita slalu dirumah saja dan liburkan kerja nya...
    Coba jikalau kalian diposisi kami , kami harus bagaimana untuk membayar nya
    Dan dengan apa kita harus membayar nya
    Tolong maklumi dengan keadaan ni

  • Untuk pihak kredivo saya mohon maaf tidak bisa membayar cicilan kredivo karna saya kerja di rumah kan dan tidak diberi upah atau yg lainnya bagaimana saya membayar cicilan saya, mohon untuk pihak kredivo untuk sementara waktu penangguhan cicilan kredit saya mohon ditangguhkan, misalkan sudah normal semuanya dan boleh beraktifitas atau bekerja lagi dari uk. Atau pemerintah saya akan membayarnya, tolong dimengerti dan diberi kelonggaran, karna buat makan perhari pun saya bingung dan muter otak buat anak" saya mohon kebijaksanaannya, terima kasih

  • Ya tuhan hari ini sy kesel banget...secara sy dpt tlp dr cs kredivo..sy memang memiliki cicilan yg memang seharus d bayar pada 4 hr lalu...sy angkat tlp nya yg bicara terdengar dengan jelas suara perempuan yg lantang menanyakan kpn sy bs membayar cicilan nya ..sy JAwab seada nya karena memang Sy blm ada uang nya. posisi sy sdh libur bekerja sejak sebulan lalu krn ada nya virus covid 19 ini,perusahaan mana yg Mau memberi gaji cuma2 pd saat ini..pst ga mungkin kan yg ada pun pst kepending dan blm ada kejelasan terlebih lagi sy bekerja d tempat hiburan / k*****e.cs tersebut begitu ketus menanyakan kesedian sy untuk membayar pd mlm ini jls sy tolak krn memang sy ga ada pegang uang,dan sy pun bukan tdk Berusaha sy udh cari pinjaman sm sodara tp blm dapat jawaban,cs tersebut terus bicara dgn nada menakan hingga akhirnya suami sy dengar dan menanyakan tlp dr siapa sy jwb dr kredivo ,suami sy ambil alih tlp nya suami sy blg klo qt memang blm ada uang,tp c cs itu trs aja menekan dgn nada yg tdk mengenakan hingga akhir nya suami sy terpancing juga dan emosi suami sy blg ya sdh minta dtg aja colectornya toh qt bkn niat bkn tdk bayar krn posisi nya blm ada uang krn krj pun qt d liburkan..cs itu masih dgn nada nya dia yg lantang keukeuh tdk mau tau klo paling terakhir besok siang ..suami sy jwb lg klo blm ada uang nya bagaimana mau byr bsk ,tetep aja tuh cs maksa...masih dr pihak kredivo tdk ada kelonggaran bwat qt sy tlt br 4hr ..ini kali ke 3 sy...sebelum2nya sy tdk prh telat sama skli..bahkan blm tanggal Jatuh tempo nya pun Sy byr klo memang sdh ada uang nya...tolong kebijaksaan nya pd masa pandemi ini,bkn kemauan sy untuk lalai byr cicilan..toh smwa org tau bahkan seindonesia tau klo pada saat pandemi covid 19 ini..banyak sekali perusahaan2 yg tutuP bahkan karyawan nya pun d liburkan...apakah memang SOP nya hrs seperti itu tlp dgn nada2 yg krg mengenakan..pemerintah saja sudah jelas mengumumkan Kpd perusahaan2 besar contoh nya leasing bahwa akan ada restruktur cicilan..masa dr kredivo ga bs sih.

  • RINGKASAN EKSEKUTIF
    PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 11/POJK.03/2020 TENTANG
    STIMULUS PEREKONOMIAN NASIONAL SEBAGAI KEBIJAKAN COUNTERCYCLICAL
    DAMPAK PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE 2019
    (POJK STIMULUS DAMPAK COVID-19)
    1. Perkembangan penyebaran coronavirus disease 2019 (COVID-19) berdampak secara
    langsung ataupun tidak langsung terhadap kinerja dan kapasitas debitur termasuk
    debitur usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sehingga berpotensi
    mengganggu kinerja perbankan dan stabilitas sistem keuangan yang dapat
    memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, untuk mendorong
    optimalisasi fungsi intermediasi perbankan, menjaga stabilitas sistem keuangan,
    dan mendukung pertumbuhan ekonomi diperlukan kebijakan stimulus
    perekonomian sebagai countercyclical dampak penyebaran COVID-19.
    2. Pokok-pokok pengaturan POJK Stimulus Dampak COVID-19 antara lain:
    a. POJK ini berlaku bagi BUK, BUS, UUS, BPR, dan BPRS.
    b. Bank dapat menerapkan kebijakan yang mendukung stimulus pertumbuhan
    ekonomi untuk debitur yang terkena dampak penyebaran COVID-19 termasuk
    debitur UMKM, dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.
    c. Debitur yang terkena dampak penyebaran COVID-19 termasuk debitur UMKM
    adalah debitur yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban pada Bank
    karena debitur atau usaha debitur terdampak dari penyebaran COVID-19 baik
    secara langsung ataupun tidak langsung pada sektor ekonomi antara lain
    pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertanian, dan
    pertambangan.
    d. Kebijakan stimulus dimaksud terdiri dari:
    1) Penilaian kualitas kredit/pembiayaan/penyediaan dana lain hanya
    berdasarkan ketepatan pembayaran pokok dan/atau bunga untuk
    kredit/pembiayaan/penyediaan dana lain dengan plafon s.d Rp10 miliar; dan
    2) Peningkatan kualitas kredit/pembiayaan menjadi lancar setelah
    direstrukturisasi selama masa berlakunya POJK. Ketentuan restrukturisasi
    ini dapat diterapkan Bank tanpa melihat batasan plafon kredit/pembiayaan
    atau jenis debitur.
    e. Cara restrukturisasi kredit/pembiayaan dilakukan sebagaimana diatur dalam
    peraturan OJK mengenai penilaian kualitas aset, antara lain dengan cara:
    1) penurunan suku bunga;
    2) perpanjangan jangka waktu;
    3) pengurangan tunggakan pokok;
    4) pengurangan tunggakan bunga;
    5) penambahan fasilitas kredit/pembiayaan; dan/atau
    6) konversi kredit/pembiayaan menjadi Penyertaan Modal Sementara.
    f. Bank dapat memberikan kredit/pembiayaan/penyediaan dana lain yang baru
    kepada debitur yang telah memperoleh perlakuan khusus sesuai POJK ini
    dengan penetapan kualitas kredit/pembiayaan/penyediaan dana lain tersebut
    dilakukan secara terpisah dengan kualitas kredit/pembiayaan/penyediaan dana
    lain sebelumnya.
    g. Bank menyampaikan laporan berkala atas penerapan POJK ini untuk monitoring
    Pengawas sejak posisi data akhir bulan April 2020.
    h. Ketentuan ini berlaku sejak diundangkan sampai dengan tanggal 31 Maret 2021.
    Apakah surat diatas tidak pernah diterima oleh pihak Kredivo??tolong dijawab oleh pihak Kredivo,Terima kasih

    • Gak berlaku untuk kredivo kak. Kata kredivo penangguhan hanya berlaku untuk bank umum konvensional. Saya jg terlambat 10 hari. Keluarga dan kawan2 sudah diteror telepon. Tidak ada sama sekali keringanan di saat situasi seperti ini.

  • ngeri ahh ne kredivo baru telat 2 minggu tagihan nya udah 2 x lipat memang gak ada hati nurani nya ni kredivo , tolong dong kredivo kita kan bukan mau kita tidak bayar karna keadadan kita lagi susah kerja , kerja diliburkan gaji pun dikurangi cmana kita mau byr smentara kebutuhan rumah bnyak , tolong lah kredivo kasih kami keringanan

  • Dh.

    Bukan maen dah tuh CS kredivo kalau udah telpon males banget ngangkat saya,pen bet di lakban mulutnya kaga ada sopan sopannya tau gak,lu manusia apa kadal gak pernah susah lu hidup ya,,,,ok sabar tapi kalau dia udah telpon hanya bahasa dia yang harus di menegerti, so bet cantik CS gua sumpel juga loh.

    Segitu yang ingin saya sampaikan terimakasih,besok besok kalau ngambil pekerja buat cs itu yang ramah.

    Hs,
    Taipalo samilaona

  • Eh sama nih !
    Beberapa hari ini diteror sama kredivo, pengguna 2 tahun dengan kredibilitas kredit lancar tanpa pernah nunggak sekalipun.
    Baru hari ini telat belum sampe seminggu di tagihnya kaya orang telat bayar berbulan-bulan dan kaya nasabah baru.
    Kredivo perusahaan besar dan pelopor fintec tapi gada sama sekali rasa kemanusiaan. Beda sama dhana pala dan amar bank yang masih sopan dan kemanusiaan dalam menghadapi musibah ini. Gaes next kalau kita udah lunas ga usah dipake lagi ini applikasi, kita rakyat yang kena musibah PHK masal kaya gini dia gamau tau padahal mereka hidup juga dari bunga kita.
    Kita rakyat indonesia lagi gotong royong buat hadapin wabah ini bersama, lah ini kredivo malah nambah penderitaan gada sama sekali care sama rakyat! Kita tau kita salah tapi masa gada kebijaksanaan ? Setidaknya cari collector itu yang sopan.

    Yth Kredivo coba tolong di meetingkan masalah ini , setidaknya beri penangguhan cicilan dengan bunga perbulan tetap berjalan, dan ga perlu teror teror orang lagi pada depresi berjamaah anda mau tanggung jawab sampai ada orang bunuh diri karena anda meneror?? Pahami kondisi dan situasi negara lagi depresi berjamaah anda meneror seperti iti buat depersi orang makin parah, beda cerita kalo situasi negara lagi fine orang mau usaha juga gampang lah sekarang mau usaha kanan kiri pada sama sama susah gimana mau cari ??

    Rakyat bisa aja boikot kredivo after corona gone loh masih ! Its easy apalagi skr lg PHK berjamaah anda hati hati bertindak badai itu ga selama nya, nanti kalau rakyat udah bangkit lagi gamau pake kredivo baru tau..
    Karena tau betapa kejam nya kredivo. Jangan sombong mungkin skr kredivo yang terbesar tapi dengan seperti ini akan bikin kabur nasabah punya krdibilitas baik lari ke perusahaan lain suatu hari nanti juga ada saingan yg lebih baik dari kredivo.

    Kenapa saya bilang kejam orang yg ga pernah nunggak juga sama sama diteror berati itu kan menandakan dia gamau ada excuse atas apa yang terjadi
    apalagi sama yg nunggak gatau deh di gimanain duh!

    Kita aduin OJK aja nih perusahaan,

  • mohon diinformasikan ya kalau memang bisa, saya juga terdampak akibat wabah ini, bingung juga mau pembayaran iurannya.

  • Semoga karyawan kredivo bisa merasakan efek dari pandemi covid ini, kalau gak positive virusnya ya dirumahkan juga gitu, minimal kena pemotongan gaji dari perusahaannya. Agar tau bagaimana menderitanya para konsumen yang sudah mereka zholimi. Setelah wabah ini selesai tak akan pernah pakai aplikasi kredivo lagi.