Akun Akulaku Saya Dibobol oleh Hacker dan Nomor HP Diganti

Pada hari ini tanggal 03/04/2020 kurang lebih pkl.09.10, saya mengalami peretasan/hacking pada akun e-commerce Akulaku, yaitu akses login menggunakan no.hp telah diubah oleh pelaku dan pelaku mengakses pembelian dan dikirimkan ke alamat yang dia buat.

Saya sudah hubungi pihak Akulaku dan sudah dibuat pelaporan untuk dibekukan akun dan kredit limit sementara. Saya juga sudah mencoba untuk ambil alih kembali akun saya dan sempat berhasil dan saya lihat pelaku sudah membeli beberapa unit barang yaitu HP dan Mainan Drone dengan total harga mencapai RP5,7 juta. Setelah itu akun saya diambil alih kembali dan sampai malam ini saya belum bisa akses.

Saya sudah mendapatkan nomer HP pelaku dan mendapatkan bantuan kepada teman saya untuk trace no.hp tersebut dan mendapatkan datanya. Pada hari ini pihak Akulaku sedang memproses permasalahan ini, jika sampai esok hari permasalahan ini tidak dapat diselesaikan oleh pihak Akulaku, saya akan mengajukan ke pihak yang berwajib dan meneruskan ke pihak OJK.

Sistem Akulaku yang saya lihat sangat lemah sekali, proses pergantian nomer HP tidak memerlukan OTP, seharusnya jika ada perubahan profil apapun apalagi masalah no hp yang entiti nya sebagai login aplikasi, Jika pihak Akulaku melihat surat ini, saya akan memberikan bukti data-data bahwa saya tidak melakukan pembelian apapun.

Sugianto
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Akulaku:
[Total:9    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

12 komentar untuk “Akun Akulaku Saya Dibobol oleh Hacker dan Nomor HP Diganti

  • 12 April 2020 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Sama akun aku laku saya jg ada yg ngeheck trs dia belanja pakai limit saya,, trs skrng saya pingin ngebatalin pesenanan yg telah dipesen sama itu orang??? Saya udah email trs nelpon kece aku lakunya tpi sampai detik ini ga direspon2…

    • 12 April 2020 - (12:55 WIB)
      Permalink

      Coba terus tlp mba, k cs akulakunya pastikan pembelian di pelaku di batalkan dan tegaskan bahwa jika pembelian tersebut bukan mba yg melakukan dan jangan mau bayar jika kedepannya ada tagihan ke mba.
      lalu laporkan masalah ini ke berbagai media layanan konsumen seperti yang saya lakukan : YLKI, OJK dan muatkan perihal masalah yang dialami ke media berita online, serta kuatkan dengan bukti2 screenshoot aplikasi akulaku yg di bobol buatkan ke pdf dan print dan bawa ke kantor polisi terdekat sebagai laporan tindakan penyalahgunaan.

      saya juga lagi nunggu dari pihak akulaku yang katanya mau tlp saya dan sampai saat ini ga ada sama sekali tlp masuk dari pihak AKULAKU.

      salam,
      Sugianto

      • 30 November 2020 - (14:09 WIB)
        Permalink

        Sama Mas akun saya juga tgl 28 Nov 2020 jam 17.40 di retas. Tiba tiba ada notifikasi kalo akun saya login dari perangkat lain. Padahal waktu itu juga tidak ada otp masuk ke hape saya. Singkat cerita saya telpon Vs Akulaku dan teryata nope saya tidak terdaftar di Akulaku. Setelah itu si Cs bilang no saya telah di ganti dengan no lain. Setelah bisa login ke akun Akulaku saya lagi teryata limit saldo saya sudah di kuras habis oleh si peretas Mas. Apa yang harus saya lakukan Mas kalo sampe saya harus menagung cicilan Akulaku yang bukan saya lakukan?

        • 30 November 2020 - (14:46 WIB)
          Permalink

          Pak asho ? Apakah bapak juga korban hack ? Saya juga terkena namun saya blm bisa kembali ke akun saya karena harus menunggu 3 sd 5 hari ini.
          Apakah langkah2 yang bisa ditempuh untum menghadapi kasus spt ini?
          Mohon saling share nya pak..terima kasih

          • 30 November 2020 - (18:08 WIB)
            Permalink

            Coba Bapak login pake NIK Pak. Cs ya waktu nangagnin kasus saya yaranin seperti itu. Dan bisa login . Tapi Yach akun saya sudah di bobol sampe ludes oleh si peretas.

      • 30 November 2020 - (14:53 WIB)
        Permalink

        Mas saya juga korba hacker di Akulaku Mas. Bisa share kontak wa/telon Mas buat tanya tanya. Masalahya limit saya yang di bobol hampir 10jutaan dan saya tidak mau kalo saya yang harus menanggungnya.

  • 12 April 2020 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Saya udah bosen nelponin trs pihak cs aku lakunya tpi ga pernah ditanggapi maslh yg saya hadapi saat ini.. Trs disruh nungguin buat bbrpa hari tpi sampai detik ini ga ada sama sekali nelpon saya..
    Salam Pak sugianto..

  • 12 April 2020 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Dan saya jg punya bukti ada pesenan yg telah dipesen sama yg ngehecknya dan no no telponnya jg saya masih disimpen..

  • 12 April 2020 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Oke emang parah sih cs suruh tunggu mulu, saya pun begitu, oh iya ini kejadiannya udah berapa hari, jika bisa pulihkan akun dengan minta di pandu sama cs nya, lalu cek barang itu sudah terkirim atau minta cek ke cs kalo sudah dpt no resinya lalu mba trace pengirimannya jika masih dlm pengiriman mba langsunh tlp ke pengirimannya misalkan jne mba tlp k jne bilang barang itu jangan dikirim saya kena bobol akun dan itu fraud, nanti minta bantuan pihak pengiriman gimana cara membatalkannya.

    soalnya dari pihak akulaku cuma kasih info ke kita lwt pemberitahuan di aplikasi saja tidak info ke email ataupun no tlp kita jadi kita dipersulit untuk menggagalkan secara mandiri ini nih bobrok nya akulaku.

    mba bisa email ke saya dan saya akan bantuin step2 nya, soalnya td saya udah cek 1 unit berhasil di gagalkan oleh pihak akulaku dan 1 unitnya ngga nah yg ngga ini kita cegat melalui sisi pengiriman.

    email ke ughycode@gmail.com

    saya akan terangkan dan bantuin karena kita smaa2 dirugikan.

    • 2 Juni 2020 - (14:34 WIB)
      Permalink

      Pak sugianto, itu alamat pengiriman nya sama persis dengan peretasan di akun saya. Peretas melakukan transaksi pembelian HP Oppo Reno dengan alamat pengiriman tersebut. Sudah hampir 2 bulan sejak pelaporan saya tanggal 18 April 2020 belum mendapat tanggapan apapun dari Akulaku. Saya sudah menghubungi berkali-kali tapi hanya disuruh menunggu.
      Boleh tolong update perkembangan kasus yang bapak alami. Terimakasih

  • 12 Juli 2020 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Dh Admin,

    Untuk kasus ini saya sudah solve , mohon untuk ditutup postingan ini,

    saya terima kasih banget atas adanya media konsumen, walau pihak akulaku tidak balas ,untuk case ini tapi mungkin tim akulaku melihat berita ini.

    sgnto

  • 30 November 2020 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Dear Pak sugianto
    Bisa di share ke kami para korban hacker akun akulaku? Perihal solve masalah nya ?

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Akulaku?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Akun Akulaku Saya Dibobol oleh Hacker dan Nomor HP Diganti

oleh sugianto dibaca dalam: 1 min
12