Surat Pembaca

Terbitkan POJK untuk Pinjol/P2P Lending untuk Membantu Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Yth OJK,

Salam Hormat,

Saya Taufik, wirausaha dan pegawai di salah satu di industri perdagangan milik swasta. Saya berterima kasih atas kebijakan yang tertuang di POJK terkait relaksasi yang diberikan pada Bank Konvensional/Syariah maupun Lembaga Pembiayaan. Namun kenapa untuk Jasa Keuangan P2P Lending belum ada regulasinya?

Situasi saat ini saya lihat sudah semakin buruk, banyak P2P Lending bahkan tidak membuka lagi (peminjaman kembali) saat setelah nasabahnya melunasi kewajibannya. Entah dikarenakan plafon yang diberikan OJK sudah habis, atau banyak debiturnya yang macet. Padahal masalah utamanya saat ini adalah nasabah kesulitan mencari penghasilan dikarenakan pandemi covid-19.

Ada juga debitur yang tetap beritikad baik dengan setidaknya membayar bunganya (dengan cara membayar full pokok pinjaman+bunga dengan harapan dapat meminjam kembali pokok pinjamannya) ini semata-mata dilakukan debitur untuk tetap beritikad membayar, dan berusaha untuk bertahan hidup di situasi seperti ini. Namun tetap saja ada yang tiba-tiba memberikan alasan maintenance sistem (entah betul atau tidak), saya juga pernah dengar ada yang bilang bahwa area debitur termasuk berisiko covid-19.

Kondisi saat ini yang membuat debitur pasti semakin kesulitan untuk mempunyai dana cadangan untuk bertahan hidup, dikarenakan setelah dibayar, dia tidak bisa meminjam lagi (untuk mendapatkan pinjaman pokoknya). Belum lagi dengan calon debitur baru yang masih belum mendapatkan kejelasan kapan dana dicairkan oleh P2P Lending.

Fenomena ini terjadi tidak lain dikarenakan POJK saya kira belum ada untuk P2P lending, perkiraan saya akan banyak collection yang tidak mau tahu kondisi debiturnya. Bahkan bisa saja mengancam dengan hal-hal psikologis yang dapat membuat masyarakat semakin stress mengahadapi hal ini. Kiranya OJK sebagai pengawas kegiatan P2P Lending dapat mengambil sikap atas fenomena tersebut.

Jangan tunggu ada pergesekan dari collection dan NPL (debitur macet). Saat ini masyarakat kondisi dalam berbagai macam kondisi. Pembayaran macet tidak semata-mata karena menghindar, tapi memang ada alasannya. Baik itu dirumahkan, PHK, penghasilan turun drastis, dll.

Mohon dibantu oleh pihak terkait agar regulasi terbit seperti POJK untuk Bank Konvensional/Syariah/Leasing.

Taufik
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Buset dah home credit telfon nagih cicilan bulan ini sampe" ngancem mau datangin pihak lapangan klo ga di bayar la gmn mau bayar buat makan aja ga ada orderan sepi tolong OJK beri penjelasanya apa di perbolehkan pihak lapangan mendatangi nasabah di tengah kesulitan ekonomi kaya gini

  • mohon pihak ojk berpihak ke masyrakat kecil seperti saya mungkin yg lain cuma bs bertahan hidup dengan apa adanya apalagi situasi ekonomi semakin sulit Ya Allah buka mata hati mereka supaya melihat rakyat dan pro rakyat

    • Sekarang P2P lending juga was2 dimasa pandemi ini. Mereka pasti galak2 nagihnya dibanding bulan2 sebelumnya karena kahawatir debiturnya pada skip dgn alasan macem2. Mereka iming2 bisa ngajuin lagi dalam hitungan menit padahal mah begitu bayar langsng di lock pencairannya. Ane gak pernah minjem tp ngerti alurnya mereka, karena mereka paham yg pinjem itu buat nutup lobang yg lain.

  • Maap hanya kasi saran. Saya perkirakan saya juga akan mengalami gagal bayar. Tapi Yg namanya hutang ya tetap harus dibayar. Tapi kalau tidak bisa bayar. Ya sudah kita ikut aturan pemerintah saja. Yaitu di blacklist tidak bisa dapet pinjaman lagi

    Sekian terima kasih

  • Salam sejahtera saya nasabah pinjol di appk kredit pintar dn uku mengaku agak kecewa atas ketidak produktif sudah tau keadaan lgi sulit memohon untuk mendapatkan realisasi atau kelonggaran cicilan tpi tetep engga bisa padahal untuk saat ini saya tidak bisa membayar langsung penuh tolong pihak meditasi seperti ojk dn fintech tolong beri kami kelonggaran cicilan agar bisa dicicil dn bunganya tidak jalan terus pusing tiap hari negosiasi dan dcnya engga ada perubahan kami hanya pekerja kecil yang penghasilan tidak menentu

Penulis
Mohamad