Surat Pembaca

Penipuan Mengatasnamakan Customer Service Bank BRI untuk Aktivasi Kartu Kredit

Pekanbaru tanggal 23 Maret 20 pukul 16:00 saya menerima panggilan telepon dari nomor 021291829** yang mengatasnamakan customer service kartu kredit Bank BRI. Begitu telepon saya angkat, dia langsung tahu nama saya. Dia juga tahu kalau saya baru menerima kartu kredit.

Dia menanyakan apakah kartu kreditnya sudah saya terima dan sudah diaktifkan apa belum? Dia juga memberikan info bagaimana cara mengaktifkannya. Posisi waktu itu kartu memang belum saya aktifkan, tapi si penipu meminta saya aktifkan kartu kredit tersebut sambil menjelaskan bahwa akan ada penghapusan biaya iuran tahunan selama seumur hidup dan promo-promo lainnya yang dia tawarkan.

Tanpa saya merasa curiga saya langsung mengiyakan kalau saya mau program promo tersebut, dan dia langsung verifikasi ulang data saya. Tidak lama kartu saya aktifkan dan saya buatkan PIN. Si penelepon bilang kalau kartunya sudah diikutkan program tersebut dan dia akan menelepon ulang saya. Namun setelah saya tunggu berjam-jam, dia tidak ada telepon saya lagi. Dan pada pukul 18:06 saya menerima SMS masuk dari Bank BRI kalau saya sudah melakukan transaksi pertama saya di Bukalapak.com DKI Jakarta sebesar Rp11.447.678, pada pukul 16:43.

Saya kaget bukan main baca SMS tersebut. Langsung saya cek di aplikasi BRI dan memang betul ada transaksi yang saya tidak pernah lakukan. Saya langsung telepon call center BRI dan langsung pemblokiran permanen kartu tersebut supaya tidak ada transaksi lagi. Surat sanggahan sudah saya kirim ke pihak BRI dan rupaya surat sanggahan saya ditolak.

Saya bingung harus bayar tagihan sebesar itu, sedangkan gaji saya yang setiap terima langsung habis karena ada tanggungan dan kebutuhan lain tidak cukup untuk membayar tagihan kartu kredit yang nominalnya cukup besar bagi saya.

Mohon pihak BRI dan Bukalapak memberikan solusi dan kebijaksanaannya. Saya sangat mohon kepada pihak terkait agar cepat merespon keluhan saya.

Terima kasih.

Ade Yudha
PekanBaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • @bukabantuan @bukalapak utk segera merespon keluahan sya. Sampai skrg dri pihak bukalapak gk ada pengembalian dana. Dan dri bank bri knp begitu rentan sistem keamanan nya. Hari ini sya dapat sms nominal tagihan dri bank bri, bingung sya mau bayarnya kek mna. Niat sya buka kartu kredit utk bantu perekonomian sya tpi malah jd bencana buat sya,Sya sangat di rugikan sekali. Tolong korban nya udh bnyak jgn melindungi pencuri donk.

    • Sy juga mengalami hal sama seperti kejadian diatas,oknum bisa tau semua data data kita.

  • Nih gan ane baru terima telpon saat lg baca tulisan agan. Sebelumnya ane jg dah curiga kemaren ga ane angkat,pas lg baca ini jd kebetulan bgd no ini hub ane 021 29181773. Menanykan apakah kartuny sudah sy terima? Ya karna sy jg udah punya berapa penerbit ane tau gaada kek gini2an jd ane santai aja bales omongannya toh kartu ane gagal dikirim belum diterima,tp gan ane penasaran gmn kelanjutan agan?

  • Mas saya mengalami hal yang sama. Bedanya saya di shopee dengan nominal transaksi 5juta rupiah. Saran saya mas telf call center bukalapak untuk cancel transaksi tsb. Saya jg sudah lapor ke shopee tapi lama sekali progressnya.

  • Feelingg saya ada yg kongkalikong sama pihak ekspedisi . Ternyata bukan saya aja masnya juga. Saya raup 5jt skrg masih di investigasi pihak shopee tapi lelet sekali penanganannya. Kebetulan saya jg posisi saya skrg di pekanbaru. Curiga saya pihak bri sama ekspedisi ada main ini. Mas mening kita viralin aja tujuannya bukan untuk menjatuhkan tapi spy pihak terkait bisa fast respon dan masyarakat lainnya jadi tau.

  • Sy juga baru kena seperti kasus diatas,dia bisa tahu semua data pribadi kita,sy jg curiga mungkin ada kerjasama dengan pihak ekpsedisi

    • Saya sampai skrg kubiarkan aja, udh capek sya bulak balik tlp kolsen bri nya.

      • Jd kmrn ini mas tetap bayar yg tagihan 11 jt itu ya?sy kemrn ini kena 4,1 jt oknum jg melakukan pembelian di bukalapak mas

      • Halo mas Yudha, aku juga mengalami hal serupa denganmu mas, baru pertama kali dapet KK dan udah lgsg kena penipuan dan emng namanya kita masih baru dan belum terlalu aware dengan hal2 seperti ini. cuman bedanya saya menggesek edc langsung seperti terhipnotis dan tergoda dengan promo yang diberikan. lapor kepolisi bukannya dibantu malah diceramahinnn, sad banget, cuman bisa ngeiklhasin mau berjuang ke pihak polisi pun percuma saja. saya juga heran kenapa pihak2 ini bisa tau data diri kita.

  • Hai mas Yudha sya jga Bru ajj dibobol ATM sya SM org Pdhal cma dpt SMS dri Bank BRI ajj uang yg ad dlm ATM sya ludes habis...