Berapa Standar Biaya Kabel untuk Pemasangan Sambungan Baru IndiHome?

Yth. Telkom Indonesia,

Hari ini tanggal 7 April 2020 pihak IndiHome sudah melakukan survey ke rumah saya dan jaringan ODP juga masih tersedia. Lokasi unit 1, Rimbo Bujang, Jambi. Pada saat survei, teknisi menyampaikan rumah sebelah saya membayar biaya kabel sebesar Rp800 ribu. Untuk rumah saya dikenakan biaya Rp1 juta.

Setelah itu saya menanyakan mengenai jarak rumah saya dengan jaringan ODP berapa meter, karena setahu saya jarak 200 meter free biaya, dan hanya membayar sisanya. Kemudian teknisi mengatakan mengukur jarak dan biaya kabel saya menjadi Rp900 ribu. Selanjutnya saya menanyakan kepada tetangga saya dan biaya pemasangannya ternyata hanya Rp400 ribu.

Saya menelpon call center untuk jarak rumah, harga tambahan kabel per meter berapa rupiah, tetapi informasi tidak bisa diberikan. Apakah biaya kabel IndiHome berdasarkan kira-kira saja, bisa tawar menawar atau bisa dipertanggungjawabkan?

Mohon penjelasannya agar saya bisa segera menikmati fasilitas IndiHome di rumah saya dengan billing yang jelas. Terima kasih.

Aroiya Alawiyah
Rimbo Bujang, Tebo, Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru Indihome:
[Total:60    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan PT Telkom Indonesia Regional 1 atas Surat Aroiya Alawiyah

Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Aroiya Alawiyah pada tanggal 8 April 2020 dengan...
Baca Selengkapnya

Loading...

20 komentar untuk “Berapa Standar Biaya Kabel untuk Pemasangan Sambungan Baru IndiHome?

  • 8 April 2020 - (09:12 WIB)
    Permalink

    saya dulu juga begitu dimintai biaya kabel, terus saya bilang ke teknisi suruh masukkan ke tagihan bulanan resmi saja, karena menurut plasa telkom tidak boleh ada transaksi tunai di lapanga. saya bilang ke teknisi nanti saya laporkan ke plasa dan media massa jika tetap memaksa minta uang tunai.
    Intinya saya tidak keberatan membayar jika memang biaya resmi dan masuk ke tagihan resmi bukan ke kantung teknisi.
    Setelah saya bilang akan dilaporkan ke plasa, langsung dipasang dan tidak kena tambahan biaya apapun. Biaya kabel yang tidak masuk tagihan resmi adalah pungli jangan mau bayar.

    • 8 April 2020 - (15:30 WIB)
      Permalink

      Sejauh yang saya tahu, TIDAK BOLEH ADA TRANSAKSI TUNAI di lapangan APAPUN ALASANNYA, dan setahu saya itu sudah suruhan dari pusat.

      Coba telepon 021 147, atau hubungi CSnya via Twitter. Biasanya responnya lebih cepat.

    • 9 April 2020 - (15:14 WIB)
      Permalink

      Rumah saya jaraknya sekitar 200m dari odp dan setelah survei meminta jatah makan dan komisi,Sudah saya iyakan tapi pemasangan diundur kira2 hampir seminggu,Saya kesal lalu saya lapor ke atasannya dan Alhamdulillah sorenya langsung didatangi dan langsung dipasang..

    • 8 April 2020 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Saya juga skrng sampe gak jadi pasang indihome karna harus ada biaya tambahan kabel 100 mtr dan harga permeternnya 7 rbu. Kalikan saja itu berapa untuk kabel. Untuk biaya pasang aja udah 700 rbu untuk kabel. Indihome garut gagal total, kordinator nya gak becus. Kontek saya 0821196227**. Banyak bukti wa sales indihome yang selalu gak mau pasang ke rumah saya

  • 8 April 2020 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah kena 300 rb kena 2 rol kabel,tidak diberi tanda bukti bayar,Alasan jarak pemasangan antara rumah dan tiang telkom jauh yang dekat degan rumah penuh.Waktu saya cek jarak antara tiang dan rumah-+100 meter saja. Kalau pihak telkom mau usut silahkan kontak saya. Pendaftaran IndiHome poin atas nama teknisi y soalnya data KTP saya diminta lagi. Setelah terpasang saya coba contak seles katanya poin tidak masuk di dia melainkan diambil teknisi nya.

  • 8 April 2020 - (14:32 WIB)
    Permalink

    Sama percis yang saya alami di daerah garut selatan. Banyak teknisi indihome yang ingin meraut untung d lapangan dengan alih” kabel
    Sampe saya gk jadi pasang karna biaya kabel aja sampe 700 ribu

    • 9 April 2020 - (20:40 WIB)
      Permalink

      Indihom pelayan nya parah banget, saya sudah daftar dan seminggu kemudian baru di survei. Ketika survei di ukur jarak kata teknisi nya jarah dari rumah 250 meter ke ODP. Tapi ke esokan hari nya pegawai Idihome nya gk datang2 untuk masang, saya sudah nunggu hampir 3 minggu tapi gk ada penjelasan sama sekali

  • 8 April 2020 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Saya tlf 147 CS indihome 2 x dengan orang yg berbeda untuk jelaskan berapa yang d kasih indihome untuk jarak kabel bagi konsumen. Dan CS indihome pun yang 1 bilang 150 mtr dan yang ke 2 bilang 250 meter. Jadi mana yang bnr indihome ????????

  • 8 April 2020 - (20:06 WIB)
    Permalink

    gile, laporin aja, saya di jkt tarik sampai 200mtr, mas ny sampe manjat2 gk dikenain biaya sepeserpun, ada juga saya memberikan minuman dan uang tips untuk mereka…

  • 8 April 2020 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Klo saya pribadi sih krn jarak rumah saya dr ODP memang jauh dan dr telkom hanya di jatah 300 M ya mau gk mau saya terpaksa beli kabel sendiri dan teknisinya tinggal masangin aja sama bantu nyambung toh krn saya juga butuh internet teknisinya dikasih tips aja sekedar utk ganti tenaga nya

  • 8 April 2020 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Klau saya pasangnya, internet & useetv….setelah sebulan pake trus bayar ternyata kena 500rb…padahal kata teknisinya biayanya 350rb….tapi ketika bayar ke Csnya ia merincikan 350 biaya internet & useetv trus 150 biaya instalasinya…..kata Csnya utk pembayaran bln berikutnya cuma 350rb…..tapi setelah masuk bln ke 2 malahan biayanya sampai 378rb….dan Csnya mengatakan ini biayanya udah termasuk instalasi nya…..saya jdi heran padahal instalasi nya dbayar cuma sekali kata teknisinya.
    Emang selalu ada masalah dlm pemasangan alat ini….!!

  • 9 April 2020 - (10:57 WIB)
    Permalink

    saya sendiri sangat mengeluh tentang tagihan indihome, saya pakai 20 mbps, tanpa pakai jaringan telepon, tanpa ada pakai chanel tv, tapi harus bayar Rp.377.000 tiap bulannya belum di tambah admin bank, sementara tetangga saya yang pemakaian sama – sama 20mbps tanpa telepon dan tv hanya membayar Rp.280.000/bulannya, yg ingin saya pertanyakan, kenapa bisa berbeda??

  • 9 April 2020 - (23:32 WIB)
    Permalink

    Saya juga mau pasang jarak kira2 200 meter dari ODP tekniksi minta 2 juta untuk tambah kabel.

    Saya sudah setahun lebih cuma di survey aja.

  • 14 April 2020 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Pelanggan yang terhormat,

    Terimakasih atas pilihan anda memilih Indihome sebagai Layanan Internet di rumah anda. Kami memohon maaf atas kendala yang Ibu Aroiya Alawiyah alami.

    Hasil kordinasi dengan pihak Telkom Jambi, kami infokan bahwa kami telah memberikan teguran kepada yang bersangkutan tersebut sebagai berikut:

    1. Tidak boleh lagi menggunakan atribut Telkom untuk semua kegiatan yang bersangkutan, karena yang bersangkutan tidak bekerja lagi pada institusi Telkom Group.

    2. Yang bersangkutan tidak boleh lagi mengatasnamakan Telkom terhadap semua kegiatan dan tindakan yang bersangkutan ( sebagai penegasan )

    3. Yang bersangkutan akan di laporkan ke Polisi jika masih mengulangi perilaku yang sama karena telah merusak nama baik PT Telkom Indonesia.

    Kendala ini menjadi evaluasi dan lesson learnt bagi kami Telkom Indonesia untuk meningkatkan pelayanan.

    Atas kepercayaan anda, kami ucapkan Terima kasih.

    dan jangan lupa untuk selalu #StayAtHome untuk membantu penyebaran virus COVID-19 😉

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru Indihome?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Berapa Standar Biaya Kabel untuk Pemasangan Sambungan Baru IndiHome?

oleh Aroiya Alawiyah dibaca dalam: 1 min
20