Surat Pembaca

Berapa Standar Biaya Kabel untuk Pemasangan Sambungan Baru IndiHome?

Yth. Telkom Indonesia,

Hari ini tanggal 7 April 2020 pihak IndiHome sudah melakukan survey ke rumah saya dan jaringan ODP juga masih tersedia. Lokasi unit 1, Rimbo Bujang, Jambi. Pada saat survei, teknisi menyampaikan rumah sebelah saya membayar biaya kabel sebesar Rp800 ribu. Untuk rumah saya dikenakan biaya Rp1 juta.

Setelah itu saya menanyakan mengenai jarak rumah saya dengan jaringan ODP berapa meter, karena setahu saya jarak 200 meter free biaya, dan hanya membayar sisanya. Kemudian teknisi mengatakan mengukur jarak dan biaya kabel saya menjadi Rp900 ribu. Selanjutnya saya menanyakan kepada tetangga saya dan biaya pemasangannya ternyata hanya Rp400 ribu.

Saya menelpon call center untuk jarak rumah, harga tambahan kabel per meter berapa rupiah, tetapi informasi tidak bisa diberikan. Apakah biaya kabel IndiHome berdasarkan kira-kira saja, bisa tawar menawar atau bisa dipertanggungjawabkan?

Mohon penjelasannya agar saya bisa segera menikmati fasilitas IndiHome di rumah saya dengan billing yang jelas. Terima kasih.

Aroiya Alawiyah
Rimbo Bujang, Tebo, Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom Indonesia Regional 1 atas Surat Aroiya Alawiyah

Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Aroiya Alawiyah pada tanggal 8 April 2020 dengan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga mau pasang jarak kira2 200 meter dari ODP tekniksi minta 2 juta untuk tambah kabel.

    Saya sudah setahun lebih cuma di survey aja.

  • Pelanggan yang terhormat,

    Terimakasih atas pilihan anda memilih Indihome sebagai Layanan Internet di rumah anda. Kami memohon maaf atas kendala yang Ibu Aroiya Alawiyah alami.

    Hasil kordinasi dengan pihak Telkom Jambi, kami infokan bahwa kami telah memberikan teguran kepada yang bersangkutan tersebut sebagai berikut:

    1. Tidak boleh lagi menggunakan atribut Telkom untuk semua kegiatan yang bersangkutan, karena yang bersangkutan tidak bekerja lagi pada institusi Telkom Group.

    2. Yang bersangkutan tidak boleh lagi mengatasnamakan Telkom terhadap semua kegiatan dan tindakan yang bersangkutan ( sebagai penegasan )

    3. Yang bersangkutan akan di laporkan ke Polisi jika masih mengulangi perilaku yang sama karena telah merusak nama baik PT Telkom Indonesia.

    Kendala ini menjadi evaluasi dan lesson learnt bagi kami Telkom Indonesia untuk meningkatkan pelayanan.

    Atas kepercayaan anda, kami ucapkan Terima kasih.

    dan jangan lupa untuk selalu #StayAtHome untuk membantu penyebaran virus COVID-19 ;)

    • Min saya calon pelanggan indihome dari Karawang, udah nyoba ngehubungi beberapa sales indihome mulai dari yg di pinggir jalan, dari kenalan tetangga yg kena calo juga sampe sales marketing\ pegawai di plasa telkom krw nya langsung & mreka ngirim teknisi ke rumah yg matok mulu harga kabel tambahan 300-400rb.

      Udah hampir 4 hari nih nyari² yg bener, mungkin bisa kalo pasang via admin ini lebih cepat & dikirimin teknisi yg beneran kerja bukan malak kayak preman ??

      Saya sudah ada pengalaman 3x pasang indihome ketika di jogja, datengin sales pinggir jalan, <1 jam teknisi langsung datang k kontrakan + skalian masang modem\router, suguhin minuman aja doi langsung pamit pulang.

      Mau sekalian tanya juga memang sebenarnya harga tambahan kabel tersebut 1m nya berapa sih min?

      Tolong min respon teriakan pertanyaaan para konsumen ini ??
      Terimakasih.

      • Gak jelas mas, gua per tgl 11 juli 2020 sudah tanya ke indihome melalui telpon ke 147 atopun via email customer care, jawaban mereka soal biaya penambahan kabel adalah disesuaikan dengan witel ( wilayah telekomunikasi ). Gua juga bertanya apa tdk ada standartnya untuk biayanya ? Kan itu harusnya adalah aset peruahaan dan PT telkom yg menyediakan.

  • waduh kalo iya kena biaya tambahan kudu harus siapin duit nya, hari ini saya di WA org telkom nanya udh ada yg datang teknisinya? saya bilang belom, trus skalian nanyain masalah KABEL katanya minimal / maksimal 250 Meter, kelebihan kabel pas saya tanya dibayar cash atau masuk tagihan si Ibu yg di WA nya bilang kasihin teknisi aja... gatau mana yg bener ya? nanya online di IG cuman jawab kelebihan biaya kabel dibebankan pelanggan.

  • eh barusan di bales katanya : " Jika Melebihi Jarak Normal Maka Akan Masuk Billing Tagihan dan (Winda) Menyarankan Untuk TIDAK Melakukan Transaksi Dilokasi Tanpa Bukti Yang Sah dari Telkom"

    Kalo maksa maksa nama teknisinya inget2 buat dilaporin :D
    tapi kasian Juga Kalo Dilaporin mana cari Kerjaan Susah Gegara COVID