Surat Pembaca

Tidak Bisa Pasang Indihome karena ODP Penuh, Untuk Pasang Harus Ajak 15 Orang

Yth. Telkom Indonesia,

Saya sudah mengajukan pemasangan Indihome melalui salah satu sales Indihome yang menawarkan promo internet Indihome dan telah melakukan cek ketersediaan jaringan terlebih dahulu, yang hasilnya menunjukan bahwa lokasi rumah saya sudah ter-cover oleh layanan Indihome.

Beberapa hari kemudian saya mendapatkan info layanan Indihome tidak dapat dipasang karena ODP (Optical Distribution Point) penuh dan padahal jarak rumah dari ODP terdekat tidak lebih dari 50 meter. Saya sudah mencoba berbagai cara untuk bisa segera mendapatkan akses internet Indihome di rumah, karena kebutuhan WFH yang sangat memerlukan akses internet yang stabil. Namun hasilnya saya hanya di suruh menunggu dan menunggu tanpa ada kepastian yang jelas.

Lalu saya juga mendapatkan info bahwa untuk dapat menikmati layanan Indihome saya diharuskan mengajak minimal 15 orang agar ODP atau line baru bisa terpasang, apakah menurut pihak Indihome hal semacam ini layak di bebankan kepada customer sebagai pengguna?? Apa kelebihannya yang didapat customer setelah mendapatkan 15 orang untuk hal tersebut, apakah hanya agar bisa dipasangkan ODP atau line baru? Lalu apakah regulasi tugas marketing sudah di alih fungsikan kepada customer sekarang?? Mohon bantuannya agar fasilitas Indihome dapat dinikmati di perumahan saya.

Terima kasih.

Mario Saragi
Jl. Perum Kemang, Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom Regional II untuk Bapak Mario Saragi

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Mario Saragi pada tanggal 13...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kadang saya juga bingung memang ... Kenapa pengen pasang saja harus mengajak beberapa orang supaya dipasang ODP baru ... Serumit apakah ODP Itu atau semahal apakah biayanya ... Sehingga kalau ada pelanggan baru yang belum memenuhi kuota jumlah minimal ODP ... Konsumen dibiarkan cuma menunggu ... Apakah karena permasalahan tiang kabel juga? Jadi ada hitung2an untung rugi ... Biaya insfrastruktur sama pendapatan dari konsumen ..? Dan satu hal lagi konsumen disuruh cari pelanggan lain itu memang sebenarnya bukan tugasnya... Jangan bebankan tugas marketing dibebankan kepada konsumen

    • Susah dijelaskan dgn kata2.....

      udah sistem lama.... susah diubah

      harus ada pemimpin revolusioner sepertinya baru bisa ada perubahan....

      • Ada banyak pengguna internet yg blm paham soal jenis-jenis layanan berlangganan internet, terutama dr Telkom. Kalau Indihome itu istilahnya Up To. Artinya pelanggan harus bersamaan minimal 8 untuk bisa menikmati akses internet 8MBps 1:8. Jika mau sendiri tanpa harus cari "teman" maka ambil paket Astinet Dedicated 1:1. Cuma, tarifnya jauh lebih mahal. Kalau Indihome 500rb/bulan, Astinet bisa 5MBps bisa 2 jutaan atau lebih. Silakan dicoba.

    • indihome adalah produk layanan jasa internet dr pt telkom yg memakai jaringan fisik alias fiber optik, nah jika di lingkungan kakak sdh penuh ngak ada sambungan kosong maka pt telkom harus membuka jaringan baru yg termasuk investasi usaha di mana dalam FS (feasible study) nya mungkin dipesyaratkan minimal harus ada 15 pelanggan kalo mau buka jaringan baru. pilihannya mau menunggu pelanggan lain sampe mencapai kuota atau biar cepat kakak pro aktif ngajak yg lain spy segera mencapai 15 pelanggan baru atau cari penyedia jasa lain yg berbasis nirkabel (radio frekuensi)...

    • Pasang aj ke firs* med**, ,kemarin sy hbs pasang dan stabil ga perlu cari orang dan kecepatanya ud saya bandingkan sama ind*hom* lebih baik firs* med**...

      • Hallo telkom indihome..... saya kapan pemasangannya...? saya sdh lama menunggu pemasangan baru sejak pertanggal 06-02-2020 saya sdh membayar melalui FINPAY Dengan total tagihan sebesar Rp 302.500
        Transaksi :82560136
        Pelangan :021113701123
        Nama :SONNY
        Saya sdh melakukan pembayaran dan sampai sekarang belom datang pasang.
        Saya merasa di rugikan karna uang pemasangan saya belom di kembalikan.

    • Klo menurut saya sih... provider internet yg lain banyak.. coba cari info dlu... yg laen bagus juga koq dan murah.. yg penting sudah FO .

    • Saya juga sama, BOX penuh semua. Tidak ada solusi dari Indihomenya. Teknisi cek 2 BOX, penuh semua. Semoga Indihome segera menyediakan BOX untuk pengguna baru tanpa harus kolektif.

  • Rumit kakak, namanya juga jaringan berbasis kabel FO, tentu punya kapasitas tersendiri untuk membagi nya ke tiap2 rumah pelanggan, apalagi kalo penduduk di daerah nya banyak pasti tidak 100% bisa mencover seluruh penduduk yg ada di daerah tsb. Kalo di paksakan nanti dampak buruk nya akan menjadi beban ke pelanggan, lebih baik bersabar aja ya kakak indihome pasti akan melakukan yg terbaik buat masyarakat indonesia ?

    • Kalau niat pasti bisa.... prioritas customer.... bgmn mau maju...

      ada customer mau bayar langganan tapi gk bisa...

      internet indonesia masi jauh tertinggal di bandingkan negara lain

  • Mengenai ODP ini sy juga pernah dapet kasus seperti ini namun agak berbeda cerita, sy registrasi pemasangan lewat aplikasi myindihome dan telah memenuhi syarat dalam aplikasi dan sudah lunas, sy di tlpn pemasangan max 3-4 hari namun 2 minggu tidak ada pemasangan sama sekali, dan di cancel karena ODP penuh sy cek kabel di ODP dekat rumah sepertinya tidak, ada hal yg sangat aneh, sy mencoba kembali daftra ke sales dekat rumah tanpa harus lewat aplikasi tidak sampek 3 hari indihome di pasang, apa yang mereka mau? sampek skrng sy tidak tau alasanya, padahal di ODP dekat rumah masih banyak yg kosong, dan setau saya ODP mungkin tidak mahal Namun ada alat FO pemancar dari server tersebut perbijinya yg mahal, kenapa mreka tidak terbuka dengan kapasitas ODP? dan sales indihome ada dimana2 apakah ada keuntungan dari sistem pemasangan yang berbelit2?

    • Itulah kenapa terkadang saya lebih cocok pasang di pegawai indihome atau provider yg lain (bukan melalui aplikasi) karena bukan cuma indihome saja provider yg lain oun juga begitu harus 15 orang ketika ingin melakukan pemasangan jaringan baru..

      Karena terkait dengan kerjasama dan biasa dengan mandor dan biaya pemasangan itu sendiri yg tidak di tanggung oleh pihak provider penyedia jasa internet.

      Fyi : saya menambah kabel sendiri sejauh 100 meter dikarenakan rumah saya ( pinghir jalan raya) tidak tercover jaringan padahal kota besar

  • banyak cerita seperti anda. bisa diambil kesimpulan bahwa jika kita ingin pasang indihome, maka harus lewat SALES jika ingin cepat. baik itu lewat sales2 yg keliling, ataupun sales2 yg ada di google/online. sales online biasanya cirinya daftarnya dialihkan lewat whatsapp, bukan daftar lewat situs resmi. jika kita daftar lewat jalur RESMI seperti situs resmi indihome atau aplikasi myindihome, kemungkinan besar akan dipersulit. itu kesimpulan dari banyak cerita2 yg selama ini saya dengar/baca. jika telkom keberatan dengan kesimpulan ini, coba cek langsung ke lapangan.

    • Tadi ada 2 org teknisi kerumah mau pasang kabel wifi indihome.
      Tapi kemudian diinfokan ke saya kalo slot kotak ODP nya penuh trs sama abang abang yang survey kemarin saya ditelfon kalo masih mau kekeh masang ada biaya tambahan sekitar 400rb'an utk tambah kabel atau nambah kotak apa nya gitu.
      Saya tanya keluarga saya kebetulan kerja nya di telkom utk pemasangan indihome tidak ada biaya tambahan diluar tagihan yg harus dibayar ke plaza telkom.
      Tolong diusahakan mengingat kebutuhan internet yang sangat penting.
      Tengku, JL Dr. Wahidin Gang Tani 1 Sintang.

  • Semoga indihome lebih baik lg kedepannya.....

    saya juga alami dan tidak masuk logika... kenapa kita disuruh cari customer lg... emangnya kita karyawan indihome

    nama besar nama baik susah utk dipertahankan

    Ingat perusahaan negara.... jaga nama baik....

  • Mengenai pendaftaran dari myindihome lebih lama daripada lewat sales sebenarnya tidak 100% tepat.
    Dari sales lebih cepat karena kita bisa langsung komunikasi dengan pemegang ordernya. Kalau dr myindihome kita komunikasi sama call center yang kadang cuma baca record data dari pusat dan belum tau detail masalahnya. IMHO.

    Sejauh ini saya beberapa kali pasang melalui myindihome lancar dan tanpa kendala kecuali 1 karena ODP penuh, dan sudah ke sales lapanganpun dibilang memang penuh.

  • Teknisi datang bilangnya enggak ada jaringan....! Berani bayar langsung jaringan ada.... Wkwkwkwkw, namanya juga usaha..... Harus ada lendirnya..

  • Mengenai masalah jni sama dengan yg dialamj oleh saya, saya mengisi aplikasi tg 30 maret, tgl 31 saya masukan deposit. Tgl 2 april teknisi datang ingin oasang, tetapi tidak bisa yg dibilang odp penuh.. saya hanya disuruh tunggu informasi dari indihome pusat, beberapa kali saya hubungi hanya disuruh tunggu tidak ada kepastian..
    Kenapa tidak ada kepastian selalu terjadi ..

  • Sama di daerah saya juga begitu harus menunggu 15 orang dulu.. yg jadi pertanyaan cari 15 orang sendiri ini apa bisa? Seharusnya pihak dari telkom juga harus membantu mencarikan 15 orang tersebut.. tapi kalo mau bayar ke t*****i nya ya langsung di pasangkan langsung besok nya..