Uang Refund di Lazada Tidak Juga Dikembalikan

Pada tanggal 26 Maret 2020 saya memesan masker di Lazada dengan jumlah Rp640.700 dan Rp126.100. Kemudian pada tanggal 27 Maret 2020 saya memesan masker lagi di Lazada dengan jumlah Rp120.100 dan Rp173.100, sehingga total semuanya Rp1.060.000.

Setelah itu saya chat dengan seller-nya, tapi tidak ditanggapi dan barang juga tidak dikirim. Kemudian pada tanggal 31 Maret 2020 saya batalkan pesanan saya semua dan saya disuruh isi form, karena uang refund saya masuk ke dalam voucher. Setelah form diisi, katanya uang akan dikembalikan maksimal 5 hari kerja.

Namun sampai sekarang sudah tanggal 12 April 2020 tidak ada kejelasan sama sekali dari perusahaan LAZADA. Telepon call center pun percuma karena yang jawab hanya suara mesin dan live chat di aplikasi pun yang balas hanya robot. Tidak ada respon atau kejelasan sama sekali dan email pun yang balas hanya mesin penjawab. Ketika saya buka sosial media Lazada di Instagram dan Facebook, isi komentarnya semua ternyata banyak yang ditipu dan uang refund mereka tidak dikembalikan.

Kalau memang perusahaan Anda bangkrut dan tidak sanggup membayar karyawan Anda, lebih baik Anda PHK saja karyawan Anda daripada Anda mengambil dan merampok uang customer. Setelah komentar di Instagram, banyak bermunculan fake account Lazada yang DM dan berpura-pura sebagai customer service yang ingin menanyakan permasalahan, dan malah meminta foto ATM dan kartu kredit. Saya bukan orang bodoh yang percaya, kasihan jika ada orang yang tidak mengerti malah kena tipu jadi 2 kali. Bisa jadi yang fake account di IG itu adalah karyawan Lazada sendiri. Nomor case saya: 2050000013761799.

Fina Andini
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:46    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan Lazada Indonesia atas Surat Pembaca Bu Fina

Menanggapi keluhan pelanggan kami (Fina) yang dimuat di surat pembaca Media Konsumen tanggal 13 April 2020 berjudul ‘Uang Refund di...
Baca Selengkapnya

Loading...

38 komentar untuk “Uang Refund di Lazada Tidak Juga Dikembalikan

  • 14 April 2020 - (03:44 WIB)
    Permalink

    Sya belanja di lazada trs tiba” pesanan saya ada yg membatalkan padahal saya udah melakukan pembayaran saya sudah melaporkan ke lazada dari 5 menit pesanan saya ada yg membatalkan tapi sampai sekarang tidak ada respon saya sudah melakukan pembayaran 1juta

    • 14 April 2020 - (10:29 WIB)
      Permalink

      Sama pak..kejar terus pak pihak lazadanya,komentar terus disemua sosial media mereka

      • 29 Mei 2020 - (01:15 WIB)
        Permalink

        Barusan saya di DM sama akun @lazada.bantuan.id admin lazada katanya minta nama,norek,dan no kartu
        Katanya sih di DM akun real tp ketika saya tidak kasih no kartu pihak admin lazada meminta saya untuk melengkapi data² tersebut …
        Saya belanja dilazada melalui COD . Ketika barang saya udah sampai saya bayar semua karna saya pikir barang datang 2pcs ternyata waktu saya buka 1pcs aja yg datang .saya udah mengajukan pengembalian dana tidak banyak tp itu berharga karna barang dagangan, saya udah foto dan unboxing udah saya DM akun lazada fb juga saya udah inbox, Penjual lazada yg saya beli barangnya tidak merespon sama sekali..
        Mungkin disini ada yg bisa bantu saya?

        • 29 Mei 2020 - (01:23 WIB)
          Permalink

          Itu di DM dari mana kak? Hati-hati modus penipuan berkedok sebagai CS Lazada. Jangan pernah berikan data2 seperti nomor kartu, nomor rekening, dll, apalagi kalo sampe minta difotoin kartunya bolak balik. 😈😈😈 CS tidak pernah meminta data2 pribadi kita.

          • 29 Mei 2020 - (04:07 WIB)
            Permalink

            DM dari akun @lazada.bantuan.id
            Minta no rek, nama, dan no atm
            Sudah tak kasih norek aja tadi tp kalo no atm masih pikir²
            Kalo di lazada itu sistemnya gmn ya ? Biasa order sih baik² aja,
            Penjual yg saya beli itu gak respon, apa nanti uangnya akan masuk otomatis di rekening kita ya?

  • 14 April 2020 - (05:30 WIB)
    Permalink

    Waduh…. Tanggal 12 April saya jg melakukan pembayaran atas sepeda gunung yg tergiur harga murah. Setalah terkonfirm pembayaran ada telpn yg mengatasnamakan CS lazada. Telpn itu meminta kode notifikasi. Karena tdk sy tanggapi dia pun telpn sambil marah- marah dan membatalkan pesanan. Tanggal 13 April sy mengisi formulir pengembalian dana. Kalau itu penipuan bagaimana?

    • 14 April 2020 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Jangan pernah memberikan OTP kepada siapapun pak..karena banyak yg akan menghubungi dan berpura pura menjadi lazada…
      Ketika sudah isi form,terus email dan berkomentar disosial media lazada pak..
      Jangan di diamkan saja,karena bisa jadi tidak ditanggepi refund bapak

    • 15 April 2020 - (06:22 WIB)
      Permalink

      He. He… Senasib kena tipu sepeda murah duit ku 1,1jt melayang, dijanjikan refund isi formulir paling lama 5 hari ditransfer ee… Hanya isapan jempol kita2 ini korban janji manis lazada. Kapan ya bangkrutnya kalau bisnis cara gini

      • 15 April 2020 - (11:35 WIB)
        Permalink

        sama ini kasusnya….saya nunggu refund dana sampai sekarang brenti sama sekali, chat/email/tlp cs, yg jawab robot semua…pada kemana? tutup aja.
        sya pakai toko online sebelah, begitu batal dana langsung balik ke akun kok.
        apa lazada sekarang jadi toko online penipu, mana lazda yg dulu?
        trus hrs gmn nich? apa tidak ada tindakan yg bisa membungkan toko ginian?….

    • 14 April 2020 - (10:25 WIB)
      Permalink

      Jangan diem aja pak,bisa hangus nanti uang kita…
      Terus jangan pernah mau kirim debit atau kartu kredit jika ada yg minta by telfon dan berpura pura jadi pihak lazada.terus jangan pernah memberikan OTP jika ada yg mengaku dr pihak lazada

      Itu bisa penipuan juga pak

  • 14 April 2020 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami kejadian serupa tgl 27 maret 2020. Saya memesan 1 unit handphone setelah melakukan pembayaran pesanan saya langsung dibatalkan. Pengembalian dana dalam bentuk voucher. Saya proses cash out katanya butuh 2-7hari kerja. Saking kepepetnya, saya kirim twit ke akun lazadacs saya dm tidak juga kunjung dibalas, padahal akun tsb aktif balas twitt dari pelanggan lain. Siangnya ada dm dari akun fake lazada. Malangnya, saya tertipu dan uang saya hilang senilai 2,699 juta. Saya tidak bisa berpikir waktu itu. Yang ada dibenak saya, yang penting proses cash out bisa dipercepat. Saya menyadari bahwa itu adalah chat penipuan setelah saya mengirimkan kode otp kepada oknum tersebut. Kepala saya makin bingung dan badan seketika dingin semua. Sudah saya proses dengan pihak lazada tetapi hasilnya dana tidak bisa dikembalikan karena sudah dibelanjakan oleh oknum tersebut.
    Dan, kemarin saya menerima telp yang mengaku dari Bank BRI. Dia meminta nomor kartu atm saya. Langsung saya matikan. Kemudian saya berpikir, jangan jangan itu orang yang sama dengan yang maling dana saya di lazada, karena otomatis maling tersebut mengetahui data pribadi saya dari hasil masuk dengan akun lazada saya. Saya coba telp tetapi tidak bisa. Saya maki maki melalui sms.
    Saya sangat kecewa dengan pelayanan cs lazada yang lambat sekali dan itu memberi peluang bagi maling untuk menyusup di tengah tengah dilema konsumen.
    Tetapi, untuk produk tertentu saya tetap belanja di lazada dengan metode pembayaran COD, karena saya pikir dan semoga memang lebih aman. Semoga kejadian serupa tidak menimpa saudara saudara.
    Semoga maling tersebut mati terkena corona.

    Salam.

    • 14 April 2020 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Bos, pas mendatar di lazada customer ada gak masukine no rekening, jadi kalo pas refund kita bisa dua pilihan, bisa dapat voucher atau uang kembali.. kalo kita daftar tidak masukin no rek itu gak akan d proses. Dia org LAZADA gak tau kemana uang mau d cairkan. Itu pengalaman saya sih

      • 14 April 2020 - (10:03 WIB)
        Permalink

        Dlazada itu tempat belanja paling aman kalo data pembelian kita lengkap, kadang banyak org yg gak ngerti, asal refund tapi data gak lengkap.

        • 16 April 2020 - (10:49 WIB)
          Permalink

          Bagaimana caranya mas tolong Bantu Saya beli mesin jahit di LAZADA 1.240 000 sudah bayar lewat indomart esok Harinya di batalkan sepihak sampai sekarang uang belum kembali ke rekening Saya.

          Suparyan
          Karawang

      • 14 April 2020 - (10:20 WIB)
        Permalink

        Kan sudah jelas diatas,dikasih voucher dan suruh isi form untuk mencairkan kerekening…
        Dan waktunya pling lambat 5 hari kerja,sampai skrg juga blm ada kejelasan

        • 15 April 2020 - (06:29 WIB)
          Permalink

          Sdh isi formulir sdh kasih no rekening, janji mo dihubungi lewat email klau sdh transfer, ya memang baru seminggu sih

          • 15 April 2020 - (08:10 WIB)
            Permalink

            Pak saran saya jangan diem aja,coba hubungin terus ke media sosial di facebook dan di instagram…
            Tapi misalnya setelah bapak komentar dan berkoar,lalu ada yg ngirim pesan ke bapak..dan minta no hp kartu debit atau kartu kredit jangan pernah dikasih pak..atau ada yg nelfon dan meminta kode otp juga jangan dikasih pak… Chat juga dengan csnya diaplikasi lazada,jangan chat dengan robot..chat langsung dengan agen customer servicenya sampai dapat no.case, seetelah dapet no case berkoar koar lagi pak di media sosialnya dengan tunjukin no case.. Intinya jangan diem aja, alhamdulilah kemaren saya sudah mendapatkan email kalo uang akan ditransfer… Dan saya memberikan laporan ke ylki,ombudsman,bpkn.. Terus saya bilang juga kelazada saya akan melaporkan semuanya kesitu,setelah itu masalah kita akan direspon pak

      • 2 Juni 2020 - (14:35 WIB)
        Permalink

        sy juga sdh masukin kartu kredit utk pembayaran selama ini, saat refund status dana sdh dikembalikan ke kartu kredit, tapi ga ada uang yg masuk. Di IG :lazada.bantuan.id1,katanya refund dana hanya bisa diproses melalui mBanking BCA dan minta no rek dan foto nomor kartu ATM. Tapi sy curiga itu fake account.

    • 14 April 2020 - (10:23 WIB)
      Permalink

      Iyah betul pak,setelah kita komentar di sosial media lazada..pasti banyak yg kirim pesan dan berpura2 menjadi pihak lazada..
      Malahan juga banyak yg telfon2..kasian juga kalo org yg ga ngerti dan malah memberikan otp atau kirim debit atau kartu kredit mereka..
      Kalo seperti itu keamanan lazada kurang dan bisa jadi itu semua karyawan karyawan lazada,karen siapa lg yg mengetahui data kita kalo bukan pihak lazada..apalagi kalo sampe tau nomor telfon

    • 14 April 2020 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Iyah betul pak,setelah kita komentar di sosial media lazada..pasti banyak yg kirim pesan dan berpura2 menjadi pihak lazada..
      Malahan juga banyak yg telfon2..kasian juga kalo org yg ga ngerti dan malah memberikan otp atau kirim debit atau kartu kredit mereka..
      Kalo seperti itu keamanan lazada kurang dan bisa jadi itu semua karyawan karyawan lazada,karen siapa lg yg mengetahui data kita kalo bukan pihak lazada..apalagi kalo sampe tau nomor telfon kita..bahaya sekali

  • 14 April 2020 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Dari yg aku alami blanja di toko lazada.uang Refund di kembalikan bukan uang tp saldo di toko lazada yg bisa di gunakan untuk membeli barang lain

    • 14 April 2020 - (16:57 WIB)
      Permalink

      Uang refund dikembalikan dalam bentuk voucher pak,tapi bisa dicairkan ke rekening pribadi..
      Prosesnya dan alurnya itu yg tidak jelas,melewati jadwal SOP PENGEMBALIAN DANA

  • 15 April 2020 - (01:36 WIB)
    Permalink

    Wadaaw… Kejaam bener klo. Mpe disuruh pecat karyawan… Yg salah pusat lazada nya.. Karyawan g tau apa2 pa lagi bagian lapangan….

    • 15 April 2020 - (08:03 WIB)
      Permalink

      Lah sekarang banyak yang ketipu sama seller2 lazada kan..
      Terus ada yang nelfon customer dan bilang dr pihak lazada,lalu meminta kode OTP..
      Kalo customer yg tidak paham,dia pasti akan memberikan kode OTP..
      Kalo sudah seperti itu uang hilang dan gak akn balik, oknum2 seperti itu yg mengetahui data kontak dan data pribadi kita siapa lagi kalo bukan lazada…berarti kan pegawai lazada juga terlibat dal penipuan

  • 15 April 2020 - (03:35 WIB)
    Permalink

    Dengan mengamati komentar semua di atas,saya juga termasuk salah satu konsumen yg benasib sama,mereka menawarkan sepeda lipat yg bemerek ELEMENT ECOSMO Z9 dengan harga 1.500.000 dengan reseller Nellianggraini.store setelah di komfirmasi mereka menelpon mengaku dari pihak lazada dan meminta nmr ODP di selang waktu yg sama masuk notifikasi sms ke hp saya dan mereka langsung membatalkan pesanan saya,jadi saya hub pihak lazada yg berada di kota saya mereka bilang coba di email ke pihak lazada pusat,udah puluhan kali saya mencoba yg jawab cuma robot sampai saat ini belum ada kejelasan dari pihak lazada,seharusnya pihak lazada harus memferifikasi akun2 yg mengaku selaku reseller,atau pihak lazada turun ke lapangan cek reseller tsb seharusnya dengan adanya kejadian ini pihak lazada sepenuhnya bertanggung jawab atas segala keluhan konsumen..
    Terimakasih

    • 15 April 2020 - (07:57 WIB)
      Permalink

      Oke pak,kalo kasus bapak seperti ini..itu sudah penipuan pak dan tidak ada harapan untuk uang kembali…
      Karena bapak sudah memberikan kode otp ketika ada yg telfon…
      Kalo dipikir,sebenernya seller2 lazada bisa jadi adalah karyawan2 lazada sendiri..
      Karena mereka yang tau kontak dan data2 kita sendiri

      • 16 April 2020 - (09:39 WIB)
        Permalink

        punya mb Fina sudah bereskah?
        solusi kontak lice chat/pesan/email/operator gk da yg tembuss…ada cara lain mb Fina?

    • 15 April 2020 - (12:29 WIB)
      Permalink

      permasalahannya apakah sudah clear pak? sdh di refundkah?
      lazada harus di blacklist ini…sama ni kejadiannya….tau2 dibatalkan…sekarang refund susah minta ampun.

  • 16 April 2020 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami Hal yang sama,tgl 31 maret beli mesin jahit janome had 1000 hitam Dan sudah bayar ke Indo Mart harganya 1.240.000 besoknya tgl 1 April Ada yang telpon seorang laki laki yang mengaku dari LAZADA ini no tlpnya +62 85743765574

    • 16 April 2020 - (10:38 WIB)
      Permalink

      Orang itu ngasih Tau bahwa says dapat cash back Dan gratis ongkir Dan 1 menit kemudian Ada sms ngasih otp Dan orang itu monta says nyebutin no otp dan 5 menit kemudian pembelian Saya dibatalkan sepihak sampai sekarang uang belum di transfer padahal di akun saya Ada no rekening

      Suparyan
      Karawang

  • 18 April 2020 - (14:26 WIB)
    Permalink

    Hati-Hati Belanja Elektronik di Lazada dengan Harga yang Miring,
    “SUDAH BANYAK YANG TERTIPU, UANGNYA HILANG !!!”

    Konsumen tidak bisa melakukan complain apapun ke Lazada karena perusahaan besar dan tidak jelas kantornya dimana.
    Telp ke CS Lazada/Live Chat juga tidak bisa menyelesaikan masalah, Hanya formalitas mereka saja.

    Tujuan LAZADA harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya sebagai media pembeli dan penjual, Tapi menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yg berkedok Elektronik (nilai uangnya lebih besar), Untuk bersama-sama menipu pembeli.

    Tidak Habis Berpikir kenapa uang bisa di berikan ke pihak penipu, apabila pengembalian dana butuh proses 2 -5 hr kerja (Apalagi Nama penipu penerima uang jelas sudah tidak sama)
    Kenapa tidak di kembalikan ke data pemilik rekening asli yg sdh tertulis jelas di Lazada.

    Ini yg belum saya Pahami:
    (Apakah Lazada jg terlibat menipu kita sebagai pembeli dgn alasan kesalahan ada di pembeli ???), karena saya jumlahkan di Surat pembaca ini Nilainya sudah sangat besar untuk Kas Lazada.
    Mohon Jawaban dan Tangapan dari Lazada andai saya Salah atas Tulisan ini.

    Saya pribadi dengan no pembelian: 396429444795288 Sampai saat ini uang juga belum di kembalikan.

    Telepon CS Lazada tidak dpt menyelesaikan masalah, karena alasan sdh by sistem. (Uang di transferkan ke penjual karena data kita sdh di bajak).

    Kesimpulan saya:
    Beli barang Online di Sistem yang bisa di percaya saja, Jangan di tempat yang mudah di Bobol Sistem Data Konsumen.

    Saya juga akan suarakan kepada semua media,.. supaya tidak ada lagi yg Tertipu !!!

    • 20 April 2020 - (12:43 WIB)
      Permalink

      Saya bernasib sama dengan pa Herman padahal refund itu mau di kirim ke rekening siapapun pasti Ada nama nomer rekening Dan nama bank Hanya LAZADA yang tau,seharnya informasikan ke korban

  • 21 April 2020 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama saya ada pesan barang dilazada ga dikirimin dan saya minta pengembalian dana tapi sampai sekarang uang saya juga tidak dikembalikan dan sudah isi form refund…. LAZADA memang penipu kapok saya beli di LAZADA lagi. barang ga dikirim uang juga ga dibalikin sama aja ini perampokan secara online shop.
    Saran saya untuk yang nilai uangnya cukup besar mending lapor polisi aja biar LAZADA ditutup sekalian Selalu menipu pembelinya.
    ini saya masih tunggu proses refund uang saya dan sudah 1 bulan tidak dikembalikan juga. Ini saya lagi memikirkan untuk proses hukum nih pihak lazada karena sudah menipu dan merampok uang pembeli kalo begini caranya. LAZADA PENIPU ULUNG, BARANG PESENANAN TIDAK DIKIRIM UANG PUN TIDAK DIKEMBALIKAN.

  • 10 Mei 2020 - (13:18 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami masalah yang sama, beli hape advandi lazada lewat official store advan, barang sudah dibayar, katanya sudah dikirim dengan kurir ninja express, ditunggu sampai batas waktu bahkan sampai di trace sudah menunjukkan informasi error karena terlewat dari batas pengiriman, sudah sounding ke ninja express tapi muter2 aja katanya masih transit katanya sudah di gudang pekanbaru, tapi dak ada juga nyampe, email mereka seperti email bot, komplain ke lazada sama juga, mereka beri harapan aja lewat email2 yg serupa, saya padahal hanya ingin supaya dikirim hape itu kalau tidak dikembalikan mau pake voucher atau rekening juga tidak apa apa, tapi sampai sekarang cuma disuruh tunggu-tunggu saja, yang jadi masalah saat ini saya sedang butuh butuh nya hape mendesak,dan uang saya untuk beli hape sudah saya alokasi kan ke lazada tersebut….jadi mohon di blow up aja masalah lazada ini biar ada penanganan hukum terhadap lazada, kalau perlu ditutup dan mengganti rugi semua konsumen nya yang tertipu

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Uang Refund di Lazada Tidak Juga Dikembalikan

oleh Fina dibaca dalam: 1 min
38