Kecepatan Internet First Media Tidak Sesuai dengan Paket yang Dibayar

ID Pelanggan First Media 46934101 atas nama Linda W. Saya Hilda, saya adalah adik dari Linda W. Kakak saya sudah menikah sehingga pindah rumah dan saya yang mengurusi keperluan rumah, termasuk soal internet. Saya sudah beberapa kali mengajukan komplain ke First Media tapi sering kali telepon CS nya sibuk.

Sampai tanggal 7 April 2020 saya berhasil menghubungi CS via telepon (sebelumnya saya menghubungi via email di website First Media tapi tidak ada tanggapan) dan CS minta saya untuk cabut colokan listrik modem dan router, tunggu 1 menit dan colok lagi. CS bilang dia akan restart dari pusat. Saya sudah lakukan, dan kecepatan internet saya: download: 2.39 Mbps, kecepatan upload 0.28 Mbps. Paket yang saya ambil adalah kecepatan 25Mbps.

Saya kirimkan via email hasil test saya tidak ada tanggapan, dan setelah itu saya beberapa kali menghubungi First Media, via telepon maupun email dan dijanjikan bahwa teknisi datang hari Jumat 10 April 2020. Saya tunggu seharian tidak ada yang datang. Dan tiba-tiba saya dapat email dari First Media minta tanggapan hasil kunjungan teknisi atas nama Robi Aditya.

Saya sudah report ke First Media bahwa tidak ada yang datang dan dijadwalkan lagi tanggal 12 April 2020 dan CS juga menyampaikan informasi baru katanya kecepatan internet saya lambat karena modem saya tidak cocok, sehingga harus ganti modem dan tambah biaya. Intinya saya iya kan, dan saya tunggu. Sampai tanggal 12 April 2020 sore tidak ada yang datang. Saya telepon lagi CS (dan email juga) katanya di-reschedule menjadi 16 April 2020. Sejak kapan main seenaknya saja reschedule. Dan saya sudah sampaikan berkali-kali bahwa saya ada conference call minggu ini dan saya butuh internet yang cepat.

Tolonglah lebih bertanggung jawab dan tidak seenaknya saja memperlakukan customer. Saya sampaikan bahwa saya tidak akan melunasi tagihan First Media sampai saya menerima hak saya sebagai konsumen.

Terima kasih.

Hilda
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • baru berlangganan pertama kali, ambil paket 8 mbps, pas cek speed test, kok download cmn 0,5 mbps alias 500 kbps, dan upload 1,2-1,4 mbps, pdhl yng dibtuhkan adlha internet zoom aja buat meeting minimal 600 kbps. meliat komplain yang banyk tt first media, sy jd mikir2 lagi untuk pakai terus

  • Saya berlangganan yg 10mbps,pas cek speed test cm 3,4-4,2mbps,upload 1,6mbps,,tolong lh d perbaiki,jgn prnh kecewain konsumen,speed sm harga ny ngg sesuai,,mohon utk first media tolong d tanggpi keluhan para konsumen,kami ngg butuh pernyataan sistem,tp kami butuh perbaikan sistem,,trimaksih

  • Saya pasang yang 35 mbps untuk live streaming gaming. Kecepatan upload sih 30 mbps tapi uploadnya hanya 5 mbps jadi tetap gak bisa live streaming gaming di fb dan youtube. Pertanyaan saya, knpa kecepatan download dan upload gak sebanding gtu ya? Kalau gak ada penjelasan ya saya minta internetnya dicabut saja.

  • Saya ganti modem akhir September 2020 ga lama kemudian mulai error2 internetnya. Pas complain lewat Twitter katanya modem saya bermasalah. Udah datengin teknisi 2 atau 3 kali karena masalah modem yang ga kelar2 (karena ga lama setelah teknisi didatengin, masalah lagi modemnya katanya). Terakhir datengin teknisi awal Februari lalu karena masalah modem juga. Minggu kemarin mati karena ada masalah di area dan barusan internet mati lagi dan pas complain lewat Twitter katanya masalahnya di modem lagi. Ini saya dikasih modem rusak kali ya? Udah tau lagi pandemi gini ortu saya ga terlalu kasih orang luar buat masuk rumah, ini enak aja miminnya mau dateng2in teknisi (sorry kasar) tiap kali masalah di modem. Mending datengin sekali teknisi terus cabut aja modemnya karena saya udah males banget langganan First Media. Nambah dosa dan bikin emosi terus. Belum lagi teknisinya datengnya seenak jidat ga sesuai jadwal (misalnya datengnya di jadwal harusnya pagi malah datengnya sore kayak pas terakhir kali dateng). Yang saya bingung First Media masih sama aja kualitasnya nol, padahal di review bintangnya cuma 1.3 dan udah banyak yang complain sampe marah2 sampe ngomong kasar. Bener2 korup sih ini First Media karena kita bayar juga mahal banget tapi dapet speed cuma seberapa dibanding provider sebelah yang harganya sama tapi bisa dapet speed yang 3 kali lebih kenceng dari speed First Media (ini pun First Media saking lemotnya kadang2 ga nyampe speed yang tertera di paket), belum lagi suka mati. Dan kalo kita complain di Twitter atau FB kayaknya yang bales bot. Bener2 parah First Media ini nggak niat ngelayanin pelanggan kalo pake bot buat CSnya mereka di sosmed. Suka juga kalo pas kita complain dijawab "Problem tersebut sudah di tindak lanjuti ke tim terkait. Mohon ditunggu pengecekan dan identifikasi problemnya dahulu ya," tapi ga pernah kasih follow-up lagi ke kita. Pernah juga akhir Desember 2020 lalu tiba2 ortu saya dikirimin tagihan disuruh bayar 2 bulan sekaligus dan ditotal2 hampir 2 juta. Bayangin aja

  • Saya sudah berlangganan First Media sejak 2008, btw, dan saya pake paket internet yang 30mbps, tapi download speed ga pernah nyampe 25 mbps. Download speed malah sering banget drop