Surat Pembaca

Penagihan dan Penekanan oleh DC Kredivo

Saya Ali Mutohar dengan nomor HP terdaftar Kredivo 0821365499**. Saya ceritakan kronologi saya dalam peminjaman di Kredivo. Selama 2 tahun saya menjadi member yang cukup baik di platform Kredivo, saya akui Kredivo sangat membantu financial saya selama ini, namun pada tagihan cicilan Kredivo per tanggal 28 Maret 2020 saya belum dapat membayarkan hingga saya menuliskan hal ini agar menjadi perhatian lebih bagi segenap Crew Kredivo, AFPI dan OJK.

Sebelum Jatuh Tempo saya sudah mengirim email ke Kredivo dan tak lupa saya CC OJK dan AFPI, saya meminta keringanan cicilan dengan konsekuensi bunga keterlambatan 6% selama 30 hari. Pembayaran saya lakukan bertahap menyesuaikan dengan kondisi pemasukan harian, alasan karena memang penghasilan sampai akhir Maret 2020 masih belum mencukupi secara full, karena saya termasuk pegawai swasta dengan sistem kerja WFH.

Namun betapa saya merasa tertekan setiap hari telepon berdering karena panggilan dan SMS dari Kredivo, saya mencoba koorporatif dalam merespons text masuk, jujur saya kurang suka dengan cara penagihan melalui sambungan telepon, karena banyak pengalaman penegasan yang menurut saya itu sangat berdampak ke emosional. Saya selalu sampaikan pembayaran cicilan akan saya lakukan secara bertahap walaupun itu kecil namun ada itikad baik. Toh saja bersedia dan mengusahakan akan melunasi dengan konsekuensi bunga.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa setiap pengaduan dan pemohonan yang saya disampaikan melalui email selalu dibalas “menunggu keputusan OJK” tanpa ada eskalasi ke tim terkait kebijakan seolah CS Kredivo tidak memahami bahasa saya dan permintaan saya. Alhasil karena tunggakan saya, pihak DC setiap hari menghubungi dan tanpa ada belas kasih mengingatkan tagihan namun terkesan menekan. Bahkan pada saat dilakukan PSBB apakah akan tetap mendatangi kontrakan saya, contact keluarga dan kantor? Apakah hal tersebut sudah sesuai ketentuan/minimal dengan hati nurani Anda?

Saya juga ingin menyuarakan bagi user Kredivo yang mengalami hal serupa, yang saat ini terhambat dengan pembayaran cicilan, dalam hati tidak bermaksud menghindar dan tidak membayar kewajiban, terus mengusahakan namun membutuhkan waktu tak semudah membalikkan tangan.

Kepada atasan Kredivo, saya hanya mengerti profil Bapak Alie Tan. Mohon kebijakannya dalam menghadapi dampak dari Covid 19 ini, dampak dari penghasilan kita, saya memahami ketentuan pengajuan Relaksasi Fintech masih digodok namun bisakah penagihan disertakan empaty menyesuaikan kondisi . Kepada OJK dan AFPI berikan keputusan yang pasti tentang Relaksasi Fintech, setiap komentar di postingan IG OJK, Kredivo dan AFPI adalah suara hati kami rakyat kecil.

Terima kasih.

Ali Mutohar
Banjarnegara, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Ali Mutohar

Pada kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi surat konsumen yang telah dimuat oleh Bapak Ali Mutohar pada Media Konsumen tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Prihatin dgn pak Ali dan lainya,,, sy jg pernah merasakan, mengalaminya sendiri sekitar thn 2005-2010 dr credit card, BPR, KTA dll,,, 2011 sy selesaikan semua walaupun dgn susah payah,,,,yg mau sy share,,, (1) .selesaikan walau dgn susah payah krn itu tanggung jawab peminjam didunia ataupun di akhirat hutang harus dibayarkan(2).setelah selesai biasakan hidup hemat sesuai kantong,. (3)bergayalah sesuai isi dompetmu. (4)bila terpaksa sekali utk pinjam lg pikir matang2 konsekwensinya, sesuaikan dgn penghasilan mu,,,, pihak bank/pinjol/dll hanya mau uang meraka kembali krn dr angsuran itulah mereka bisa gaji karyawan, operasional dll,,,,dan jg nasabah sdh tau dan ttd perjanjianya dgn sadar tanpa paksaan siapapun,,, bila byk gagal bayar pasti berpengaruh ke perusahaan mereka bisa ada phk puluhan/ratusan karyawan,operasional terhambat, bahkan sampai bangkrut,,,luas imbasnya,,,,dan tdk ada darah yg halal dgn membunuh DC/penagih,,, malah makin kejeblos dan Dosa kuadrat,,, jadi saran saya hidup sederhana, apa adanya tanpa hutang lebih nyaman,,,sekalu lagi bergayalah sesuai isi dompetmu,,, semoga cepet selesai pak Ali,,

    • Minum racun tikus aja bos cepat mati ny..
      Jangan terjun,iya kalo lo lgsng mati.. kalau cm patah remuk masuk rmh sakit.. kasihan anak bini lo bisa makan batu??
      Puji tuhan Alhamdulillah gw terlahir berkecukupan dari lahir

  • Pasang badan aja x.hari gini jgn malu punya utang.ini musibah dunia.negara aja resesi

  • Pinjol juga lagi usaha buat napkahin ank istrinya makya pinjol juga butuh uang nya kembali lah, emang tu uang milik nnenk moyang kalian hhhh, pengen enak nya doank kalian tu , ?‍♂️

  • yg namanya hutang memang wajib di bayar itu memang betul tapi kita lihat dengan sikon yg skarang ini se harusnya sebagai si pemberi pinjaman harus bisa memberikan kelonhharan

  • Yang mempunyai peraturan OJK sekedar peraturan tidak tegas, penyelenggaranya seenaknya melanggar peraturan.
    DC Kredivo menelpon kepada anak dibawah umur, anak saya. diluar kondar kok bisa tahu no hp saya, karena saya pernah ngisi pulsa lewat lazada.

  • BUAT APA LAPOR KE OJK APALAGI KE AFPI?PERCUMA!!!
    Pinjaman di kredivo jika telat pemabayaran akan terus menerus menagih melalui telepon,angkat saja dan jelaskan apa adanya.Biarkan mereka bekerja karena sudah tugas mereka sperti itu.
    Jika memang gak ada uang janga dulu dibayar,karena untuk saat ini uang pas2an lebih penting dipakai untuk isi perut.
    Mereka akan berhenti sendiri tidak menelpon,paling akan mengirim DC untuk menagih.Jika DC datang dengan baik2 maka terima mereka dengan baik karena mereka jg sedang menjalankan tugasnya.Lain lg jika DC datang dengan ancaman atau ada unsur intimidasi,LANGSUNG LAPORKAN ke pihak yg berwajib.
    Sebagai informasi tambahan aja,jika keterlambatan sudah mencapai 2 bulan atau 2x cicilan,petugas penagihan by phone tidak akan menelpon.Dan apabila kita membayar sebagian atau setengah tunggakan maka mereka akan kembali menelpon lg tiap hari (itu yg saya alami).
    Jadi jika tidak ingin di telepon terus,biarkan terkumpul semua saja meski ada uang terkumpul untuk bayar sebagaian.
    Jika sudah bisa menutupi semua tunggakan baru dibayarkan.
    O iya,mereka akan selalu mengatakan bahwa akan melaporkan kita ke BI dan akan masuk SLIK atau blacklist BI cheking.
    Kalo saya sendiri malah bersyukur di blacklist oleh BI,agar sy tidak bisa minjam dan terjerat lg oleh Bank,Finance,Fintech termasuk Kredivo.
    KAPOK....KAPOK....BERURUSAN DENGAN FINANCE APALAGI DENGAN FINTECH..LUNASI HUTANGNYA,TINGGALKAN!!!!

  • Saya mengalami hal yang sama dengan bpk rasakan. Saya pengguna setia kredivo, dan selalu membayar dengan rutin ke kredivo. Untuk kali ini saya mengalami macet dlm pembayaran. Berkali-kali pihak kredivo udah ngancem saya. Saya jg bingung kondisi pademic gini, pemasukan tidak ada. Terkena PHK pula.

    • Saya juga pernah menggunakan Kredivo untuk keperluan pembelian gadget dan pinjaman dengan tujuan kegiatan ekonomi. Karena semua data saya sesuai dan selalu tepat waktu membayar, selama ini tidak pernah bermasalah. Namun tagihan saya yang jatuh tempo di Bulan April 2020 terlambat saya bayarkan di Bulan Mei minggu ke-II, dan tagihan untuk Bulan Mei sudah saya sampaikan kepada pihak DC akan saya lunasi sekaligus hingga tagihan Agustus 2020 pada saat payroll masuk di akhir Juni 2020. Namun, tetap saja pihak Kred*** menghubungi terus menuerus via telp, sms maupun WA dengan mengulang- ulang pertanyaan dan pernyataan yang sama. Padahal saya sudah menyampaikan informasi melalui sms dan WA dari DC nya bahkan melalui email ke CS resmi Kredivo. Sangat kecewa sih dengan pelayanannya sejauh ini, padahal baru kali ini terjadi ketrlambatan pembayaran karena memang dampak pengurangan upah dari pihak kantor selama WFH diberlakukan. Setelah saya menyelesaikan semua tagihan saya, kapok berurusan lagi dengan fintech yang satu ini. Semoga tidak lagi berurusan dengan Kred***.

  • Saya sempat juga di datengin ke krumah oleh dc, sya bukain pintu nanya smbil nunjukin foto orang yang akan ditagih, kepala saya botakin kepala dan pke kacamata, trnyata mereka gak tau klo itu saya, sya penghuni baru, orang yang bapak tanya sudah pindah kontrakan skitar sbulan lalu, maaf kredivo, bulan juli nanti insyaAllah sya lunasin ya,