Surat Pembaca

Penagihan dan Penekanan oleh DC Kredivo

Saya Ali Mutohar dengan nomor HP terdaftar Kredivo 0821365499**. Saya ceritakan kronologi saya dalam peminjaman di Kredivo. Selama 2 tahun saya menjadi member yang cukup baik di platform Kredivo, saya akui Kredivo sangat membantu financial saya selama ini, namun pada tagihan cicilan Kredivo per tanggal 28 Maret 2020 saya belum dapat membayarkan hingga saya menuliskan hal ini agar menjadi perhatian lebih bagi segenap Crew Kredivo, AFPI dan OJK.

Sebelum Jatuh Tempo saya sudah mengirim email ke Kredivo dan tak lupa saya CC OJK dan AFPI, saya meminta keringanan cicilan dengan konsekuensi bunga keterlambatan 6% selama 30 hari. Pembayaran saya lakukan bertahap menyesuaikan dengan kondisi pemasukan harian, alasan karena memang penghasilan sampai akhir Maret 2020 masih belum mencukupi secara full, karena saya termasuk pegawai swasta dengan sistem kerja WFH.

Namun betapa saya merasa tertekan setiap hari telepon berdering karena panggilan dan SMS dari Kredivo, saya mencoba koorporatif dalam merespons text masuk, jujur saya kurang suka dengan cara penagihan melalui sambungan telepon, karena banyak pengalaman penegasan yang menurut saya itu sangat berdampak ke emosional. Saya selalu sampaikan pembayaran cicilan akan saya lakukan secara bertahap walaupun itu kecil namun ada itikad baik. Toh saja bersedia dan mengusahakan akan melunasi dengan konsekuensi bunga.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa setiap pengaduan dan pemohonan yang saya disampaikan melalui email selalu dibalas “menunggu keputusan OJK” tanpa ada eskalasi ke tim terkait kebijakan seolah CS Kredivo tidak memahami bahasa saya dan permintaan saya. Alhasil karena tunggakan saya, pihak DC setiap hari menghubungi dan tanpa ada belas kasih mengingatkan tagihan namun terkesan menekan. Bahkan pada saat dilakukan PSBB apakah akan tetap mendatangi kontrakan saya, contact keluarga dan kantor? Apakah hal tersebut sudah sesuai ketentuan/minimal dengan hati nurani Anda?

Saya juga ingin menyuarakan bagi user Kredivo yang mengalami hal serupa, yang saat ini terhambat dengan pembayaran cicilan, dalam hati tidak bermaksud menghindar dan tidak membayar kewajiban, terus mengusahakan namun membutuhkan waktu tak semudah membalikkan tangan.

Kepada atasan Kredivo, saya hanya mengerti profil Bapak Alie Tan. Mohon kebijakannya dalam menghadapi dampak dari Covid 19 ini, dampak dari penghasilan kita, saya memahami ketentuan pengajuan Relaksasi Fintech masih digodok namun bisakah penagihan disertakan empaty menyesuaikan kondisi . Kepada OJK dan AFPI berikan keputusan yang pasti tentang Relaksasi Fintech, setiap komentar di postingan IG OJK, Kredivo dan AFPI adalah suara hati kami rakyat kecil.

Terima kasih.

Ali Mutohar
Banjarnegara, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Ali Mutohar

Pada kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi surat konsumen yang telah dimuat oleh Bapak Ali Mutohar pada Media Konsumen tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • saya juga mengalami hal yg serupa sepeerti kalian, dampak COVID 19 ini memang besar, bukan saja tidak bisa membayar utang tapi untuk menutupi kebutuhan saja juga sulit

    Kecewa berat dengan kredivo

    • Saya juga sama. Efek dari covid ini parah banget. Setiap hari di telp dc kredivo. Namanya Nadia. Kasar banget cara nagihnya. Bentakbentak teriak teriak. Yamaklum aja dia digaji untuk itu. Cuma saya pusing dengernya. Tapi tiap telp saya pasti angkat kalo saya lagi gak sibuk atau di jalan.

      Saya juga sudah jelaskan saya pasti bayar. Namun saya kumpulkan uangnya dulu, karena mereka kan gak mau dibayar perhari atau dicicil. Mereka gak mau denger penjelasan kita tapi anehnya nanya mulu "kenapa gak dibayar? ", saya jelasin tapi gak terima. Malah bentak bentak kasar.

      Saya dibilang main main dengan kredivo, padahal engga ada niatan main-main. Bertahun2 pake apk ini lancar2 aja bayarnya. Trus pas pandemi emang mandeg. Dan dc telp nya bilang "KALO UDAH TAU GAK BISA BAYAR, KENAPA TRANSAKSI?!!! " Gitu katanya.
      Lah saya ga tau kalo ternyata usaha saya setelah di PHK gak jalan. Terjadilah saya lewat jatuh tempo.

      Hari ini 25 Juni. Sms resmi dari KREDIVO malah isinya begini "bayar segera tagihan Kredivo-mu Rp 4.519.180. Apabila tidak segera dibayarkan, kami akan menempuh jalur hukum baik perdata/pidana."

      Mengancam lewat jalur hukum.
      Mau dibales, tapi gak bisa karena sms resmi dari KREDIVO.
      Pengen bilang, "saya akan bayarkan pasti saya lunasi, tapi saya kumpulkan dulu uangnya, karena skrg hanya dapat harian per hari 35rb upah kerja harian saya"
      Kalo mereka mau dibayar perhari mah saya bayar deh.

      Kredivo parah sih. Parah separah parahnya.

  • Kira kira Kapan yaa Dc kredivo akan datang ke rumah? Setelah telat berapa bulan?

  • apakah yg nominal nya 1.085 akan didatangi kerumah? sudah berpuluh2 kali transaksi padahal?

  • Emang DC nya kolot jg ya. Oke kita pahamin tugasnya memang untuk menagih. Tapi posisi kita jg emang lg belom bisa. ngeyel pula nanya terus kapan bisa bayar . uda dikasi tau bayar akhir bln. ini jg belom lewat 1 bln. transaksi lancar jg pake kredivo. abis ini kelar jg saya gmau lagi pake kredivo ini .

  • Emank payah ni gw jelas2 cm bbrp hari telat dan parahnya udh dibayar ya tadi pagi gtu, eh jam 3 siang ancam2 lho dia ..mau dateng, gw blg itu telat 4 hari lho dan udah dibayar, ehhh ngeyel dia , 11 hari sambil di BOLD dan KAPITAL!! Sinting bgt gak..trs make suru udh sih abaikan saja ..ampun DC kredivo!

  • iya jg sih...ane dari 2017 dah pke kredivo ini skrng telat brp puluh ribu kaget sma penanganannya ke nasabah..wkwkw..mlh ane d biliang kasihan utang sgitu gk kebayar2..ada rasa2 d hina jg sih..dah cukup tau aja..ane usahain buat selesesain sisanya dan gk akan pke kredivo lg...dbilang slama ini dia kooperatif bantu kita..lha slam ini jg ane lancar bayar dan mneghidupkan bisnisnya..br kli ini smpe bgitunya..mo gmn2 juga kn nasabah sama si kredivo ini saling trkait...ckup tau dan selesaikan...

  • kredivo emang salah satunya perusahaan legal yg kaya ilegal. saya telat bayar karna pandemi padahal sebelumnya lancar tapi penagihannya kacau bgt berkali-kali ke rumah padahal masih di bayarin trs walaupun di cicil saya tanya ojk katanya kalo lebih dr 90hari dia gak boleh nagih lagi dan boleh nagih dengan pihak ke3 tapi sampe sekarang yg nagih tetep orang kredivo padahal kalo di bawa ke jalur hukum pun dia juga gak mau karna uang dia gak bakal balik. pelanggaran ojk tapi udah di aduin masih aja didiemin padahal udah banyak orang komplain.. dan cuma kredivo yg gak melakukan penghapusan bunga untuk nasabah yg telat bayar tapi nambahin bunga trs gak ada abisnya.. di aplikasi udah stop tapi di DC nya di tambahin bunga nya yg jd double2 tagihan..

  • Kalo kita udh bicara baik² tentang masalah kita yg memohon keringanan atau kebijaksanaan dlm hal pembayaran tagihan baik melalui email, telpon atau via apapun dan pihak DC tetap menagih dgn bahasa kasar, mengancam atau apa lebih baik pancing aja suruh kerumah atau ketemuan di mana, setelah itu terserah kalian mau di apakan, kalo saran saya memang seharus nya di gulung aja DC yg sok jagoan, atau kasih kan barang kita terus teriakin maling, atau warga suruh kompak utk rebong bareng²...

    Jangan takut sama debt kolektor, ladenin jgn lari, jgn takut apa lagi yg dateng muka2 ambon ga ada cerita **** pinter berantem, **** cuma pinter ngemop, nge gosh, nakut2in...
    Kalo urusan berkelahi ga ada cerita **** pinter bela diri.
    Sikat abis aja, **** modal nya muka item doang, suara nya halus kecil...

  • Bukan Saya gak mampu bayar tagihan cuman 200.000 tapi saya gak suka kpd DC yg suka WA dan SMS pake kata2 Ancaman tak bermoralitas apalagi kata2 yg gak sopan..
    padahal mulutnya itu dari mana dapet makan kalau bukan duit dari nasabah...

    saran buat kredivo perbaiki moralitas DC yang gk sopan