Program Penangguhan Toyota Astra Financial Services (TAF), Rescheduling dengan Mengubah Angsuran Lebih Tinggi

Kepada yang saya hormati: Bapak Presiden Direktur PT. Toyota Astra Financial Services (TAF), Bapak Agus Prayitno beserta jajarannya.

Beberapa hari yang lalu saya mengajukan penangguhan untuk angsuran mobil kepada pihak TAF, dengan nomor kontrak 1911741903 karena adanya dampak dari pandemi virus COVID-19 ini dan direspon dengan baik. Namun hal yang sangat mengejutkan adalah, pihak TAF memang memberikan reschedule yaitu 3 bulan tetapi dengan merubah nominal angsuran. Lebih tepatnya, menaikkan jumlah angsuran tiap bulannya setelah 3 bulan itu sampai dengan lunas. Begitu ditanya kepada pihak TAF, mereka selalu menjawab dan bilang “Memang program kami saat ini seperti itu”.

Bagi teman-teman yang membaca surat ini, mari kita berhitung sejenak. Ini adalah gambaran yang dimaksud oleh Pihak TAF, contoh :

  • Pelunasan kurang 54 kali dan tenor lunas adalah bulan Agustus 2024.
  • Angsuran sebelum pengajuan penangguhan adalah Rp2.000.000.
  • Setelah pengajuan penangguhan kepada pihak TAF maka, 3 bulan tidak dibayarkan dulu, semisal (bulan Maret, April, dan Mei).
  • Maka pada bulan Juni mulai membayar angsuran kembali, dengan nominal angsuran yang berubah menjadi Rp 2.173.000 sampai dengan November 2024 (bukan lagi bulan Agustus 2024), karena reschedule Bulan Maret, April, dan Mei sudah tidak ada angsuran.

Boleh teman-teman hitung, dari Rp2.000.000 x 54 dengan Rp 2.173.000 x 54 berapa selisihnya? Rp9.342.000.

Opsi yang kedua adalah: jika membayarkan bunganya saja di Bulan Maret, April, dan Mei, maka di bulan Juni membayar angsuran Rp2.000.000; tetap sama yaitu dikalikan 54 sampai dengan pelunasan (Bulan November 2024). Apakah ini yang dimaksudkan penangguhan?Apakah ini yang dimaksudkan pemerintah memberi putusan kepada pihak TAF?

Saya sangat yakin disini saya dan ratusan customer TAF bahkan lebih pasti merasakan hal yang sama. Kami memohon penangguhan karena ingin dibantu dalam keadaan begini, sesuai dengan anjuran Presiden dan pemerintah, tidak malah menambah beban kami dengan mengubah angsuran menjadi lebih tinggi.

Untuk teman-teman ini adalah sedikit gambaran tentang pelayanan dan program yang TAF maksud kepada kami customer. Silakan teman-teman pikir matang-matang jika hendak mengajukan pembiayaan di leasing ini.

Alifa Maani Rosmala
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Program Penangguhan Toyota Astra Financial Services (TAF), Rescheduling dengan Mengubah Angsuran Lebih Tinggi

    • 2 Agustus 2020 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Iya, karena TAF memberikan keputusan yang tidak sesuai permintaan mereka. Yang mereka inginkan harusnya bayar perbulan jadi lebih murah, dan jika di total jumlah keseluruhan yang di setor sampai lunas harus juga lebih murah.

      Pokoknya murah murah murah. Pokoknya mau nya murah aja deh, Pokoknya Murah titik.
      Begitulah maunya mereka.

  • 8 Mei 2020 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga costumer TAF dan terkena dampak covid 19. Hal yang sama jga terjadi dengan saya. Saya di tawarin penangguhan selama 3 bulan ( Juni Juli Agustus ) dan di suruh bayar bunga selama 3 bulan tersebut sebesar Rp 540.000. Nilai angsuran tetap Rp 2.658.000 hingga lunas. Dengan kata lain TAF memperoleh keuntungan Rp 1.620.000. Apakah ini yang namanya meringankan beban.

  • 9 Mei 2020 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Sepertinya semua leasing melakukan hal yang sama. Saya juga diberikan opsi yang sama bahkan saya harus menambah beban Rp 19.000.000 selama 6 bulan.

  • 14 Mei 2020 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Klo jadi pengajuan restrukturisasi. Bulan mei byr bunga + adminnya sekitar 2.032.593. trs bulan juni 1.453.591 dan bulan juli 1.453.591

    Jd tambah bunga d angsuran kita.. Bukan meringankan

    Itu kebijakan taf buat saya.. Buat hari ” aja bingung… Siap” debkolektor menanti..

  • 30 Mei 2020 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Kt TDK bayar selama 3 bulan tp PD saat waktunya pembayaran numpuk sama sj customer dimanfaatkan , bukan malah meringankan tp dibodohi,

  • 30 Mei 2020 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga menggunakan leasing TAF sama dapat skip payment 3 bln tetapi tiap bulan angsuran di naikin.mohon apakah ini sesuai dengan yang di bilang OJK bunganya tanpa di bebankan.ini malah memberatkan.

  • 26 Juni 2020 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Betul sekali..harusny penangguhan angsuran harus mengurangi besar angsuran/bunga…sprti d bank2 finance lainya…

    • 2 Agustus 2020 - (13:08 WIB)
      Permalink

      Saya konsumen TAF dari Bengkulu, bln maret 2020 kita mengajukan restrukturisasi krn ketidakmampuan kita membayar angsuran innova yg perblnnya mencapai 6,8jt tinggal 25bln lagi angsurannya krn suami dirumahkan dan usaha ditutup efek pandemi covid 19 lalu ditanggapi oleh pihak TAF dan selama 3bln kita tdk mengangsur namun bln ke. 4 kami hrs membayar menjadi 7.053.000.Awalnya kami merasa berat dg nominal angsuran yg disampaikan dan jangka waktu maksimal 3bln boleh tdk membayar krn kami tdk yakin setelah 3bln perusahaan suami apakah kembali beroperasional dan bila tdk bgm kami akan membayarnya, padahal bila melihat leasing yg lain spt BCA finance/MTF restruktrusisasi bisa sampe 6bln, namun ttp kami ambil yg jangka 3bln tdk membayar ini krn tdk ada pilihan. Setelah 3bln tdk membayar (april, Mei, Juni) akhirnya Juli 2020 kami ditelp utk mengangsur namun krn memang kami kesulitan dlm pendanaan kami ttp tdk mampu bayar, kpd pihak TAF mohon bantulah kami spy bisa restrukturisasi selama 6bln spt leasing lain krn kami sebenarnya konsumen yg patuh membayar hy krn pandemi ini sangat merusak ekonomi kluarga kami

    • 2 Agustus 2020 - (14:04 WIB)
      Permalink

      Tapi kalo di turuti bisa membuat rugi perusahaan dong, namun harusnya dari TAF juga ambil tindakan, mungkin bisa mencopot dan mengambil 4 roda mobilnya, atau spion dan aki nya, atau pun tempat duduk dan segala pernik interiornya, sehingga impas sama sama tidak dirugikan.

      1
      1
      • 16 Januari 2021 - (21:22 WIB)
        Permalink

        Nah ini ide bagus…. Kalau konsumen di turuti semua perusahaan rugi,karyawan di phk….just masukan Saja….Kita berani kredit kendaraan berti sudah siap dengan Segala resikonya,,,

 Apa Komentar Anda mengenai Toyota Astra Financial Services (TAF) ?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Program Penangguhan Toyota Astra Financial Services (TAF), Reschedulin…

oleh Alifa Maanik Rosmaala dibaca dalam: 1 menit
12