Surat Pembaca

Sangat Kecewa Menggunakan Jasa JNE Trucking

Perkenalkan nama saya Heru dari Kota Semarang, saya merupakan seorang yang sudah terbiasa menggunakan marketplace sebagai media untuk belanja online. Hal ini sudah sejak tahun 2009. Dengan alasan pertimbangan lebih praktis yaitu lebih mudah mencari barang yang dikehendaki, dan barang biasanya lebih murah, tidak harus keluar rumah untuk mencari ke toko, tinggal pilih, bayar, tunggu barang dikirim ke rumah.

Pada tanggal 7 April 2020 saya belanja di Tokopedia, membeli 3 buah unit komputer dari sebuah toko online di Bandung dengan pengiriman ke Kota Semarang. Setelah sepakat dan pembayaran saya lakukan dengan no Invoice INV/20200407/XX/IV/517251927, kami sepakat menggunakan jasa pengiriman JNE Trucking dengan estimasi 5-7 hari sampai ke alamat tujuan. Kemudian penjual menyiapkan barang yang saya pesan, pada tanggal 8 April 2020 Penjual melakukan pengiriman dengan nomor resi 020600069849820, dan di-entry oleh Pihak Kurir JNE Bandung 9 April 2020 pukul 02.18 WIB

Saya secara berkala memantau dengan menggunakan fasilitas tracking dari Tokopedia ataupun dari www.jne.co.id untuk memantau barang kiriman tsb. Tanggal 11 April 2020 kiriman saya transit di Gateway Wangon, Kab Banyumas. Saya pikir karena menunggu paketan arah ke Semarang agar penuh dahulu.

Tanggal 13 April 2020 saya tracking lagi, posisi kiriman saya masih tetap tidak bergerak di Gateway Wangon Kab Banyumas. Sampai akhirnya saya mencoba mencari nomor telepon Gateway Wangon, yang saya dapatkan dari google map dengan nomor 0853 6251 4285, tetapi saat dihubungi tidak diangkat. Dihubungi dengan whatsapp juga hanya dibaca saja, tetapi tidak membalasnya. Akhirnya saya berinisiatif menghubungi Customer Care JNE.

13 April 2020
Telepon Ke-1 dengan customer care JNE Semarang Jl Kyai Saleh, intinya dari pembicaraaan saya dengan si customer care, katanya menunggu 1-2 hari lagi pasti dikirim.

14 April 2020
Telepon Ke-2 dengan customer care JNE Semarang Jl Kyai Saleh, intinya dari pembicaraaan saya dengan si customer care, biasannya menunggu arah ke Kota Semarang Penuh, baru diberangkatakan ke Semarang.

Telepon Ke-3 dengan customer care JNE Semarang Jl Kyai Saleh, intinya dari pembicaraaan saya dengan si customer care, saya di suruh untuk bersabar menunggu paketan datang.

15 April 2020
Telepon Ke-4 dengan customer care JNE Semarang Jl Kyai Saleh, intinya customer care hanya bisa membantu melakukan pelacakan dan barang tersebut belum masuk ke Semarang

Dari kesimpulan setelah saya 4 kali menghubungi customer care tersebut tidak ada jawaban yang pasti dan hanya bisa melakukan tracking barang saja.

Saya pun semakin harap–harap cemas kalau ada apa–apa dengan paketan saya hilang. Secara berkala saya tetap melakukan tracking, tapi hasilnya tetap masih di Gateway Wangon. Hai JNE apa sih gunanya dibangun GateWay Wangon kalau hanya untuk memperlambat pengiriman barang dan hanya dijadikan tempat penimbunan barang yang seharusnya sudah di sampaikan ke tujuan.

Karena sampai tanggal 17 April 2020 paketan saya tak kunjung bergerak dan masih “ditimbun” di Gateway Wangon dari saya berinisiatif untuk menghubungi JNE Pusat (021-29278888) yang saya dapatkan dari wabsite www.jne.co.id

17-18 April 2020
Telepon Ke-5 dengan customer care JNE Pusat Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat, intinya customer care ( Bpk Khoriq ) Hasil : melakukan tracking, tidak tahu apa kendalanya disana dan akan menyampaikan kendala ini ke pihak terkait.

Telepon Ke-6 dengan customer care JNE Pusat Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat, intinya customer care ( Ibu Lina ) Hasil : si-customer care melakukan tracking, tidak tahu apa kendalanya disana dan akan menyampaikan kendala ini ke pihak terkait. ( hasil sama )

Telepon Ke-7 dengan customer care JNE Pusat Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat, intinya customer care ( Ibu Abel ) Hasil : si-customer care melakukan tracking, tidak tahu apa kendalanya disana dan akan menyampaikan kendala ini ke pihak terkait. ( hasil sama )

Telepon Ke-8 dengan customer care JNE Pusat Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat, intinya customer care ( ???? ) Hasil : saya langsung memotong pembicaraan si customer care, saya bilang tidak usah di tracking, karena saya juga bisa!!! Kalau masalah tracking tidak perlu menghubungi customer care, disini saya sudah bicara dengan nada keras! Karena sampe tanggal 18 April 2020 Paketan saya belum juga bergerak dari Gateway Wangon!!

Sampai tanggal 19 April 2020, surat pembaca ini kami tulis, barang saya masih ditahan di Gateway Wangon, artinya sudah 8 hari paketan saya di “timbun” di Gudang Gateway Wangon Kab. Banyumas. Berarti sudah 10 hari barang saya masih “ditahan” JNE.

Saya mohon pihak JNE ada apa dengan paket saya? Apakah itu barang terlarang? Hilang? Atau menunggu paketan penuh untuk jarak ke tujuan Semarang? Tolong jawab dengan jujur!!! Apakah pihak JNE tidak mau mengirimkan paketan karena paketan belum penuh untuk dibawa ke tujuan yang sama walau pun harus menunggu sebulan lamannya, mana komitmenmu? Ke-Profesional-an mu wahai JNE, saya sudah bayar saya juga meminta hak saya, pihak JNE jangan hanya mengedepankan keuntungan semata dengan mengabaikan hak pelanggan.

Ingat JNE besar karena adanya pelanggan yang sudah percaya, kalau hal ini terjadi pada pelanggan–pelanggan yang lainya, maka bukan hal yang mustahil JNE akan kehilangan pelanggan. Ingat sekarang persaingan perusahaan jasa pengiriman semakin ketat, kalau JNE tidak mau berbenah diri maka JNE hanya menunggu waktu saja.

Saya tunggu tanggapan dari Pihak JNE.

Heru Al Habib
Semarang – Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE atas Surat Bapak Heru Al Habib

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di media konsumen pada tanggal 19 April 2020 berjudul “Sangat Kecewa Menggunakan Jasa...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ternyata banyak yg kecewa sama JNE..paketan saya dr magelang ke Banyumas stag di Wangon udah 10 hr..saya hub jne Banyumas katanya sudah dibawa kurir tp knp saya cek msh ttp di Wangon..kesal rasanya baru kali ini lama jgn2 hilang/rusak ..biasanya dr jkt ke Banyumas 3-4 hr sudah sampe..ini kaya keluar negeri aja

    • Estimate kiriman saya tanggal 11 mei 2021 di terima. Tp dari tanggal 3 sampe tanggal 5 status ga Ada per gerakan pakt Di kirim kan. Tanggal 10 mei 2021 saya tlpn pihak jne katanya layanan jtr jd tunggu aja sesuai estimate tp brng BLM juga bergerak. Layanan JTR JNE Trucking jelek tdk memuaskan,.
      katanya 7 sampai 8 Hari Tiba di banjarmasin

  • Luar biasa JTR, ternyata sudah banyak yang kecewa dan saya harus juga kecewa. Sampai hari ini paket saya tidak kunjung sampai

  • Saya baru memesan barang dari Surabaya ke Bandung, pesanan tanggal 7 Juni 2020, masuk JNE JTR tanggal 8 Juni 2020 dengan status PROCESSED AT SORTING CENTER [SURABAYA], kira-kira sampai tanggal berapaa?

    tunggu kelanjutannya yaa.... :')

    • Update 13 Juni 2020 (siang), barang belum sampai juga dengan status di tracker ga ada perubahan tetap PROCESSED AT SORTING CENTER [SURABAYA]

      • Update 14 Juni 2020 (siang menuju sore), barang belum sampai juga dengan status di tracker ga ada perubahan tetap PROCESSED AT SORTING CENTER [SURABAYA]. Total 6 hari sudah saya menunggu tanpa kejelasan.

  • Saya juga habis mesen casing pc dari malang ke makassar pesennya tanggal 3 juni udah 8 hari barang blom nyampe pas dicek barang masih stuck di gateway surabaya. harap” cemas sih atau karena dampak covid jd lambat ngirimnya?
    Mau rakit pc soalnya tinggal nunggu ni barang datang :(

  • Saya juga beli barang dari jakarta utara pake jtr ke bekasi udh 3 hari keterangannya masih aja disorting jakarta,kapokkkkkkk pake JTR,ga rekomended bangetttttt

  • saya rada nyesal pake jasa trucking ini, ya saya akui emang saya di kalimantan paketan saya di jakarta, tapi dari tanggal 2 sampe saat ini status masih di sorting center jakarta, sudah 12 hari barang saya tidak bergerakkkkkk, kapokkkkkkkkk..

  • Sama halnya dengan saya... Lacak hari kamis kemarin barang sdh sampai di warehouse bandung.... Tapi sampai detik ini barang saya belum dikirim juga ke alamat saya sebagai penerima... Pdhal barang tsb barang pesanan orang.... Telp CS pun hanya diCOBA BANTU konfirmasi ke pihak warehouse bandung!!!! Pdhal alamat sudah jelas... Entah paket saya dibawa kabur dulu kemana.... Memang bisa beranak ya barang saya kalo ditahan digudang?? Kalo emang kurang org buat kurir, coba buka lowongan lagi untuk bagian kurirnya... Ditengah pandemi kayak gini banyak yg kehilangan pekerjaan.... Jd kl emang kurang SDM, buka aja lowongan kan sama saja dengan membantu org2 yg kehilangan pekerjaannya... ATAU kl emang ga sanggup bayar karyawan, bisa konfirmasi kpd penerima untuk ambil brg nya lgsg di gudang jne!!!
    JUJUR dengan kejadian ini saya FIX akan pikir 1000x untuk menggunakan jasa ekspedisi jne... Masi banyak ekspedisi lain yg lebih bagus pelayanannya.... Dan saya TIDAK AKAN merekomendasikan jne kepada rekan2 saya yg lainnya.....mungkin hanya jne perusahaan ekspedisi yang tidak butuh customer karena merasa perusahaannya sudah besar.... Siap2 saja ditinggalkan customer anda!!!! SAY NO TO JNE!!!

  • Saya kejadian nya dengan saya.... sampai sekarang tgl 20 juni 2020 , utk no resi 06282000338440 dan 062820003787720 belum diterima. Padahal paket saya sudahbmasuk ke gateway jakarta dari tgl 9 juni dan 12 juni 2020.....

    Mohon utk pihak JNE utk bisa menjelaskan apa penyebab nya paket tidak bergerak sama sekali. Sudah 1 minggu lebih.