BCA Finance Mengubah Aturan Relaksasi Kredit Tanpa Pemberitahuan kepada Debitur

Saya adalah debitur dari BCA Finance dengan nomor kontrak 1173010242001 pengambilan 1 unit mobil second. Terus terang saya sangat kecewa dengan program relaksasi BCA Finance, yang mana saya dapat info pertanggal 1 April saya dapat pemberitahuan cara mengajukan permohonan relaksasi cicilan dari kolektor BCA Finance. Di sana tidak ada poin berbunyi untuk pengajuan relaksasi harus minim 6 bulan jalan cicilan.

Pada akhirnya pertanggal 3 April saya kirim semua berkas yang dibutuhkan melalui email customercarebcaf@bcaf.id untuk program relaksasi itu yang sudah sesuai poin-poin sebelumnya. Karena wabah virus covid-19 benar-benar usaha sudah 1 bulan tidak ada pemasukan sama sekali, dan untuk kebutuhan sehari-hari saya bergantung dari taxol dan sudah hampir 14 hari kerja.

Tiba-tiba ada debt colector yang Whatsap ke saya dan memberitahukan bahwa cicilan saya sudah lewat jatuh tempo yang harus dibayarkan. Dan kagetnya setelah saya adu argumen mengenai relaksasi dia kirim screen shoot peraturan relaksasi dari pihak BCA Finance yang mana terdapat poin yang sangat merugikan debitur. Debitur yang baru cicilan 3 bulan atau 4 bulan dipaksa harus membayar cicilan sampai 6 bulan dan itu syarat untuk mengajukan relaksasi.

Saya bukan tidak mau bayar cicilan, karena wabah virus ini usaha saya anjlok 100 persen. Saya melihat ini BCA Finance terkesan mencari celah dengan menambahkan poin aturan relaksasi tampa debitur mengetahuinya yang sangat merugikan.

Saya hanya memohon kepada Jajaran BCA Finance yang tekait sekiranya coba mengerti keadaan kita. Coba seandainya supir taxol yang mengandalkan rezekinya dari mobil yang dia cicil dan kebetulan cicilannya baru masuk 3 bulan tiba tiba terkena dampak wabah ini penghasilannya turun drastis sampai 80 persen. Sementara dia diharuskan harus bayar sampai 6 bulan kedepan yang belum waktunya untuk bisa mengajukan relaksasi cicilan.

Mohon sekiranya dari pihak BCA Finance untuk tidak membebankan debitur, wabah virus corona ini saja sudah membebankan kami sebagai wiraswasta skala kecil.

Terima kasih.

Rasidin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Rasidin

Menanggapi keluhan Bapak Rasidin melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 21 April 2020, dengan judul “BCA Finance...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya sdh mau anggsuran ke 9..hari ini datang surat addendum ( relaksasi) wadaw hutangku nambah 30 juta..mau cari kesempatan dalam kesempitan KLO gini BCA..dmn relaksasi nya coba hanya gak bayar 6 bulan namba 30 juta

  • Saya selaku debitur motor BCAMF juga merasa kecewa dengan adanya program keringanan kredit yg dilaksanakan oleh BCAMF , yang saya inginkan adalah sistem PENANGGUHAN bukan PENGURANGAN BIAYA KREDIT karna saya juga ikut merasakan dampak covid 19 ini yg membuat saya di PHK , dengan hanya diberikan keringanan 400rb dari jumlah normal cicilan selama 12 tahun, sangat sangat kecewa , saya mohon tolong dipertimbangkan lg pihak BCAMF, leasing lain saja memberikan sistem berupa penangguhan

  • Hadeeh....saya di kasih keringanan 3 bln gak bayar, jangka waktu pelunasan mundur 3thn??? Hellow serius aja??? Mau relaksasi apa menyengsarakan, gua tau g mau rugi, tp ya yg logis donk klo bikin relaksasi, klo g krn pandemi jg g bkal minta2.

  • Saya selaku debitor merasa sangat kecewa dengan BCA Multi Finance,saya sebagai debitor sudah melakukan pembayaran sebanyak 5kali dan pas di bulan ke enam saya sangat merasakan efek dari pandemik,lalu saya mengajukan relaksasi ke pihak BCA Multi Finance dan katanya mendapatkan keringanan kredit selama enam bulan, tapi di bulan januari 2021 saya harus membayar dari awal lagi dan berarti selama 5 bulan yg saya bayar di anggap hangus,menurut saya ini salah satu perampokan tertulis

    • Sama dengan saya pak..,2021 cicil dari awal lagi..,mau nanya cara skema hitungannya gimana tidak ada yg tahu.Adendum dikirim ke saya 4 hari sebelum tutup libur lebaran ,alhasil tidak ada yg tahu skema hitungannya dengan terpaksa saya tanda tangan.Bila tidak dibalikin ke bcaf sebelum libur lebaran ,akan batal adendumnya.Saya gak butuh dirubah angka cicilannya tapi cuma mau penangguhan saja.

  • Saya mengajukan relaksasi tgl 1 april 2020, info pengajuan via email dan persyaratannya saya peroleh dari webdite bca finance. Saya berusaha telpon CS tp tidak pernah masuk. Tgl 7 juli 2020 saya dapat sms mengenai pembayaran cicilan. Setelah saya telpon CS ternyata pengajuan relaksasi sudah tutup dan pengajuan bukan pakai email tetapi upload di website.

  • Terlepas seperti apa pekerjaan debitur , PANDEMI mengakibatkan kesusahan bagi semua lini, adapun aturan relaksasi yang dibuat bukan meringankan tetapi malah memberatkan

    • Relaksasi nya malah membuat hutang saya bertambah 24 juta, orang terkena dampak pandemi membutuhkan penangguhan, di leashing lain seperti adi** saja tidak seperti itu cara penangguhannya..
      Tidak elegan ni aturan relaksasi becek ah
      ..seharusnya membantu bukan mencekik, debitur butuh penangguhan, bukan pembengkakan hutang mereka, kalau mau ambil untung yang wajar ajalah.. Semua lini kena dampak kok..

      • Kalaupun komplain seperti ini, orang kebanyakan hanya bisa melalui gini, karena kalau komplain juga malah ribet urusan sana sini, kalaupun mau kembali ke normal angsuran, katanya... maka harus dibayar jumlah penangguhan beberapa bulan sebelumny juga beserta denda yg sebelumnya, walah... menjerat benar, ingat doa orang teraniaya dalam jumlah yang banyak bisa didengar ko...

  • Bagaimanapun juga hutang harus tetap dibayar, setelah adanya koordinasi dan penjelasan yang mendetail dari CMO nya, dimana ada nya hutang yang timbul kemudian dengan adanya relaksasi dikarenakan, :
    1. Bunga yang timbul karena mereka juga tentu ada hal yang dipertimbangkan, seperti bunga yang akan mereka bayar juga sebagai kewajiban mereka,
    2. Mereka juga swasta, tentunya ada cost yang lain yang harus dijalankan dan juga untuk gaji karyawan, dll.
    Artinya, segala situasi dan kondisi dapat teratasi apabila ada koordinasi apalagi di masa pandemi ini.
    Trims atas penjelasan detailny, tetaplah menjadi terbaik dari segi pelayanan dan segala sisi, semoga.

  • menurut saya, bca finance tidak bijak dan terkesan hanya mementingkan keuntungan usahanya saja tanpa melihat dampak pandemi ini terhadap masyarakat.

    wajar saja dalam kondisi sulit, semua akan memikirnya dirinya masing2, termasuk perusahaan sebesar bca. peraturan relaksasi yg dibuat hanya menguntungkan pihak bca finance dan memberatkan konsumen.

    sayangnya pemerintah dan otoritas yg berwenang tidak peka terhadap permasalahan ini. yang ada di pikiran pejabat terkait adalah SDM : Selamatkan Diri Masing2.

    saya memutuskan utk tidak menggunakan seluruh produk dari bca grup termasuk menarik seluruh dana yg ada di bank bca sbg bentuk kekecewaan terhadap bca finance.

    Dalam keadaan susah seperti sekarang kita tahu siapa sahabat dan siapa penghianat. semoga seluruh jajaran pemilik, direksi dan karyawannya tidak sulit mendapatkan liang kubur kelak saat ajalnya tiba.