Pengembangan Sistem OVO Paylater di Tokopedia Merugikan Pengguna

Saya ingin mengajukan komplain kepada pihak OVO Paylater Tokopedia mengenai pengembangan sistem yang dilakukan selama bulan Februari-Maret 2020 karena sangat merugikan saya sebagai pengguna dengan terjadinya ketidakjelasan tunggakan tagihan.

Komplain ini juga sebenarnya sudah saya ajukan melalui email ke Cs.paylater@taralite.com dan customer@taralite.com serta via telepon ke 021-40320000 namun saya tidak mendapatkan respon, nomor telepon tersebut tidak aktif.

Sudah berulang kali saya mendapatkan telepon dari pihak penagihan (5-6 kali telepon per harinya) yang sama sekali tidak mau mengerti keadaan yang saya alami dengan pengembangan sistem, bahkan 2 telepon terakhir dari CS sudah bernada bicara sangat kasar cenderung kurang ajar (atas nama Rizky).

Sehubungan dengan ditagihkannya OVO Paylater billing sejumlah Rp 6.081.121 di akun Tokopedia saya; username : Quitasha yang tanggal jatuh temponya terjadi pada 1 April 2020, maka saya ingin menyampaikan beberapa poin sebagai berikut:

1. Terjadi system maintenance/pengembangan sistem pada akun OVO Paylater di Tokopedia sejak bulan Februari – Maret 2020, sehingga saya tidak dapat melakukan pembayaran karena tidak adanya menu pilihan BCA KlikPay maupun BCA Virtual Account. Kedua opsi payment ini yang biasanya saya gunakan untuk pembayaran tagihan.

2. Menurut info yang saya dapatkan melalui email dan official WhatsApp account OVO Paylater (nomor +62 21 50129000), dengan adanya pengembangan sistem ini, maka saya tidak akan:

– Dikenakan denda atas tagihan yang belum terbayar selama pengembangan sistem
– Menerima tagihan bulan Februari – Maret 2020 dan akan mendapatkan
– Tagihan kembali di bulan depan

3. Namun, pagi hari pada tanggal 2 April 2020 pukul 09.24 WIB saya mendapatkan telepon pertama kali dari pihak penagihan OVO Paylater untuk membayarkan billing sejumlah Rp 6.081.121, rincian billing tidak diberikan.

4. Mengenai tagihan bulan Februari – Maret 2020 ini, saya keberatan untuk membayarkan billing tersebut karena pengembangan sistem dari pihak OVO Paylater Tokopedia yang membuat saya tidak dapat melakukan pembayaran.

Tagihan tertunggak terjadi karena pembayaran yang seharusnya dilakukan bulan Februari – Maret tertunda karena adanya pengembangan sistem tersebut. Sehingga seharusnya jika sesuai dengan info yang saya dapatkan dari Official WA Account OVO Paylater (menerima tagihan bulan Februari – Maret 2020 dan akan mendapatkan tagihan kembali di bulan depan), billing yang jatuh pada Februari – Maret dimundurkan ke bulan April, mengingat penundaan ini bukan karena kemauan saya sebagai pengguna.

5. Pembayaran sejumlah Rp 2.573.677 sudah saya bayarkan pada 9 April 2020, sisa pembayaran tidak akan saya lakukan sebelum saya mendapatkan kejelasan mengenai kompensasi pengembangan sistem ini.

Semoga dengan ditulisnya komplain saya di Media Konsumen ini, saya akan segera mendapatkan tanggapan yang fair dari pihak OVO Paylater Tokopedia.

Terima kasih Media Konsumen.

Quitasha Manangka
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Ibu Quitasha Manangka

Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Quitasha Manangka perihal penggunaan layanan OVO PayLater. Menanggapi keluhan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ovo pelayanan terg********* sepanjang sejarah....senin tgl 6 april 2020 saya ke ovo booth untuk upgrade ke ovo premier sampai sekarang tgl rabu 22 april 2020 belum juga tervetifikasi.....g bisa kerja apa to****"""*.....!!!!!!

    • parah banget, kasus yg sama dengan saya, apalagi tiba2 secara sepihak Ovo memberlakukan aturan harus melunasi 100% tagihan sekaligus satu kali, di saat pandemi covid begini

  • OVO is forever on my blacklist. Berdasarkan pengalaman pribadi, mau mengelola duit sendiri saja susahnya setengah mati dan belibet. Itu duit sendiri loh ya bukan duit orang, gimana lagi kalau ngutang. Mendingan bank deh kemana-mana. Masa yang punya duit "dijajah" yang disuruh ngelola duit. Kebalik dong. CS juga cuman jago copas template. IMO, very bad service. I hope you a very good luck dealing with the likes of them

  • Ada yang lebih parah dari saya ternyata tagihan 2jutaan jadi 6jutaan, saya yang harus nya tagihan 1jutaan jadi 3jutaan aja udah dibikin gelisah , komplen cs ovo bukan nya kasih solusi malah makin ditagih terus malah sempat memaksa akan black list data bi checking

  • Akun saya juga begitu, akun dibekukan, payment tetap berjalan. Sudah saya bayar lunas tetapi masih tetap ada tagihan. Pada akun yg tertera terbayar hanya transaksi pertama saja, padahal saya bayar lunas dan tidak mungkin bayar separuh karena tidak ada minimal payment. Alasannya bayar lebih dari limit padahal saya pas bayar sesuai tagihan. Ini sekarang sedang menunggu, semoga segera selesai sebelum tgl 1.

  • Saya mengalami hal yang sama. Ditagihkan 2x dari seharusnya. Komplain setiap hari selama 1 bulan tanpa respon berarti. Ovo hanya memberikan jawaban template sedang diproses. Taralite paling parah sebagai pelaku tidak memberikan respon. Tolong informasinya hasil yang lain bagaimana? Terima kasih

    • Kalau saya hasilnya pihak tokopedia ada itikad baik mau menelepon saya , cuma kebetulan saya sedanh diluar rumah tanpa hp tidak terangkat. Lagipula mereka menelepon diluar perjanjian waktu menelepon. Kalau pihak taralite ? Mereka baru saja membalas salah satu email pengaduan saya setelah 8 hari saya mengirim email. Lamban sekali. Fix setelah masalah ini selesai, saya tutup akun sekaligus akun ecommerce saya di tokopedia. Nggak lagi pakai pakai beginianlah, pembayaran malah disulitkan.

  • Komplain ini sudah ditanggapi oleh pihak OVO Paylater & sudah selesai sesuai dengan kesepakatan.
    Terima kasih Media Konsumen yang sudah memfasilitasi penyelesaian case ini.