Surat Terbuka: Pre-order iPhone 11 Pro yang Bermasalah di Store Kafilah Gadget

Awal mula dikarenakan kebutuhan untuk mengganti smartphone yang sudah rusak, maka diputuskan untuk membeli 1 unit perangkat iPhone 11 pro secara online. Di awali dengan promosi yang dilakukan pada laman instagram @kafilah.gadget, dan tertera nomor kontak admin disana. Maka dengan rasa percaya sekaligus juga karena store ini memiliki offline store di Depok & Bandung, dengan diawali dengan mempertanyakan ketersediaan unit yang akan dibeli, yaitu iPhone 11 pro 256gb yang masih baru dan bersegel. Setelah ditanyakan pada admin yang bersangkutan, bahwa ternyata unit tersebut belum tersedia. Namun admin menawarkan opsi untuk pengambilan unit dengan proses Pre Order.

Dalam perjanjian yang ditawarkan, yaitu maksimal pengiriman adalah 9 hari kerja (tidak termasuk hari Minggu) unit yang dipesan sudah sampai pada tujuan. Dan jika tidak terdapat kepastian/resi tidak kunjung diterima, maka akan dilakukan pengembalian semua pembayaran yang sudah dilakukan. Setelah dijelaskan demikian bagi perjanjian dan persyaratan terkait garansi yang diberikan maka disetujui untuk melakukan pemesanan Pre Order 1 unit iPhone 11 pro 256Gb berwarna midnight green.

Pemesanan dilakukan via media sosial WhatsApp langsung pada admin yang bersangkutan, uang nominal Rp19,1 juta rupiah pun telah dibayarkan terhitung pada tanggal 11 April 2020. Dan disetujui kedua belah pihak bahwa terhitung dari 11 April 2020 tersebut hingga maksimal 9 hari kerja seperti yang disampaikan sebelumnya yaitu 21 April 2020, jika tidak terdapat kepastian/resi diterima. Maka saya berhak untuk menerima pengembalian pembayaran yang telah dilakukan secara penuh.

Pada 14 April 2020, pihak Kafilah menghubungi bahwa unit yang dipesankan masih belum tersedia, dan melakukan penawaran untuk penggantian warna unit menjadi space grey dan harga lebih rendah 600 ribu rupiah yang akan dikembalikan, dan dikonfirmasi oleh pihak Kafilah sendiri bahwa unit tersebut tersedia. Dengan pertimbangan waktu agar proses lebih cepat, dan kepercayaan bahwa unit yang ditawarkan benar sudah tersedia maka disetujui perubahan unit pesanan menjadi iPhone 11 pro 256gb space grey.

Tapi unit tersebut ternyata akan dikirim dari Riau, tidak seperti yang dipikirkan sebelumnya bahwa unit akan dikirim dari store Depok atau Bandung. Yang dapat dipastikan pengiriman dari Riau ke Bandung tidak bisa dalam waktu dekat, bisa 3-5 hari secara waktu kerja normal. Artinya jika berdasarkan perjanjian yang pihak Kafilah sendiri berikan, yaitu 9 hari kerja, dan menghitung waktu pengiriman terlama yaitu berkisar 5 hari, maka seharusnya resi pengiriman dapat diterima paling lambat setelah 4 hari kerja setelah pemesanan (15 April 2020).

Tepat saat ini 21 April 2020, setelah sekian lama di-follow up terkait resi pengiriman yang tak kunjung diterima dan sudah tepat 9 hari kerja yang dijanjikan. Saya meminta untuk dilakukan pengembalian secara penuh pembayaran yang telah dilakukan. Dan permintaan ini langsung saya lakukan di Offline Store Bandung. Tapi setelah dilakukan pengajuan, hasil akhir tidak sesuai dengan yang diharapkan. Saya tidak bisa menerima pengembalian dana sesuai dengan yang dijanjikan. Bahkan justru meminta saya untuk menunggu kembali terkait kendala pengiriman.

Saya sebagai konsumen berhak untuk mendapatkan informasi sejelas-jelasnya dari pihak penjual terkait produk yang saya pesan tentunya, bahwa produk yang ditawarkan memang ada dan sedang dalam proses pengiriman (sudah dalam bentuk kemasan dan tertera alamat tujuan, yaitu alamat saya). Namun pihak Kafilah tidak dapat menyajikan informasi yang saya perlukan dan bahkan hanya meminta saya untuk menunggu.

Surat ini dibuat sebaik-baiknya untuk memberikan informasi sedetil meungkin terkait masalah proses pesanan yang dilakukan untuk Kafilah Gadget Store, dan sebagai pembelajaran untuk konsumen lain agar lebih berhati-hati dalam proses Pre Order yang ditawarkan. Dan juga untuk pihak penjual untuk lebih menyajikan informasi yang transparan terhadap konsumen, dan bersifat aktif untuk menyampaikan setiap kendala yang dialami lebih dahulu dari konsumen agar konsumen lebih mengerti dan tidak bertanya-tanya dengan sendirinya. Dan besar harapan bahwa pengajuan full refund yang saya ajukan dapat segera diselesaikan.

Ikhsan Nurul Akbar
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kafilah Gadget Store:
[Total:17    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Surat Terbuka: Pre-order iPhone 11 Pro yang Bermasalah di Store Kafilah Gadget

    • 8 Juni 2020 - (23:12 WIB)
      Permalink

      Statusnya sudah cancel order, dan uang sudah dikembalikan 100% oleh pihak Kafilah tepat tanggal 28 April 2020 (15 Hari kerja kafilah, 18 Hari kalender dari tanggal pemesanan). Surat ini sudah dipintakan untuk pencabutan, namun sepertinya baru bisa ditutup jika kafilah sudah memberikan response.

  • 22 Juni 2020 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Hallo sebelumnya kami dari pihak kafilah store mohon maaf atas ketidaknyamanannya 🙏
    Untuk kejadian yang diceritakan oleh mas Ikhsan Nurul Akbar benar adanya dan sejak tanggal 28 April 2020 sudah kami refund full dan untuk permasalahannya sudah selesai ya, terimakasih 🙏

  • 27 Juni 2020 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama, sudah hampir 1 bulan barang belum ditangan, perjanjian awal 14 hari kerja. Alasan mereka terlalu bertele tele. Saya juga mau ngajuin refund

 Apa Komentar Anda mengenai Kafilah Gadget Store?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Surat Terbuka: Pre-order iPhone 11 Pro yang Bermasalah di Store Kafila…

oleh Ikhsan dibaca dalam: 2 min
8