Pelayanan Telkom Indihome Sangat Tidak Bersahabat dengan Konsumen

Kepada yang terhormat Telkom Indihome,

Saya ingin melaporkan buruknya pelayanan yang saya terima, saya akan coba ceritakan secara singkat. Awalnya karena saya ingin pindah rumah kontrakan awal Febuari 2020 lalu. Sebelum saya pindah rumah sekitar tanggal 28 Januari 2020 saya telepon ke 147 untuk penurunan downgrade dengan no Indihome 121711212510 (atas nama saya sendiri) dari triple play ke dual play hanya Internet dan TV. Menurut petugas 147 akan diproses paling lama 2×24 jam. Saya downgrade karena di rumah ini hanya tinggal orang tua saya yang lanjut usia dan saya hanya pasangkan TV dan Internet saja buat mereka.

Di awal Febuari saya pindah rumah ke tempat kontrakan dan selang beberapa waktu ingin memasang Indihome baru dengan nama Isteri saya yaitu Veronika Yuliani. Saya mengajukan melalui aplikasi dan di aplikasi tersebut diminta mengisi semua form dan yang terakhir diminta untuk melakukan deposit sebesar Rp345rb dan saya transfer tanggal 15 Febuary 2020 dengan No. MYIR-10141176880003. Dikatakan dalam aplikasi tersebut pelanggan akan mendapatkan pelayanan selama 7×24 jam.

Saya menunggu beberapa hari. Lalu karena tidak ada telepon saya mencoba untuk aktif saya telepon ke 147 tanggapan yang saya dapatkan hanya “kami akan percepat” dan lain sebagainya. Dan nyatanya sudah belasan kali saya telepon 147 karena sehari telepon 1 hingga 2x hingga hari ke 10 saya sama sekali TIDAK MENDAPAT tanggapan ataupun telepon dari pihak Telkom yang menyatakan mau survei, sama sekali tidak ada.

Akhirnya setelah kecewa saya datang ke Gerai Telkom di Indihome tanggal 24 Februari 2020 untuk membatalkan pengajuan baru saya dengan nama isteri saya dengan untuk pengajuan refund. Di sana saya antri 1 jam setengah dan setelah mendapat giliran menurut petugas jika mengajukan melalui aplikasi nanti akan ada tombol refund dan tunggu saja satu atau dua hari. Saya menunggu hingga 5 hari sama sekali tidak ada notifikasi untuk refund.

Saya datang lagi tanggal 29 Februari 2020 dengan melaporkan hal yang sama yaitu refund. Sama setiap kali datang saya bisa antre sekitar satu jam dan setelah mendapat pelayanan saya diusulkan untuk mendapatkan pengajuan manual karena suatu hal. Setelah selesai saya diharuskan menunggu 14 hari kerja dan diberikan pengajuan

Setelah 14 hari kerja saya pun belum mendapatkan hak saya. Saya kembali telepon ke 147 setiap kali saya telepon ke 147 saya harus ceritakan kembali maksud saya kembali menunggu dan tetap sama sekali tidak ada hasil. Saya telepon hingga ke yang 5-6x dan setiap kali telepon saya harus jelaskan dari awal karena untuk pengajuan REFUND dan BERHENTI BERLANGGANAN tidak pernah diberikan ada nomor pelaporan. Dan hasilnya pun Nihil. Saya sudah membuang waktu dan pulsa dan hasilnya NIHIL.

Putus asa saya pun merekam pembicaraan dengan 147 karena ini merupakan bukti saya pelayanan yang diberikan buruk. Hanya dijanjikan akan diproses tapi nyatanya hasil telepon saya tidak pernah saya dapatkan dan saya mencurigai tidak pernah diproses.

Puncaknya saya baru sadar setelah pada bulan Maret Indihome rumah yang lama dengan No 121711212510 pengajuan DOWNGRADE TIDAK DIPROSES. Saya baru sadar di Maret sebab saya pikir pembayaran seharga Triple Play untuk bulan Januari lalu. Namun pada Maret saya tetap harus membayar TRIPLE PLAY. Ini sangat benar- benar mengecewakan. Ketika pelanggan terlambat membayar pelanggan dikenakan denda namun menurut saya ini wajar Namun yang SANGAT mengecewakan ketika Indihome yang lalai kita tetap dibebankan hal yang sama dikarenakan kelalaian dari pihak Telkom.

Akibat refund saya tidak diproses dan laporan saya pun tidak ada kunjung hasil itu saya putuskan untuk berhenti menggunakan jasa ini. Saya kembali telepon ke 147 bulan Maret meminta pertanggung jawaban dan penghentian layanan. Menurut petugas saya akan dihubungi oleh petugas namun nyatanya saya tidak pernah dihubungi oleh pihak Telkom. Dan setiap kali saya telp ke 147 saya akan mengulangi proses yang tidak ada hasil. Saya hanya dibilang akan diproses dan menunggu antrean. Dan parahnya tanpa memproses semuanya ini saya tetap dibebankan tagihan hingga saat ini. Saya hanya diminta kewajiban saya TANPA DIPERHATIKAN HAK SAYA.

Saya memang belum membayar tagihan tersebut karena saya ingin urus dan meminta pertanggung jawaban Telkom untuk hal REFUND dan downgrade yang tidak diproses ini. Untuk verifikasi semuanya ada di call history Telkom. Dan saya pun mempunyai beberapa bukti yang hanya sebagian saya bisa tampilkan disini.

Singkat cerita hingga saya menuliskan ini pengajuan saya tidak menerima satu pun hasil dari pelaporan saya baik refund. Proses downgrade yang akhirnya saya sudah kecewa berat saya mengajukan penghentian. Namun hingga saat ini juga belum dihentikan.

Alasan saya kenapa layanan Telkom BURUK dan tidak bersahabat:

  1. Jika setiap pelaporan Pengajuan REFUND ataupun berhenti berlangganan tidak pernah diberikan nomor laporan, jadi setiap telepon harus mengulang cerita dari awal dan proses verifikasi.
  2. Konsumen diwajibkan menunggu berdasarkan SOP Telkom dan jika tidak ada feedback proses harus berulang kembali.
  3. Layanan pengajuan melalui aplikasi tidak pernah dapat feedback dan refund manual pun tidak diproses. setidaknya ditelepon mau survei dan kalau tidak bisa ya ada proses berkelanjutannya tapi ini tidak. hanya didiamkan. tanpa ada kejelasan.
  4. Saya mengikuti SOP yang berlaku menunggu berkali-kali tapi tidak mendapat hasil dan feedback.
  5. Saya telepon ke 147 berkali kali dengan berbagai macam verifikasi tapi tanpa hasil
  6. Saya datang ke Gerai juga tidak ada hasil. Saya datang kembali beberapa kali namun karena covid 19 gerai tutup tanpa batas waktu.
  7. Disaat wabah Covid 19 telepon 147 sangat tidak dapat diandalkan. Banyak yang di PHK namun untuk tutup akun saja dipersulit dari Maret hingga saat ini saya belum dapat menutup dan belum dapat mendapat hak dan juga keadilan. Yang ada saya hanya ditanyakan kewajiban tanpa memperhatikan hak pelanggan.

Untuk perusahaan sekelas BUMN layanan ini sangat buruk dan mengecewakan.

Mohon untuk para pimpinan tolong diperbaiki. Saya kira cukup lihat berbagai keluhan yang cukup banyak di internet sudah dapat mencerminkan bahwa kualitas pelayanan WAJIB DIPERBAIKI.

Egy Erynardi
Jakarta Selatan 11210

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Egy Erynardi

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Egy Erynardi pada tanggal 23...
Baca Selengkapnya

Komentar