Pembelian Bukareksa Gagal karena Sistem Maintenance

Selamat pagi,

Saya ingin mengajukan komplain terkait penanganan transaksi pembelian produk reksadana di bukareksa yang saya lakukan pada tanggal 21 April 2020 pukul 02.45 dengan nomor pesanan BL2014TLOUMKINV yang terkesan sangat lambat dan sudah melebihi tenggat waktu penyelesaian yang dijanjikan namun hingga saat ini belum ada iktikad baik untuk penyelesaian.

Sebelumnya saya akan ceritakan kronologi kejadiannya.

Bukalapak membuka program promo pembelian bukareksa dengan kode promo “tanggaltua” sejak tanggal 20 April 2020. Karena berminat untuk mengikuti program tersebut saya berencana melakukan pembelian reksadana menggunakan kode promo tanggaltua150 pada tanggal 21 April 2020. Namun demikian sejak 20 April 2020 malam sistem bukalapak mengalami gangguan dan sedang dilakukan maintenance sehingga perlu mengecek secara berkala saat akan melakukan transaksi.

Pada tanggal 21 April 2020 sekitar pukul 02.40 saya berhasil melakukan transaksi pembelian produk investasi succorinvest money market fund dengan no pesanan BL2014TLOUMKINV.

Setelah berhasil mendapatkan promo reksadana dengan kode tanggaltua150 tersebut, saya kemudian segera melakukan pembayaran melalui VA BNI Syariah ke nomor VA yang disediakan oleh bukalapak dengan status berhasil dengan ID referensi 45538815. Berikut bukti transaksi tranfer yang saya lakukan

Setelah berhasil melakukan pembayaran saya kemudian mengecek status transaksi saya di bukalapak namun ternyata sistem bukalapak kembali mengalami maintenance sampai sekitar pukul 05.30.

Pada pukul 05.50 saya kembali melakukan pengecekan status transaksi saya. Namun ternyata pesanan saya dianggap kedaluwarsa oleh bukalapak sehingga potensi cashback dibatalkan.

Meskipun sudah dinyatakan kedaluwarsa uang sebesar 3 juta yang saya setorkan untuk melakukan transaksi tersebut tidak dilakukan refund. Kemudian saya melakukan komplain melalui aplikasi dan dijawab oleh Mutiara bahwa keluhan sedang dalam penanganan dan akan diselesaikan dalam waktu 1×24 jam.

Namun demikian hingga saat ini sudah lewat dari tenggat waktu yang diberikan namun masalah saya masih belum terselesaikan. Kemudian hari ini saya tanyakan kembali melalui chat aplikasi dan via telpon dan dikatakan masih dalam penanganan dan memerlukan tambahan waktu 1×24 jam lagi.

Saya mohon untuk bukalapak konsisten dengan deadline waktu yang sudah ditetapkan agar konsumen tidak cemas terhadap persoalan yang dihadapi.

Terima kasih.

Erwin Prasetyo Ardy
Demak

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Erwin Prasetyo Ardy

Jakarta, 24 April 2020 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal: Kendala Bapak Erwin Prasetyo Ardy Dengan Hormat, Terima...
Baca Selengkapnya