Surat Pembaca

Pengiriman Sicepat Express Lambat dan Barang Tidak Jelas Statusnya

Saya adalah salah satu seller di Tokopedia. Pada tanggal 7 April menerima pesanan dengan pengiriman melalui sicepat tujuan Ende dengan estimasi tiba 5-9 hari. Malam itu juga paket langsung saya drop di gerai Sicepat dekat rumah saya. Dan malam itu juga saya cek paket sudah langsung berangkat. Di tanggal 9 April paket sudah tiba di Kupang dan tidak lama status berubah menjadi keluar dari Kupang.

Biasanya setelah status keluar dari Kupang estimasi 1-2 hari paket sudah tiba di Ende, karena sebelumnya saya juga sudah mengirimkan 2 paket ke customer dan alamat yang sama dalam waktu berdekatan dan tiba sesuai dengan estimasi. Setiap hari saya cek status paket tetap tidak berubah, hampir setiap hari saya telepon ke customer service Sicepat tanpa hasil karena mereka juga tidak tahu bagaimana status paket saya.

Saya coba juga menghubungi agen Sicepat Kupang yang saya dapat nomornya dari web Sicepat tetapi tidak pernah ada balasan, ditelepon begitu diangkat langsung dimatikan. Saya coba wa juga ke nomor customer service hanya dijawab dengan template dan tidak ada jawaban lanjutan.

Saya sudah habis pulsa banyak untuk menghubungi cs Sicepat tanpa ada hasil, karena mereka juga tidak bisa menghubungi agen mereka, setiap dijawab hanya menunggu update di sistem, kalau seperti itu juga saya bisa track sendiri dengan no resi di web mereka. Saya bingung dengan status pengiriman barang saya tidak jelas ada di mana, bahkan Sicepat juga tidak tahu ada dimana barang saya sekarang.

Sudah 15 hari sejak paket saya kirim, dan sudah 13 hari paket tidak bergerak dari status terakhir. Entah harus berapa lama lagi saya menunggu, entah juga paket saya hilang rusak atau bagaimana tidak ada yang tahu dan tidak ada yang bisa menjawab.

Untuk seller ataupun anda yang ingin mengirim barang dengan Sicepat khususnya apabila paket tersebut mahal dan tujuan pengiriman ke daerah luar jawa, lebih baik dipikirkan ulang apabila menggunakan menggunakan expedisi Sicepat, karena tidak masalah jika lancar, tapi jika ada kendala anda akan dibuat sangat lelah untuk mengurusnya karena Cs mereka sendiri pun juga tidak akan tahu keberadaan barang anda, hanya akan disuruh menunggu update yang tidak tahu sampai kapan.

Calvin Geraldine Gans
Gading Serpong, Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Calvin

Dengan hormat, Sehubungan atas surat tanggapan Bapak Calvin dengan judul https://mediakonsumen.com/2020/04/24/surat-pembaca/pengiriman-sicepat-express-lambat-dan-barang-tidak-jelas-statusnya pada 24 April 2020, kami menyampaikan permohonan maaf atas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Emang banyak kendala si cepat ini, dari pickup yg lama,status paket muter² bolak balik,kurir yg asal kasih ke alamat yg salah,saya 2 kali mengalami paket nyasar ke orang karna kurir yg teledor,pernah juga order paket dari Petukangan ke ciledug Tangerang,satu minggu baru sampe,setelah statusnya bolak balik karawaci ciledug,di puter² gak sampe²,kenapa sih free ongkir tokopedia harus sicepat,mending bayar 9rb ketauan jelas sampenya

    • Kirain hanya saya yg mengalami demikian..saya jg mengalaminya, bahkan paket sy sampai skrg blom jelas keberadaannya dmn skrg..sy udh order via shopee dari tgl 28 sept 2020 sampai skrg blom jelas dmn keberadaan paket sy berada,dgn alasan tak jelas mrk hnya blg sbr menunggu..menunggu tak tau sampai kpn..

      Gak cocok nama expedisi sicepat, gantilah dgn nama silelet tbj (tak bertanggung jwb)

    • Iya si cepat kek ganiat gitu deh, setiap kali pake kurir itu pasti pengiriman lama, trus barang sering jatoh, mending pake anteraja dah lebih baik dan ga kecewa kek gini.

      • Kapok pakek pelayanan si cepat. Mending perusahaan kayak gini di cabut izin nya aja . Drpada bikin rugi banyak orang

  • Tolong dong sicepat diperbaiki kualitasnya,sesuaikan dengan nama yg di gunakan,jangan sampai sicepat berubah jadi si keong

    • Sicpt memang lemot paket dari tgl 11 sampai 15 posisi msh aja ga beregerak ttp di jakarta. Padahal yg pakai jasa J&T sdh sampai cuma 3 hari. Wkt di email juga ga ada respon. Kurang rekomended buat jasa yg satu ini. Di rubah aja jadi si lemot.

        • Lebih Tepatnya Bukan Sicepat Tapi silemot alias kura2. Saya Pakai Sicepat BEST dengan Janji Satu hari sampai. Ini Sudah 4 hari Tidak ada Khabar berita. Malah paket yang lain sudah sampai hanya 2 hari. Semoga cepat bangkrut kalau pelayanannya begini.

          • waduhh sama dong berarti paket saya udah sepuluh hari ga datang2 mana barang elektronik lg asli nyesel banget dan kapok pakai sicepat ..

      • Mohon maaf Buat Customer Yg Terhormat , kami Mohon Maaf atas kendala yg Anda dapatkan Menggunakan Expedisi Si Cepat , Seperti yg Anda Ketahui , Kami menghadapi Ratusan Bahkan Ribuan Sampai puluhan ribu paket di setiap Hari nya ,,,Berikut yg anda Alami Ini bukan yg pertama kali nya Mohonmaaf Paket Anda Tidak Mungkin kami Antarkan 1 Customer dengan 1 Kurir kami , karna dalam 1 kurir kami Itu Bisa mencakup Ratusan Customer yg Kurir kami hadapi mereka Juga Manusia yg mungkin ada Lelah , Teledor karna di setiap hari kami bergelut dengan Ratusan Ribu Paket , Tolong Hargai Kami , dimanapun Jasa Expedisi yg Anda Pakai untuk mengantarkan paket Anda pasti ada Kerikil yg seperti Anda sampaikan di Media Konsumen Ini , Mohon Maaf kami pun berjuang Untuk Mengantarkan paket anda sampai dengan selamat Sampai Rumah dan Tujuan Anda , Bahkan Anda Tidak Tau Betapa mereka Rela Tidak Pulang untuk Mencari , Mengantarkan dan Memastikan Paket Anda Sampai , tidak Hanya Si Cepat Pun bahkan Expedisi manapun merasakan Hal yg sama kami alami , Tolong Jaga Perkataan dan Tolong Hargai Kami , kami rela tidak Pulang meninggalkan keluarga berjuang demi keluarga Untuk Anda Anda semua , Mohon Bersabar menunggu Paket Anda sampai , Anda tidak pernah tau Perjalanan Paket Anda seperti apa Perjuangan nya STOP MENYINYIR ,

        • hello hanya sicepat yang lemott klau bisa dibandingin lebih baik make jnt biarpun ongkirnya mahal tpi paketnya jelas dan dalam 3 hari sudah sampai.

        • yah trus dikira exspedisi lain cuman nanganin paket seuprit? gk ada pengirim nanti bangkrut, giliran banyak yg makek ekspedisinya malah di jadiin alasan, kalo emng gk kuat buat jadi ekspedisi mending berenti aja, biar ke lempar ke Jnt atau Anteraja, biar gk sia-sia uang ongkir buat mereka yang emang real srius kerja, ketimbang yg gk jelas kyk sicepat. gw tiap hari respect kurir jnt yg nganter bareng pas pesen online, hampir semua pesanan cepet, barang aman, dan kurirnya mayoritas gk berubah alias itu-itu aja yg dateng, jadi membuktikan jika kualitas exspedisinya lebih baik.

    • Saya kesel dengan E-commerce nya. Mereka secara default membuat sicepat jadi jasa pengiriman. Apa Karena udah dibayar, makanya pasang trap buat org2 yg gk teliti agar mengunakan sicepat.

      • Nah saya juga merasakan hal yang sama.kenapa si penjual scr default pakai sicepat.skrg sy jd khwatir dgn pengiriman saya.dr tadi malam jam 22.30 status tidak bergerak sampai dgn siang ini jam 12.31 yaitu dgn status kaluar dr medan.apakah selama it prosesnya.hari ini sdh coba check ke cs tetapi jawabannya sama dengan yg ada di status tracking.ya buat apa kalau sama jawabannya...
        Saya khwatir kiriman saya akan bernasib sama seperti yg dikeluhkan kebanyakn org yg comment disini.

  • saya jg prnh beli barang dr tokopedia & memakai jasa sicepat,,dr penjual ny sih responsif cepat y hari itu jg barang d kirim dgn estimasi 3-5 hari tp saya cek trs dr no resi yg ada,,barang saya stak gak jln2,,saya dh tlp berulang2 tiap hari cm jwban ny sll sama "saya bantu cek dlu ya" smpe akhr ny 1/2 bln lbh barang gak dtng2 kta ny barang sdh d kembalikan k penjual sdng pnjual tdk menerima jg brng tsb.
    Alhamdulillah tokopedia mau bertanggung jawab jd uang saya d kembalikan. Tp ckup kecewa sma pelayanan SICEPAT kirain bener cpat gak tau ny....

    • Gak rekomend guys buat si cepat, jangan make si cepat. Bener2 ngurut dada aku, kesel bgt sumpah. Bayangin aja 13 hari paket masih dijakarta, ada juga yang seharusnya sudah diantar ke lokasi eh malah balik lagi ke gudang. Sumpah, aku biasanya gak ada masalah sama si cepat, tapi sekarang bener2 udah kecewa dan menurut aku mereka keterlaluan bgt lambatnya

  • Jangan pernah menggunakan SICEPAT, saya juga adalah seller tokopedia yg pernh menjadi korban, karna paket saya hancur lebur.
    Pengiriman dr pertengahan December dengan pertarungan yg sengit melawan cs cs Sicepat dengan sangat bersyukur akhirnya pada akhir February sicepat mau bertanggung jwb dan mengganti sejumlah 10% dr harga barang tsb ke pada penjual dan barang yg rusak juga kembali ke saya,

  • Gini sicepat sekarang lagi over pengiriman kurirnya kenapa?
    Karena ada gerakan GEMAS sehingga kurrir dan sortir center terkendala dan itu menyeluruh

  • bagaimana dengan perkembangan pengirimannya? apakah barang sudah sampai di Ende? perlu berapa lama? saya punya kasus yg sama untuk resi 000415601821, barang keluar dari kupang sejak 20 April statusnya, tapi sampe sekarang tidak ada update lg barang dimana. Mana alat medis lagi yang dikirim. benar-benar menyesal pakai Si Cepat Express mending pake JNE untuk NTT. Note: menutur WA pak Johanis pegawai si cepat kupang barang mereka dititipkan lewat SN kargo lalu tidak tau lagi updatenya kalo dari gerai daerah saya alasannya karena biasanya pake Trans nusa tp sedang tidak terbang. bahkan kalo perjalanan via kapal laut ke Flores sdh pasti sampe dlm 1 minggu, sangat-sangat kecewa.

    • Si cepat asli parah cs nya juga ngga ngadih pengertian dengan jelas dan tngga ngasih solusi

      • klu untuk wilayah jawa timur lancar2 aja dari pengalamanku.. jakarta blitar 2 hari nyampe pakai si cepat...11 12 sama jnt

  • Iya saya juga pake sicepat kadang kirim dari jakarta ke rumah sehari aja nyampe tapi sekarang udah 3 hari ngga nyampe2, mendingan simontok daripada sicepat

    • Mungkin si cepat adalah agen w.h.n.. yg berganti nama.untuk pengiriman si cepat reg tidak ada bedanya sama si cepat halu,cuman tarip yg beda reg mahal halu lebih murah.dan dua2nya punya sistim yg jelek & tidak jelas saya sendiri sdh 2X jd korban si lemot pertama sy coba di halu yah wajar klo lambat & tidak jls no resinya tp setelah saya pake si cepat reg yg lebih mahal dgn berharap lebih akurat eeh ternyata sama saja sama si halu.jls sy sangat kecewa terhadap pelayanan agen si cepat alias si lemot. wslm

  • lambat banget sicepat, tau gini pakai yang lain.. nyesel banget deh pokoknya..

    • Sama, saya jg menyesal pakai jasa sicepat..
      Nama doank yg cepaat, nyata nya SiLemot..
      Dri tanggal 20-24 skrg ini, barang msih stak di jkarta, gk jalan²..
      Pdahal biasa nya dari jawa ke jambi pke J&T, stelah di terima ekspedisi, hari ke 4 barang sudh status akan diantar kurir kerumah..
      Ini sih boro² diantar krumah, dijakarta aja gk jalan..
      Nyesel bnget pke SiCepat..

  • Hemm, aku alhamdulillah baik baik aja si pake sicepat ini, ya walaupun kadang memang terdiam disuatu tempat tapi enggak melewati batas waktu yg ditentukan sama shopee. Jdi menurutku aman aman aja. Itu si aku ya.. Enggak tau klo orang lain. Turut berduka juga buat yg barangnya enggak sampe sampe :(

1 2 3 6
Penulis
Calvin