Shopee Lebih Memihak ke Penjual

Saya melakukan pesanan online lewat Shopee dari tanggal 21 April 2020. Saya sempat membatalkan pesanan dengan alasan berubah pikiran, tapi ditolak oleh pihak seller dengan alasan sudah diproses (padahal diproses dan dilihatin itu beda). Akhirnya sampai sekarang tanggal 24 April, masih tidak ada nomor resi yang tercantum di pengiriman.

Mau membatalkan sudah tidak bisa karena kesempatan pembatalan hanya 1 kali, sedangkan seller tidak ada itikad baik sama sekali. Chat gak dijawab, ditanya toko real (yang katanya ada) tidak pernah diberikan. Menghubungi pihak Shopee sudah sampai email menghasilkan kekecewaan, karena jawabannya selalu sama, by sistem (yang sangat merugikan pihak konsumen).

Dengan surat pembaca ini saya minta pihak Shopee mengubah kebijaksanaan pelayanan agar pembatalan bisa dilakukan 3 kali. Jika 2 kali pembatalan buyer masih tidak ada itikad baik kasih warning seller, 3 kali pembatalan tetap sama langsung banned. Sistem sekarang merugikan pihak konsumen, karena konsumen membayar “cash” tapi tidak bisa melakukan apa-apa bila terjadi hal semacam ini.

Jo Meliyana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sejauh ini aplikasi shopee bagus kok kak, sy sarankan memang lebih berhati2x dalam pembelian online. Kenali dalam Reseller dan Supplier penyedia barang yg menurut kakak percaya. Sy juga ada pengalaman mengecewakan pembelian online celana panjang di Tokopedia. Pesanan sy tidak sesuai permintaan sy. Pertama order sy memilih 2 warna hitam celana panjang dan sy beli 2 barang, namun apa yg terjadi setelah barang datang. Sy hanya menerima 1 barang dan warna juga tidak sesuai permintaan. Anehnya ketika sy melakukan pengaduan ke cs tokopedia nomor mereka tidak dapat dihubungi kembali. Karena pihak cs tokopedia juga ingin membantu sy namun sia-sia saja, barang dikirim ke sy lagi sisa ny dengan warna yg sama. Kecewa

    • Iya, biasanya tidak seperti itu. Saya malah dah jadi member gold di Shopee, baru kali ini dapat Seller nakalnya minta ampun. Sampai semaput sy, dikirim kagak dikirim kagak, akhirnya di kirim tgl 24 jam 8 malam lwt, astaganaga, mepet bgt itu waktunya, pas detik detik terakhir. Ibarat org mau meninggal lg ditarik nyawanya wkwkwkkwkwkw. Puji Tuhan barang ok, dan pihak Shopee sudah menghubungi sy (walau ga sy angkat telp, masih kesel sy). Yah semoga pihak Shopee benar2 bisa merubah kebijaksanaan ya utk mementingkan konsumen di banding Seller, secara kita bayar tunai duluan dibanding barangnya.

  • Akhirnya dikirim jg ya? Ia shopee memang gitu terlalu kaku dan lebih mementingkan seller ya saya bilang .. meski kita ada bukti seller ga responsive tetap pembatalan 1x24jam yg artinya tunggu 2hari/ di hari ke 3 baru batal.. uda pernah saya nemu seller rating 4.5-4.6 blom tentu baik,respon ga nyambung .mending cari yg rating 4.7keatas dan penilaian dicek lagi bintang 1 dan 2 nya.. harusnya disystem shopee ada history pembatalan yg ditolak seller

    • Iya Puji Tuhan di kirim di detik2 sebelum "meninggal". Itulah yg sy bilang Terlalu Memihak Ke Seller. Pihak Shopee seharusnya ikut memantau testimoni konsumen yg 1 bintang, jgn cuma lihat berapa byk yg dijual sudah di bilang seller bagus, terpercaya. Kalau kita minta bantuan CS juga ga bisa apa2.. Akhirnya mau ga mau kita masuk Media Konsumen, baru deh di respon keluhan kita. kan repot dan pihak Shopee juga rugi sendiri.

  • Memang shopee hanya berpihak pada penjual.doank.juga untuk cacel cuma 1 x aja mbok ya di tmbh smpe 10 x gitu.lebih aman sistem cod sih kak

    • Wkkwkwkkw, bener juga ya 10x supaya kita puas membalas Seller yg nakal.

      Sistem COD memang menjamin barang di antar baru kita bayar, tapi sistem COD juga tidak memihak ke konsumen, barang yg di kirim lwt COD kebanyakkan tidak sesuai dgn yg di tampilkan

      Dan parahnya, kurir yg mengirim tidak tau menahu tentang keluhan barang dan dia tidak bisa berbuat apa2 juga, kita tetap harus membayar dahulu (karna barang sudah di kirim oleh kurir), masalah komplain COD tetap harus chat seller, sama aja sih sis sebenarnya wkekkwkwkkw

      • Iya betul.. menurut saya karyawan shopee banyak yang PEMALAS.. saya juga mengalami nya.. penjual penipu yang di bela shopee..
        Tobat saya belanja dishopee..
        Semoga tidak terjadi pada yang lainnya..

        • Betul betul betul..
          Harus lebih extra waspada, mending lihat testimoni bintang 1 aja deh, kalau uda ada 5 pembeli yg komplain mending ga usa. Jangan liat bintang 5 byk yg beli, gak menjamin.

  • order saya sudah dari tanggal 26 april, sampai hari ini tgl 4 mei, status order masih diproses/kemas oleh penjual, belum juga dikirim. menurut sistem shopee, pembatalan otomatis akan terjadi apabila penjual belum mengirim barang sebelum tgl 28 april ditambah 3 hari kerja, artinya tanggal 29,30, 1mei. namun order otomatis belum juga terjadi. hubungi cs shopee, tgl 1 mei, dibilang suruh tunggu sampai tgl 2 mei, tgl 2 mei penjual belum kirim barang, hub cs shopee disuruh tunggu lagi sampai tgl 3 mei. tgl 3 mei sama, penjual belum kirim barang, disuruh tunggu lagi sampai tgl 4 mei, skg sudah tgl 4 mei, status order belum juga dikirim oleh penjual, tapi pihak shopee tetap tidak mau membatalkan ordernya. jadi customer disuruh menunggu selama mungkin tanpa kejelasan dari pihak penjualnya. ditambah lagi, sistem aduan/komplain shopee sangaaat tidak transparan seperti kompetitornya tokopedia. di shopee history pengaduan dan percakapan kita dengan cs shopee tidak ada, tidak direkam, tidak ada nomer laporan yang tertulis di sistem, sehingga sulit untuk membuktikan kronologis kejadian /komplain. pihak cs shopee selalu mencari2 alasan padahal jelas2 mereka sudah ingkar janji.. memang belanja di shopee tidak selalu bermasalah seperti ini, tapi sekalinya kejadian, pihak shopee benar2 parah dan sama sekali tidak ada profesionalismenya dalam hal customer service.

  • Memang SHOPEE LEBIH MEMIHAK PENJUAL, saya sudah report TOKO dan teman-teman yang sudah beli di toko ini juga sudah REPORT. Tapi tidak ke suspend. Padahal tokonya nipu dan menjelek2an PEMBELI di KOLOM RATING PEMBELI LAIN. ADA BUKTI NYA INI SELLER NYA TUKANG DRAMA. Sudah chat CS SHOPEE juga tetap tidak digubris.

  • Sistemnya memang seperti itu sis. Kalo setuju menggunakan platform Shopee juga harus setuju dengan sistem di dalamnya. Penjual dan pembeli seharusnya sama - sama memahami hak dan kewajibannya ketika menggunakan Shopee. Dalam hal ini penjual berhak menolak permintaan "Pembatalan Pesanan" pembeli juga harus memahami.

    Bahkan pesanannya sudah dibayar dengan Shopeepay. Bayangin aja Anda ke warung, trus beli barang dan sudah bayar, tau - tau "Mav saya gak jadi beli, berubah pikiran" kan tidak bisa seperti itu..