Kendala Top up DANA yang Exceed Limit Sudah Teratasi

Saya mau berbagi pengalaman saya menggunakan applikasi DANA yang terjadi beberapa waktu lalu namun saya baru dapat membagikannya.

Saya tergolong sebagai masih sangat konservatif dalam menggunakan applikasi mobile (baik berbelanja ataupun keuangan). Applikasi yang saya gunakan kebanyakan hanya applikasi dari bank itu sendiri (mobile banking). Akhir tahun lalu pun saya mencoba mengunggah applikasi DANA dengan berbagai promo yang ditawarkan pada saat itu, namun selain untuk kebutuhan promo saya dapat dikatakan tidak menggunakan fitur lainnya.

Hingga akhir Maret 2020 dimana karena mendapatkan informasi bahwa dapat transfer antar bank tanpa dikenakan biaya transfer/admin saya jadi ingin menggunakan keuntungan tersebut. Tanpa mengetahui adanya batas top up yang dapat diterima pada rekening/akun DANA, saya melakukan transfer dari bank payroll ke akun DANA dengan nominal > 10 juta rupiah. Setelah menerima email dari bank saya yang menyatakan transaksi berhasil saya kemudian memeriksa akun DANA saya kembali namun saldo saya tidak bertambah sama sekali.

Saat itu saya berpikir positif bahwa mungkin ada kendala jaringan atau server sementara pada DANA sehingga saya menunggu hingga keesokan harinya. Keesokan harinya saya kembali memeriksa namun saldo saya tidak bertambah sama sekali dan saat itu pun saya langsung menelepon call center DANA untuk memberitahukan situasi/kendala yang saya alami. Dari informasi yang diberitakan operator call center, saya baru mengetahui adanya batasan saldo serta transfer pada DANA (saya selalu assumsi sama seperti applikasi perbankan yang saya gunakan). Setelah menelepon call center DANA, kemudian saya diminta untuk menindaklanjutinya dengan mengirimkan email ke help DANA.

Setelah mengirimkan email, keesokannya saya kembali telepon call center DANA untuk menanyakan email yang saya kirimkan serta progress dari kesulitan/kendala yang saya alami. Dari saat itu pihak call center hanya dapat mengatakan bahwa kendala ini akan ditangani oleh “tim terkait”. Selang 2 (dua) hari kemudian salah satu personnel “tim terkait” menghubungi saya untuk memberitahu bahwa uang saya ditransfer dari bank payroll saya sudah diterima pada rekening DANA, selain itu personnel tersebut meminta saya untuk kembali menyerahkan data-data saya dan bank saya. Juga pada kesempatan itu saya menanyakan berapa lama proses pengembalian uang saya? Diinfokan oleh “tim terkait” bahwa proses akan berlangsung 7 – 14 hari kerja.

Setelah 3 hari kemudian, saya mencoba menghubungi kembali call center untuk menanyakan status ataupun progress dari kendala yang saya alami. Disini pihak call center hanya dapat memberi informasi bahwa “sedang ditangani tim terkait”. Pada masa ini yang saya menjadi khawatir karena saya tidak mendapat update informasi dari pihak DANA terkait kendala yang saya alami. Hal ini membuat saya menghubungi call center DANA hampir setiap hari dan mendapatkan jawaban yang sama yakni “sedang ditangani tim terkait”. Saya paham bahwa pasti pihak DANA memerlukan proses serta prosedur yang dilalui untuk mengembalikan uang saya, namun keterbatasan informasi yang saya terima kembali menjadikan tingkat kekhawatiran saya semakin tinggi, apalagi ditambah bahwa call center tidak dapat menghubungkan saya dengan “tim terkait”.

Kurang lebih 2 (dua) minggu sejak saya melaporkan kejadian akhirnya saya mendapat email dari DANA yang adalah bukti transfer ke bank payroll saya sejumlah yang sesuai (nilai utuh tanpa potongan sedikit-pun) saya transfer ke DANA. Hal itupun saya kembali periksa pada rekening bank saya dan puji Tuhan uangnya diterima.

Saya apresiasi tim DANA yang sudah membantu mengatasi kendala yang saya alami, dan jika boleh memberi sedikit masukan dari hal yang saya alami adalah mungkin untuk bagian informasi pada saat ditangani “tim terkait” yang tidak diberikan kepada pelanggan, alangkah lebih baik jika ada update dari “tim terkait” pada proses pengembalian uang (semisal update pada proses verifikasi rekening bank, lalu routing approval untuk pengembalian uang, dll) dengan begitu mungkin dapat memberi kejelasan serta ketenangan pada pelanggan yang berkendala.

Tapi secara keseluruhan saya berterima kasih untuk tim DANA yang sudah menjaga kepercayaan pelanggannya dengan berkomitmen dalam menuntaskan kendala yang dialami, dan mungkin bagi orang-orang yang masih konservatif dalam menggunakan applikasi keuangan seperti saya agar lebih teliti dalam membaca ketentuan applikasi yang akan digunakan.

Demikian pengalaman yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini, serta saya berharap bagi pelanggan DANA lain semoga tidak mengalami kendala yang sama dengan saya, namun jika iya dapat dipastikan pihak DANA akan membantu Anda dalam mengatasinya, terima kasih.

Donny Gultom
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.