Surat Pembaca

Garansi Lemari Es Aqua Japan Mengecewakan

Saya membeli lemari es Aqua Japan dua pintu tipe AQR-D239I – S pada tanggal 29/05/2017 dengan tulisan garansi 10 tahun compressor yang ditempel besar di pintu lemari esnya.

Pada tanggal 21/04/2020 saya telepon call center Aqua Japan 08001003003 bahwa terjadi kerusakan kulkas tidak dingin sama sekali dan kompressor berbunyi nyaring. Lalu CS bilang nanti ada biaya jasa sekitar 130 ribuan, dan kalau ada spare part yang tidak digaransi maka ada biayanya sendiri. Saya bilang OK.

Tanggal 23/04/2020 teknisi dari Surabaya datang dan mengecek kondisi dan dinyatakan hanya kompressor saja yang rusak dan itu masuk garansi. Oke lah berarti kena biaya jasa dan transport kalau nanti lemari es diambil. Tanggal 27/04/2020 lemari es diambil oleh service center Surabaya.

Hari ini tanggal 30/04/2020 saya ditelpon oleh teknisinya dan dikonfirmasi bahwa memang kompresornya rusak dan masuk garansi. Tapi karena gak ada kompesor yang sama dengan lemari es punya saya maka diganti kompresor yang lain sehingga ada penggantian spare part (inverter). Jadi saya dikenai biaya total sekitar 800ribu.

Loh saya jelas gak mau dong lemari es saya yang rusak hanya kompressor yang masih garansi kok sekarang nambah biaya spare part lain (inverter). Itu seharusnya ya kosekuensi pihak Aqua Japan sendiri karena diganti spek kompressor yang berbeda bukan malah dibebankan ke konsumen. Kok jadi lucu gini. Bisa-bisa ini penipuan garansi jangan-jangan. Dengan dalih spare part lain harus diganti sehingga timbul biaya. Mohon tanggapannya Aqua Japan.

Terima kasih.

Ahmad Faishol Amin
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Ini saya juga beli AQUA TV Android ya baru 1 tahun lebih 6 hari sdh rusak panelnya trs garansi panel 2 thn tp tetap aja! Teknisi datang kerumah harus bayar biaya datang rp.335000,- padahal saya mau bawa TV nya langsung ke service center biar gak kena biaya teknisi datang kerumah,apakah merk AQUA kurang bagus ya! Soalnya saya lihat komen2 org2 banyak kejadian dgn merk AQUA ya

      • Dapat perlakuan yang sama.. sangat tidak memuaskan. Marketingnya tidak sesuai yang disampaikan, katanya gratis tapi trnyata berbayar.. sy pakai merk Sharp bagus banget, d jemput dan gratis pula..

  • Rata rata elektronik emang gitu service sebenarnya bayar cuma di embel embelin gratis biar keliatan ada garansi dan menarik konsumen, bahkan saya beli travo las jelas jelas ditulis di alat nya garansi servis seumur hidup eh kalo service mah tetap aja bayar

  • Garansi itu kadang cuma omong kosong, gimmick pemasaran, itu biaya inverter pasti dikenakan " harga premium"

    • Saya belum sebulan beli kulkas aqua, sekarang kulkas tidak dingin , tlp call center dari 4 hari yg lalu sampai skrg masih disuruh menunggu teknisi. Sangat mengecewakan. Menyesal beli aqua. Lama sekali pelayanannya

      • hmm.. bnyk juga keluhan kulkas aqua ini. yg komen di atas merk S bagus, sebut aja langsung merk Sanyo ngapain takut. sy juga pakai itu kulkas sanyo 2 pintu, tapi sudah tak hibah ke adik saya krn saya butuh kulkas yg lbh besar, kondisi masih baik cuma cat body sudah jelek. skrng pakai kulkas hitachi 2 pintu inverter beli thn 2019 bareng sama dispenser sharp galon bawah. untung ga kena rayu sales suruh ambil kulkas aqua. kulkas hitachi masih kondisi baik blm ada kerusakan eh yg dispenser sharpnya yg bolak balik rusak, skrng rusaknya kyk bocor gitu freonnya ada oli keluar di pipa sambungannya.

  • Memang produk aqua jepang kurang bagus.masa sya beli ac aja model nya masih kelihatan jadul banget.juga kalau kita komplen kya nya tidak di respon cepat gitu.kya nya kalau produk aqua jepang kurang bagus sih.

  • Terima kasih atas tanggapan dan permohonan maaf dari Aqua Japan yang senin tanggal 04-05-2020 menelpon saya secara langsung bahwa terjadi misinformasi oleh teknisi lapangan Aqua Japan Surabaya. Dan untuk klaim garansi akan segera diselesaikan. Terima kasih

  • Untuk garansi produk kulkas Aqua memang mengecewakan,saya mengajukan claim kerusakan kulkas Minggu lalu, sampai saat ini belum ada teknisi yg kermh,pdhal saya sudah mengiyakan adanya biaya sebesar 150.000.
    tlong agar produsen dengan merk dagang Aqua lebih baik dalam pelayanan perihal claim kerusakan.

    • Waah baru aja ngalamin nih,kulkas inverter blm 1thn yg katanya garansi 10thn, udh 2 hari tiba tiba g dingin sama sekali ,kondisi listrik menyala dan lampu bagian dalam kulkas juga nyala, hawa dingin ga ada sama sekali tlpn call Centre diksh arahan matiin kulkas 5 jam, masih ttp ga dingin setelah dinyalakan,nanti akan ada petugas dtg tp masih blm ada nih gimana nih pertanggungjawaban dr perusahaan yg katanya ternama ? Model kulkas bagus harga juga lumayan tp kok ga sepadan dgn kwalitas nya ya

  • Pelayanan aqua japan memang mengecewakan, saya beli kulkas sekitar bulan mei 2020 dan di bulan juli kulkas tidak dingin dan gak bisa bkin es, sudah telp untuk minta teknisi datang nyatanya selalu disuruh tunggu terus-terusan setiap di telp selalu disuruh nunggu lagi sampe sekarang. Kecewa dan nyesel sudah beli produk aqua japan

    • Selamat malam,maaf saya mau bertanya prihal kulkas aqua saya yg tbtb tdk dingin.sebaiknya kita complain kemana ya?soalnya lewat telp. Tidak kunjung datang.apakah garansi yg tertulis di pintu kulkas benar adanya?bisakah sy memakai garansi trsebut?

  • Kulkas Aqua emang ternyata jelek. Namanya doang jepang, tp pabrikannya tetap aja made in Indonesia. Masih sering rusak bbrp bulan pake. Nih kulkas yg saya beli tipe 2 pintu yg inverter plg baru kluaran mrk uda 2 kali gak dingin atas bawah. Baru 6 bulan. Di freezer ga pernah bs bikin es batu cepet, muati bbrp hr br jd. Skr kondisi ga dingin sama skl. Boro2 jd es, malah jd aer. Kulkas bawah semua ikan dan sayuran jd busuk gara2 ga dingin. 2 kali kaya gini lho. Pabrik di Indonesia ga ngikutin standar sama pabrik yg di Jepang, beda qualitas produknya.

    Pihak Aqua kalo baca ini, tlp saya di 0853-4775-06** (di Jatiasih, Bekasi). Nomer seri kulkas AQR-D275R saya: 91201304.

  • Baru aja ngalamin, Beli Kulkas aqua japan 2 pintu karena iming iming garansi 10 tahun, tapi belum ada satu tahun kulkas udah gak dingin, pintu kulkas tiba tiba gak rapet. beda sama merk kulkas sebelumnya merk "S" udah 10 tahun masih awet, itu juga dijual karena kulkas sudah korosi. nyesel deh.

    • bang saya mau tanya, nama merek S ngapain disembunyi sembunyiin? kenapa g langsung disebut aja? serius nanya
      kenapa g sebut aja langsung sanyo, samsung atau apa pun lah

      diatasnya jg langsung menyebut aqua