Kebijakan Tokopedia Menutup Modal Toko, Tidak Sejalan dengan Pemerintah di Tengah Pandemi Covid-19

Bulan Mei 2020 menjadi hal terberat bagi kami khususnya yang memiliki toko di marketplace Tokopedia, dimana kami selaku pemilik toko mempunyai cicilan Modal Toko yang disediakan oleh Tokopedia. Permodalan toko kami diambil dari fitur yang diberikan oleh Tokopedia yaitu Modal Toko. Akan tetapi pada saat Pemerintah dengan gencar membantu usaha-usaha MICRO supaya tidak berada di ambang kebangkrutan, Tokopedia malah sebaliknya, dimana kebijakan yang diambil oleh Tokopedia sangat tidak manusiawi dan sangat tidak masuk akal.

Kebijakan tersebut melakukan pembekuan saldo yang ada di Modal Toko, dimana ketika pemilik toko yang seharusnya dapat menarik Modal Toko pada aplikasi Tokopedia, saat ini ditutup sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Sedangkan baik toko offline atau online kami yang bergerak dibidang kuliner atau semacam kue sangat bergantung pada permodalan tersebut mengingat pada bulan Maret dan April situasi berat kami lewati, dan Mei mulai beranjak bangkit sedikit demi sedikit. Akan tetapi Modal Toko yang biasanya bisa kami cairkan malah dengan tidak manusiawi ditutup.

Hal ini sangat merugikan kami selaku pengusaha kecil yang berimbas pada toko kami yang tutup, dan dua karyawan yang tidak bisa bekerja lagi dengan kami.

Selain itu Tokopedia pun bekerjasama dengan Ovo PayLater, dimana kebijakannya harus membayar full saldo yang sudah dipakainya tanpa adanya cicilan atau minimum pembayaran seperti yang sebelumnya.

Jelas ini sangat bertentangan dengan kebijakan Pemerintah, di satu sisi pemerintah memperjuangkan para pedagang kecil supaya tidak mengalami kebangkrutan atau menambah dampak yang lebih parah dalam menghadapi Covid 19 ini.

Kiranya dalam tulisan ini khususnya untuk TOKOPEDIA dapat lebih membantu Pemerintah untuk mewujudkan apa yang menjadi program pemerintah dengan tidak membuat kebijakan yang semena-mena sehingga menimbulkan kerugian bagi pemilik usaha kecil seperti saya. Dan membuat kerugian beberapa pekerja saya yang dengan sangat terpaksa harus saya berhentikan.

Dan semoga dapat dibantu oleh team Media Konsumen supaya TOKOPEDIA dapat mengembalikan sebagaimana fungsi sebelumnya pada Modal TOKO di TOKOPEDIA. Karena kami sangat yakin para pelaku usaha di Tokopedia mengalami hal yang sama, sehingga makin banyak lagi dampak yang serius ditimbulkan, tidak hanya dengan dampak kesehatan bagi kami, melainkan dampak ekonomi bagi kami dan para pekerja kami.

Informasi:

Amar Bank menunda cicilan sampai dengan bulan Agustus 2020
Adira Finance menunda cicilan sampai dengan akhir Juni 2020

Eko Supriyanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:6    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

9 komentar untuk “Kebijakan Tokopedia Menutup Modal Toko, Tidak Sejalan dengan Pemerintah di Tengah Pandemi Covid-19

  • 5 Mei 2020 - (23:15 WIB)
    Permalink

    bener banget nih,perputaran langsung diem di tempat,padahal bayar lancar2 aja,sekalian aja mgak usah di bayar,temen ane biasa muter disana,hari ini disamperin dc dari modalku,terkadang semaunya aja,ngak ada otak

  • 6 Mei 2020 - (03:50 WIB)
    Permalink

    Semoga dengan ini pemerintah khususnya dapat melihat dan dapat bertindak dengan kebijakan TOKOPEDIA yang makin menambah beban bagi pemilik usaha ditengah pondemik covid 19, dan banyak saudara2 kita ikut berpartisipasi dengan Surat ini

  • 6 Mei 2020 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga memiliki toko di tokopedia, tetap, setelah urusan saya selesai dengan ovo paylater tokopedia, saya akan tutup akun tokped saya, daripada ada lagi urusan yg lain lagi. Kesal saya dengan tokopedia, apalagi taralite, banyak banget masalahnya.

    • 24 Mei 2020 - (18:53 WIB)
      Permalink

      Iyee udah sktr 2-3blanan ga bisa tarik modal toko smntra tagihan jalan trus di kondisi bgni
      Ane telat bayr 15hari aja modal tokonya diblokir terus di tlpnin mlu dtanyain bla2
      Sbbernya kcwa sma systemnya tokped pdhal lgi sulit buat pdgang dmasa covid ini
      Dan smga dibulan awal juni nnti pencairan bisa ditarik di modal toko biar buat tmbhan modal

  • 17 Mei 2020 - (01:31 WIB)
    Permalink

    akhirnya diangkat ke publik…
    mungkin bisa menjadi tambahan informasi
    modal toko di tokopedia itu sistemnya revolving berbeda dengan pinjaman online yg non revolving.. jd saat ini yg terjadi sistem itu di hentikan yang menyebabkan regulasi nya berhenti.. sementara disisi seller sangat diberatkan seolah2 dipaksa untuk melakukan pelunasan pinjaman modal toko tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.. (yg belum tau sistem revolving itu seperti sistem kartu kredit dimana ketika kita membayar tagihan yg berjalan maka limit yang tersedia bisa ditarik langsung tanpa harus menunggu lunas semuanya) #ojkhelp

  • 17 Mei 2020 - (02:28 WIB)
    Permalink

    Ya ini bagaimana tanggapan nya? Modal toko di syarat dan ketentuan tokopedia jelas membedakan sistemnya dengan pinjaman online. Tetapi sekarang malah memberatkan kami sebagai seller. Kami sejujurnya tidak meminta keringanan pembayaran tagihan untuk modal toko.. cuma kembalikan sistem nya seperti diawal .. perjanjian diawal tidak seperti ini. Kalo kondisinya tidak sedang ada COVID 19 saya pribadi sangat rela misalkan pinjaman modal toko nya mau diminta semua.. tapi saat ini pasar lagi sepi sebagian besar modal terlanjur jadi barang dagangan. Kalopun sisa uang yg saya pegang untuk dibayarkan ke modal toko ya usaha saya gak jalan bos gak pegang uang lagi… saya dulu mau menggunakan modal toko karena ditawari via tlfn dengan promosi sistem yang berbeda dari pinjaman online lainya.. dimana selama limit tersedia, uangnya bisa di tarik tanpa menunggu tagihan nya lunas semua.. dan selama ini saya tidak pernah telat membayar tagihan.. sampai di tanggal 3 april sistem pencairan limit nya dihentikan sampai sekarang.. tapi tagihan tetep jalan normal tanpa ada keringanan sedikitpun..

  • 24 Mei 2020 - (00:39 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya dalam hal ini tidak di bukanya kembali pencairan modal toko juga bukan masalah.
    Saya pribadi merupakan pemakai modal toko yang macet karena efek dari covid 19 yang sangat mematikan usaha kami. Dalam hal ini walau tokopedia tidak bisa memberikan akses modal toko kepada kami, maka alangkah baiknya ada kebijakan baru seperti sistem pembayaran manual bagi yang sudah telat cukup lama. Misal 2 bulan.

    Sistem default apabila telat bayar 2 bulan maka saldo penghasilan di tokopedia akan di bekukan alias tidak bisa di tarik. Dalam kondisi seperti ini alangkah baiknya tokopedia ikut membantu, misalnya Saldo penghasilan tetap bisa di tarik walau telat lebih dari 2 bulan. Dengan ada nya seperti itu, para seller bisa memutar dana yang ada dan sebagian hasil penjualan (profit) bisa di setor secara manual. Manual dalam artikata tidak perlu full tagihan. kapan saja bisa di bayarkan sesuai nominal yang tersedia saat itu (bisa di input)

    Untuk langkah pembayaran manual sekarang ini sudah direalisasikan oleh tokopedia sendiri. Hanya saja karena kami hampir collaps. dan kami juga tidak mau lari dari tanggung jawab. alangkah baiknya ada kebijakan baru dalam hal pembayaran.

    Alasan saya dalam hal ini, jangankan melunasi secara langsung. Kita yang pastinya harus survive dulu.
    Kita tidak tau covid 19 ini akan kapan berakhir. dan ekonomi secara nasional kapan akan membaik. tapi paling tidak kami sebagai seller ingin ada progress dalam melakukan pembayaran ke modal toko walaupun kecil.

    Dengan adanya progress walau pelan maka jumlahnya akan pelan2 bisa di kurangi.
    Dan setelah keadaan membaik, kita juga ada harapan untuk melakukan pembayaran secara cepat ke modal toko.

    Saya rasa itu merupakan harapan dari para seller yang saya rasa cukup banyak terdampak dari covid 19 dan macet nya pembayaran modal toko yang tidak tau akan kapan selesai

    (Saya salah satunya dengan nominal yang cukup besar)

  • 24 Mei 2020 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Belum ada jawaban yang jelas??
    Kami bukan tidak mau bayar tapi kami tidak bisa bayar karena roda ekonomi macet
    Mohon kebijakan dari pihak modalku dan tokopedia

    • 24 Mei 2020 - (14:07 WIB)
      Permalink

      belum ada pak.
      kemarin modalku ada menghubungi saya. kami bicara cukup panjang lebar. dan katanya akan coba follow up ke tokopedia.
      cuma yang membingungkan ini sepertinya saling melempar.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Kebijakan Tokopedia Menutup Modal Toko, Tidak Sejalan dengan Pemerinta…

oleh ekosupriyanto332 dibaca dalam: 1 min
9