Belum Mendapat Penyelesaian Refund di ATS Vacations terkait Pembatalan akibat Pandemi

Saya daftar tour di ATS tujuan Seoul-Jeju untuk tanggal 19 Maret – 25 Maret 2020, dengan membayar tanda jadi sebesar Rp10.000.000 pada tanggal 13/12/2019. Sejak pertengahan Januari 2020 berkali-kali saya menanyakan ke pihak ats apakah tour tetap berangkat, mengingat virus Covid-19 sudah menyebar ke Korea Selatan. Pihak ATSĀ  selalu menjawab tetap berangkat, dan mendesak pembayaran pelunasan yang pada akhirnya saya transfer pada tanggal 20/2/2020.

Beberapa hari setelahnya saya dihubungi oleh pihak ATS ditawarkan opsi pembatalan dikarenakan Covid-19 di Korea Selatan meningkat drastis. Pada saat itu diinfokan proses pengembalian 1-3 minggu, tetapi sampai dengan 2 bulan setelahnya uang saya tidak juga cair.

Saya kembali menghubungi pihak ATS untuk menanyakan jadwal pencairan dana saya, hingga hari ini (3 bulan setelah saya mengkonfirmasi pembatalan) pihak ATS menjawab proses refund kemungkinan baru di akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021. Sedangkan beberapa teman saya yang juga mengurus proses pengembalian dengan maskapai lain dan travel agen lain, sudah menerima pengembalian dalam waktu tidak sampai 2 bulan sejak proses pengajuan pembatalan mereka.

Saya merasa sangat dirugikan dengan hal ini, karena pembatalan pun karena force majeur, bukan saya membatalkan sepihak. Juga jadwal penerbangan saya dengan menggunakan Korean Air memang dibatalkan oleh pihak airline. Besar harapan saya dapat mendapatkan penyelesaian masalah ini segera.

Terima kasih.

Peter Hugo Koentjoro
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Belum Mendapat Penyelesaian Refund di ATS Vacations terkait Pembatalan akibat Pandemi

  • 2 Juli 2020 - (11:44 WIB)
    Permalink

    Hi Pagi Pak Peter Hugo Koentjoro, mohon maat atas ketidaknyamanannya. Perihal refund tersebut, kami pihak ATS Vacations telah mengembalikan dana tersebut pada tanggal 22 Juni 2020 oleh Arnold.

    sekian dan terima kasih šŸ™‚

    • 2 Juli 2020 - (12:33 WIB)
      Permalink

      Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 7 Mei 2020 yang ditulis oleh Pak Peter Hugo Koentjoro berjudul ā€œBelum Mendapat Penyelesaian Refund di ATS Vacations terkait Pembatalan akibat Pandemiā€œ. Pemesanan paket tour atas nama Pak Peter Hugo Koentjoro sudah kami bantu proses Refund oleh Tim ATS Vacations. Saat ini Refund sudah terkonfirmasi dan telah diterima oleh Pak Peter Hugo Koentjoro dengan baik.
      Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya, dan kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pak Peter Hugo Koentjoro menggunakan layanan ATS Vacations sebagai Travel Agent. Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas pengertian, kesabaran dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

      ATS Vacations

  • 12 Agustus 2020 - (00:01 WIB)
    Permalink

    Pembatalan Tour 25 Maret ke UK atas nama Mudiono Kumala dan Rahayu Tandyo, kapan akan direfund? Sejak berbulan bulan yang lalu, jawabannya sedang diproses.
    Kapan kepastian dana tersebut akan direfund?
    Mohon tanggapan dan itikad baik dari pihak ATS.

    1
    1
    • 19 Oktober 2021 - (12:07 WIB)
      Permalink

      Salam kenal bu Rahayu…
      Samu Bu saya rencana pergi ke Baecelona bulan Maret 2020 krn pandemi akhirnya di cancel sama pihak ATS, 1 minggu sebelumnya ATS jg menelpon saya disuruh melunasi, padahal saya jg bertanya, apa pasti berangkat? Jawabnya pasti katanya, tp akhirnya batal..
      Dan sampai sekarang uang yang dujanjikan akan di refund belum jg dikembalikan, P Arnold bilang tgl 18 okt ini akan di refund pas tglnya pagi ini katanya uang belum ada masuk di acvounting, nanti kalau ada dana masuk akan diprioritaskan ditansfer..boleh minta no hp ibu Rahayu, biar kita bisa call, tks. Ninik

  • 3 September 2020 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Tour cancellation dari pihak ATS ke East Europe atas nama Tjiong Michael Tjandra & Tjiong Tjin Sian tidak ada kabar tindak lanjut mengenai refund sampai sekarang, sudah 5 bulan lebih menunggu dan belum ada kepastian. Tolong isu ini difollow up segera, jangan sampai berlarut-larut atau akan kami eskalasi lebih jauh ke depannya.

    • 19 Oktober 2021 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Salam kenak Pak Michel….apakah sekarang ini uang Pak Michel sdh direfund dr pihak ATS Pak? Kl saya sampai hari ini belum ada refund untuk 2 pack keberangkatan Barcelona, tks.

  • 11 Januari 2021 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Uang saya juga belum di kembalikan,
    Saya bertujuan untuk tour ke USA pertengahan Maret 2020,namun karna visa saya di tolak maka saya tidak jadi,dan perjanjiannya bahwa uang DP tetap kembali yang hangus hanya uang visa ,
    Tapi sampai skrng uang 20 juta saya masi tidak di refund dengan berbagai alasan,sudah hampir mau setahun,tapi tidak ada kejelasan

  • 5 Maret 2021 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Waahh saya juga ada pembatalan tiket PP sejak 16 Juli 2020 di travel agent ATS ini ke Thailand dengan maskapai Singapore Airlines (keberangkatan 1 Agustus 2020 untuk 3 orang), hingga detik ini 5 Meret 2021 (8 bulan) belum ada kejelasan terkait pengembalian dana saya. Benar memang kalau tidak kita ingatkan, mereka juga tidak memfollow up kami sebagai customer. Ini yg saya setiap bulan menanyakan dan selalu dijawab “belum ada pengembalian dana dari maskapai”. Padahal saya jg ada pengalaman pengembalian dana karena pandemi ini ditravel agent lain, hanya membutuhkan waktu 2 bulan dana sudah langsung cair tanpa harus follow up setiap bulannya. Mohon kerjasamanya kepada pihak ATS. Kami sebagai customer sangat dirugikan terkait hal ini..

  • 3 Juni 2021 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Saya juga tour keberangkatan maret 2020 ke eropa timur untuk 2 pax di cancel. sampai juni 2021 (15 bulan berlalu) pun tidak ada proses pengembalian refund dana dari ATS padahal sebelumnya sudah di janjikan mau di refund. waktu hari H tanggal refund minta dimundur. ini sampai terakhir mau dicicil pun hari H cicilan pertama 1 juni 2021 pun pihak ATS minta mundur lagi. uang tersebut sangat berarti karena masa pandemi pendapatan berkurang dan istri saya bulan depan mau melahirkan

    • 1 Februari 2022 - (00:49 WIB)
      Permalink

      Haloo. Apa sudah direfund oleh ATS ya?
      Saya juga sudah mengurus refund tiket pesawat tujuan Seoul dari Sept 2020. Diberi janji untuk refund oleh ATS di Des 2021, tapi sampai sekarang belum direfund

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Belum Mendapat Penyelesaian Refund di ATS Vacations terkait Pembatalanā€¦

oleh Peter dibaca dalam: 1 menit
12