Sulitnya Berhenti Langganan IndiHome

Pada tanggal 08 April 2020 saya menelepon 021 147 untuk berhenti langganan Telkom IndiHome dikarenakan lokasi tersebut sudah tidak digunakan. Nomor pelanggan saya ialah 121117215324. Saat saya menelepon saya ditanyakan nomor KTP dan nama pelanggan. CS berkata bahwa berhenti langganan dapat dilakukan jika saya tidak memiliki tunggakan, dan pada saat itu saya tidak memiliki tunggakan dikarenakan pembayaran jatuh tempo pada tanggal 20 April 2020. Saya dilarang bayar tagihan yang sudah keluar, dan saya menunggu tagihan yang akan dikirimkan ke email saya yang sudah saya sebutkan kepada CS.

Pada tanggal 15 April saya menghubungi kembali 021 147 dan yang membuat saya terkejut, saya ditanyakan kembali nomor KTP dan nama pelanggan. Dikarenakan tidak ada tindak lanjut saya meminta tiket pengaduan, namun CS berkata bahwa tidak ada tiket pengaduan. Besoknya saya dihubungi oleh tim pemutusan dan konfirmasi ulang terkait keinginan saya berhenti langganan.

Pada tanggal 01 Mei saya mendapatkan SMS dari pihak IndiHome untuk mengirim lanjut [spasi] nomor pelanggan dan dikirim ke nomor 08111020220, dan saya sudah kirim.

Saya pikir sudah selesai sampai saat itu. Pada tanggal 04 Mei 2020 saya melihat tagihan Indihome saya dan saya sangat terkejut dan kecewa dengan sistem IndiHome, dan membuat tagihan saya menjadi 2 bulan beserta denda keterlambatan pembayaran. Itupun saya mengetahui dari Tokopedia yang mengingatkan untuk membayar.

Saya menghubungi kembali 021 147 dan bertanya kebenaran tagihan saya, dan mereka bilang akan segera dikirim ke email saya, namun tidak ada email masuk. Saya langsung menanyakan nominal dan benar saja seperti tagihan Tokopedia bahwa saya menunggak 2 bulan. Mengenai berhenti langganan, saya diminta untuk melunasi yang bahkan pada bulan Mei saya sudah tidak menggunakan dan saya sudah ingin membayar pada tanggal 08 April.

Saya komplain dan saya tidak mau membayar tagihan beserta dendanya dikarenakan pada tanggal 08 April saya sudah meminta tagihan, namun saya diminta menunggu sehingga tagihan membengkak. Saya berpikir ini hanya strategi Indihome saja dikarenakan terdapat kasus serupa yang saya baca di Media Konsumen. Saya mendapatkan tiket pengaduan in66914951 dan tetap saya disuruh menunggu selanjutnya.

Sekelas BUMN terlalu kotor jika benar ini kasus saya hanya strategi agar tetap mendapatkan income, dan saya berharap agar kasus serupa tidak terjadi lagi.

Salam,

Maulida Nabya
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom untuk Ibu Maulida Nabya

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com. Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Maulida Nabya pada tanggal 07...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga begity sudah minta tgl 12 april memutus langganan indihome. Tp proses terus tanpa ada kepastian. Ga bisa ke plasa telkom karna ada anjuran pemerintah untuk stay at home. Sekelas telkom memeras konsumen nya dengan cara kotor. Mereka blg karena abodemen kalo abodemen dimana" lgsg blokir ga usah tagihan terus yg dtg tanpa qt pakai layanan indihomenya. Ga usah di bayar. Karena banyak yg di rugikan masalah ini.

    • Terus Mba gimana? Sampai saat ini belum berhenti langganan?
      Saya tadi di telpon oleh pihak telkomnya Mba, jadi pembayaran sampai yang digunakan saja.

      • Sama, baru hari ini di telefon. Bakal di hentikan. Pas bgt artikel saya terbit hari ini yg masalah indihome. Dana di kembaliin ga?

        • Saya memang baru membayar hari ini Mba.
          Mba kena pembayaran bulan apa saja?

          • Bulan februari dan maret , saya bayar bulan april, permintaan di hentikan bulan april. Tapi tagihan masih ada di bulan may.

  • Saya dari bulan mei ajuin berhenti berlangganan, dan sebenar nya dari april pengajuan nya, sampai dengan detik ini belum ada kabar berita lagi dari indihome, malah yagihan bulan juni-juli yang sampai ke saya, ada solusi mba?

    • Permasalahan saya sudah selesai Mas, dan telkom sudah acc permintaan berhenti langganan saya..
      Mas bisa telpon lagi dan minta nmor pengaduan nya.. jelasin kronologisnya, klo memang belum ada tindak lanjut.. Mas buat surat di mediakonsumen.. cepat kok Mas, semoga berhasil..

  • Hari ini tgl 5 desember 2020 saya sudah datang ke plaza telkom untuk mengajukan pemutusan berlangganan indihome, saya sudah menyelesaikan pembayaran untuk bulan november dan desember walapun internet saya sudah d matikan sejak tgl 21 november,tpi saya tetap harus byr dan sudah saya bayar lunas berikut denda keterlambatannya... Semoga bulan januari tdk ada penagihan lgi. Krna saya sudah mengembalikan semua perangkat dari indihome langsung ke plaza indihome yg ada di jl yosduarso jkt utara...