Surat Pembaca

Mohon Bapak Presiden agar Pemerintah Menutup Pinjaman Online Instan

Mohon Bapak Presiden agar pemerintah menutup pinjol pinjaman online instan yang mendaftar melalui aplikasi dengan KTP dan foto selfi dan sebagainya. Masyarakat tidak mendapat manfaat yang benar-benar bermanfaat, karena apabila sudah terlanjur pinjam maka tidak sedikit yang akan terpaksa gali lubang tutup lubang agar tagihan tidak semakin besar dan pikiran tenang dari buruan DC debt collector.

Seperti yang sedang saya alami, kini saya mempunyai tagihan di 9 pinjaman online yang terdaftar di OJK. Awal mula hanya pinjam 1 aplikasi dan tidak mau mengulangi lagi ketika sudah lunas. Saya pun tahu tenor yang diberikan sangatlah singkat 14 hari. Namun karena mendesaknya kebutuhan terpaksa saya klik pinjam.

Pada saat jatuh tempo uang yang dikumpulkan tidak cukup untuk membayar. Mencoba pinjam teman saudara keluarga tidak ada yang punya dana sebesar itu. Pinjam 600.000 gantinya 705.000. Mungkin menurut para pembaca uang itu tak seberapa. Beberapa pembaca mungkin mengambil kesimpulan “emang lo-nya aja yang nakal”.

Yang berkata begitu mungkin orang dengan uang yang berada dan dia pun tidak mungkin coba pinjol karena sudah banyak uang. Tapi bagi kami uang sebesar itu sangatlah berharga dan susah sekali diraihnya.

Kesimpulannya,saya berharap agar pinjol dihapus saja, ditutup saja, ditiadakan saja di Indonesia. karena akan berdampak melemahnya kemajuan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat kecil dan sederhana. Manfaat di awal dan berujung sengsara. Kalaupun tetap harus ada, adakanlah yang cicilan 12 bulan dan seterusnya. Di bawah itu kasihan masyarakat kecil. Memang benar kalau tidak bisa ganti gak usah pinjam, tapi kan ini instan, menyebar di internet dan aplikasi-aplikasi game di Android. Ketika benar-benar butuh dan tidak ada yang kasih pinjam ya pasti terpaksa minjol.

Sekian dan terimakasih.

Sumarwan
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Saya korban pinjol ilegal dan legal. Setiap hari diteror karena gagal bayar. Data kontak,gallery di bobol sama mereka (khusus pinjol ilegal). Mental dibuat drop. kata2 kasar dan umpatan bahkan fitnah sudah di lakukan sama pinjol ilegal. Sampai berpengaruh ke keluarga saya. PLEASE SATUKAN TEKAD UNTUK HAPUS DAN HENTIKAN PEREDARAN MEREKA DI R.I. jgn sampai korban2 berjatuhan,kasian keluarga mereka yg menjadi korban. Tolong teruskan aspirasi kami ke aparat terkait. Khususnya OJK, AFPI, Kominfo dan jajaran KEPOLISIAN. Jgn berhenti di saya...lanjutkan perjuangan kita para korban2 pinjol laknat

  • Mari kita berantas pinjol kalo bisa kita demo untuk pinjol supaya dititup sebaiknya bikin komunitas tutup pinjol semua karna ini bisa dilaknat bermain riba...negara kita jg akan hancur..godaan iblis..kLo pemerintah ga menutup berargi dia membantu gerakan pinjol indonesia

Penulis
Sumarwan Sumarwan