Surat Pembaca

Sudah Membayar OVO PayLater Tokopedia, Tapi Masih Ada Penagihan dan “Reversal Payment” Tidak Cair

Pada tanggal 27 April 2020 saya membayarkan tagihan OVO PayLater Tokopedia saya atas nama Ccitra Andriani melalui VA. Saya membayar full lunas tagihan bulan April 2020. Tetapi setelah dicek, pembayaran yang di-approve hanya satu saja, sisanya masih ditagihkan. Padahal saya sudah membayar lunas.

Besoknya pada tanggal 28 April saya mengadukan hal ini melalui pesan bantuan Tokopedia. Jawabannya adalah saya harus menunggu pihak Tokopedia yang sedang melaporkan hal ini ke OVO PayLater. Besoknya, masih tidak jawaban. Saya kemudian berkali-kali mengirimkan pesan bantuan, sampai ada 5 thread, tetapi jawabannya tetap sama yaitu menunggu.

Saya pun menghubungi pesan bantuan OVO, pihak OVO sudah menyatakan kalau saya telah membayar lunas karena memang ada buktinya. Namun penagihan pun masih terus berlangsung, via email maupun via telepon. CS OVO PayLater yang menghubungi saya pun saya klarifikasi, menurutnya ada reversal dana. Tetapi reversal dana payment tidak ada sama sekali. Saldo Tokopedia 0 per tanggal 27 April hingga 1 Mei 2020, begitupun di akun OVO saya, tidak ada data masuk untuk reversal dana pada akun bank saya.

Baru saja ada CS OVO PayLater yang menagih tunggakan yang sebetulnya sudah saya bayar lunas, mau tidak mau saya tagih balik dana reversal saya. Hingga saat ini, tanggal 5 Mei 2020 dana reversal belum cair, penagihan masih terus berjalan, dan akun saya statusnya masih menunggak dan dibekukan dengan alasan tunggakan yang sebetulnya sudah saya bayar lunas. Saya merasa kesal dan merasa dirugikan dari segi waktu dan materi.

Citra Andriani
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Ibu Citra Andriani

Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Citra Andriani perihal penggunaan layanan OVO PayLater. Menanggapi keluhan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Trimakasih media konsumen telah menerbitkan surat saya. Update : pada hari ini pihak tokopedia telah menghubungi saya melalui email dan pesan bantuan bahwa limit dan transaksi saya sudah disesuaikan. Setelah saya cek alhamdulillah sudah kembali normal. Tidak ada reversal, karena perhitungannya sudah pas. Semoga tidak ada lagi kesalahan sistem seperti ini dari pihak ovo paylater. Dan terimakasih juga kepada cs tokopedia yang membalas semua keluhan2 saya dengan cepat tanggap serta bersabar atas semua kekesalan saya. Semoga teman2 yg lain yang mengalami hal serupa pun masalahnya cepat selesai, Aamiinn...

    • Halo kakkk. Saya juga dapat masalah yg sama. Boleh kah saya minta nomor cs dari tokopedia dan paylaternya. Saya sangat berharap dibalas. Terima kasih kakk.

      • Keluhan saya sampaikan lewat pesan bantuan di aplikasi tokopedia dan melalui pesan bantuan lewat aplikasi ovo mas/mbak.. ada kok optionnya di aplikasinya :)

  • Hi kak, sy juga ada masalah yg sama. Tagihan dr bulan Maret sejumlah 1.6 yang sudah di bayarkan sebelum jatuh tempo di tagihkan berkali2 sampai saat ini. Krn saya tidak mau di denda akhirnya saya bayarkan terus. Sudah menghubungi pihal Ovo blm ada solusi. Apakah ada nomor yg bs di hubungi untuk pihak OVO atau tokopedia selain menggunakan email?

    Terima kasih :)

    • Halo marcella, bisa hubungi pesan bantuan di tokopedia kok, juga hubungi pesan bantuan di aplikasi ovo. Jika ada dc yg menagih, jelaskan saja masalahnya, kalau marcella sudah membayar lunas, jgn lupa kirimkan screenshot bukti pembayaran pada email dan screnshot akun ovopaylater di tokped. Semoga masalahnya cepat selesai ya

  • Sudah di email dan jawabannya selalu sama saja. “Menunggu investigasi” tadi saya sudah coba telp juga dan masih sama aja jawabannya hehe.
    Anw, makasih kak buat sarannya.

  • Sama saya juga begitu. Ovo paylater tanpa pemberitahuan terlebih dahulu mengharuskan saya bayar cicilan semuanya. Saya mengerti ada d t&c mereka dikarenakan wabah. Tapi ya tiba" akun d blokir dan sekarang di bilang saya masi ada cicilan bulan kedua. Skrg pihak tokopedia melimpahkan ke ovo permasalahannya. Saya sudah beritahukan history saya. Ya kita liat apa tanggapan ovo. Kalo seperti itu terus lebih baik di laporkan ke ojk karena kita dirugikan. Tidak lucu kan credit record kita jelek karen system mreka yg bobrok