Pelayanan Refund Traveloka Mengecewakan

Saya dan keluarga saya mempunyai pesanan di Traveloka dengan nomor order ID:

  • 526845682 (pengajuan 5 Maret)
  • 525410678 (pengajuan 5 Maret)
  • 525423211 (pengajuan 5 Maret)
  • 525427463 (pengajuan 5 Maret)
  • 526632813 (pengajuan 5 Maret)
  • 525404909 (pengajuan 15 April)
  • 525421051 (pengajuan 15 April)

Pada tanggal 4 Maret SQ mengeluarkan kebijakan refund untuk rute China, Hongkong, Macau, North Italy, dan Korea. Tanggal 5 Maret saya datang ke SQ utk menanyakan kebenaran hal tersebut dan mengecek tiket saya apakah eligible untuk full refund dan SQ bilang, ya ini bisa untuk refund. Tanpa basa basi saya lakukan refund dan di aplikasi Traveloka pun pada saat itu tertulis bisa refund.

Lalu saya kontak tim Traveloka melalui email ayah saya yang juga punya pemesanan dengan rute yang sama, dan mereka sudah konfirm ke airlines bahwa bisa full refund. Saya follow up hampir setiap hari dan mereka selalu mengatakan bahwa refund saya sudah diajukan ke maskapai, dan batas refund saya sampai 19 Maret waktu itu tertulis di aplikasi Traveloka.

Lalu pada tanggal 20 Maret tiba-tiba refund saya ditolak oleh Traveloka dengan alasan tidak sesuai ketentuan maskapai. Padahal perubahan peraturan baru maskapai itu baru terjadi di sekitar tanggal 13-16 Maret. Nah setelah saya konfirmasi ke SQ, saya kaget ternyata itu adalah penolakan sepihak dari Traveloka tanpa konfirmasi ke SQ. Jadi refund saya belum diajukan dari tanggal 5 Maret 2020, lalu saya komplain dan ditanggapi dengan jawaban robot mereka.

Akhirnya saya memutuskan untuk datang ke kantor SQ kembali, dan mereka pun menyatakan bahwa jika memang Traveloka mengajukan di tanggal 5 Maret maka tiket ibu sudah pasti bisa di-refund, tapi ini masalahnya belum ada pengajuan. Juga, mungkin staff SQ juga bingung, dan setelah saya sampaikan semua kejadiannya akhirnya saya diberikan approval refund code oleh SQ terhadap semua bookingan keluarga saya, untuk segera diberikan ke Traveloka agar proses refund bisa berjalan. Saya sungguh berterima kasih kepada tim SQ yang sangat membantu dan kooperatif.

Setelah dapat ARC tersebut saya langsung email dan chat ke pihak Traveloka, tetapi masih di jawab dengan jawab robot. Juga proses refund masih belum dikerjakan bahkan setelah penerbangan cancel. Saya juga dapat kabar dari SQ, refund saya baru dikerjakan per tanggal 20 April 2020, dan itu pun belum semuanya padahal kami ajukannya barengan.

Pada tanggal 4 Mei 2020 saya coba telepon SQ lagi untuk menanyakan status refund saya, dan ternyata beberapa refund saya sudah selesai prosesnya dan sudah di-refer ke Traveloka per tanggal 1 Mei 2020. Tapi sampai sekarang uang saya belum di-transfer padahal refund sudah berlangsung selama 70 hari. Sangat tidak cocok dengan tampilan di aplikasi yang menyatakan jika dana sudah diterima dari maskapai, maka akan segera di-transfer. Kenapa kalian tipu customer?

Saya minta penjelasan tentang uang refund saya dan itikad baik dari Traveloka untuk menyelesaikan masalah ini. Kenapa refund aja seribet ini, dan dari awal tidak dikerjakan. Main nunggu dekat jadwal terbang, kalo peraturan maskapainya berubah apa kalian mau tanggung jawab? Saya ada refund tiket tujuannya sama, maskapai sama, dan tanggal pengajuannya sama di tiket.com ini sudah selesai dari awal April.

Saya sungguh kecewa.

Meike Putri
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Traveloka untuk Ibu Meike Putri

Kepada Yth., Ibu Meike Putri Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Update : traveloka sudah mengembalikan 3 refund saya tetapi yg satu hanya one way sedangkan saya beli tiket return dengan 1 kode PNR dan 1 booking id. bagaimana bisa ini terjadi? Masa refund stengah stengah sih

  • Kejadian Bu Mei ini sama persis..
    Saya aja refund masa cuma 1 doang padahal ada 2 tiket yang diajukan berbarengan..

    Ini malah Bu Mei banyak tiketnya. Harus dikejar terus Travelokanya.