XL Menjebak dan Memotong Pulsa Customer

Saya adalah customer yang sudah menggunakan nomor XL yang sama, selama kurang lebih 10 tahun.
Pada tanggal 5 mei 2020, saya mengisi pulsa XL sebesar 25.000 rupiah melalui Shopee. Lalu saya cek jumlah akhir pulsa saya adalah 59.000 rupiah sekian.

Tanggal 7 Mei 2020, saya cek pulsa, pulsa saya sudah berkurang menjadi 57.000 rupiah sekian. Padahal dalam 2 hari itu, smartphone saya dalam keadaan airplane mode, yang berarti layanan XL saya tidak aktif.

Segera saya hubungi myXLCare melalui twitter, dijawab ada pemotongan pulsa untuk layanan. Saya tanya layanan apa, tidak dijawab. Saya tanya kok tidak ada notifikasi sms apapun ke saya, tidak dijawab. Jawaban yang saya dapatkan: Baik, mohon maaf ya. Thanks #M117

Setelah saya bilang akan saya tulis ke media konsumen, #M138 menanyakan apakah ingin dilakukan blacklist global agar ke depannya tidak terdaftar layanan kembali? Yang dimana akan mengakibatkan nomor hp saya tidak bisa menerima pop up dan tidak bisa melakukan pembelian layanan di aplikasi google. Saya jawab: Iya mau blacklist global. #M83 lalu konfirmasi bahwa blokir global sudah dilakukan.

Tanggal 8 Mei 2020, di smartphone saya muncul pop up penawaran XL Fitur: Mvicall. Segera saya screenshot dan saya tanyakan ke myXLCare, mengapa saya masih menerima pop up. Pertanyaan saya tersebut tidak dijawab, hanya kembali ditawarkan apakah saya mau blokir global.

XL, anda telah memotong pulsa saya untuk layanan yang sampai sekarang pun saya tidak tahu layanan apa. Bukannya mengembalikan pulsa saya, anda malah lanjut membohongi saya perihal blokir global yang ditawarkan oleh CS anda sendiri?

Tidak malu kah anda, di tengah tengah pandemic, anda malah memotong pulsa customer seenaknya, dan terus menerus mencoba menjebak customer?

Jika pihak XL mau menghubungi saya, mohon melalui Whatsapp saja, saya menggunakan wifi indihome untuk koneksi internet. Smartphone saya harus dalam kondisi airplane mode, untuk mencegah munculnya jebakan pop up dan pemotongan pulsa tanpa alasan oleh kalian.

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Merliana
081723320**
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Ibu Merliana

Jakarta, 10 September 2020 Ref.CM/CU/EA/005/0520/MR Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Ibu Merliana melalui media...
Baca Selengkapnya

80 komentar untuk “XL Menjebak dan Memotong Pulsa Customer

    • 14 Mei 2020 - (13:04 WIB)
      Permalink

      Bener banget. XL juga suka potong pulsa Rp1000,- setiap hari. Katanya karena layanan iklan. Terlebih pop up ads itu nguras baterai kalau didiemin aja 🙁 sedangkan XL hanya bisa meminta maaf. Solusi dari kita sendiri saja, semoga perusahaan besar seperti ini mendengarkan pelanggannya :(. Solusi sampai sekarang kalau dengan android bisa di turn off number pada settings > connection > “klik nomor XL > turn off dan ganti jaringan ke 2G/GSM. Jadi nomor tidak bisa aktif selalu. Mohon segera diselesaikan XL, percuma saya isi pulsa tiap bulan disedot terus. Terimakasih.

      10
      • 3 Maret 2021 - (06:40 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami, sdh 10th ini berlangganan, tiap2 bulan isi ga seberapa, untuk sumbang aja perpanjangan waktu masa tenggang, krn tiap kali diisi 1hr cukup buat NYEDOT PULSA 25RB???

        • 10 Agustus 2021 - (13:31 WIB)
          Permalink

          Nih saya baru ngalamin kaya gini. Benerapa hari lalu saya isi pulsa yang 50 rb trus saya isi paket yang 18 rb. Kan ada sisanya tuh eh kenapa 2 hari kemudian pas saya mw beli pket lagi dah hilang sisa pulsanya. Pas ditaanya cs nya maaf sistem lagi offline katanya aneh. Pas di chek di transaksi ada transaksi gg payment axis. Padahal aku belum transaksi lagi.. aneh baru ngalamin aku nih..

    • 15 Agustus 2020 - (00:37 WIB)
      Permalink

      Aku malah lebih parah pulsa 165.000 ilang gitu aja..paketin data di myxl dari tgl 8 Agustus Sampek sekarang paketannya belum masuk tapi pulsa sudah kepotong…tlpon ke cs XL jawabannya karna ada pemakaian internet dasar padahal ga aktivin data internet..udh 8 hari jawabannya masih gitu2 aja..ada yg pernah ngalamin?

    • 24 Agustus 2020 - (11:19 WIB)
      Permalink

      XL ini emang a*****,, isi pulsa 100rb,, sebulan habis, padahal g pernah dipake, karena paket internet gw masih aktif,, cek dan ricek korban nya bukan gw doank,, njirrr

    • 6 September 2020 - (12:50 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yg sama. Setiap bulan saya isi pulsa krn mau aktifkan paket xl combo. Jika ada sisa pulsa di atas Rp2000, hari berikutnya saya cek pasti berkurang antara Rp2200-Rp3300 setiap pemotongan tergantung sisa pulsa yg masih saya miliki. Awalnya saya bingung apa saya salah pakai, tetapi hal ini terus berulang setidaknya sudah 3bulan terakhir (stlh sy pastikan polanya). Saya sudah 2x mengirim keluhan melalui portal myxl, tetapi tidak pernah ditanggapi. Dan pagi ini ketika saya hendak menelpon, saya mendapat notifikasi bahwa pulsa saya <Rp1500. Artinya pulsa yg ada kembali dipotong Rp3300. Tolong tindak lanjut dr XL atas pemotongan pulsa yg tidak wajar ini. Terima kasih.

    • 24 September 2020 - (14:59 WIB)
      Permalink

      Saya juga heran sama XL baru aja maketin 80 RB 40 GB 30 hari itupun aktif karena saya ngaduin ke XL.. ko bisa 3 hari sudah stop.. bisa bisanya ya,, ga kasian nyari uang susahh dibales nya cuma ngecek terus !!!

    • 3 Oktober 2020 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Kirain sendirian. Parah sih ini ?
      Tgl 21 Sept/20 buka HP aktifin kartu XL ku dan isi pulsa 50k. Hari itu juga daftar paket telfon all operator 10k langsung pakai untuk telfon ke bandung, otomatis sisa 40k. Durasi telfon cuma “57 detik!!!”. Habis itu ga dipake lagi seharian paket telfon nya. Kartu juga di non-aktif (turned off) seperti biasa soalnya memang pakai telkom juga. Baru Hari ini turn on kartunya niat mau beli paket internetnya. Pas Klik confirm beli ternyata katanya pulsa ga cukup. Pas check ternyata Rp. 0. Pas check history pemakaian, list cuma muncul pemakaian terakhir tgl 24 Aug. History pembelian pulsa bener tgl 21 terakhir. Pas history beli paket malah muncul 21-25 Sept. paket apaa? Terus ga dapet notif apa2 Pas kartu udah aktis ?. Suruh ngechat Maya katanya, tapi udah panjang lebar, nunggu lama, malah chatnya di putus. Suruh mulai chat Baru lagi. Empet kalii hati nii

    • 4 Oktober 2020 - (03:38 WIB)
      Permalink

      Kartu XL dah tk UNREG. Tapi masih kesel Baca komen yg suruh hubungi Maya ni. Apa tk kirimin SS respond si Maya xl ni?

    • 29 Mei 2021 - (22:04 WIB)
      Permalink

      Sama, saya baru 3 hari kemarin terpotong dengan sendirinya sebesar 35.000 tanpa pemberitahuan dan tanpa persetujuan saya tentunya, pdhl itu kartu paketan jadi nggak langganan apapun. Abis sy chek di history apk axisnet transaksi terakhir nya kepotong buat XL GGA PAYMENT -_-

  • 13 Mei 2020 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Biasanya karena dual mode 4G/GSM. Disarankan kalau tidak ada paket internet switch jaringan ke GSM only. Selain lebih irit baterai juga terhindar dari pemotongan pulsa. Karena jaringan 4G tetap ada jalur data di background meskipun koneksi dimatikan. Hal sama juga berlaku di telkomsel.

    2
    1
    • 13 Mei 2020 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Saya mengalami hal yang sama, pulsa XL terpotong untuk keperluan internet padahal paket yg saya aktifkan no Indosat,
      Dalam satu hp ada dua nomor hp ( XL & Indosat ) yang saya aktifkan paket internet untuk no Indosat, namun sering mendapatkan SMS pulsa XL saya terpotong atas kebutuhan internet harian

      Thanks,
      Ronny
      0819923331**

      • 13 Mei 2020 - (22:06 WIB)
        Permalink

        sama ka, sy juga kalau tidak beli paket internet mereka suka dapat sms : dikenakan tarif internet normal bla bla bla.. walaupun mobile data sudah mati dan pakai wifi indihome di rumah. Makanya saya terpaksa harus airplane mode, kalau tidak pulsa saya lenyap terus. Stress banged pakai mobile provider ini >.< Help menkominfo

        1
        1
      • 14 Mei 2020 - (00:15 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah untungnya saya tidak memakai xl, skalian aku numpang promo ya, klo ada yg mao sewa mobil utk paket lebaran shilatour tmpat menyekan mobil pribadi, elf 19 dan hiace 15 seater
        Kami menerima utk kbuthan instansi, perusahaan, mauapun perorangan, harian, mingguan, dan bulanan dan kami menyediakan driver yg sudh berpengalaman dgn di bidang jasa pelayanan terhadap pelanggan pelanggan yangg sudh memakai kasa kami
        rental mobil tangerang
        rental mobil lepas kunci
        rental mobil elf bandara,

      • 21 September 2020 - (21:06 WIB)
        Permalink

        Saya ISI pulsa 300 Ribu,
        Saya ISI paket yg 35 GB sebesar 235 Ribu. 1 minggu kemudian, pulsa Saya tinggal 1500. Komplain ke XL care, Dan di stop layanan sama dia, tapi pulsa tidak bisa dikembalikan. Sebelum-sebelumnya pulsa Saya hilang, tapi cuma 10-20 Ribu ya sudah males komplain.

        Layanan tersebut yang mencuri pulsa customer siapa punya? Xl? Layanan apakah itu? Siapa yg mau mengikuti layanan tersebut? Tidak Ada yg ingin mengikuti layanan tersebut. Buat apa xl mempunyai layanan tersebut? Mencuri pulsa? Sedih?

        Bagaimana ini ditindak lanjutkan? Apakah mesti lapor bapak @Jokowi?

    • 14 Mei 2020 - (00:28 WIB)
      Permalink

      Hp bapak saya jiga demikian, tiap kali diisi ulang tiba2 terpotong sedikit demi sedikit
      Pdhl tidak digunakan untuk aktifitas layanan seprti sms atau telpn, dan untuk internet memakai kartu lain.
      Dan saat ini pulsa tiba2 0 rupiah.
      Saya tidak mencemarkan nama baik, saya punya barang bukti yg bisa dipertanggungjawabkan.
      Jlas XL nipu konsumen.
      jika tdk terima silahkan hub saya: 085713563277

      • 22 Mei 2020 - (05:09 WIB)
        Permalink

        Kasus hampir sama dengan hp istri saya, tidak diposisikan utk internet hanya terima kirim sms dan phone. tiba2 pulsa dipotong., sekitar 3.500 untuk layanan FB. Aneh..Tidak merasa pernah berlangganan layanan/paket. Telah di UNREG masih kepotong juga. Tarohlah hp pernah diklik tidak sengaja dari istri..namun tidak segitunya setiap kali isi pulsa dipotong kembali. Xl care sudah saya twit..di tunggu penjelasannya untuk no hp 0819494271**

    • 14 Mei 2020 - (04:06 WIB)
      Permalink

      Padahal kartu saya pertama kali xl, tapi xl semakin kesini semakin bikin penggunanya geram. Setiap isi pulsa buat beli paket data selalu sisain pulsa buat jaga2 siapa tau ada hal penting yg mau di telfon tanpa mnggunakan data. Eh tapi pulsa kekuras mulu entah penyebabnya apa. Pdahal saya cek tdk ikut rbt2an music/kuis.tapi masih ttp saja kekuras. Dan Akhirnya saya berpindah kelain kartu, xlnya masih aktif cuma gak pernah di pakek apa2 jadi saya belikan saja pulsa 5/10rb untuk perpanjangan kartu xl, karena jarang digunakan…

  • 13 Mei 2020 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Coba cek *123*66*1#
    Siapa tau ada layanan konten yang terdaftar di kartu xlnya, jadi motong pulsa

    • 15 Mei 2020 - (10:33 WIB)
      Permalink

      Gw lbh parah beli paket unlimitit turbo 25k sdh dpt notif tp ga aktif,harus di bekukan XL ,bangsat aplikator penipu,komplain dibls sms di chat aja,tp ga dibls,ga komplain di gerai malas antri nya gila,smua komplain pulsa.XL APLIKATOR PENIPU PENCURI PULSA

  • 13 Mei 2020 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami hal serupa, pulsa tiba-tiba berkurang, padahal tidak mengaktifkan layanan apapun, ternyata waktu saya browsing gak sengaja mencet iklan, malah aktifin layanan, tapi waktu dicari di *123# gak ada.

  • 13 Mei 2020 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Saya cek twitter, kejadian seperti ini banyak sekali : terpotong sms layanan seperti saya, dikenakan tarif internet normal walaupun mobile data sudah mati dan pakai wifi di rumah, layanan RBT, pop up iklan yang sangat menganggu dan menjebak. Menurut saya XL sudah keterlaluan sekali. Satu customer bisa diambil 5 – 50rb, lalu seberapa banyak pelanggan mereka? menkominfo harusnya menindak tegas perusahaan seperti ini.

  • 13 Mei 2020 - (23:33 WIB)
    Permalink

    Oawalah jd Krn ini, pulsaku kepotong juga padahal inet yg hidup pake tri tapi kok pulsa xl kepotong, terus ada sms dari xl-axiata “anda sedang menikmati tarif internet……..”, Wah parah nih xl, gw dah habis kurang lebih Rp.9000an nyentuh 10k gw banned nih operator.

  • 13 Mei 2020 - (23:58 WIB)
    Permalink

    Emng parah xl nah bulan lalu emak w beli pulsa xl 50k di konter padahal data seluler udh off nah di pesan pun ga ada notifikasi langganan atau pemotongan padahal ga samasekali langganan yg ga penting nah tiba² 50k ludes sisa 1000 di konter pun notifikasi nya dah terkirim itupun langganan beli pulsa biasa w beli pulsa telkomsel,byu,itupun ga ada masalah w rada kecewa sama provider xl padahal dah lama make

  • 14 Mei 2020 - (02:10 WIB)
    Permalink

    Saya pun sering mengalami hal demkian. Sekitar 2 bulan lalu saya isi pulsa 50.000 agar kartu tetap aktiv karena untuk internet saya menggunakan provider merah karena sinyal dan speednya jauh lebih baik.

    namun setiap jam pasti saya mendapatkan sms notivikasi dari XL kalau saya telah menggunakan internet XL dengan menggunalan Pulsa Rp. Sekian.

    sampai seminggu kemudian Pulsa saya NOL.

    padahal saya ga mengaktifkan provider XL untuk akses internet.

  • 14 Mei 2020 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama sperti yg saya alami & jawaban dari pihak CS XL, menyarankan untuk ganti tipe jaringan ke 2G jika kartu tidak dipakai untuk layanan internet, tetapi tetap saja ini merugikan Customer, bayangkan berapa kerugian yg di tanggung Konsumen jika 1 orang saja pulsa terpotong 2 ribu × 1jta pelanggan = 1 M dia makan uang Haram,, semoga kelak di pertanyakan pertanggung jawaban’y mngkin di dunia ini tdk ada balasan, tapi Allah tidak tidur..
    Dengan cara apa engkau mndapatkan hartamu..
    Sungguh azab Allah sangatlah pedih

    • 8 September 2020 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Saya diisi pulsa oleh suami, sebenarnya males ngisi pulsa,kata suami biar ga hangus karna masa tenggang
      Karna saya yakin pasti akan berkurang
      Eee bener hari ini muncul Pop up XL Fitur”ada yang mau kasih kamu iphone11 pro max dan gaji setahun …..” Ada pilihan OK dan Cancel ga aku klik apa2,sampai setiap buka apa pun muncul fitur sampai akhirnya ada pop up lagi XL FITUR “INTERNAL SYSTEM ERROR” disitu dah feeling pulsa kepotong yg dari Rp.14.769 jadi Rp.11.909,pengen banget matiin ini nomor tapi karna semua terhubung di M-banking,blm sempat ngurus
      Udah pernah ke call centre dibilangnya karna ada transaksi m-banking apa coba bodoh banget m bangkuang kog motong pulsa,padahal ga ada aktifitas m bangkuang Hari itu
      Ini pencurian pulsa namanya
      Udah banyak korban padahal

    • 21 September 2020 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Betul sekali ini sudah banyak korban harusnya XL bisa digugat karena melakukan penggelapan dana yang berbentuk pulsa!
      Jangan pernah pakai XL, sebagus apapun harganya, pulsa yang ada pasti kesedot walaupun dicek tidak ada langganan tapi ketika di cek info transaksi ternyata ada langganan yang diberlakukan dan internet data berjalan tanpa sepengetahuan.

      Dan yang paling penting pesan POP OUT yang diperuntukkan untuk gawat darurat digunakan sebagai IKLAN!
      Jika menerima pop out dari XL langsung screenshot dan sebar di media untuk tidak menggunakan XL itu yang paling efektif

  • 14 Mei 2020 - (15:05 WIB)
    Permalink

    saya juga gitu… baru beli kartu perdana di shopee trus langsung saya isi pulsa 25.000 dirumah pakai wifi, keesokan harinya ada sms dari XL “Anda menggunakan tarif normal internet blablabla” saya acuhkan, kan saya gk pakai data seluler, hari esoknya lagi sms tersebut muncul lalu saya install app myXL buat liat sisa pulsa dan paket internet saya.. saya kagetkan pulsa berkurang jadi 23.000 pdhl tidak saya pakai (buat nelpon/sms pun TIDAK) trus saya isi lagi 5.000 kemudian langsung saya belikan paket di *123# habis itu keesokan harinya nggak ada tuh sms gituan lagi, hadehh..
    lanjut sebulan kemudian setelah paket internet saya habis, muncul lagi tuh sms “Anda pakai tarif norman …..” dan ketika itu pulsa saya 1000 rupiah (untungnya) trus saya cek lagi esoknya sisa 200 rupiah.. nah lho saya gk sabar lagi, saya cari solusi di internet nggak ada, trus saya UNREG nomor saya, saya kecewa, nggak akan pake lagi XL
    ini pengalaman saya..
    adek saya yg pakai XL bahkan lebih paah lagi masalahnya ntar saya tulis.. tpi tidak di kolom komentar sini.
    BYE XL

  • 16 Mei 2020 - (15:22 WIB)
    Permalink

    ini banget, saya minta informasi detail transaksi pulsa aja gak di jawab-jawab, selalu menjawab dengan pertanyaan pertanyaan yang sudah sudah , seperti cek kembali transaksi, tidak ad apemotongan, tolong capture SMS notifikasi blablabla….. seakan-akan menutupi

  • 20 Mei 2020 - (19:06 WIB)
    Permalink

    XL dari dulu memang begini, saya awalnya dulu pasca bayar, tagihan bisa ada macem-macem yang nggk mungkin saya pakai, panggilan interlokal dsb. Cape komplain nggk ditanggapain, kemudian sy ganti ke prabayar, pikir kan lebih bisa terkontrol…eh taunya sama aja..bedanya pulsanya DISEDOT terus padahal tanpa pemakaian! Akhirnya sy nggk pakai XL lagi..gitu ajah, padahal nmrnya cantik 10digit. Ya masa mau dipelorotin terus bos…

  • 6 Juni 2020 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Sama aku juga, ini bru ngisipulsa 100 k tanggal 4 juni 2020, dan hri ini tanggal 5 juni 2020 dritd siang hingga saat ini jam masih dikirm sms dan pulsa saya terkuras hingga 5000 pdhl hanya berselang 1 hri. Saya sudah coba lihat diinternet cara mengatasinya di google , udah stop berlanggangan, tpi mlm ini jam 00.20 msh dpet sms klo sy menggunakan internet, pdhl sy sudah menonaktifkan data karena sya menggunakan wifi dirumah.Mohon untuk kejelasannya dri pihak xl, klo perlu digugat saja krn sudah merugikan banyak orang dan mencuri pulsa para penggunanya

  • 19 Juni 2020 - (21:12 WIB)
    Permalink

    KASUS YG SAMA…KARTU XL PUNYA SAYA & ISTRI BEGITU KALAU ADA PULSA NYA PASTI HABIS KEPOTONG INTERNET TARIF NORMAL PADAHAL DATA OFF & KAMI PAKAI WIFI…
    LAPORIN SAJA RAME2…
    MAFIA TERSEMBUNYI

  • 16 Juli 2020 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Kami juga mengalami pemotongan setiap hr 1000 rupiah padahal tdk ada langganan apa2, sim internet bkn xl tp tetap sj dipotong. Sy system integrator telco, bkn org awam ttg teknologi. Kalo setiap hari ada 100rb org terpotong 1000, kebayang kerugian masyarakat

  • 10 Agustus 2020 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Saya juga nih…. Pulasa isi 100k kok tiba2x jadi 30k 🙁 Kenapa XL… Mohin segera ditindak lanjut…. Agar tidak merugikan consumen.

    • 11 Agustus 2020 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Sama pulsa saya juga sering ke potong padahal untuk pulsa data pakai 3.Sudah cek konten katanya “tidak ada catatan sejarah berlangganan yang ditemukan”
      ((XL) Pemakaian internet Anda hari ini dgn tarif Rp3/KB sudah lebih dari Rp2rb. Mau akses YouTube tanpa kuota?Beli Pkt Xtra Combo di *123# & myXL. Info:817)??

  • 14 Agustus 2020 - (04:50 WIB)
    Permalink

    Saatnya ganti kartu, bayangkan 1000 perhari x sekian banyak pengguna xl, belum lagi tarif paket internet internet yang mahal, ini namanya bukan layanan

  • 17 Agustus 2020 - (01:57 WIB)
    Permalink

    Ayah saya telah jadi pelanggan setia XL hampir 20 tahun, baru 7-8 bulan terakhir ini terjebak kasus seperti ini. Setelah saya cek, ternyata ada 5 layanan sms penyedot pulsa yang aktif tanpa di-register oleh ayah saya yang sudah berumur 71 tahun dan masih menggunakan hape jadul Nokia. Bukti screenshot tetap saya simpan, dimana kelima layanan itu menghabiskan pulsa hampir 50.000 dalam seminggu. Total pulsa yang telah termakan selama 7 bulan terakhir = 7 x (4 x 48.400) = 1.355.200. Inipun ketahuan setelah saya pulang setahun sekali untuk liburan. Kami sangat kecewa dgn provider XL, sekarang kami telah mengganti nomer ke provider lain. Semoga XL dapat memperbaiki layanannya, jika tidak pelanggan Anda akan kabur semua ke provider lain.

    • 30 Agustus 2020 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Ini benar banget, bolak balik di unreg nanti bbrp hari/minggu muncul lg beruntun bisa sampai 5-6 layanan penyedot pulsa. Jadinya malas isi pulsa, isi brp jg habis ketika ada kebutuhan mau dipakai malah tidak bisa. Ntah brp banyak pemakai yg sdh jd korban

    • 30 Agustus 2020 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Astagaaa, yang begini2 ini “glitch” (error) dari sistem (artinya salah programming alias IT-nya kelas low level) atau kesengajaan sih?
      Gak heran profit perusahaannya gede LOL
      Nokia jadul kan bukan touchscreen ya, berarti pasti bukan karena kepencet/tertekan kan…

  • 26 September 2020 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Saya mungkin sudah lebih dari 10tahun menggunakan provider ini, saking setianya ga mau ganti provider lain.. dua simcard saya menggunakan XL..
    Namun ini pertama kalinya saya mengeluh dikomentar media konsumen, bukan berarti saya baru kali ini dikecewakan.. saya mengalami kasus yg sama . Sim1 saya itu tidak saya aktifkan internet.. namun sering sekali terpotong pulsa dgn notif SMS menggunakan tarif data biasa .. saya dirumah pakai WiFi, kerjaan ada WiFi.. namun saya tetap aktifkan internet sim 2 saya . Untuk klo saya diluar rumah atau kantor .. dan permasalahan sim2 saya, saya beli paket gagal tapi pulsa saya terpotong.. sudah 3x hal tsb terjadi..
    MENDAPATKAN PELANGGAN BARU MUNGKIN LEBIH MUDAH.. TAPI MEMPERTAHANKAN PELANGGAN ADALAH HAL YG SULIT.. TERUTAMA KEPERCAYAAN PELANGGAN..
    Namanya masih ada suka disia-siakan.. kalau sudah gak ada yg percaya lg, ga ada pelanggan lg.. baru kerasa kehilangan..

    Saya akan tetap menggunakan provider ini, namun jika tidak segera membaik dalam kasus ini.. mungkin saya akan merekomendasikan setiap orang untuk menggunakan provider lain yg lebih baik .
    Agar pihak provider ini mengerti betapa berharganya pelanggan, dan ditangani dengan serius setiap keluhan.. bahkan digantikan kerugian pelanggan atas kesalahan pihak provider.. ini lah sikap yg bijak dalam pelayanan customer care.. terimakasih atas ketidak pedulian ya terhadap kami. . pelanggan setia yg menggunakan produk mu. .

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 80 komentar sampai saat ini..

XL Menjebak dan Memotong Pulsa Customer

oleh Merliana Merliana dibaca dalam: 1 menit
80