Surat Pembaca

XL Menjebak dan Memotong Pulsa Customer

Saya adalah customer yang sudah menggunakan nomor XL yang sama, selama kurang lebih 10 tahun.
Pada tanggal 5 mei 2020, saya mengisi pulsa XL sebesar 25.000 rupiah melalui Shopee. Lalu saya cek jumlah akhir pulsa saya adalah 59.000 rupiah sekian.

Tanggal 7 Mei 2020, saya cek pulsa, pulsa saya sudah berkurang menjadi 57.000 rupiah sekian. Padahal dalam 2 hari itu, smartphone saya dalam keadaan airplane mode, yang berarti layanan XL saya tidak aktif.

Segera saya hubungi myXLCare melalui twitter, dijawab ada pemotongan pulsa untuk layanan. Saya tanya layanan apa, tidak dijawab. Saya tanya kok tidak ada notifikasi sms apapun ke saya, tidak dijawab. Jawaban yang saya dapatkan: Baik, mohon maaf ya. Thanks #M117

Setelah saya bilang akan saya tulis ke media konsumen, #M138 menanyakan apakah ingin dilakukan blacklist global agar ke depannya tidak terdaftar layanan kembali? Yang dimana akan mengakibatkan nomor hp saya tidak bisa menerima pop up dan tidak bisa melakukan pembelian layanan di aplikasi google. Saya jawab: Iya mau blacklist global. #M83 lalu konfirmasi bahwa blokir global sudah dilakukan.

Tanggal 8 Mei 2020, di smartphone saya muncul pop up penawaran XL Fitur: Mvicall. Segera saya screenshot dan saya tanyakan ke myXLCare, mengapa saya masih menerima pop up. Pertanyaan saya tersebut tidak dijawab, hanya kembali ditawarkan apakah saya mau blokir global.

XL, anda telah memotong pulsa saya untuk layanan yang sampai sekarang pun saya tidak tahu layanan apa. Bukannya mengembalikan pulsa saya, anda malah lanjut membohongi saya perihal blokir global yang ditawarkan oleh CS anda sendiri?

Tidak malu kah anda, di tengah tengah pandemic, anda malah memotong pulsa customer seenaknya, dan terus menerus mencoba menjebak customer?

Jika pihak XL mau menghubungi saya, mohon melalui Whatsapp saja, saya menggunakan wifi indihome untuk koneksi internet. Smartphone saya harus dalam kondisi airplane mode, untuk mencegah munculnya jebakan pop up dan pemotongan pulsa tanpa alasan oleh kalian.

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Merliana
081723320**
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Ibu Merliana

Jakarta, 10 September 2020 Ref.CM/CU/EA/005/0520/MR Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Ibu Merliana melalui media...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saatnya ganti kartu, bayangkan 1000 perhari x sekian banyak pengguna xl, belum lagi tarif paket internet internet yang mahal, ini namanya bukan layanan

  • Ayah saya telah jadi pelanggan setia XL hampir 20 tahun, baru 7-8 bulan terakhir ini terjebak kasus seperti ini. Setelah saya cek, ternyata ada 5 layanan sms penyedot pulsa yang aktif tanpa di-register oleh ayah saya yang sudah berumur 71 tahun dan masih menggunakan hape jadul Nokia. Bukti screenshot tetap saya simpan, dimana kelima layanan itu menghabiskan pulsa hampir 50.000 dalam seminggu. Total pulsa yang telah termakan selama 7 bulan terakhir = 7 x (4 x 48.400) = 1.355.200. Inipun ketahuan setelah saya pulang setahun sekali untuk liburan. Kami sangat kecewa dgn provider XL, sekarang kami telah mengganti nomer ke provider lain. Semoga XL dapat memperbaiki layanannya, jika tidak pelanggan Anda akan kabur semua ke provider lain.

    • Ini benar banget, bolak balik di unreg nanti bbrp hari/minggu muncul lg beruntun bisa sampai 5-6 layanan penyedot pulsa. Jadinya malas isi pulsa, isi brp jg habis ketika ada kebutuhan mau dipakai malah tidak bisa. Ntah brp banyak pemakai yg sdh jd korban

    • Astagaaa, yang begini2 ini "glitch" (error) dari sistem (artinya salah programming alias IT-nya kelas low level) atau kesengajaan sih?
      Gak heran profit perusahaannya gede LOL
      Nokia jadul kan bukan touchscreen ya, berarti pasti bukan karena kepencet/tertekan kan...

  • Saya mungkin sudah lebih dari 10tahun menggunakan provider ini, saking setianya ga mau ganti provider lain.. dua simcard saya menggunakan XL..
    Namun ini pertama kalinya saya mengeluh dikomentar media konsumen, bukan berarti saya baru kali ini dikecewakan.. saya mengalami kasus yg sama . Sim1 saya itu tidak saya aktifkan internet.. namun sering sekali terpotong pulsa dgn notif SMS menggunakan tarif data biasa .. saya dirumah pakai WiFi, kerjaan ada WiFi.. namun saya tetap aktifkan internet sim 2 saya . Untuk klo saya diluar rumah atau kantor .. dan permasalahan sim2 saya, saya beli paket gagal tapi pulsa saya terpotong.. sudah 3x hal tsb terjadi..
    MENDAPATKAN PELANGGAN BARU MUNGKIN LEBIH MUDAH.. TAPI MEMPERTAHANKAN PELANGGAN ADALAH HAL YG SULIT.. TERUTAMA KEPERCAYAAN PELANGGAN..
    Namanya masih ada suka disia-siakan.. kalau sudah gak ada yg percaya lg, ga ada pelanggan lg.. baru kerasa kehilangan..

    Saya akan tetap menggunakan provider ini, namun jika tidak segera membaik dalam kasus ini.. mungkin saya akan merekomendasikan setiap orang untuk menggunakan provider lain yg lebih baik .
    Agar pihak provider ini mengerti betapa berharganya pelanggan, dan ditangani dengan serius setiap keluhan.. bahkan digantikan kerugian pelanggan atas kesalahan pihak provider.. ini lah sikap yg bijak dalam pelayanan customer care.. terimakasih atas ketidak pedulian ya terhadap kami. . pelanggan setia yg menggunakan produk mu. .

  • Sekarang sudah bulan Okt 2020, ternyata komen-2 nya masih sama semua.
    Termasuk sy yg baru nemu link ini, senasib dgn TS-nya. Semua solusi sy coba di internet gagal pulsa tetep kepotong. Mmg provider ini beneran maling gak bertanggung jawab.

    Yg lucu, hampir tiap hari di layar muncul tawaran yg ada 2 tombol, yg klo di klik Cancel muncul tulisan Sending... trus hilang. Klo dibiarin muncul terus-2 an gak hilang2.

  • XL benar-benar menyebalkan!!! barusan hari ini tanggal 11 Oktober 2020, sy jg isi pulsa 15.000,- Sy cek lahh koq tinggal 10.000,-??? Yg 5.000 dipotong bwt bayar apa??? Nggak mudeng. Padahal setiap ada pop-up sy selalu menolak utk ikut layanan yg ditawarkan. Duhh.. XL memotong hak konsumen tanpa pemberitahuan, koq seperti NYOLONG. Motong pulsa diam2 begini sekelas XL???

    Yg lebih parah adalah pny isteri, sdh datang ke XL Center berjam-jam memohon utk menonaktifkan semua layanan yg memotong pulsa ternyata TIDAK BISA krn harus dari PUSAT katanya. PARAH...!!!. XL Center aja nyerah, terus ke siapa lagi..???

    Sy hanya tinggal menunggu keajaiban hal ini hilang.. atau hanya bs berdo'a agar XL sadar utk mendapatkan uang hrs dg cara yg baik agar barokah dan bermanfaat utk semua.

    Sy sdh mulai malas isi pulsa XL kecuali terpaksa hanya utk menjaga masa aktif kartunya saja. Utk sehari-hari sy sdh pindah ke Provider lain yg tdk sembarangan memotong pulsa.

  • Saya baca semuanya dari bulan Mei sampai sekarang Oktober.
    Kasusnya hampir sama semua. Sama seperti yang saya sering alami. Saya jarang isi pulsa xl karena pulsanya pasti ilang, tapi hari ini saya penasaran, akhirnya mampir kesini, pulsa baru isi 5.000 tgl 10, hari ini tgl 16 cek sisa 36 rupiah. Padahal blm dipakai apa apa.

  • Saya mengalami hal yang sama... saya cek kuota Xtra On saya masih 1,3 GB dan pulsa Rp 25rb. Saya cuman pake WA Chatting aja... ga lama muncul pemberitahuan sms pemakaian internet anda sudah melebihi 20rb.
    Saya bingung.. kuota masih banya kok pulsa kepotong...ternyata XL bukan hanya maling pulsa...tapi juga maling kuota... mendingan kabur dari XL, kalau ngga abis deh diperes secara illegal sama XL.
    Operator paling nakal di Indonesia. Semoga berkah deh harta haramnya...

  • walaupun saya sudah tau caranya bagaimana untuk mengatasi masalah yang ibu bapak alami,dengan masuk kepengaturan lalu atur jaringan ke 3G saja ( di semua operator ) itulah cara yang jitu untuk mengatasi pulsa hilang secara ghaib,.makanya jangan pake jaringan 4G,tapi sangat kecewa sudah setahun pulsa saya hilang begitu saja,walaupun saya sudah berbagai cara mencarinya sampai akhirnya sampe tau caranya.sekarang bagaimana tanggapan XL Terkait PULSA PULSA yang selama hilang bagi pelanggannya,

Penulis
Merliana Merliana