Surat Pembaca

XL Menjebak dan Memotong Pulsa Customer

Saya adalah customer yang sudah menggunakan nomor XL yang sama, selama kurang lebih 10 tahun.
Pada tanggal 5 mei 2020, saya mengisi pulsa XL sebesar 25.000 rupiah melalui Shopee. Lalu saya cek jumlah akhir pulsa saya adalah 59.000 rupiah sekian.

Tanggal 7 Mei 2020, saya cek pulsa, pulsa saya sudah berkurang menjadi 57.000 rupiah sekian. Padahal dalam 2 hari itu, smartphone saya dalam keadaan airplane mode, yang berarti layanan XL saya tidak aktif.

Segera saya hubungi myXLCare melalui twitter, dijawab ada pemotongan pulsa untuk layanan. Saya tanya layanan apa, tidak dijawab. Saya tanya kok tidak ada notifikasi sms apapun ke saya, tidak dijawab. Jawaban yang saya dapatkan: Baik, mohon maaf ya. Thanks #M117

Setelah saya bilang akan saya tulis ke media konsumen, #M138 menanyakan apakah ingin dilakukan blacklist global agar ke depannya tidak terdaftar layanan kembali? Yang dimana akan mengakibatkan nomor hp saya tidak bisa menerima pop up dan tidak bisa melakukan pembelian layanan di aplikasi google. Saya jawab: Iya mau blacklist global. #M83 lalu konfirmasi bahwa blokir global sudah dilakukan.

Tanggal 8 Mei 2020, di smartphone saya muncul pop up penawaran XL Fitur: Mvicall. Segera saya screenshot dan saya tanyakan ke myXLCare, mengapa saya masih menerima pop up. Pertanyaan saya tersebut tidak dijawab, hanya kembali ditawarkan apakah saya mau blokir global.

XL, anda telah memotong pulsa saya untuk layanan yang sampai sekarang pun saya tidak tahu layanan apa. Bukannya mengembalikan pulsa saya, anda malah lanjut membohongi saya perihal blokir global yang ditawarkan oleh CS anda sendiri?

Tidak malu kah anda, di tengah tengah pandemic, anda malah memotong pulsa customer seenaknya, dan terus menerus mencoba menjebak customer?

Jika pihak XL mau menghubungi saya, mohon melalui Whatsapp saja, saya menggunakan wifi indihome untuk koneksi internet. Smartphone saya harus dalam kondisi airplane mode, untuk mencegah munculnya jebakan pop up dan pemotongan pulsa tanpa alasan oleh kalian.

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Merliana
081723320**
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Ibu Merliana

Jakarta, 10 September 2020 Ref.CM/CU/EA/005/0520/MR Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Ibu Merliana melalui media...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya kesini karena saya baru saja menjadi korban. Saya ingin berhenti pakai XL, tapi sudah banyak akun yang terdaftar dengan nomor ini. Tolong kecerdasan kalian jangan gunakan untuk merampok harta orang lain. Karena dalam jual beli, ini tidak jelas akadnya dimana. Tolong segera klarifikasi ke publik, mengapa pulsa para pelanggan XL terpotong tanpa tahu layanan apa yang sedang mereka pakai

  • saya hari ini mengalami karna saya memindahkan kartu ke hp yang tidak ada internet nya tiba tiba setiap jam ada notif kirim beberapa sms agar mendapatkan gratis sms . padahal saya tidak melakukan sms/telp dan ketika cek pulsa benar saja pulsa sedikit demi sedikit berkurang . apakah ada yang serupa dan apa solusinya . karna melakukan hal" untuk berhenti berlangganan pun saya cek saya tidak melakukan langganan apapun . tolong lah untuk XL klo memang membutuhkan dana dari pelanggan di beritahukan daripada melakukan pemotongan sepihak!

  • Merampok Pulsa ,,,
    Saya ingin berhenti pakai XL, tapi sudah banyak akun yang terdaftar dengan nomor ini. Tolong kecerdasan kalian jangan gunakan untuk merampok harta orang lain. Karena dalam jual beli, ini tidak jelas akadnya dimana. Tolong segera klarifikasi ke publik, mengapa pulsa para pelanggan XL terpotong tanpa tahu layanan apa yang sedang mereka pakai

    Betul ini

  • Hampir semua pelanggan XL , Pulsa terpotong .
    Tentangga saya juga terpotong
    kirain cuma saya doang , Ternyata saya nemu Artikel disini dan Keluhannya pun sama ..
    Parah bener XL , Nyolong Pulsa ga kira2 ?
    Sama kaya Indosat , dulu suka Nyolong Pulsa ..
    Saya pengen balik ke Three , tapi nomor XL saya cantik ..

  • Ternyata banyak korbannya. Saya mengalami hal yang sama. Parahnya saya baru sadar pulsa saya disedot oleh layanan iklan di browser yang tidak sengaja ke klik sejak September 2021 sampai sekarang. Tiap sedot pulsa per hari/per minggu adalah 4rb. Sebagai operator, XL mudah saja seharusnya menutup layanan tersebut. Tapi terus dibiarkan karena mendapatkan keuntungan. Bisnis kok gak beretika.

  • Ternyata banyak juga korbannya. Setiap isi ulang pulsa selalu ada sms "anda sedang menikmati internet dgn tarif normal" padahal paket data tdk pernah saya aktifkan krn di rmah selalu menggunakan wifi. Kalau semua pelanggan diperlakukan sprti ini kira2 kariawan XL makan uang apa yah.. HARAM. Coba perbaiki layanannya jangan sampai merugikan pelanggan.

1 3 4 5
Penulis
Merliana Merliana