Pemasangan IndiHome Gagal, 1 Bulan Lebih Deposit Tak Kunjung Kembali

Halo PT. Telkom,

Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat saya. Saya mau berbagi sekaligus mencari solusi untuk keluhan saya dengan PT. Telkom terkait permintaan pemasangan Indihome saya yang gagal dan deposit tak kunjung ada kejelasan.

PT. Telkom yang terhormat, saya mengajukan permintaan pemasangan baru pada tanggal 2 April 2020 melalui website dan dikonfirmasi melalui Email. Selang satu hari saya dihubungi oleh sales Indihome melalui telepon, untuk melakukan pengecekan jaringan. Saya ditanyai terkait lokasi dan tiang Telkom di lokasi pemasangan. Walaupun tidak yakin ada jaringan, tetapi saya dan salesnya setuju untuk melanjutkan pendaftaran pemasangan baru ini ke tahap selanjutnya.

Melalui email tanggal 3 April 2020, saya dikonfirmasi untuk melakukan pengisian dan upload data pada link yang dikirim bersama email tersebut, hingga saya mendapatkan Nomor Track ID MYIR-10010321740012. Saya berhasil mengupload dan mengisi data dan menerima link untuk transfer deposit. Saat itu juga saya mentransfer sejumlah uang yang diminta dengan nomor invoice 10010321740012. Status pembayaran dapat dilihat di https://indihome.co.id/subsystem/mpg-deposit/response?invoice=10010321740012

Kelengkapan Dokumen berhasil

Pendaftaran dan deposit saya berhasil. Saya menunggu konfirmasi selanjutnya untuk pemasangan indihome, namun tak kunjung ada info, dan akhirnya saya mengirim email tanggal 7 April 2020 untuk menanyakan status permohonan saya. Email dibalas pada esok hari tanggal 8 Mei, dan menginformasikan bahwa “MYIR-10010321740012 saat ini masih dalam proses”.

Tanggal 14 April teknisi telkom datang untuk melakukan pemasangan dan pengecekan jaringan. Setelah melakukan pengecekan jaringan teknisi bilang bawah tidak dapat dilakukan pemasangan karena tidak ada jaringan.

Karena saya sudah melakukan deposit, saya agak bingung bagaimana selanjutnya, dan bagaimana cara refund?, saya mengakses website indihome dan mendapat informasi bahwa maksimal 14 hari kerja permintaan deposit akan di kirim melalui sms/email jika permintaan pasang baru tidak dapat diproses. Jadi saya harus menunggu 14 hari kerja untuk mengisi form refund.

Tidak menunggu lama, saya sudah menerima notifikasi untuk mengisi form refund pada tanggal 15 April. Saya diinformasikan untuk mengisi form sesuai intruksi yang ada pada aplikasi MyIndihome. Ditanggal yang sama saya mengisi form tersebut dan mengirimnya. Untuk proses refund saya juga menerima info dari website indihome bahwa saya harus menunggu maksimal 14 hari kerja untuk refund deposit saya dikembalikan.

Saya menunggu, dan perkiraan saya 14 hari kerja dari 15 april ini adalah sekitar 6 Mei 2020, hingga pada tanggal 6 Mei tersebut saya mencoba mencari solusi dengan menghubungi 147 dari ponsel, untuk menanyakan status refund saya. Saya dilayani oleh CS bernama Mba. Fuji, dan sudah membantu saya membuat laporan baru terkait keluhan saya ini.

Masih belum ada kabar, saya kemudian mengirim wall post pada facebook fanpage indihome, dan diminta adminya untuk mengirim info keluhannya pada pesan inbox facebook. Laporan support tiket kembali dibuatkan oleh admin fanpage dengan nomor IN67218675. Begitu sampai saat ini.

Hingga saya mengirim surat ini, refund deposit saya belum diproses. Saya hanya dijanjikan “Diusahakan dan diusahakan untuk direalisasikan”. Walaupun kalimat ini kurang tepat, rasanya seolah saya mengemis meminta uang saja. Padahal ini adalah kewajiban mereka dan hak saya. Belum lagi menanggung PSBB tanpa bantuan, eh malah uang yang ada tertahan di deposit indihome.

Mohon indihome untuk menaati SOP nya sendiri karena ini sudah lewat 14 hari kerja, terima kasih.

Feri Murdeni
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:2    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan PT Telkom Regional 1 atas Surat Feri Murdeni

Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Feri Murdeni pada tanggal 14 Mei 2020 dengan...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Pemasangan IndiHome Gagal, 1 Bulan Lebih Deposit Tak Kunjung Kembali

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pemasangan IndiHome Gagal, 1 Bulan Lebih Deposit Tak Kunjung Kembali

oleh Murdeni dibaca dalam: 2 min
3