Hak Insentif Prakerja Tertahan akibat Permintaan Upgrade E-Wallet OVO Berbelit-belit

Ketika menuliskan ini, saya sudah benar-benar di tahap putus asa dan tidak tahu harus melapor dan mengadu kepada siapa.

Saya salah satu dari masyarakat Indonesia yang saat ini menjadi pengangguran struktural karena terdampak virus Covid-19. Saya diterima bekerja di satu perusahaan di bulan Maret, dan seyogyanya sudah masuk kerja di bulan April. Namun, karena adanya Covid-19 ini, pekerjaan saya ditunda sampai kondisi membaik.

Hingga kemudian saya mendaftarkan diri menjadi peserta Prakerja dan terpilih. Bagaikan angin segar dan harapan untuk saya di tengah-tengah keprihatinan saya. Saya pun dengan semangat mengikuti pelatihan online yang diselenggarakan oleh platform Pintaria yang menggandeng LSPR. Dengan semangat pula saya mengikuti tes-tes. Hingga pada akhirnya saya menyelesaikan seluruh materi pembelajaran, dan dengan sabar menanti sertifikat dari Pintaria hingga sinkron dengan akun Prakerja saya.

Ketika sertifikat saya sudah sinkron, maka tibalah saatnya saya menerima hak insentif saya. Saya pun memilih e-wallet OVO untuk disambungkan dan berhasil. Namun kemudian, saya menerima notifikasi di dashboard Prakerja saya bahwa e-wallet harus upgrade. Maka di hari itu, saya membuka aplikasi OVO saya untuk segera melakukan upgrade. Berhari-hari saya sabar menunggu, hingga akhirnya saya menerima notifikasi bahwa permintaan upgrade saya ditolak dengan alasan NIK saya tidak valid. Saya hanya bisa heran, karena dengan NIK yang sama, selama ini saya membuat akun rekening bank, BPJS, NPWP, bahkan akun Prakerja, tanpa adanya masalah.

Untuk itulah kemudian saya bertanya melalui media social twitter dan Instagram untuk tahu lebih lanjut mengenai masalah saya. Namun sama sekali tidak ada balasan. Hingga kemudian saya mengirimkan email ke cs@ovo.id dengan melampirkan bukti-bukti bahwa data saya valid. Mulai dari KTP, BPJS, NPWP, screenshot percakapan saya dengan capil Semarang, screenshot biodata saya yang tercantum di aplikasi online Dispendukcapil, hingga screenshot akun Prakerja saya. Berhari-hari saya menanti balasan, hingga saya memancing melalui media social supaya OVO segera merespon email saya. Namun tak juga ada jawaban.

Hingga kemudian, pihak OVO membalas email ala template yang tidak memahami masalah, berputar-putar, dan tentu saja tidak solutif sama sekali, yang malah menyarankan saya untuk mendaftar upgrade secara online di aplikasi. Semakin saya balas emailnya, semakin CS OVO tidak solutif dan berputar-putar. Hingga kemudian, OVO meminta foto selfie saya dengan KTP dan langsung saya kirimkan.

Berhari-hari menunggu, tidak juga ada balasan. Hingga kemudian saya menelepon OVO dengan sebelumnya membeli pulsa dari uang saya yang tersisa. CS tersebut berkata bahwa data-data saya sudah lengkap dan mohon ditunggu kembali untuk proses upgrade-nya. Maka saya pun kembali menunggu.

Setelah berhari-hari saya menanti, kembali saya menerima notifikasi bahwa permintaan upgrade saya ditolak dengan alasan yang sama!

Hingga saat ini, saya sudah kesal dan muak dengan pelayanan OVO. Saya sudah di tahap ikhlas jika memang hak insentif tersebut tidak sampai di tangan saya, semoga berkah bagi OVO dan karyawannya.

Dengan penuh sesal dan sakit hati, saya mewakili ratusan bahkan ribuan masyarakat Indonesia di luar sana yang juga tengah frustasi dengan pelayanan OVO ini mohon supaya OVO diberikan teguran, supaya dapat mempermudah kami yang saat ini sedang susah dan amat sangat berharap insentif dari pemerintah ini akan sedikit meringankan beban kami. Tidak muluk-muluk, kami hanya meminta CS dan karyawan OVO tanggap dan ada itikad membantu persoalan para nasabah yang sudah mempercayakan uang mereka untuk tersimpan di e-wallet OVO.

600.000 tidaklah seberapa, namun bagi mereka, itulah satu-satunya harapan mereka untuk membeli makanan bagi keluarga mereka tersayang di tengah kondisi pandemi ini. Bisa dibayangkan betapa hancurnya hati mereka, ketika dengan semangat mengikuti pelatihan demi pelatihan hingga larut malam. Kemudian sabar menanti insentif dari pemerintah. Harus pupus lantaran pihak OVO tidak membantu. Sangat disesalkan pula, program pemerintah yang bagus yang dirancang untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 ini tercoreng karena salah memilih OVO sebagai mitra.

Yang saya sesalkan, mengapa dari awal sistem Prakerja ini tidak menolak secara otomatis akun e-wallet yang belum terupgrade jika memang upgrade e-wallet dijadikan persyaratan? Seharusnya system mampu menolak permintaan sambungan secara otomatis, supaya peserta tahu dan mereka akan mendaftarkan e-wallet yang lain yang sudah terupgrade. Jangan ketika sudah berhasil tersambung seperti ini, ternyata e-wallet tidak kooperatif membantu, namun juga mereka tidak dapat mengganti rekening mereka yang sudah terlanjur tersambung dengan akun Prakerja.

Lucu sekali, di saat yang sama, saya pun iseng meng-upgrade akun Gopay saya menjadi Gopay Plus, dan dalam hitungan menit, permintaan saya diterima, tanpa ada tetek bengek NIK saya tidak valid, data tidak sesuai, dan sebagainya. Menyesal sekali saya mempercayakan uang saya ke OVO. Mengapa saya memilih OVO? Karena saya pelanggan setia Grab dengan voucher-voucher mereka yang menarik.

Suara saya ini semoga sampai pada Bapak/Ibu yang peduli dan memperhatikan suara rakyat. Terima kasih banyak atas kesediaannya membaca dan tolong ditindaklanjuti.

Bagi Bapak/Ibu, Saudara-saudara, yang sudah berkenan membaca, semoga dikaruniai kesehatan dan kebahagiaan tiada tara dari Yang Maha Kuasa.

Salam,

Mario Siswanto
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai OVO:
[Total:182    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Bapak Mario Siswanto

Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak Mario Siswanto perihal upgrade untuk akun OVO PayLater. Menanggapi...
Baca Selengkapnya

Loading...

66 komentar untuk “Hak Insentif Prakerja Tertahan akibat Permintaan Upgrade E-Wallet OVO Berbelit-belit

  • 16 Mei 2020 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kejadian yang sama, yang sungguh merugikan saya. Saya susah melakukan konfirmasi ke pihak Ovo, sampai saya menulis email ini tetap belum ada tanggapan.

    Kronologisnya adalah:

    “Saya minta pertanggungan jawab pihak Ovo karena telah menahan insentif saya dari Kartu Prakerja karena hingga saat ini permohonan untuk Upgrade ke Ovo Premier tidak juga disetujui.
    Alasannya pada foto KTP saya tidak jelas. Dan saya sudah berulangkali menghubungi pihak Ovo untuk klarifikasi hal ini, baik via telpon maupun email.
    Saya juga sudah berulangkali mengikuti semua arahan yang diminta pihak Ovo, mulai dari foto dan swa-foto kembali dan bahkan mengirimkan foto via email. Janji dan terus saja janji diberikan untuk menunggu tapi tanpa kejelasan dalam prosesnya.
    Sejak tanggal 27 April 2020 saya mengajukan Ovo Premier hingga terakhir saya menghubungi pihak Ovo melalui CS (mbak Nura) pada tanggal 14 Mei 2020, TIDAK ADA KEJELASAN permohonan saya ditindaklanjuti atau dengan kata lain pihak Ovo TIDAK DAPAT MENYETUJUI permohonan Upgrade saya. Lebih berbahaya jika pihak Ovo menyatakan permohonan saya BELUM DISETUJUI, karena ini berarti ada kesalahan dalam manajemen Ovo yang memang sengaja ataupun tidak sengaja dibuat birokrasi yang sungguh ruwet yang dapat merugikan berbagai pihak. Atau memang Ovo tidak memiliki kompetensi sebagai e-wallet.
    Salah satu syarat untuk mendapatkan insentif dari Kartu Prakerja adalah akun e-wallet harus diupgrade. Oleh karena saya sudah menyelesaikan training yang saya ikuti dan pihak Prakerja akan memberikan insentif kepada saya. Tetapi pihak Ovo tidak menyetujui permohonan Upgrade saya hingga saat ini, sehingga insentif saya TERTAHAN karena proses Upgrade premier di Ovo tidak disetujui. Padahal saya sudah menjelaskan kepada pihak Ovo bahwa saya melakukan Upgrade ini sebagai syarat dari insentif Kartu Prakerja.
    Tidak ada dalam pikiran saya untuk berniat meminjam dana dari pihak Ovo atau meminta dana dari Ovo sehingga saya merasa heran, “Apa alasan sebenarnya pihak Ovo tidak menyetujui Upgrade akun saya ke Premier?”
    Foto KTP jelas, Swafoto jelas, nomor telpon jelas, email saya jelas, NIK dalam foto KTP saya jelas. Apalagi alasan Ovo untuk menahan INSENTIF/DANA saya dari Kartu Prakerja?
    Saya mengalami kerugian baik secara material maupun immaterial.
    Secara material, Insentif Kartu Prakerja saya tertahan karena proses di Ovo belum atau tidak disetujui, sedangkan saya butuh dana insentif ini untuk keperluan saya.
    Secara immaterial, saya merasa dibohongi oleh Ovo dengan janji sedang diproses, janji akan bantu proses permohonan. Sungguh, saya kecewa atas prosedural dan pelayanan manajemen Ovo yang kelihatannya “TIDAK SIAP”.
    Pertanyaan saya lainnya:
    1. Sejauh mana KOMPETENSI manajemen Ovo dan aplikasinya saat ikut sebagai MITRA Kartu Prakerja? Sehingga sangat menyusahkan saya sebagai pengguna Kartu Prakerja.
    Bila Ovo tidak sanggup sebagai mitra Kartu Prakerja, akui saja ke pihak Prakerja ataupun Kementrian Tenaga Kerja dan segera ajukan pengunduran diri sehingga saya dapat memilih mitra lainnya seperti Gopay atau Linkaja yang nyata-nyata kompetensinya telah terbukti bagus. Karena saya yakin, bukan hanya saya yang mengalami hal ini.
    Bila ini menyangkut kompetensi pihak Ovo yang tidak kredibel, mohon pihak berwenang untuk lakukan audit kepada pihak Ovo.
    Mudah-mudahan berbagai pihak yang berkepentingan dapat memberikan pertanggungan jawab atas hal ini.
    Apabila ada kesalahan kata saya mohon maaf, tetapi data-data saya mengenai permasalahan saya dengan pihak Ovo lengkap saya dokumentasikan dan dapat dipertanggungjawabkan.”

    Saya mohon kepada pihak Redaksi Media Indonesia untuk membantu saya membongkar kecarut-marutan proses di Ovo dan menjembatani permasalahan ini. Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    • 17 Mei 2020 - (04:18 WIB)
      Permalink

      Saya pun begitu,
      Tapi setelah upgrade saya di tolak sampai puluhan kali dengan alasan foto KTP tidak sesuai,akhirnya berhasil juga..
      Dan setelah berhasil ter-upgrade insentive sy pun ikut berhasil pada keterangan akun dashbord prakerja,kemudia saya cek saldo di rekening ovo yg sy sambungkan pd akun prakerja sudah 3 hari ini tidak ada penambahan saldo sama sekali..
      Sampai kapan harus bersabar??
      Sampai kami pada kelaparan??

      • 18 Mei 2020 - (07:27 WIB)
        Permalink

        Assalamualaikum. Ini pengalaman sama dengan banda. Kalau saya pake linkaja, saat mengupgrade e-wallet linkaja juga gagal terus. Namun setelah itu saya punya ide pergi ke GraPARI Telkomsel. Alhamdulillah bisa diupgrade. Dan sukses untuk dapat insentif prakerja

        • 20 Mei 2020 - (13:52 WIB)
          Permalink

          tau gtu kemarin pakai Link ya… kalaupun gagal bisa laporan ke kantor telkomsel. Ini gopay dan ovo ga bisa laporan ke mana2. hanya lewat CS telepon dan email yang tidak memberikan solusi sama sekali. 🙁

          • 21 Mei 2020 - (20:09 WIB)
            Permalink

            Menurut saya itu tergantung dari no telpon saat mendaftar kartu prakerja mba pakai, Telkomsel, Indosat apa yg lainya. Klu saya pakai no Telkomsel, maka sy minta bantuan GraPARI Telkomsel. Karena yang mendowngarde no telpon kita itu pihak operatornya. Coba mba pakai no apa? Minta bantuan aja ke GraPARInya. InsyaAllah beres

    • 18 Mei 2020 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Mohon Pemerintah berikan sanksi tindakan tegas terhadap OVO yang jelas menyusahkan rakyat kecil seperti saya. Dengan status pengangguran dan bencana wabah covid-19, tentu bantuan dari pemerintah sangat berarti bagi saya.

      Selalu gagal mengupgrade ke OVO Premier sangat membuat saya putus asa. Diemail jawabannya tidak membantu, berputar-putar. Telp CS (1500696) tidak masuk tetapi pulsa kepotong. Jika OVO menginginkan hak saya silahkan ambil, semoga menjadi berkah

    • 18 Mei 2020 - (11:43 WIB)
      Permalink

      Saya pake linkaja upgrade pun susah, sudah kegrapari BSD dijanjikan 1x24jam berhasil udah 2hari kagak upgrade juga akhirnya balik lagi mudah² berhasil kali ini.
      Bagi rekan-rekan teman yang mau usaha bisnis sampingan dengan modal kecil dan bisa dilakukan dirumah semua via online hub http://Wa.me//6281319610800 diutamakan Jabodetabek

      • 21 Mei 2020 - (20:15 WIB)
        Permalink

        Saya juga pakai linkaja, tp alhamdulillah sudah beres. Saran saya anda pakai no telpon apa? Klu pakai no telpon Telkomsel saat mendaftar kartu prakerja. Maka minta bantuan diGraPARI Telkomsel. InsyaAllah beres. Mudah2an membantu saran ini ya?

        • 23 Mei 2020 - (09:29 WIB)
          Permalink

          Saya pake 2apk linkaja satu no simpati satu lagi xl, Alhamdulillah simpati udah upgrade online ngax ada masalah tapi yg XL upgrade online bermasalah vermuk kagak dikenal alhasil harus kegrapari juga walau pake XL, pertama datang dijanjikan 1x24jam tapi ngax berhasil setelah datang lagi Alhamdulillah Ditunggu upgrade langsung berhasil walaupun harus bolak-balik, itu pengalaman saya mesti sabar

    • 19 Mei 2020 - (06:03 WIB)
      Permalink

      Asalamualaikum ,saya juga mengalami hal yang sama seperti konsumen lainnya yang sudah mendaftarkan e wallet ovo di kartu prakerja , untuk pemberian insentif kartu prakerja terbentur dimasalah upgrade ovo premier untuk pemberian insentif prakerja , saya bingung kenapa berbelit belit penanganan di ovo , baik dari cs dan tim terkaitnya , bukannya mereka sudah mempunyai s.o.p dan sudah menginformasikan kepada konsumen tentang s.o.p yang mereka buat untuk menangani berbagai masalah yang dialami konsumen..sangat slow respon dan tidak profesional , sekalian juga untuk pemerintah pusat yang mengadakan program kartu prakerja , mulai dari cs dan sistem it nya sangat jelek , kalau belum siap buat apa mengadakan program kartu prakerja seharusnya ini kan bukan hal sulit untuk pemerintah merubah sistem it nya untuk mempermudah penggantian , nomor telepon, email pendaftar kartu prakerja , dan penggantian nomor rekening atau e wallet yang belum diupgrade untuk pindah ke e wallet lainnya yang sudah diupgrade ke premier baik ovo ke go pay,ke link aja atau sebaliknya asalkan peserta prakerja itu sudah dinyatakan lolos dan sudah mengikuti pelatihan , satu hal lagi untuk sertifikat pelatihan dari berbagai lembaga pelatihan yang terdaftar kenapa banyak sekali belum bisa diupload ke dashboard prakerja , padahal dari lembaga pelatihan bilang sudah dikirimkan ke kartu prakerja.., tolonglah kami rakyat kecil yang sudah berusaha mengikuti prosedur yang harus dilakukan dari awal ikut program kartu prakerja , berkorban waktu , pikiran ,materi untuk pulsa dan menelpon cs prakerja , cs e wallet , cs lembaga pelatihan tapi sampai sekarang masih nihil hasilnya.., mohon segera untuk pmerintah bentuk tim khusus untuk menyidak baik dari sistem kartu prakerja,sistem rekanan e wallet,dan lembaga pelatihan yang terdaftar biar jelas masalahnya dimana dan segera ditindak agar kami rakyat kecil benar benar dapat merasakan manfaat program kartu prakerja yang pemerintah buat , karena kami memang sangat membutuhkan disaat masa pandemi covid 19 ini , semoga semua keluhan kami ini juga bisa sampai ke bapak presiden jokowi dan para menterinya..biar kami yakin bahwa program kartu prakerja ini benar adanya bukan sekedar iming iming belaka..aamiin

    • 20 Mei 2020 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Ternyata banyak yang senasip dengan saya, namun di sini saya menggunakan Gopay sebagai akun e-wallet saya. Telpon kesana kemari tidak juga mendapat solusi. Seletah itu setelah saya lihat komentar di kolom ini, rata2 permasalahn gagal upgrade ini terjadi pada peserta prakerja gelombang 1 ya.. Karena mengupgrade setelah mencoba menyelesaikan pelatihan. Apa maksud dari kejadian ini? apa karena sudah tahu jika akan digunakan untuk pencairan prakerja, sehingga upgrade sengaja digagalkan supaya saldo tertahan?

    • 17 Mei 2020 - (08:20 WIB)
      Permalink

      Sama saya pun tidak bisa upgrade karena nomor ID KTP saya sudah terdaftar nomor lain, padahal saya tidak mengenal nomor tersebut dan belum pernah upgrade sebelumnya.
      Sudah email tanggal 5 mei 2020 dengan balasan dari pihak OVO akan menindaklanjuti dan harap menunggu. Sampai hari ini pun belum ada kejelasan untuk upgrade. Untuk pihak OVO mudahkan orang yang ingin upgrade untuk mencairkan Prakerja. Jangan seperti ini membuat orang menunggu lama tanpa ada kejelasan.

  • 16 Mei 2020 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Ya saya mengalami juga..cuman diberi waktu 5 hari..semoga ovo dapat menyelesaikan masalah kita.kalo saya Masalah tutup akun lama ganti akun baru agar bisa terupgrade..karena akun lama udah upgrade .semoga masalah ini dapat selesai..amien

    • 17 Mei 2020 - (14:56 WIB)
      Permalink

      Ovo itu penyakit menyusahkan masyarakat indonesia berbelit belit diputar putar org yg mau ambil insentif gak bisa bagaimana pemerintah bisa bekerja sama dng aplikasi yg menyusahkan rakyat indonesia yg terdampak covid19 .
      Mau ambil insentif dipersulit ovo ovo

      • 18 Mei 2020 - (14:56 WIB)
        Permalink

        Kalo saya insetif sudah tidak ada didasbord … Kenapa yah pemerintah kerjasama dengan OVO mau uprgade saja nunggunya lama…. Akhirnya saldo saya hilang dan tidak ada notif sama sekali dari OVO…. SEMOGA DIREKTUR OVO DAN KARYAWANNYA PADA KENA CORONA…..

  • 17 Mei 2020 - (06:12 WIB)
    Permalink

    Aplikasi ovo menyusahkan masyarakat Indonesia yg sedang upgrade ovo premier.dari tgl 9 Mei sampai skrg blm juga bisa upgrade ovo premier dgn alasan KTP bermasalah seperti buram & tdk jelas itu g masuk logika kenyataannya saya daftar d prakerja tdk ada masalah dengan KTP saya.saya telphon cs ovo di suruh kirim biodata via email hasilnya sama saja ditolak dengan alasan KTP bermasalah lalu saya telphon kembali cs ovo dengan jawab cs ovo harus ganti KTP saya.sungguh kecewa dengan pelayanan ovo yg berbelit2 di masa susah saat ini.tolong pemerintah memberikan solusi buat kami yg sedang kesusahan.terima kasih

  • 17 Mei 2020 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Iyaa.mohon di permudah lah bapak atau ibu yg punya aplikasi ovo.masa buat upgrade saja di persulit.karna ovo kan sudah katagori mitra terpercaya.masa pelayanan nya gak bisa di percaya.

    • 20 Mei 2020 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Iya pikir aj …….
      Kita itu mau ambil uang prakerja insentif dr pemerintah sangat menyesal saya mengunakan aplikasi ovo mau mencairkan uang insentif prakerja dipersulit
      Mau ganti akun lain seperti BRI atau gopay gak bisa ???
      Trus lo mau apa???
      Nyusahin rakyat indonesia yg terdampak covid 19 coba yg bisa berpikir mikirrrr

  • 17 Mei 2020 - (07:36 WIB)
    Permalink

    Sama saya j8ga begitu kendala di akun sebelumnya masalah nya akun sebelum nya hilang jadi dafyat lagi pake no yang baru pas mau di upgread harus tutup dulu akun lama …udah kirim no baru..ni..selfi… Jam berapa bisa di hubungi masih juga belum bisa upgrade sampai sekarang masih belu ada jawaban saya sudah nunggu 5 hari kerja masih belu jiga ada jawaban..muhon kepada pihak ovo bantu kami yang berharap minya bantuan untuk mendapatkan insentip prakerja..trims

    • 18 Mei 2020 - (08:46 WIB)
      Permalink

      Sya ksih saran aja siapa tau brmanfaat, saya juga awal gagal trus bhkan puluhan kli nyuba, sya srankn jgn pke 1 hp cba hp yg lain, wktu upgrade yg ggl pulhn kli sya pke hp mi 6a, kmuadian sya gnti mi not 5a stu kli nyuba langsung berhsil,,
      Trm ksih

  • 17 Mei 2020 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga seperti itu. bahkan sya suda mengupgrade 5x. dan sampai sekarang tidak berhasil juga, dan sekarang jadwal pencairan di Dashboard Kartu Prakerja sudah tidak ada lagi mungkin sudah tidak bisa terima insentif itu lagi.

    • 17 Mei 2020 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Sama bang saya juga..saya sudah bela”n keluar modal buat beli pulsa untuk nelpon ke pihak cs.ovo. cuma jawaban nya seperti itu.
      Dan sekarang di ovo nya sudah di setujui upgreade ovo premier.malah di dasboard prakerja yg belom muncul sampe sekarang..
      Malah bacaan uang insetif nya semuah ilang entah kemana..padahal berharap banget uang itu buat nyambung idup..

      • 25 Mei 2020 - (16:28 WIB)
        Permalink

        Kecewa aku sama aplikasi ovo , berbelit-belit, alasan kartu identitas tidak valid
        Padahal aku daftar akun prakerja , NPWP,BPJS,rek bank bisa aja masalahnya ini di ovo aduh dari 13 mei sampai sekarang tidak ada tanggapan sama sekali padahal udah di cek di dukcapil ktp ku udah valid tidak ada kendala 😔

    • 17 Mei 2020 - (15:14 WIB)
      Permalink

      Sama bang linkaja jg begitu.. Aneh bin ajaib bisa bareng begitu.. Ada apa ini..? Padahal linkaja saya sdh full service dan sdh tersambung dgn kartu pra kerja tetiba jadwal insentif sy hilang semua dgn alasan NIK tidak sama..

  • 17 Mei 2020 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Yg harus kalian tahu buat temen2 klw di ovo g ada yg kerja di kantor, jd masalah upgrade akan selalu di abaikan, saya aja udah 2 bulan di bales text yg sama
    Jd ya bgtulah kualitas ovo yg sekarang ini
    Saya jg driver grab yg tersingkron datanya dengan ovo
    Masa verifikasinya aja berbelit2

  • 17 Mei 2020 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Mau kasih tau aja gan..
    Saya dulu pernah kerja di ovo dan untuk upgrade sekarng langsung ke sales ovonya yang ada dimall” tertentu..
    Karna sekrng untuk upgrade sudah tidak bisa dilakukan sendiri.
    Semoga infonya bisa membantu.

    • 17 Mei 2020 - (22:56 WIB)
      Permalink

      upgrade di gerai ovo pun masih gagal gan, gk ada jaminan dateng ke sales nye atau ke gerai ovo nya pun masih bisa gagal upgrade, teman sy buktinya, sdh datang jauh2 ke gerai ovo nya masih aje gagal, perbaiki dlu system ovo nya..

  • 17 Mei 2020 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Saya sih sudah upgrade dan berhasil Yap di dashboard prakerja nya disuruh upgrade, ini dimana letak salahnya apa di OVO atau di Prakerja nya mohon penjelasannya?

  • 17 Mei 2020 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama kasusnya… Bener” kecewa sama pelayanan nya, bolak balik hubungin cs nya sampe habis pulsa bnyak tpi gk prnah dpet solusi yg bner mlah berbelit”.

    • 18 Mei 2020 - (12:29 WIB)
      Permalink

      Habis2in Pulsa Buat tlp cs OVO
      Dan kesalahan system bukan hanya di ovo. Sebagian kesalahan di prakerja dan di peserta prakerja.

      Harusnya disediakan pilihan ubah rekening penerima insentif prakerja.
      no.tlp prakerja sulit dihubungin.

      Dan smua system pendaftaran e wallet mengunakan foto dan foto selfi pegang ktp..itu sangat2 bahaya akan kebocoran data dan penyalah gunaan data pribadi oleh pihak tdk bertanggung jawab..

      Apakah pendaftaran ewallet haru foto ktp dan foto selfi pemilik ktp dan ktp nya????

      Itu sangat rentan kebocoran data.
      Prakerja sbg system yg kurang tepat sasaran sekali.
      1x training hampir 100prng yg ikut.
      100orng X 497.0000= 49.700.000
      Training online kebanyakan waktu lihat di video.
      Sedangkan materi2 ini sbagian banyak yg free di sediakan oleh pihak lain..

      Ketahuan pihak prakerja. Gaji 1 orng utk bikin jadwal training sesuai. Akan menghemat lebih banyak. Atau kerjasama pihak tertentu yang benar punya visi membantu pemerintah.pasti banyak pihak yg mau kasih free pelatiha .

      • 21 Mei 2020 - (20:27 WIB)
        Permalink

        Saya e wallet linkaja, tapi alhamdulillah dah cair intensif prakerja saya coba mba waktu mendaftar kartu prakerja pakai no telpon Indosat, Telkomsel apa lainnya. Klu waktu daftar pakai telpon Telkomsel minta bantuan aja ke GraPARI Telkomsel. InsyaAllah beres. Karena yang mendowngarde no telpon kita pihak operator telopn. Semoga berhasil ya

      • 7 Juni 2020 - (07:34 WIB)
        Permalink

        Yang belum bisa upgrade ovo coba memakai hp terbaru, kemaren saya sudah coba berkali2 bahkan ada sampai 50 kali, sampai2 saya putus asa, namun ketika saya coba pakai hp temen saya yg terbaru sekali saja langsung diterima, namun sekarang saya tinggal menunggu insentif saya, dan belum dikirim2 juga😑

  • 17 Mei 2020 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Terus terang saja saya menggunakan plikasi ovo karena salah satu persaratan prakerja.. Dan saya pun merasakan Masalah yang sama pada semua pengguna ovo .
    Tak perlu di jabarkan lagi apa yg saya rasakan.. Teman teman yg lain sudah menjelaskan
    Saat ini kita di paksa bijak , meskipun hati berteriak.
    Saat ini kita di paksa kuat walaupun keadaan semakin gawat
    Saat ini kita berjuang demi uang bukan untuk perang
    Dan mungkin saat ini keluhan adalah kepuasan bagi kekuasaan

    Hahahaha . … Lieur efeck✌

    • 17 Mei 2020 - (15:03 WIB)
      Permalink

      Saya tlp ovo habisin pulsa
      Capek buang duit proses lama disuruh tunggu mati tlp habis pulsa beli lg pulsa tlp lg .walah malah disuruh email sudah email sampai skrg gak ada konfirmasi parah amat ini aplikasi kok bisa bertahan & bekerja sama dng pemerintah aplikasi apaan ya ini si ovo kok menyusahkan amat
      Mau ambil uang insentif kok dipersulit beginih

    • 18 Mei 2020 - (10:47 WIB)
      Permalink

      Saya juga begitu, upgrade pertama ditolak dengan alasan NIK Tidak Valid Saya disuruh ke Dukcapil buat buktikan NIK Saya sah/Valid males banget kan…Saya sempat email balik, kalo NIK Saya ga valid Saya ga lolos masuk Prakerja ! Tanggapan CS OVO flat …tetap disuruh ke Dukcapil.
      Beberapa lama Saya iseng upgrade lagi, ditolak lagi kali ini penolakan beda, foto selfie Saya berbeda dengan yang di KTP… wooooy KTP dibuat tahun 2011 sekarang 2020, di KTP saya masih belum berjilbab sekarang Saya berjilbab… kemudian Saya upgrade lagi untuk ke 3 kalinya…kalo ditolak lagi fix lah jajan chatime sama beli pulsa ajah sampe habis…nunggu beberapa jam ternyata bisa di upgrade (sewaktu foto wajah dan KTP Saya lewati dari kotak tempat wajah dan KTP kita atau diperdekat…ternyata itu korntji-nya) .

  • 17 Mei 2020 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Saya letih upgrade ovo ke premier selalu ditolak dng alasan buram ktp tdk terbaca
    Saat saya pinjam hp teman yg baru beli ktp selfie semua sudah ok tetap ditolak.
    Email jawaban dr ovo tdk pernah nyambung saya nanya apa jawabnya apa?
    Akhirnya tlp cs ovo pulsa mahal hanya demi insentif yg dipersulit ovo terpaksa tlp cs ovo
    Katanya hp saya yg dulu hilang pernah pakai ovo hrs dihapus dulu dng macam2 pertanyaan & disuruh menunggu berkali2 hingga pulsa habis & terputus.
    Beli pulsa lg proses pertanyaan & menungu ulang lg. Disuruh kirim email dng no pelapor saya cantumkan sampai detik ini tdk ada konfirmasinya dr ov0
    Lalu ovo mau uang prakerja 600rb saya atau mau ngajak berantem dibulan suci ini ??
    Kok bisa pemerintah kerja sama dng aplikasi yg menyusahkan rakyat indonesia

    • 17 Mei 2020 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah lancar upgrade… Cuma ngulang sekali doang langsung dah jadi…
      Insentif juga satu hari kemudian langsung masuk…

      • 20 Mei 2020 - (18:30 WIB)
        Permalink

        Bismillah.
        Saya sudah tlp cs ovo
        Saya sudah email juga
        Saya sudah mencoba ganti akun lain selain ovo utk mencairkan insentif saya tp tdk bisa
        Dunia ini sudah tdk ada keadilan & kebaikan lg.yg benar jd salah yg salah jd benar .yg lemah mati tergiling tak berdaya.

  • 17 Mei 2020 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Yang lancar upgrade premier uang bisa cair bersyukur
    Terus yg dipersulit upgrade premier ditolak terus uang insentif gak bisa dicairkan tersungkur donk
    Bravo ovo good job

    • 17 Mei 2020 - (19:47 WIB)
      Permalink

      Saya berencana mengganti rekening ke rekening lain. Tetapi belum menelpon ke CS Prakerja. Apakah Bu Alqa sudah mencoba telpon ke CS Prakerja?

    • 20 Mei 2020 - (17:49 WIB)
      Permalink

      Kartu prakerja, plat form dan e wallet , semua nya mendadak berbelit belit dan tidak ada penjelasan , ini mah sudah ada yang tidak beres..,nanti juga terbongkar semua..kebohongannya.. aamiin..,swmoga yang suka makan uang rakyat kena covid 19

  • 17 Mei 2020 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Ternyata bukan hanya saya yang merasakan buruknya pelayanan CS OVO. Punya saya lebih aneh, komplain pertama lewat email dibalas oleh CS bahwa akun OVO sudah upgrade ke premier dan meminta penilaian kepuasan pelanggan, tetapi di Aplikasi belum upgrade atau masih tertulis “Silahkan menunggu paling lama 24 jam “. Kemudian komplain lewat telpon dan email katanya suruh menunggu padahal sudah menunggu 4×24 jam. Setelah bersabar menunggu dengan harapan di Approve ternyata malah di tolak dengan alasan photo tidak jelas. Jika memang dokumen tidak jelas, kenapa komplain awal di balas telah di upgrade ke premier?
    Jika dokumen tidak jelas dari awal, seharusnya penolakannya lebih cepat.

  • 17 Mei 2020 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Maaf sebelumnya. Saya juga mengalami masalah yg sama 3 hari saya coba upgrade ke ovo premier selalu ditolak. Alasanny mulai dari foto selfie buram, identitas tidak sesuai hingga dokumen yg diupload salah.
    Setelah saya perhatikan ternyata camera dari aplikasi ovo memang buram. Saya coba proses upgrade dengan 3 device yg berbeda hasilnya tetap sama, tetap buram jg.

    Solusinya gunakan Flashlight saat foto selfie. Ketika saya foto selfie dengan bantuan Flashlight dari device lain foto ny jadi lebih jelas dan proses upgrade pun langsung di ACC. Sukses tanpa menunggu waktu lama.

    Silahkan dicoba dan semoga membantu.

    • 17 Mei 2020 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Cs gopay suruh telpun prakerja, sebaliknya dari prakerja disuruh meperbaharui data di gopay ke cs gopay. Bolak balik telpun apa tidak pakai biaya…
      Solusi dong pihak yg terkait….. terimakasih

  • 17 Mei 2020 - (20:53 WIB)
    Permalink

    Saya bermasalah di gopay katanya NIK Tidak sama. Kalau tidak sama knapa baru skarang bermasalah tidak dari awal. Saya koordinasi ke cs gopay, katanya upgreed sebelumnya pakai SIM bukan KTP. Terus solusinya bagaimana ini….

  • 17 Mei 2020 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Kalo saya ni beda teman2. Saya minta kepada cs ovo untuk penutupan sebuah akun ovo yg berbeda NIK antara akun prakerja dn akun ovo.
    Eh ternyata smpe sekarang masibelom jg direspon sm ovo.

  • 18 Mei 2020 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga ngalamin sebelumnya saya belum pernah daftar ovo premier eh tiba” nik saya sudah di gunakan untuk ovo premier di nomor yang benar” saya tidak tau, saya bingung mau ngadu kemana lagi untuk masalah insentif biar bisa keluar, sudah lama banget saya nunggu proses penghapusan nik ovo tapi sampai sekarang gak ada pergerakan dari pihak ovo, doa saya jika ovo permainkan insentif saya semoga uangnya berkah saya ikhlas

  • 18 Mei 2020 - (02:28 WIB)
    Permalink

    Saya gak ikut Prakerja seh…cm sharing pengalaman aja.saya upgrade OVO butuh waktu 2 bulanan baru berhasil…..ketika komplain via email ya jwbnnya suruh nggu.

  • 18 Mei 2020 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Saya jg sama masih menunggu email dari ovo setelah mengirimkan foto KTP,Selfi dan kartu prakerja tpi belum ad balasan sampai sekarang.untuk team ovo tolong lebih cepat upgrade ovo premium y dan tolong langsung sinkron kan ke akun prakerja.kami sangat membutuhkan terimakasih

  • 19 Mei 2020 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama mengalami demikian bolak balik telpon cs gopay tapi nggak bisa perbaharui nik. Tujuan ewalllet sebenarnya adalah mempermudah transaksi. Kenapa dipersulit. Petinggi prakerja sebenarnya yg berbelit. Kenapa verifikasi berulang ulang. Kenapa harus upgrade. Alasan mereka agar data singkron. Kalau gitu dihapuskan aja e wallet. Biar bisa pakai akun bank.

    • 20 Mei 2020 - (07:43 WIB)
      Permalink

      ovo nyusahin orang mau cairin w sumpahin kualat para cs nya lama ga seeius mau sopan tp tanggap donk… koplak emang ovo nyesel bgt gua jg pake mitra ovo prakerja

      • 20 Mei 2020 - (18:57 WIB)
        Permalink

        Kami ini rakyat indonesia yg terdampak covid 19
        Mau ambil insentif dr pemerintah
        Klu aplikasi ovo tdk bisa kerja sama malah menyusahkan kami semua .
        menurut saya pindahkan akun kami mengunakan aplikasi lain yg tdk bertele tele & berbelit2 putar putar kaya gasing pusink min.
        Tolong ganti akun kami pindahkan ke akun lain agar kami bisa ambil hak kami kan beres kami jg tdk mau berurusan dng aplikasi yg menyusahkan kami min. Covid 19 now min

  • 20 Mei 2020 - (16:39 WIB)
    Permalink

    Parah..di notif prakerja gw NIK prakerja tdk sama dgn NIK ovo gw..lalu gw tlp cs ovo apa jawaban ovo…yakni tdk sesuai no NIKnya…tapi knp bs jd premier klo tdk sesuai no NIK nya..brarti kesalahan dari situ cs ovo ..salah ketik…shrsnya 0006 ini 00006 banyak bgt nolnya …kyk nya ada yg aneh menurut gw…krn bukan hanya gw yg bermasalah tp orang banyak yg ikut bermasalah mengenai NIK tdk sama…

  • 20 Mei 2020 - (17:56 WIB)
    Permalink

    sebenarnya masalah ini sanggat simple sih.
    Sediakan menu perubahan rekening aja. Verifikasi by otp kembali. Krn ini juga sdh dilakukan banyak market place utk perubahan email/np.Tlp atau rekening utk yg jualan.

    Pertanyaannnya :
    1). kenapa dr awal pemerintah tdk kerja sama dengan bank saja drpd e wallet??? (Bank btn,bri,mandiri) kenapa hanya BNI??? Kenapa harus ovo,gopay,linkaja ??
    Bukankah kerja 2x. Jd peserta prakerja yg uangnya masuk e wallet hrs transfer lagi kerekening utk ambil uangnya??

    Masalah pendaftaran e wallet harus pakai ktp dan foto selfi pegang KTP, ini sbenarnya saya takutnya penyalahgunaan data atau kebocoran data,

  • 28 Mei 2020 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Mohon kepada pihak kartu prakerja untuk menekan management ovo agar bisa mempermudah untuk upgrade dan penutupan akun.karna permohonan penutupan akun saya sudah hampir satu bulan dan betul2 kecewa terhadap pihak ovo,karna saya dah email dan bahkan tlpn berkali kali,mungkin kalau saya hitung2 sudah habis insentif saya buat beli pulsa karna menghubungi cv .ovo trimakasih

  • 28 Mei 2020 - (16:56 WIB)
    Permalink

    Pasrah udah tutup ovo prmier aja udah 1 bulan belum selesai sampai saat ini.
    – By email muter muter aja
    – by chat tau dah begitu tau kendalanya proses lama lamgsung ga bales
    – by phone cs ovo… Ampunnnn gusti udah keluar modal pulsa lebih 200rb .
    Ga selesai juga…
    @bagus …iya saya paham OVO itu melayani jutaan bukan ribuan lagi… Bukan kendala prakerja aja den bagus…
    Tahun lalu juga sama lamban soal masalah…saya faham mungkin OVO hanya ikut paatisipasi bantu program RI tanpa imbalan.
    Saya trimakasih untuk pemiliknya.
    Tapi ya ga gini gini juga keules.
    OVO nego dong kalau sistemnya blum sanggup untuk skala NASIONAL ini data sensitif kita berikan loh..
    Mungkin staff nya lelah atau memang ga kualitas skill…mesti di UPGRADE spertinya para staff ovo…
    Masalahnya
    OvO Buatan lu berbelit belit nyusahin orang.

  • 28 Mei 2020 - (17:23 WIB)
    Permalink

    yang ktpnya tidak jelas monggo saya ada solusi,jangan langsung esmoshi dan jangan patah semangat , saya juga gitu awalnya,karna ktp saya burek semua aplikasi yang butuh otp gagal , tapi ada 1 caralah yang saya bisa share ke kawan” kalau berkenan

    ya di balik ini semua “mungkin” ada maksud(konspirasi) ? hahai , tau lah wkwk land ini

  • 29 Mei 2020 - (02:11 WIB)
    Permalink

    Aplikasi yg sangat sampah krna insentif saya sdh 2 bulan lewat…
    Saya sudah ribuan kali upgrade selalu di tolak padahal nik ktp dan kartu prakerja saya sma…
    Dan ternyata byk sekali yg sperti saya …
    Qt ikhlaskan sja moga tuhan mmblas semua ini ..apalagi pada saat ad musibah tuhan lebih menjama doa kita

  • 2 Juni 2020 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Saya SANGAT KECEWA DENGAN PELAYANAN OVO, INSENTIF PRAKERJA SAYA TERKENDALA DENGAN OVO, YG TAK KUNJUNG SELESAI UPGRED AKUN SAYA,, TOLONG JANGAN PERMAINKAN ORANG MISKIN SEPERTI KAMI….!!!!!!!

  • 10 Juni 2020 - (13:14 WIB)
    Permalink

    permasalahan yg terjadi sekarang di akun prakerja adalah putuskan rekening yg GAGAL trus…semua yg pakai Ewallet GOJEK, OVO, LINK aja mengalami masalah tapi yang pakai rekening BNI tdk bermasalah…

  • 14 Agustus 2020 - (12:48 WIB)
    Permalink

    aduh komentarnya semua lebayy. kembali dari awal sebenarnya ini kesalahannya SIAPA?? prakerja sendiri sudah mengumumkan melalui f&q bahwa yang menerima intensif hanya untuk yang SUDAH UPGRADE E WALLET. Makanya sebelum sambungkan ke rekening prakerja. MARI BUDAYAKAN MEMBACA FAQ AND QUESTIONS DULU jangan langsung daftar aja. otomatis SISTEM PRAKERJA DAN E WALLET tidak singkron. KALIAN SEMUA PINTAR KOMEN TAPI GAK PUNYA DASAR ATAS MENYALAHKAN KONDISI YANG ANDA TAU ITU ADALAH KESALAHAN ANDA SENDIRI

  • 14 Agustus 2020 - (12:51 WIB)
    Permalink

    KOMEN PAKE OTAK JANGAN PAKE LUTUT.KLO MEMANG GAK BISA UPGRADE,GANTI NOMOR ANDA DULU KARNA JIKA SUDAH MASUK DI SISTEM PRAKERJA,OTOMATIS NOMOR TIDAK AKAN BISA DIGANTI LAGI SELAMA 6 BULAN KEDEPAN (KATA LAINNYA INTENSIF ANDA SUDAH HANGUS)

 Apa Komentar Anda mengenai OVO?

Ada 66 komentar sampai saat ini..

Hak Insentif Prakerja Tertahan akibat Permintaan Upgrade E-Wallet OVO …

oleh Mario dibaca dalam: 3 min
66