Sulitnya Mendapatkan Respon Permohonan Penangguhan Cicilan KTA Bank DBS

Selamat siang,

Saya Aliyya dengan pinjaman KTA DBS nomor: 7800701034, cicilan Rp2.860.666 dan tenor 36 bulan dengan pembayaran cicilan tanggal 1 setiap bulan. Saya bekerja di bagian penerbangan yang betul-betul terkena imbas pandemi covid-19 ini, yang mengakibatkan penghasilan saya dipotong sampai 85%.

Pada tanggal 13 April 2020 saya sudah mengirimkan email ke “DBSI credit centre” untuk permohonan penundaan pembayaran cicilan dengan perpanjangan tenor, beserta email tersebut. Saya turut melampirkan bukti surat keputusan dari kantor mengenai masalah ini. Pihak Bank DBS kemudian mengirimkan email balasan pada tanggal 21 April 2020 yang menyebutkan bahwa pihak Bank DBS sedang mempersiapkan program yang dimaksud dan akan menghubungi sesuai dengan rincian kontak yang terdaftar di bank DBS.

Karena tidak adanya pihak DBS yang menghubungi dan pinjaman saya sudah akan jatuh tempo, saya mencoba menelepon bagian KTA di nomor 021-30400695 berkali-kali, tetapi tidak pernah berhasil karena selalu diinfokan sibuk. Pada akhirnya kemudian saya menelpon call centre DBS di nomor: 021-1500327 pada tanggal 1 dengan Mbak Gina. Kemudian saya ceritakan semua kendala yang saya hadapi dan menanyakan tindak lanjut dari email Bank DBS yang sudah dikirimkan kepada saya sebelumnya. Mbak Gina meng-infokan bahwa memang saat ini Bank DBS masih mempersiapkan program dan akan menghubungi saya, dan akan memberikan notes di dalam pelaporan saya.

Memang setelahnya beberapa hari kemudian pihak Bank DBS menghubungi saya berkali-kali, tetapi sepertinya itu hanya dari pihak desk collector, karena mereka tidak memberikan solusi sama sekali. Dan ketika saya ceritakan kendala saya kenapa belum bisa melakukan pembayaran, solusi mereka hanya menyuruh saya mencari pinjaman (yang mana di dalam keadaan seperti ini akan sulit sekali mencari pinjaman) atau langsung menutup telepon tanpa mau mendengarkan lebih lanjut.

Saya bukan mau melepas tanggung jawab dan melalaikan pembayaran cicilan saya, tapi memang untuk saat ini kondisi saya belum memungkinkan untuk melakukan pembayaran cicilan selama beberapa bulan ke depan dikarenakan imbas dari pandemi Covid-19, Saya hanya minta kebijakan dan mohon pengertian amat sangat dari Bank DBS untuk bersedia menangguhkan cicilan saya selama beberapa bulan ke depan dengan resiko tenor saya diperpanjang sesuai dengan tagihan saya dan saya tidak akan lari dari tanggung jawab.

Terima kasih atas perhatiannya.

Aliyya
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:3    Rata-Rata: 4.7/5]
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Aliyya

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

Loading...

7 komentar untuk “Sulitnya Mendapatkan Respon Permohonan Penangguhan Cicilan KTA Bank DBS

  • 19 Mei 2020 - (22:34 WIB)
    Permalink

    Sudah bayar berapa kali angsuran bu? Sharing case saya, dia hanya akan memberikan keringanan dengan me-reset sisa pokok hutang max. jadi 36 bln.
    Klo baru bayar 5-6x ga terasa berkurangnya, paling cicilan cuma berkurang 200rb an perbulan. Malah jadi nguntungin dia karna bayar bunga lagi ulang dari awal..
    Ahirnya Saya tolak, karna Saya jadi ngerasa kaya dikasih jebakan, utang jutaan, dikasih keringanan cuma ratusan ribu, dan cicilan ulang dr awal. Saya hargai, tapi ini lucu 😅

  • 20 Mei 2020 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Saya baru 15x angsuran pak,pak Kevin sdh di tlp lgs dr bank nya atau lewat DC nya?, krn dr desk collector nya mereka sama sekali ngga memberikan solusi apa2, krn mgkn mereka jg ngga punya otoritas buat itu ya.

    Akhrnya pak Kevin gimana?, bs nego lg buat minta penundaan angsuran dr DBS nya?, pdhl dgn tunda bbrp bln dgn tenor nya di perpanjang, mereka jg ngga terlalu rugi jg ya, krn kan mmg sdg ada pandemi ini

    • 21 Mei 2020 - (01:57 WIB)
      Permalink

      Pernah telat bayar bu?
      Klo saya ga jadi ngambil keringanan nya.. Karena malah dia nambah untung, sementara keringanan nya ga terasa.. Iya udah ada yg nelpon untuk nawarin restrukturisasi. Coba aja telp lagi CS nya..

      Ga bisa klo ditunda bu, cuma bisa direset doang.
      Sisa pokok yg ada sekarang, di jadiin 36 cicilan. Angsuran perbulan jadi lebih kecil, tapi jadi lama lagi dan totalnya lebih besar

      • 26 Mei 2020 - (13:33 WIB)
        Permalink

        Selama ini saya blm pernah telat bayar pak , cm mmg pas masa pademi ini saya mmg blm bs membayar, krn mmg dr perusahaan saya ada paycut smp 85%.

        Jum’at kmrn ada sms ke saya yg katanya mereka mau mengajukan penawaran, tp saya tunggu smp skrg mereka msh blm menghubungi saya lg, nt saya coba tlp lg ke CS nya.

        Terima ksh byk atas info nya ya pak Kevin 🙏🏻😊, smg smua nya bs cpt back to normal lg ya 🙏🏻

        • 12 Juni 2020 - (02:59 WIB)
          Permalink

          Hai mba saya juga kena dampak covid 19 dan memnita penundaan pembayaran kepada DBS. Tapi pihak DBS tidak memberikan. Bagaimana bisa yg tidak ada uang ttp hrs membayar walau ada restruktirisasi tetap uang nya tdk mencukupi untuk pmbayaran. DBS benar2 mencekik,bank lain seperti permata bank ada penundaan pembayaran. Mohon pihak DBS lebih mempunyai rasa empati

  • 2 Juni 2020 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Hallo mba aliyya.

    Mba hasilnya gimana mba klo boleh tau?saya juga sedang pengajuan restruktur.sebenarnya sudha di acc. Tapi ada miskom aja antara saya ma DC nya.jadi saya minta di itungkan ulang.

    • 9 Juni 2020 - (23:01 WIB)
      Permalink

      Halo Mba Ayu, saya aliyya mba, saya tidak bs masuk ke email saya yg sblmnya, jd login dgn email baru :).

      Dari pihak Bank DBS sdh menelpon saya u/ menawarkan restrukturisasi KTA saya, tp berkurang nya hanya 300rb dr cicilan saya sebelumnya dan di reset lagi menjadi 36x, jd stlh di hitung2 pembayaran saya sebelumnya di anggap tidak ada, jadi saya menolak dgn resiko akan terus di tagih, krn sampai dgn saat ini saya blm bs membayarkan cicilan krn hanya ada pemotongan salary smp 85%., krn awalnya saya mmg mengajukan permohonan penangguhan selama 3-4 bln.

      Mba Ayu bagaimana akhrnya sdh setuju dgn pengajuan yg di berikan dr Bank DBS nya ?

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Mendapatkan Respon Permohonan Penangguhan Cicilan KTA Bank DB…

oleh Aliyya Aliyya dibaca dalam: 1 min
7