Oxygen Menunda Pemasangan dengan Alasan Tidak Ada Penutup dan Jalur Sulit

Selamat Siang, saya pelanggan baru dari PT. Mora Telematika Indonesia sebagai penyedia Layanan OXYGEN dengan nomor ID 21501056 pada lokasi di Mangga Besar. Saya melakukan request pemasangan pada tanggal 3 Mei 2020 kepada Marketing/Sales website Oxygen.id, dan saya dihubungi langsung dengan marketing dengan nomor 0877-1747-00** bernama Mbak Nita. Namun pihak Oxygen mengatakan bahwa tiang sudah full. Tapi saya minta dicarikan tiang lain agar bisa pasang. Akhirnya tanggal 4 Mei 2020 marketing Oxygen dan melakukan pembayaran pertama pada tanggal 5 Mei 2020 sebesar 273.900.

Akhirnya saya didatangi oleh teknisi pada tanggal 7 Mei 2020. Namun ketika teknisi ngecek tiang terdekat ternyata masih tidak ada PORT yang kosong. Akhirnya tetangga saya (persis sebelah rumah) bilang bahwa dia pernah berlangganan OXYGEN, tapi tidak ingin berlangganan lagi (posisi modem dan kabel masih ada). Maka saya bilang ke marketing untuk melakukan pengecekan atas nama tetangga saya, ternyata benar tetangga saya sudah tidak berlangganan lagi. Maka saya usulkan ke marketing Oxygen untuk pasang di port tetangga saya. Marketing lalu membuatkan laporan penarikan perangkat untuk tetangga saya. Namun anehnya, teknisi bilang harus rekam jalur kabel dan kemungkinan tidak disetujui kalo direkam untuk validasi. Padahal sebelah rumah saya sudah pasang dan sudah menggunakan fasilitas Oxygen. Cukup membuat saya khawatir tapi okelah saya pikir sudah diurus oleh marketing saya.

Lalu, tanggal 8 Mei 2020 terjadilah kekhawatiran saya sebelumnya yaitu marketing mengatakan bahwa saya tidak bisa pasang Oxygen, karena video dari teknisi yang dikirim ke pusat untuk validasi terlalu sulit jalurnya dan melewati rumah warga yang membuat penolakan dari pusat (PUSAT MANA??). Marketing meminta untuk di-REFUND dan saya complain keras kepada marketing Oxygen dan menunjukan bukti-bukti bahwa tetangga-tetangga saya juga sudah melakukan pemasangan sebelumnya. Saya teringat kata teknisi bahwa pemasangan melalui SALES KELILING dan SALES WEBSITE berbeda, pasti lebih mudah pemasangan dari SALES KELILING. Apa itu benar ada diskriminasi seperti itu wahai Oxygen??

Tidak ada penutup box

Akhirnya marketing melakukan pengecekan kembali dan pada tanggal 9 Mei sudah dilakukan penarikan perangkat dari tetangga saya (jadi, ada port kosong di A18). Lalu tanggal 10 Mei, datang kembali teknisi ke-2 yang dimana melakukan pengecekan di tiang A18 namun KEMBALI DITOLAK, dengan alasan bahwa BOX FAT tidak ada PENUTUPNYA sehingga tidak bisa dilakukan pemasangan (konfirmasi dari marketing begitu juga teknisi sinkron bahwa pemasangan baru harus di foto box fat-nya dan harus rapih ada penutupnya). Baiklah saya mengerti prosedurnya. Tidak hanya sampai di situ saja, saya dijanjikan kembali akan melakukan pemasangan di tanggal 12 Mei 2020. Namun teknisi kedua melapor kepada saya bahwa BOX FAT MASIH BELUM ADA PENUTUPNYA, dan tidak bisa melakukan pemasangan kembali. Akhirnya saya bersabar kembali.

Tanggal 14 Mei 2020 marketing OXYGEN kembali mengkonfirmasi bahwa ada teknisi ketiga yang datang ke rumah untuk melakukan pemasangan. Lalu ternyata BOX FAT masih BELUM ADA PENUTUPNYA, dan saya kembali ditawarkan untuk REFUND?? Apakah OXYGEN tidak professional dalam menangani customer pemasangan baru?? Apa OXYGEN tidak membutuhkan pelanggan baru lagi?? Saya TOLAK REFUND yang ditawarkan karena saya mau kewajiban anda sebagai PROVIDER PROFESSIONAL memenuhi kebutuhan CUSTOMERNYA.

Kasus ini sudah jelas dan solusi sangat mudah yaitu hanya tinggal menyediakan PENUTUPNYA saja, kenapa saya diminta untuk REFUND? Padahal ada PORT KOSONG. Saya masih kebingungan kenapa PENUTUP BOX saja begitu lama? Saya habis kesabaran atas perlakuan OXYGEN yang memberikan harapan palsu kepada saya dan terus meminta REFUND. Pada hari itu juga saya minta marketing untuk segera cepat mengurus penutup box tersebut. Lalu 2 hari kemudian di tanggal 16 Mei 2020, saya telepon ke call center OXYGEN karena sudah tidak tahan dengan kinerja OXYGEN yang begitu lambat, serta mengingat akan adanya liburan lebaran yang cukup panjang. Maka saya memutuskan untuk telepon call center, TAPI bukan solusi yang saya dapatkan MALAH SAYA DI MINTA UNTUK REFUND KEMBALI??

Ada apa ini dengan OXYGEN?? Anda meminta saya untuk membayar diawal sudah saya lakukan, anda meminta saya untuk menunggu sudah saya lakukan, apa sekarang begini SERVICE anda kepada saya?? Hanya tinggal menyediakan PENUTUP BOX FAT A18 anda malah menyuruh saya REFUND?? Saya akhirnya menolak REFUND tersebut dan saya minta dibuatkan laporan untuk dipasangkan penutup BOX FAT A18 SESEGERA MUNGKIN dengan nomor aduan pelanggan 294033.

Tepat hari ini tanggal 19 Mei 2020, kembali datang TEKNISI KEEMPAT dan hasil yang saya dapatkan adalah PENUTUP BOX FAT MASIH BELUM ADA !! Alasan barunya, tidak bisa melakukan pemasangan karena jalur terlalu susah dan tidak bisa dilalui kabel OXYGEN. Bagaimana tetangga saya? Alasannya tetangga saya bisa karena pemasangan lama. Maksudnya ini apa ya?? Ini anda sebagai provider besar beratas nama PT. Mora Telematika Indonesia ingin bermain-main dengan customer atau bagaimana? Apakah anda serius dalam membangun usaha?? Sudah 4 kali saya didatangi teknisi, 3 kali dengan alasan yang sama dan masih belum juga dikoreksi kesalahannya?? Bahkan kalian menambahkan alasan baru karena jalur terlalu sulit?? Lantas mengapa kalian memberikan saya harapan? Sampai-sampai saya tidak masuk kerja karena ingin ada pemasangan internet? Saya sudah rugi waktu dan rugi absen. Apa begini balasan kalian kepada CUSTOMER BARU? Apa kalian ingin membiarkan saya kehilangan pekerjaan demi mengikuti arahan pemasangan anda yang tidak jelas statusnya?

Saya sungguh benar-benar kecewa atas feedback dari OXYGEN !! Tolonglah kalian sebagai provider besar perbaiki kinerja kalian, jangan memberikan harapan palsu kepada customer !! Sampai saat surat media ini dibuat, masih tidak ada tindak lanjut dari OXYGEN mengenai pemasangan baru saya. Mohon dibaca baik-baik saya tidak ingin REFUND dan saya ingin menggunakan OXYGEN sebagai internet rumah saya!! Karena Daerah saya tercover dan tetangga saya pun dapat menggunakan OXYGEN. JADI, tolong dengan SANGAT professional kalian sebagai provider untuk memenuhi kebutuhan customer anda.

Berikut saya lampirkan foto perlengkapan TEKNISI KEEMPAT yang memberikan harapan untuk pemasangan namun tidak jadi kembali. Jika memang pihak OXYGEN perlu bukti-bukti chat via WA dengan teknisi dan dengan marketing, saya dapat penuhi.

Jika tidak ada tindaklanjuti mengenai kejadian ini, saya akan kembali membuat surat agar tidak ada lagi konsumen yang terjebak seperti saya.

Terima kasih kepada Media Konsumen atas penyediaan wadah keluh kesahnya.

Henry Sutanto
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Oxygen Home:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Oxygen.id atas Surat Pembaca Bapak Henry Sutanto

Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Henry Sutanto pada tanggal 20 Mei 2020 lalu, dengan judul “Oxygen Menunda Pemasangan...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Oxygen Menunda Pemasangan dengan Alasan Tidak Ada Penutup dan Jalur Sulit

  • 20 Mei 2020 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Klo sy sih sdh malas, blm jd pelanggan sdh diginiin apalagi klo jd pelanggan. Apa hebatnya sih oxygen sampai maksain seprti itu, sdh jelas diphp in, nunggu lama, jd stress sendiri.

    • 20 Mei 2020 - (14:35 WIB)
      Permalink

      Soalnya mas, sama2 membutuhkan. Saya jg butuh, jadi mau tidak mau saya paksakan menunggu. Hasilnya nihil nih, Baru aja di REFUND. Ga ada hasilnya, Hati-hati kalo mau pengajuan di OXYGEN.ID mas

 Apa Komentar Anda mengenai Oxygen Home?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Oxygen Menunda Pemasangan dengan Alasan Tidak Ada Penutup dan Jalur Su…

oleh Henry dibaca dalam: 4 min
2