Surat Pembaca

Sangat Kecewa dengan Sharp Indonesia

Dengan artikel ini saya selaku konsumen brand ternama SHARP sangat dikecewakan oleh after sales service dari perusahaan tersebut.

Kronologinya, saya membeli produk Sharp mesin cuci dengan type ES-H758T-GY di salah satu store di bilangan Bintaro Jaya sekitar kurang lebih 6 bulan yang lalu. Hingga saat ini mesin cuci tersebut jarang kami gunakan karena kami baru menikah dan menunggu buah hati kami. Saat ini kami sudah memiliki buah hati dan adanya mesin cuci sangatlah membantu untuk mencuci semua pakaian kami ataupun baby.

Sekitar 1 mingguan yang lalu mesin cuci tiba-tiba tidak dapat di-start, oleh sebab itu kami mencari bon pembelian maupun kartu garansi, tetapi sepertinya terselip karena kami baru pindahan rumah juga pada saat pembelian mesin cuci baru. Untuk data bisa di-cross check di store tempat saya membeli. Lalu saya juga membeli bukan hanya mesin cuci merek Sharp, tetapi juga 3 air conditioner dengan merek Sharp yang saya gunakan di rumah saya saat ini.

Hal yang mengecewakan bagi saya adalah pelayanan after sales sharp yang sangat buruk. Karena dalam 1 minggu terakhir saya mencari modul atas mesin cuci tersebut baik di offline shop ataupun online shop tidak menemukan dengan type yang sama, kemudian saya berinisiatif untuk mengunjungi pihak service center Sharp di bilangan Tangerang (karena saya bertempat tinggal di bilangan Tangerang BSD).

Kemudian sesampainya disana saya menanyakan ke customer servicenya, apakah kami dapat membeli (MEMBELI), saya gak minta gratisan karena saya tau diri; saya tidak membawa bon pembelian dan kartu garansi. Lalu customer service mulai mencheck stock sparepartnya dan alhasil customer service memberikan jawaban spare part sedang kosong, mungkin sekitar bulan Juli atau belum pasti ada modulnya pada bulan Juli ( WTF ). Saya jadi harus menunggu sampai 2 bulan dan belum pasti kapan sparepartnya ada?? Halo SHARP INDONESIA (you’re the big company how you can sell your product without spare part??) and where is your customer care service ??

Setelah itu di hari yang sama saya telepon ke toll free Sharp Indonesia saya di nomer 080012255588, dan sangatlah susah untuk ditelepon dengan alasan keterbatasan service di masa pandemic. Lalu alhasil saya berhasil menelepon dan berbicara dengan layanan customer servicenya, dan lagi-lagi customer service hanya bilang “MODULNYA BARU ADA SEKITAR BULAN JULI TAPI BELUM ADA KEPASTIAN PAK”, again WTF!

Kemudian saya ditanyakan alamat, dll. Saya berikan semua kemudian saya tunggu sampe sore ini, dari kemarin belum ada feedback dari SHARP. Kemudian saya berinisiatif menelepon kembali ke customer service dan lagi mereka bilang tidak bisa berbuat apa-apa, hanya menyarankan saya untuk menunggu yang belum pasti. SO IT’S MEANS I NEED TO WAIT TILL JULY TO WASH OUR THING. Saya menanyakan solusinya dan mereka jawab tidak bisa memberikan solusi apa-apa. HELLO YO, perusahaan sebesar SHARP tidak bisa memberikan alternatif solusi apapun untuk sebuah MESIN CUCI.

Kemudian saya dalam percakapan di telepon dengan customer care, service, atau apa lah itu, saya suruh ambil deh mesin cuci saya di rumah karena mesin cuci sudah seperti barang rongsok dan memenuhi ruangan saya di rumah. Lalu saya terakhir mendapat pesan WhatsApp dari nomer 081377321138 yang isinya seperti ini :

[2:58 pm, 19/05/2020] +62 813-7732-1138: selamat siang pak yudi
[2:59 pm, 19/05/2020] +62 813-7732-1138: dari sharp service perbaikan mesin cuci pak
[2:59 pm, 19/05/2020] +62 813-7732-1138: mhon maaf sebelumnya pak…bapak ada laporan mesin cuci mnta ganti modul pak
[3:28 pm, 19/05/2020] saya : siang
[3:29 pm, 19/05/2020] saya : iya saya sudah 2 kali lapor belum ada tanggapan
[3:29 pm, 19/05/2020] saya : dan modulnya belum ada di pasaran sampai juli dan belum pasti katanya
[3:30 pm, 19/05/2020] saya : gmn ada solusi apa tidak ?
[3:36 pm, 19/05/2020] +62 813-7732-1138: karena spare part sedang kosong jadi solusi saat ini ya menunggu spare part ada pak dan kami akan infokan secepatnya bila ada info lebih lanjut.

Saya tahu sekali dan paham sparepart sedang kosong, tapi adakah solusi lain seperti di-service atau ditukar dengan product lain yang sesuai? I know you have a lot of engineer in you company who can fix this machine. Thank you.

Yudi Aprianto
Gading Serpong, Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sharp sering mengecewakan consumen dan jarang angkat telp,wa,email...
    Saya kecewa..daripada kecewa terus..saya ganti merk yg sangat respond thp keluhan kita...
    Sharo sdh masa lalu

  • Setuju. Saya juga mengalami hal yang sama. Tapi kasusnya AC 1/2 pk..
    Skrg merasa menyesal pengalaman pertama kali punya AC harus dengan merek satu ini, servis aftersalesnya buruk sekali..
    Saya pilih karena low Watt, 10 bulan pemakaian AC mati total karena terkena petir, saya panggil teknisinya lalu dicek katanya ada masalah dg modulnya, penggantian modul PCB yang menunggu sekitar satu bulan lama nya.
    Setelah diganti modul AC tidak dingin, dicek lagi oleh teknisinya dan bilang dinamo fan outdoornya bermasalah juga dan harus menunggu sparepartnya lagi dengan waktu yang tidak tau sampai kapan ..
    Garansi skrg sudah habis, AC sudah 2 bulan blm benar. Parah sekali lambat penanganannya.
    Pembelian barang elektronik dimaksudkan untuk meringankan pekerjaan manusia, untuk kasus AC, untuk membuat nyaman. Lah barangnya rusak disuruh nunggu berbulan bulan sampai garansi habis dan harus keluar biaya sendiri, untuk apa ada kartu garansi?
    Kacau. Merek yang sangat tidak direkomendasikan. Produknya apapun, kalau mereknya Sharp saya kapok beli. Nomor CS di kartu garansi per tanggal saya komen ini msh belum bs dihubungi.
    AC saya juga belum benar setelah teknisi datang berkali kali.
    Teknisi juga tdk dibekali peralatan yg memadai ketika memberikan layanan.

  • Sama hal dengan yang saya alami sekarang, Kulkas 2 Pintu sharp dibeli maret 2021 tiba2 panas membuat makanan saya busuk. Awal November sudah saya lapor teknisi sudah datang dan cek katanya tersumbat, pada tanggal 18 Nov 2021 sepulang kerja saya lihat kulkas mati dan panas. KECEWA pasti, kulkas baru masa harus bermasalah lagi. tanggal 19 no 2021 pagi saya telpon call center sharp buat pengaduan, hingga sekarang tanggal 22 Nov 2021 tidak ada teknisi yang hubungi untuk memberikan kepastian kapan kunjungan. Dimana kulkas sangat saya butuhkan untuk penyimpanan ASI dan untuk waktu yang tidak pasti terpaksa anak saya jadi minum SUFOR.

  • Hmm..benar sekali, sharp aftersales service-nya mengecewakan. Sy juga mengalami kasus yg sama dengan mesin cuci EFSL862. Mesin cuci tiba2 tdk bs bekerja/mutar. Kontak CS tgl 31 Jan, baru dikirim teknisi tgl 7 Pebruari, seminggu sesudahnya.

    Alhamdulillaah mesin bisa bekerja lagi dg biaya servis waktu itu sekitar hampir 300rb. Namun seminggu sesudahnya, mesin ngadat lagi. Setelah teknisi datang, analisisnya panel rusak dan harus ganti. "Untung bkn motor bu, krn msh oke" kata teknisi. Esok harinya, teknisi datang lagi dg membawa panel baru, harga kurleb 750rb. Setelah dipasang, mesin tyt tetap tidak berputar. Setelah diuji cobakan, utak atik sana sini seharian, teknisi akhirnya angkat tangan dan bilang, jika bkn panel yg rusak tapi motornya yg kena. Dan teknisi tersebut pamit tanpa solusi lebih lanjut.

    Lhadalah..Jadi terlihat jelas ketidak profesionalan mereka kan? Padahal mereka teknisi resmi, gak tahu dan keliru menganalisis mesin. Apalagi yg dtg mengaku sudah lebih dr 10th jadi teknisi. Lalu apa yg bisa kita harapkan dari merek ini?

    Nb: kasus terjadi dg Sharp Service Centre Malang

  • Ternyata banyak yang dikecewakan oleh pihak Sharp.

    Saya menggunakan mesin cuci Sharp tipe ES-FL1082. Saat mengalami kerusakan, after sales nya parah. Mereka sama sekali gak punya stok suku cadang, harus inden berbulan2.

    Akhirnya saya memilih untuk beli mesin cuci baru saja, ganti merk lain. Gak tau juga sih bakalan awet ato nggak. Jadi konsumen di negeri kita emang susah, gak ada perlindungan buat konsumen :(

  • Saya juga sangat kecewa kulkas sharp saya baru pakai 3 thn udah rusak konfresor, setelah di datangin pihak sharp bilang ini konfresor nya yg rusak, jadi ada biaya jasanya sebesar 651.000 katanya jadi saya ngak trima, jadi apa fungsinya garansi konfresor 60 bulan di tanggung garansi sharp itu, sedangkan elektronik saya dirumah dari TV, kulkas, mesin cuci semuah shar karna tergiur dengan garansi yg di janjikan