Surat Pembaca

Pembelian Sudah Dibatalkan, Refund Uang Muka Eco Wisata Juanda Belum Dikembalikan oleh PT Eco Wisata Nusantara

Pada tanggal 30 September 2017 saya mengajukan pembelian rumah seharga Rp 280.000.000 di Perumahan Eco Wisata Juanda dari Developer PT Eco Wisata Nusantara. Pembelian ini ditandai dengan tanda tangan Formulir pemesanan rumah, di hari yang sama diketahui oleh Marketing PT Eco Wisata Nusantara atas nama Sdr. Ida Suryani (A1) dan bagian keuangan PT Eco Wisata Nusantara Sdr. Harnani dan diterima oleh Sdr. Liya.

Sesuai dengan lampiran pada formulir pemesanan rumah, saya membayarkan uang muka dengan cara mengangsur selama 5 bulan. Dimana saya sudah mencicil sampai cicilan ke-4, sehingga terhitung uang muka yang masuk kira kira kisaran 30 jutaan.

Namun pada cicilan selanjutnya saya tunda pembayaran dikarenakan pembangunan perumahan Eco Wisata Juanda molor pengerjaannya seperti tidak tampak progress yang signifikan. Info dari Marketing katanya serah terima kunci 12 bulan, nyatanya sampai sekarang, sudah 3 tahun belum ada pembangunan rumah di Eco Wisata Juanda. Pembangunan hanya ruko dan akses masuk saja.

Setelah menunggu 3 tahun, akhirnya pada tanggal 3 Januari 2020 saya memutuskan untuk melakukan pembatalan pesanan rumah secara resmi dengan mendatangi kantor mereka yang beralamat di berlokasi Jalan Sidowungu No.9, Menganti, Gresik bersama rekan LPK untuk mendampingi karena saya awam mengenai perumahan.

Di kantor ditemui oleh Sdr. Rahma admin PT Eco Wisata Nusantara dan disediakan Formulir Pembatalan Pesanan Rumah (FP2R) yang sudah saya tanda tangani untuk pembatalan rumah. Pembatalan pun disetujui PT Eco Wisata Nusantara dan memberi janji untuk mengembalikan uang yang terbayarkan dengan potongan, dan janjinya akan dibayarkan setelah 90 hari kerja. Info yang diberikan oleh Sdr. Rahma memberi jadwal pengembalian ke rekan LPK untuk saya maksimal 27 April 2020.

Untuk memastikan uang pengembalian saya berjalan baik, saya beritikad baik bertemu dengan Dirut PT. Eco Wisata Nusantara Sdr. Mochammad Arief di kantor PT Eco Wisata Nusantara cabang ITC, dengan maksud dan tujuan untuk mempertegas agar pengembalian uang saya tidak molor.

“Saya Jaminannya, tidak molor” kurang lebih masih saya ingat ucapan beliau. Tapi janji hanyalah janji, ucapan Dirut PT. Eco Wisata Nusantara Sdr. Mochammad Arief di kantor PT Eco Wisata Nusantara ingkar. Dan sekarang sudah 4 bulan setelah TTD Formulir Pembatalan Pesanan Rumah, uang saya masih belum dibayarkan 100% oleh PT Eco Wisata Nusantara. Sudah menunggu 90 hari kerja, dana belum dikembalikan.Tidak ada kejelasan dari staff PT Eco Wisata Nusantara, jika ada itikad baik tentu saya sudah dihubungi perihal hal ini karena mereka pun sudah memiliki nomor saya.

Berkali-kali pun saya coba hubungi Dirut PT. Eco Wisata Nusantara Sdr. Mochammad Arief menanyakan kapan pengembalian dananya, tapi tetap tidak ada kejelasan tanggal yg pasti. Usaha rekan LPK yang membantu pun belum membuahkan hasil, karena Dirut PT. Eco Wisata Nusantara Mochammad Arief belum/susah ditemui.

Tolong Sdr. Mochammad Arief selaku Direktur PT Eco Wisata Nusantara, atau dan segenap PT management Eco Wisata Nusantara agar bisa beritikad baik segera selesaikan masalah ini. Saya akan mengapresiasi jika refund Uang Muka Eco Wisata Juanda saya sudah dikembalikan oleh PT Eco Wisata Nusantara sesuai dengan janjinya.

Jika benar-benar ada itikad baik dari PT Eco Wisata Nusantara, jangan dibiarkan berlarut-larut saya hanya rakyat kecil yang butuh uang saya kembali. Karena bagi saya sisa uang yang meskipun nominalnya kecil, itu sangatlah berharga. Terima kasih

Deny Setiawan
Eco Wisata Juanda Belvoir E-3 
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga salah satu korban janji manis ECO wisata Nusantara, saya deal Agustus 2017 di kedamean cluster Kalingga, dan sampai dipindah ke pranti cluster Alana pun tidak ada wujud rumah nya. Mohon petunjuk biar kita direspon sama Arif selaku Dirut ECO wisata. ~fahrul~ "Alana03~

  • saya juga sudah 1,5 tahun ini belum ada kejelasan pembangunan kavling Kalingga saya, .. padahal uang DP yg 30% dan PPN sudah saya bayarkan lunas cash. rencana besok akan saya datangi ke kantor nya di sidowungu menganti minta kejelasan dari sdr Arif, Eko, Dwi

    • Kita bikin grup aj biar bisa kita serbu kantornya bareng2 karna saya jg korban penipuan arip dan titin

  • Saya juga jadi korban ,di eco wisata menganti .janji2 terus tidak ada kejelasan alias gantung...termasuk pihak eco p.arif dan b.titin...

    • hanya usul/saran,

      mungkin kita sebagai pembeli bisa bersama-sama berkunjung ke kantor Eco di menganti menanyakan kejelasan status pembangunan kavling rumah yang kita pesan.

        • Bagi yang mau masuk grup WA korban ecopark silahkan hubungi sy di email ernierliyani24@gmail.com, cantumkan nmer WA dan perumahan ecopark yg mana. Sy korban ecopark di kedamean blok sriwijaya B67-68. Sy proses dri 2017 smpek skrg sy batalkan dri akhir 2019 smpek skrg uang sy blm kembali. Sy sdh bolak balik kesana dan zonk tidak ada etika baik. Trakhir mreka kirim surat katanya proses pengembalian dana akhir Agustus ini paling lambat 31agts. Stp ksna sy ga pernah ktmu yg namanya si arief setan ini, sllu yg maju cecunguk2nya, dan yg sy catat paling songong ngaku2 ketua marketing, cowok item bermuka songong yg makan gajinya dri uang sy, uang kita yg ditipu. Tdi sy liat berita di jtv sudah dilaporkan ke polda jatim.. Sy harap kita smua bisa kerja sama menuntut hak kita

  • Sampai hari ini sabtu tanggal 29 refund uang muka saya, atas pembelian Eco Wisata Juanda BELUM JUGA dikembalikan sepersen pun oleh PT Eco Wisata Nusantara. Pak Arif dan Managemennya

  • Sampai hari ini juga PT Eco Wisata Nusantara belum ada kejelasan ataupun etika baik semua user dibuat terbengkalai stelah menunggu 3 THN... Perumahan juanda , Gresik , maupun pranti tak kunjung selesai...

    Ada groupnya...

  • Benar adanya berita penipuan PT. ECO WISATA NUSANTARA adalah realita, saya membeli di eco park kedamean type sriwijaya B66, sdh menyicil 2,5 tahun plus DP sdh lunas diperkirakan kerugian saya Rp. 100 juta an, kami mohon bantuan dr pihak terkait terutama kepolisian merespon kasus ini dan menindaklanjuti secara adil dan perdata, terima kasih??