ATM Didebit 2 Kali di Transmart tapi Dibilang “Declined” dan Disuruh Bayar Cash, Uang Belum Kembali

Kepada management Carrefour,

Mohon perhatian dan minta dibenahi khususnya kasir di Carrefour Transmart Cikokol Tangerang. Saya belanja kontainer pakaian seharga Rp420 ribu. Pas pembayaran di kasir saya gunakan kartu debit ATM CIMB Niaga, dua kali digesek dengan sudah memasukan PIN, dibilang belum terdebit, katanya declined. Harusnya ketika PIN sudah dimasukan transaksi berhasil tetapi kata kasir declined jadi harus bayar cash, sehingga saya bayar cash.

Saya pun tidak curiga ATM saya terdebit. Ternyata pas saya cek di ATM saya, rekening saya terdebit 2 kali 420 ribu dan 420 ribu. Padahal saya sudah bayar cash pula, akhirnya saya kembali ke kasir mereka bersikukuh belum didebit, akhirnya saya kasih bukti transaksinya mereka baru percaya rekening saya didebit 2 kali total Rp840 ribuan.

Karena ada bukti pendebitan saya minta kembali uang saya, tetapi tidak bisa, harus diproses dahulu untuk tunggu. Ini sudah 4 hari dari transaksi belum ada kabar dari petugas di Carrefour Cikokol dan dana belum kembali. Saya hubungi petugasnya lewat HP belum direspons petugasnya atas nama Marsih.

Mohon bantuannya untuk hal ini.

Haryanto
Tangerang Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Haryanto

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Haryanto yang berjudul “ATM Didebit 2 Kali di Transmart tapi Dibilang “Declined” dan Disuruh...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kenapa gak mau kembalikan uangnya pada hal sdh jls ada bukti udah terdebet. Kok heran ni carrefour, ada jalan yg mudah mengembambalikan uang kok harus mencari jln sulit apa gak butuh waktu dan tenaga. Perlukah kasus seperti itu di investigasi. Beda ya dengan Alfamidi. Ku belanja pake kartu kredit kejadiannya jg sama decline. Ku disuruh byr tunai aja. Namun pas di jalan mau pulang ku dapat notifikasi email bahwa transaksi berhasil. Kulapor ulang dg menunjukan bukti email. Akhirnya uangku di ganti jg saat itu tanpa harus menunggu investigasi dan sebagainya.

    • iy Pak saya heran, padahal petugas ya sudah.mengakui keaalahannya karena kasirnya kurang paham penggunaan edc nya

      sudah gitu kenapa ini malah cimbniaga yg mau melakukan investigasi dan minta sy suruh urus claim segala padahal sudah clear pihak carefour yg akan proses.
      jujur baru kali ini saya kecewa sm cimb niaga bukannya membantu prosesnya malah ke saya minta dokumen pendukung plus invetstigasi harusnya tinggal minta konfirmasi yg dari carefour ,apakah dokumen dr carefour yg dibuat oleh management mereka ga bisa dipercaya.
      kbtln sy pengguna cimbn dr tahun 2001 (dl lippo) dan cc cimbn bahkan sbagian asuransi saya juga ada yg keejasama dgn mereka.

      mungkin ini buat introspeksi aja sy menggunakan jasa cimb niaga.

      mhn bisa dipermudah kenapa saya harus dipingpong, carefour sdh bantu urus kok harus urus dokumen kaya saya yg salah melakukan transaksi.

      terima kasih

      haryanto

  • Klu dia tidak mau mengembalikan uangnya bawa ke pengadilan aja bro..
    Gugat ke pengadilan jangan takut dengan sebuah perusahaan besar sekalipun..
    Berani karena Benar dan Takut karena Salah..!

    • sy rasa kdg trjadi demikian, klu kartu kredit telpn banknya trs saat itu jg vetifikasi dan dikembalikan krn sy jg pernah mngalaminya, itu jaringan edc gesek nya pas posisi lg apes eror atw jaringan lemah mirip hp ada signal turun di edc,sgt lambat respon monitor edc atw tdk respon approve tp sistem sdh approval ,

      klu kartu debit smua bank edc trmasuk pmbiayaan wallet ovo, dana, traveloka dll, ada prosedur maksimal 14 hr kerja tgl merah atw tgl sabtu minggu tdk dihitung , tetapi biasanya 5 - 7 hr kerja sdh trproses refund, krn klu kartu debit atw pmbyrn wallet tdk sm dg pke kartu kredit berbedanya demikian. layananya lbih super cepat kartu kredit mungkin beda bank beda cara jg,

      gpp ditunggu sj pasti balik kok asal sdh lapor ada fakta dan data brsabar sj.

      tips : klu belanja/ beli di CT crop lebih hemat pke atm debit bank mega 5% diskon dan 10% krtu kredit mega , klu tdk pnya debit/ kredit bank mega jgn lah mnding tempat lain sj kita rugi. pke debit mega syariah atw konven ataw CC bank mega sj klu di trndmart atw cafur dan gruop nya .

      sabar ya pasti balik kok kejadian tgl 22 mei tgl 28 blm balik sgt batas kewajaran bnyk tgl merah dan jg blm maksimal batas ahir 14 hr kerja. sukses dan sehat selalu buat kita smua aminn

      • Tapi kejadian waktu itu Bank penerbit KK saya itu (B*N* ) pas sy nelpon nanyain Transaksi dia bilang sempat terdebet berhasil namun sudah dikreditkan kmbali (dianggap gagal/dibatalkan). Aku pikir nggak dibatalin. Kok cepat sistemnya baca...Padahal aku sdh terima pengembalian uangnya dari Alfamidi... Gimana ya... Apakah pihak Alfamidi tau klu dia sudah rugi

        • Kalau kejadiannya dana yang sempat terdebit lalu di kreditkan kembali ke kartu kredit anda dan anda sudah menerima uang pengembalian juga dari alfamidi seharusnya anda kembalikan uang yang sudah alfamidi serahkan pada anda walaupun pihak alfamidi tidak menyadarinya atau kalaupun alfamidi menyadari kerugiannya tapi pihak alfamidi tidak tau alamat anda..
          Tinggal kejujuran anda yang sedang di uji...

          • He..he..itu kejadiannya sdh berapa tahun lalu.....Bukankah ada dalil/ketentuan yang menyatakan bahwa segala bentuk kelalaian yang menyebabkan kerugian adalah tanggung jawab yang bersangkutan bukan pihak bank. Misal KK atau Debet pin atau password di ketahui dibobol orang adalah kelalaian pengguna jadi klw menyebabkan kerugian janganlah tuntut atau salahkan bank. demikian jg kasus saya itu adalah kesalahan merchant dan pihak merchant pasti menyadari itu. Tidak menuntut pada pemilik mesin EDC apa lagi pada konsumen yg bertransaksi. Diikhlaskan ya...beda dg orang yg sudah tahu kelalaian/kesalahannya masih nuntut kpd bank

        • iya human eror jd nya, klu urusan kartu kredit yg ganti bank nya, tp mungkin dari pd ribet alda lngsung ganti dr pd ribet kuatir marah atw imbas layanan trgsnggu, kuatir masyrkt tdk mau lg ke kiosnya mungkin jg tdk paham sistem cc, pasti yg rugi ya alfamidinya. pas klosing laporan tetep terekam biasanya klosing mau tutup harian atw rekon tututp buku bulanan. kpl toko yg tgg jawab gantiin biasanya dibagi sm pramuniaga yg kerja , kbtuln knl tetangga sy krja di alfamidi dan indomaret ritail ya ( kan milik prseoragn atw lembaga ) bkn pnya lngsung pnya pt alafaria trijaya nya. wlw sy smp saat ini blm pnya alfamidi tp tahu jg, kawan sy pnya alfanard dan jg kawan lg pnya indonatr sdh 3 , bgtu kira kira .sy bisnis kuliner sj modal kartu kredit sgt untung modal 125 jt bs lumayan pnya usaha tdk modal tp modal kartu sj bunga rendah tenar 2 atw 3 th dana cepat cair 1 hr atw 2 hr kerek tp maksimal 50% dari limit yg kita pnya.

          utk frnchs indomart alfamart dikit tahu krn kawan sy pnya sndiri

          • Klw limit KK nya besar. Sangat bisa. Cuma ada ketentuan KK gak bisa di pake buat DP/cicil kendaraan atau KPR. Tp klw mampu byr tagihan kenapa nggak.
            Sebenarnya cari tahu berapa sih modal bangun retail kyk gitu. Klw cuma dari KK blm memadai mesti nambah modal dari sumber lain mungkin pinjaman bank.
            Atau yg lbh muda jadilah investor dlu. Bisa melakukan penyertaan modal pada usaha teman anda, nanti kan dpt untung jg kalau usahanya maju. Itu gak terlalu beresiko.
            Klw saran aku. Coba investasi di saham aja dg modal KK. Ini bnyk dilakukan kaum milenial skrng dan rata2 berhasil asal tahu analisis teknikal pergerakan saham. Sangat mudah dilakukan. Sangat liquid. Marketnya besar. Dan keuntungannya gede. Tapi sebanding jg resiko kerugian...selamat mencoba semoga sukses

    • ahsiap Pak, iy ini kayanya human error takutnya customer yg ga teliti dananya ketarik dan ga check laporan transaksi di rek.nya maka dananya sudah berkurang dan kayanya ga paham process atau mungkin SOPnya. Sehingga bisa terjadi hal spt ini.

  • Oke, masukan ajaa yaa,,
    Klu sdah terjadi transaksi seprti ini,
    Yg pertama dlakukan melapor ke toko atau kasir nanti kasir akan menghubungi otorisasi bank yg bekerjasama dengan pihak edc,
    Misalkan edcnya bca, kasir akan melaporkan via tlpon ke otorisasi bca, nanti otorisasi bca akan melaporkan kembali bahwa transaksinya gagal 2x ke penerbit kartu misal cimb niaga.
    Stlah itu kita menunggu pengembalian dr cimb atau bank kita, minimal pengembalian 40hari, tergantung dr bank masing2 kita hrus rajin menghubungi bank kita masalah laporan tersebut,
    Nb: pihak toko tdak ada urusan lgi dengan customer karna transaksi decline, untuk memastikan berhasil atau tidaknya transaksi, kasir akan settle transaksinya, klu transaksinya berhasil atau ada berarti pihak kasir menganggap transaksi berhasil kalu tdak da berarti decline trima kasih smoga bermanfaat,
    Dsarankan jngan menggunakan kartu debit untuk belanja, krna proses pengembalian agak lama, dbndingkan dengan kartu kredit pengembaliannya lbih cepat..

    • thanks informasinya, sebelum transaksi sudah sy makesure ke kasirnya dan katanya no problem, cuma anehnya sekali ga bisa diminta lagi pin, kl yg ketiga sy tidak proactive untuk tarik atm saya mngkn akan lebih banyak lagi,

      Dan smp hari ini pun dana belum kembali serta tidak ada dr pihak management carefour atau call center yg hub. saya untuk konfirmasi smp dimana prosesnya. yg ada sy hub. petugas carefour cabang yg katanya dananya dikembalikan memakan waktu smp dengan 2 bulan. Kok bisa itu dana ibaratnya cash krn debet rek.

      Smg bisa lebih baik lagi, sayang kl hal2 spt bisa terjadi krn business ritel saingannya bukan hanya ritel yg lain tetapi online kl servicenya tidak diperhatikan takutnya ditinggalkan orang kl semua pihak tidak bisa benahi dari sisi kepuasan pelanggan yg hari gini kejadian yg mengecewakan akan bisa tersebar kemana2 apalagi yg punya follower banyak di sosmed.

      hari gini masih tunggu 2 bulan harusnya semua bisa sistem digital dan paperless.

      Semoga bermanfaat.

  • Dear bp haryanto..
    Uang dikembalikan atau tidaknya nasabah sudah harus berurusan langsung ke bank penerbitnya, karna transaki decline, jadi maaf yaa,,
    Alur transaksi nya kita buat contoh seprti..
    kita punya toko buatlah toko a
    Kita punya mesin edc bca untuk bertransaksi kartu,
    Berarti setiap transaksi yg berhasil nanti dr pihak bca yg mengedepankan terlbih dahulu dananya untuk masuk ke rekening kita (pemilik toko), dengan istilah settle, kemudian nanti dr bca akan debet lagi dr dari bank penerbit kartu nasabah, contoh konsumen yg td punya bank bri, bca akan mendebit tagihannya nasabahnya bri, kemudian bri akan menagih jumlah tagihan yg sesuai di debet bca yg tadi,
    Jadi sudah jelas kalau transaki decline pihak toko tidak mendapatkan dana trasferan karna pihak toko akan settle, dan setelah settle ricord kosong, padahal kartu sudah terdebet, berarti banknya yang mendebit dana kita,
    Ksimpulannya, kalau dana kita terdebit di salah toko yg menggunakan edc, traksaksi gagal, dana berkurang, kita pasti sudah berurusan dengan bank penerbit kita,
    Masalah pengembalian itu tergantung bank max 40 hari, itu sdah kputusan dri bank BI
    Terima kasih

    • thanks masukannya, sebenarnya sy tidak mempermasalhkan rek. tabungan bank saya, tetapi lebih ke layanan pembayaran di carefour, dimana atm sy kedebet di kasir tetapi mereka tidak informasikan dan suruh bayar cash, shg buat org2 yg jarang ngecheck rek. tabungan dan tidak peduli dgn rek. padahal sdh berkurang akan merugikan org tsb. karena informasi dr kasir belum terdebet. dr awal sy lebih menekankan pelayanan di tokonya bukan di banknya.

      Thanks

  • Sama2, baiklah..
    Kasir tdak mengetahui kalau dana kita terdebet padahal transaksi decline..
    Untuk lbih baik kedepannya kalau transaksi kita decline, coba kita sarankan kasir menghubungi otorisasi nya, yg tertera di edc,
    Terima kasih