Kategori: Surat Pembaca

Call Center Officer Kartu Kredit Bank Mega yang Tidak Konsisten

Saya sudah tidak lagi tinggal di Indonesia sejak November 2019, saat ini saya bermukim di kota Perth Australia. Maka dari itu pada bulan Mei 2020 saya melakukan pelunasan untuk tagihan CC Mega yang terakhir saya terima.

1. Sebelum melakukan pelunasan tagihan saya sudah telpon ke call centre dan bicara dengan OFFICER 1 untuk mengetahui prosedur penutupan CC. Diinfokan saya harus melakukan pelunasan tagihan, setelah itu 2 hari dari pembayaran tagihan bisa telepon kembali ke Mega Call bagian penutupan kartu kredit nomor 7 untuk menginfokan ingin menutup CC dan mengetahui biaya tarik tunai dan bunga pelunasan terakhir. Setelah mengetahui nominal biaya tarik tunai & bunga pelunasan saya bisa melakukan pembayaran dan CC bisa DITUTUP.

2. Saya ikuti saran OFFICER 1 dan menelpon call center 2 hari setelah pelunasan dan bicara dengan OFFICER 2 dengan maksud ingin mengetahui biaya tarik tunai yang harus saya lunasi. Alangkah kecewanya saya saat OFFICER 2 infokan bahwa saya harus tunggu tagihan berikutnya yaitu tanggal 17 Juni 2020 untuk mengetahui biaya bunga tarik tunai dan bunga pelunasan.

3. Untuk menghindari pendebitan otomatis selama saya menunggu lembar tagihan 17 Juni 2020, saya menelpon kembali Call Centre pada tanggal 23 May 2020 dengan bicara pada OFFICER 3 untuk request pemblokiran Karrtu Kredit. Pemblokiran CC sudah diproses dan OFFICER 3 infokan “Jika Ibu ingin request pengiriman kartu CC baru harap hubungi call centre kembali dalam jangka waktu 2 x 24 jam, akan ada biaya pencetakan kartu baru ya Bu”. Saya pertegas pernyataan OFFICER 3 tersebut dengan menanyakan “OK, jadi kalau saya tidak telepon dalam jangka waktu 2 x 24 jam maka tidak akan ada pengiriman kartu baru ya?” OFFICER 3 jawab “Iya betul Bu”

4. 27 May 2020 saya mendapat SMS dari Bank Mega bahwa pengiriman kartu CC barus sedang dalam pengiriman

5. 28 May 2020 saya telpon CALL CENTRE kembali untuk konfirmasi perihal SMS yang saya dapat di point nomor 4. Saya jelaskan info yang saya dapat dari OFFICER 3 pada point nomor 3 diatas. OFFICER 4 menginfokan bahwa jika ibu tidak ada konfirmasi dalam waktu 2 x 24 jam dari tanggal ibu melakukan request pemblokiran kartu, maka pihak Bank Mega akan melakukan pengiriman kartu CC baru secara otomatis dan dikenakan biaya pencetakan kartu sebesar Rp. 100.000.

Di sini saya sungguh sangat kecewa dengan penyampaian INFORMASI yang diberikan oleh pihak Mega Officer yang berbeda-beda setiap saya bicara dengan officer yang berbeda. Apakah mega officer tidak ditraining sedemikian rupa sehingga mereka tidak kompeten dalam menyampaikan INFO kepada CUSTOMER? Saya complain bahwa dengan berpegang pada info yang diberikan oleh OFFICER 3 jika dalam waktu 2 x 24 jam sejak saya melakukan request pemblokiran kartu saya tidak konfirmasi kembali untuk request pengiriman CC baru, maka tidak ada proses pengirman kartu baru.

OFFICER 4 menyampaikan bahwa dia sudah memasukan laporan atas keluhan saya kepada leader dan akan dicek kembali RECORDING telepon saya dengan OFFICER 3 dan bilamana benar kesalahan ada di pihak Mega, maka biaya pencetakan kartu akan dibatalkan. Saya diminta menghubungi kembali pada tanggal 3 JUNI 2020. (Tolong cek recording komunikasi saya dari OFFICER 1 – 4)

Status saya sudah tidak lagi tinggal di Indonesia. Nomor HP Indonesia saya masih aktif hanya bisa menerima sms saja dikarenakan saya tinggal di Australia dan tidak bisa menerima panggilan dari nomor Luar Negeri. Saya sudah infokan nomor HP Australia saya pada OFFICER 4

BANK MEGA sudah pasti punya record alamat email saya dimana saya berlangganan E-Statement (Bilamana Bank Mega tidak bisa menghubungi nomor Indonesia atau Australia saya, dengan kemajuan teknologi saat ini seharusnya BANK MEGA bisa melakukan konfirmasi apapun kepada saya melalu media elektronik yaitu EMAIL.

Saya sudah melunasi tagihan dimana ini tanggung jawab saya dan saya hanya ingin segera melakukan penutupan CC saya secepatnya tanpa ada informasi-informasi jebakan yang terkesan mengulur waktu penutupan CC saya.Saya tidak lagi tinggal di Indonesia, mohon pengertian-nya saya hanya ingin segera menyelesaikan URUSAN Perbankan saya di Indonesia.

Setiap melakukan panggilan ke Call Centre, saya telepon via Australia dimana pulsa yang harus saya bayar pun tidak sedikit. Info yang tidak konsisten yang diberikan oleh Mega Officer tiap saya telepon sungguh membuat saya marah. Diamanakah Customer Service Excellence kalian? Kalian seperti mempermainkan Customer. Sungguh sangat amat kecewa dan sudah pasti saya tidak akan pernah merekemondasikan penggunaan CC Bank Mega kepada teman dan kerabat, sangat tidak memuaskan.

Terima Kasih

Nofi Yanti Sari
COMO, WA, Perth Australia

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Komentar

  • BAnk MEGA emng sengaja Mengulur" penutupan Cc..ujung"nya pas penutupan akan di kenakan DENDA ini & itu...BANK MEGA RENTENIR TERLEGALISIR...