Surat Pembaca

Geram dan Kecewa dengan OVO, Update Premier Gagal dan Insentif PraKerja Saya Tidak Bisa Cair

Sudah beberapa hari atau sudah beberapa minggu saya mencoba upgrade akun OVO Club ke OVO Premier tapi gagal terus. Saya adalah peserta kartu PraKerja gelombang 1 dan sudah mengikuti pelatihan. Pada saat mendaftar saya percayakan rekening e-wallet untuk pencairan insentif kepada OVO, tapi ternyata itu malah menghambat pencairan insentif.

Setiap kali saya mencoba mengupgrade akun OVO selalu gagal dengan alasan nomor identitas sudah dipakai nomer lain, sementara nomer tersebut tidak bisa dihubungi sampai sekarang.

Saya sangat geram, ini artinya secara sistem OVO sangat lemah dan tidak layak diberikan ijin beroperasi karena sangat merugikan. Sistem verifikasi juga tidak berjalan dengan baik, padahal saya sudah mengirim foto KTP dan selfie bersama KTP yang membuktikan bahwa identitas saya adalah benar-benar milik saya.

Jawaban dari CS yang saya hubungi berkali-kali juga monoton, akan dicek dan akan dicek lagi. Mau sampai kapan? Sementara saya sangat memerlukan uang insentif prakerja tersebut. Saat CS meminta saya mengirim email KTP dan foto selfie KTP juga sudah saya lakukan, namun jawabannya kembali mutar kesitu-situ saja seperti template.

Kalau tahu begini saya menyesal mengapa memilih OVO karena kualitasnya sangat buruk dan merugikan orang. Sementara untuk ganti sistem pembayaran selain OVO juga tidak bisa karena CS prakerja tidak bisa dihubungi karena antrian sangat banyak. Saya lihat kasus oleh OVO seperti ini cukup banyak, jika tidak ada niat baik penyelesaian maka lebih baik pemerintah meninjau kembali izin operasional OVO karena merugikan masyarakat.

Denny Rizki Ramdhani
Lenteng Agung, Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Bapak Denny Rizki Ramdhani

Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak Denny Rizki Ramdhani perihal upgrade akun OVO Premier. Menanggapi...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sama persis dgn yg sy alami, utk pindah e-wallet pun gk ada opsi. Gagal upgrade karena NIK sy dipakai orang lain. Lebih baik hapus sj OVO, parah banget

    • Kejadian serupa juga saya alami. Terhitung sejak tanggal 11 Mei 2020 hingga saat ini 31 Mei 2020 (Tiga Minggu) proses pergantian Akun belum ada ada hasil, ketika dihubungi jawabannya selalu template seperti "Masih dalam penanganan tim terkait kami", "Masih dalam antrian" dan yang semisal bahkan sudah 4 (empat) kali CS menyatakan akan ada tim yang akan menghubungi saya namun tidak ada. Padahal estimasi waktu penanganan yang dijanjikan 5 hari kerja.

      Sangat buruk sekali pelayanan dan kinerja tim OVO, hal ini berbeda sekali dengan layanan sejenis seperti LinkAja, Dana, ataupun Gojek (Gopay) proses begitu cepat tidak sampai 3 hari masalah sudah bisa terselesaikan.

      Saran saya untuk semua pembaca disini yang akan menggunakan layanan OVO sebagai media untuk pencairan Insentif Prakerja sebaiknya berpikir untuk memilih layanan yang mempunyai kinerja yang cepat dan berkualitas dalam menangani permasalahan pengguna.

      • Aku aja bulan april ikut pelatihan melalui toko pedia sudah aku kasih renting udah melapor ke cs dua kali sampai sekarang belum juga dapat sertifikat udah aku kirim imel ketokopedia ngak ada balasan tolong kasih solusinya makasih

  • saya juga mengalami permasalahan yang sama, disuruh hapus/tutup dulu akun ovo sebelumnya, saya sudah melengkapi semua persyaratan penutupan akun di ovo sebelumnya, sudah kirim email dan menelpon call center berbayar sampai rugi isi pulsa berkali-kali hampir total 150ribu, jawaban cs bilangnya selalu data saya sudah lengkap dan lagi ditanggapi pihak terkait, sudah hampir 1 bulan dari tanggal 4 mei 2020 saya melapor, bagi pemerintah yang membaca tolong dibantu karena dana prakerja sangat kami perlukan di masa tidak kerja seperti ini

  • Untuk kawan" yg berkendala dengan ovo e-wallet nya.. Saya sarankan apabila mau upgrade ovo nya ke premier lebih baik jangan menggunakan via HP,, klo bisa dateng aja langsung ke gerai ovo terdekat. Karena tidak akan memakan waktu banyak kok, paling lama 10mnt juga beres.. Untuk mengetahui lokasi Gerai yg tersedia kawan" tinggal cek di akun ovo masing". Disitu di kasih tau kok lokasi nya berada dimana aja.. Selamat berjuang ya kawan",, semoga saran saya bermanfaat dan dipahami sama kawan" semua..

    • di kalimantan selatan gak da gerainya.. emang harus ke jakarta gitu.. uang prakerja habis buat urus ovo aja.. yang ada aja sudah rugi buat telp call center ga da hasil

    • Saya sdh ke gerai ovo yg di kuningan jg tetapi tidak di tanggapi dengan baik cm di kirimin email seperti yang saya lakukan ke cs ovonya oalah percumalah perjuangan dari jaktim ke jaksel hasilnya NIHIL sama kyk yg saya lakukan email dr rmh di lakukan kembali oleh pihak ovo nya...nyesak dah

  • Gw dah upload ke channel youtube gw..silahkan cari ? fardenjael
    Gw komplain mengenai hal ini

  • Dear ovo...
    Saya juga mengalami hal yang sama. Untuk problem saya penutupan akun karena naik di KTP saya setelah digunakan dan diubah nomor handphone oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan ini kayaknya sudah dari tanggal 12 Mei sampai saat ini belum juga terpecahkan dengan cara tutup akun yang lama saya sudah menghabiskan pulsa berulang-ulang untuk telepon CS ovo tapi jawaban mengambang dan sama aja tidak ada juga solusi hanya menunggu dan menunggu sampai kapan sementara insentif tidak bisa cair karena akun saya belum teratur dan ke premier dan saya sangat menyesal sekali memilih walet saya ya ke ovo mohonlah dibantu agar masalah ini cepat selesai dengan baik Ovo.

  • Saran saya untuk pencairan dana kartu prakerja lebih baik gunakan e walet yg bertanggung jawab & tdk berbelit karna dana insentif prakerja saya jg ditahan sama ovo dng berbagai alasan. Hingga sampai skrg saya tdk dpt mencairkan dana dr kartu prakerja saya.
    Klu ovo punya etikat baik ganti akun kami ke e walet lain agar kami bisa ambil insentif kami.
    Intinya kami mau ambil insentif kami bukan berurusan dng yg gak penting.
    Transfer aj insentif saya ke reck bca saya .bca aj gampang bgt buatnya.

    • Mudah mudahan dengan dibuatnya keluhan agan di media konsumen ini bisa lgsg diproses sama pihak ovo..saya juga punya pengalaman yang menjengkelkan dengan ovo mengenai upgrade ke premier masalahnya cuma tidak bisa foto selfie memegang KTP,setelah berlarut larut akhirnya saya buat surat pembaca di media konsumen ini dan 2-3 hari ovo saya sudah terupgrade menjadi premier..tinggal menunggu pencairan dari prakerja yang seharusnya tgl 11 Mei cair tetapi sampai saat ini status belum diproses..

      • Sia sia saja email , datang ke gerai , lewat phone cs ovo.
        Sungguh luar biasa penanganan kendala untuk Tutup akun saja sudah memakan waktu 30 hari.
        Insentif jadi macet akibat OVO ini.
        Ayo dong OVO kinerjanya perlu di evaluasi nih para staff nya jangan2 belum KOMPETEN dibidangnya.
        Menyesal saya pilih ovo di program prakerja.
        Udah pulsa melayang sia sia.
        ITU PAKE UANG LOH BELI PULSA. Tapi mana ga ada hasil

  • bantu viralkan agar permasalahan ini bisa tertangani oleh pihak ovo dan pihak terkait

  • Ga semuanya kok bang, saya update premier OVO pake hp + ktp cuma butuh waktu kurang lebih 6 jam. Jam 12 siang upload jam 6-8 malam dikirimi email klo sukses upgrade.. Asal fotonya jangan ngeblur, dan masalah nomor yg dipake itu biasanya ada verifikasi ke nomornya lgsg, jd ga mungkin bisa dipake org lain.

    • Menurut gw yg gak punya masalah sama ovo lo pada coment aj di ovo lo pd kasih bintang 7 kek gw gak peduli.
      Disini koment yg pd punya masalah terutama insentif prakerja yg gak cair paham ente.
      Mau kasih solusi ....cairin insentif kami
      Bukan congorrr lmeneketehe lo cs obo yg koment bagus2.

  • Saya juga seperti itu kendalanya, saran saya rajin2 kirim email untuk komplain kendala ke ovo. Selama 2 minggu lebih akun dengan nmr lain dengan terdaftar NIK saya sudah berhasil dihapus akunnya.
    Dan disuruh utk melakukan upgrade kembali, tidak sampe 30 menit akun saya sudah berhasil terupgrade. Dan selama 5 hari insentif masuk ke OVO.

  • OVO TIDAK MAMPU LAGI MELAYANI TUTUP AKUN LAGI .MEREKA HARUS MUNDUR DARI MITRA PRAKERJA..WAKTU TUNGGU PENUTUPAN BISA SAMPE BERBULAN2 BAHKAN TIDAK DILAYANI .DASAR MAFIA!!!!