Penagihan Kredivo Menekan dan Permohonan Penangguhan/Restrukturisasi Tagihan Tidak Digubris

Saya adalah nasabah Kredivo sejak tahun lalu. Dampak pandemi yang terjadi semenjak Maret menyebabkan kondisi keuangan saya menjadi buruk. Berkali-kali saya kontak via telepon ke customer care Kredivo dan email juga untuk meminta restrukturisasi tagihan agar saya bisa lunasi secara bertahap.

Namun pihak Kredivo malah melancarkan tim kolektor yang tetap menekan saya paling lambat bayar akhir Mei yang adalah besok. Kolektor bahkan mengatakan saya adalah karakter yang tidak bertanggung jawab, berapa kali pun saya jelaskan permasalahan saya. Bahkan ketika saya sudah membayar tagihan yang saya bisa bayarkan di Mei ini, kolektor mengatakan “Jadi ibu mau membayar sesuka hati saja”. Benar-benar tidak mau mencari jalan tengah agar ada solusi.

Dua kali kolektor datang ke rumah saya sudah jelaskan situasi saat ini yang tidak mungkin melunasi sekaligus. Saya minta untuk dapat dibantu restrukturisasi dan penangguhan hingga akhir Juni 2020. Jawaban dari pihak kolektor adalah jika sudah menunggak restrukturisasi tidak akan diproses. Mereka tetap memaksa agar dilunasi besok.

Saya kembali email dan telepon pelayanan pelanggan, yang dijawab adalah agar dapat negosiasi dengan penagih. Jika tidak berhasil saya diminta melunasi tagihan. Jawaban ini sama seperti mengacuhkan permohonan saya. Hanya direspon via email namun tidak akan diberikan kelonggaran pembayaran apapun. Padahal saya tidak bermaksud minta pengurangan bunga atau apapun, saya hanya minta apakah bisa dicicil agar bisa saya lunasi.

Saya mohon kepada pihak Kredivo apakah harus pakai cara seperti ini, padahal pemerintah bersusah payah bantu pengurangan pajak dan kebijakan bank lain, agar yang usaha dan pekerjaannya terkena efek pandemi masih bisa bertahan hidup. Mereka hanya menjawab saat ini kebijakan tersebut tidak berlaku untuk sektor fintech. Apakah ini cara Kredivo untuk membantu mencari jalan tengah dengan nasabah yang terkena pandemi? Mohon tim Kredivo pertimbangkan kembali.

Fensi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Fensi

Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Ibu Fensi di Media Konsumen tanggal 1 Juni 2020 yang berjudul “Penagihan Kredivo Menekan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Lunasi dan jangan lagi pinjam, dgn begitu lama kelamaan dc akan nganggur dan institusi peminjam closing. Semua kembali ke gaya hidup kita, resiko besar pasak drpd tiang dikejar² sama setan kredit

  • Hi Ibu Fensi,

    Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Terkait kendala yang Ibu Fensi alami dan untuk pengecekan lebih lanjut oleh tim terkait, mohon bantuanya untuk informasikan nomer ponsel yang terdaftar dengan mengirimkan ke email kami di support@kredivo.com subjek “Konfirmasi Media Konsumen” agar kami dapat menjelaskan terkait kendala yang Ibu Fensi alami ya. :)

    Salam Hangat
    Tim Kredivo