Kecepatan Internet Indihome Rata-Rata Hanya 50% dari Paket yang Saya Pilih

Dear Indihome,

Mau Sampai kapan kalian punya layanan buruk? Entah sudah berapa kali keluhan saya sampaikan melalui semua channel yang kalian punya tetapi ‘tuduhan’ kalian selalu mengenai jumlah perangkat terhubung dan FUP dan juga solusi yang kalian tawarkan hanya restart modem dan tunggu 10 menit. Itu pun tidak memperbaiki kecepatan yang akhirnya saya harus menghubungi kalian lagi dan call center akan menawarkan solusi yang sama.

Nama Saya Kevin dengan nomor pelanggan 88835 20311 00001 00001. Sejak awal saya berlangganan Indihome di paket basic 10 Mbps, tidak ada masalah yang signifikan, hanya sesekali turun ke 5-7 Mbps dan saya maklumi itu. Sempat turun ke 1-2 Mbps di akhir bulan tetapi juga saya maklumi karena penggunaan melewati FUP. Beberapa tahun sejak awal berlangganan saya maklumi karena terjadi tidak setiap hari.

Awal Mei 2020 saya melakukan upgrade kecepatan karena kebutuhan tambahan kuota untuk WFH. Nah, inilah awal keribetan saya. Selama 1 bulan hampir setiap hari saya harus bolak balik lapor gangguan di MyIndihome, telpon call center, dan dihubungi teknisi yang berbeda-beda untuk setiap laporan yang saya lakukan di hampir setiap hari tersebut.

Saya upgrade ke 30 Mbps, ya menurut saya cukuplah, karena selama ini dengan kuota dari speed 10 Mbps juga tidak ada masalah. Tetapi di 2 hari pertama sudah bermasalah, Kecepatan tidak stabil hanya sesekali saya dapat 30 Mbps, sebagian besar waktu saya cuma dapat rata2 di angka 15 Mbps (50% dari yang seharusnya saya dapat).

Kalau yang terjadi adalah sesekali kecepatan turun di waktu sibuk saya bisa maklum, tetapi ini justru sebaliknya, seolah2 saya berlangganan paket 20 Mbps (yang turun ke 15 Mbps masih bisa dimaklumi). Bahkan tiba-tiba speed bisa turun sampai 2 Mbps.

Kalian bisa bayangkan bagaimana rasanya menjadi customer kalian, membayar untuk 30 Mbps dan hanya dapat 2 Mbps. Mungkin ada yang akan berdalih, tetapi Indihome kan ‘Up-to’ bukan fixed. Saya juga paham itu, tetapi kalau provider berkualitas % turun harusnya tidak lebih dari 2% atau 5% lah. Bukan hanya tersisa 5% dan hilang 95% speed.

Mohon maaf saya tidak akan tulis nomor keluhan, bukti keluhan, bukti screenshot speedtest, bukti WA teknisi, dll. Karena sudah terlalu banyak. Silahkan kalian cek di database keluhan dibawah folder nomor pelanggan saya. Disana juga seharusnya kalian akan temukan 1 permintaan saya untuk kompensasi atas keburukan pelayanan kalian selama 1 bulan ini. Apa menurut kalian kompensasi yang seharusnya kalian tawarkan ke saya? Saya berlangganan 30 Mbps, Kalian berikan saya 50% dari hak yang seharusnya saya terima. Jangan kalian minta ke saya untuk bayar tagihan dulu baru kalian proses kemudian. Kalian tunaikan dulu kewajiban ke saya, baru kalian minta hak kalian untuk terima pembayaran dari saya.

Saya tahu, saya hanya konsumen rumahan kecil 30 Mbps, dan banyak pelanggan besar kalian se-Indonesia ini. Dan saya tahu, kalian berlindung dibalik nama BUMN, membuat posisi saya tidak menjadi tidak signifikan alias remeh. Tetapi saya juga tahu, dan mungkin kalian tahu bahwa bukan cuma saya yang mengalami hal ini. Dan kalau saya atau mereka ada pilihan provider lain yang masuk ke lokasi perumahan kami, kami tidak akan pikir panjang untuk memutus langganan dan pindah ke provider yang lebih serius.

Untuk provider lain, tolong masuk ke area Jl. Ratna, Jatikramat, Jatiasih Bekasi, karena kalian akan mendapatkan limpahan pelanggan baru dari Indihome.

Terimakasih

Salam

Kevin
Bekasi 17421

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Kevin

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Kevin pada tanggal 04 Juni...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • sama saya juga gan, semenjak upgrade dari 10mbps ke 20mbs saya malah dapet kecepatannya 50%, udah cape juga bikin laporan kepada pihak yang bersangkutan alasannya sama persis seperti yang tertera diatas.. kalau ada provider lain dilokasi saya seperti CBN dll mungkin saya sudah migrasi dari dulu. bisa lebih hemat juga.. CBN 300rb up to 50mbps koneksi stabil kalau turun paling sekitaran 2-5% itupun jarang banget down nya.. sedangkan indihome saya bayar kisaran 460rb untuk 20mbps itupun 50% nya ditelan bumi naik terus pula harganya dengan koneksi putus putus, bukan indihome namanya kalau tiada hari tanpa RTO wkwk :D kalau bukan karna kepaksa males juga sih saya bayar yang tidak seharusnya saya nikmati!

  • Speed rata2 50% sementara FUP secara teratur dikurangi secara otomatis & diam2... hahaha yakin deh kalau kompetitor semakin merata penyebarannya, bakalan habis pelanggannya.
    Heran memang perusahaan negara kok kualitas maupun performanya kayak gini.
    Ini memang manajemennya gak kerja (karena kok kayak berjalan auto-pilot gini), atau sejak jadul memang max BW & speed nya gak nambah, jadi promo2 penambahan speed & BW sebetulnya cuma tambal sulam (pelanggan baru dikasih waktu 1 bulan, setelah itu BW + speed + FUP dikurangi karena diberikan ke pelanggan yang lain), karena sebetulnya total yang dimiliki Tlekom ya cuma segitu2 aja?
    Belum lagi SOP nya yang masih zaman analog, apa2 mesti datang ke kantor, mesti pake deposit segala. Ya ampun, merek yang lain malah pelanggan baru gratis biaya pasang.

    Bersyukur di tempat saya kompetitor sudah masuk semua.