Tokopedia Tidak Mengembalikan Dana Secara Full atas Pembatalan oleh Sistem

CS Telah Dihubungi dan Hanya Mengumbar Janji

Kronologinya, seperti biasa saya berbelanja online dengan menggunakan Tokopedia. Karena laptop saya rusak maka saya ingin merakit sebuah PC komputer. Saya membeli salah satu part untuk merakit komputer tersebut yaitu motherboard. Setelah mencari motherboard yang saya inginkan, saya langsung melakukan orderan barang (motherboard) pada tanggal 21 April 2020 dengan menggunakan ekspedisi Sicepat.

Dikarenakan situasi dan kondisi yang kurang memungkinkan akibat pandemi Covid-19, pemerintah melakukan  kebijakan-kebijakan untuk melakukan pembatasan aktivitas dengan tujuan mengurangi penyebaran Covid-19. Salah satu kebijakan yang dilakukan yaitu penerbangan dihentikan oleh pemerintah.

Dengan adanya penghentian operasional pesawat maka pihak ekspedisi (Sicepat) tidak dapat mengirimkan paket tersebut, dan setelah menunggu cukup lama akhirnya diupdate bahwa paket saya akan dikembalikan ke pihak pengirim, dalam hal ini adalah toko penjual.

Barang pun akhirnya dikirim balik oleh pihak ekspedisi Sicepat dan sampai kepada penjual. Karena pada upadate resi telah sampai di alamat penjual, maka saya melakukan pengajuan komplain kepada Tokopedia, yang mana ingin dilakukan pengajuan pengembalian dana.

Dalam diskusi pengajuan pengembalian dana dikatakan oleh admin Tokopedia bahwa refund dana pengiriman dari ekspedisi “Sicepat” sedang dilakukan kepada pihak Sicepat dan masih menunggu tanggapan dari pihak ekspedisi tersebut.

Setelah melalui proses diskusi pengembalian dana yang memakan waktu sangat lama dan berbelit-belit, pada tanggal 16 Mei 2020 admin pada pusat resolusi Tokopedia akhirnya menyetujui pengembalian dana. Tapi dana yang direfund hanya seharga barang saja.

Sampai detik ini hampir sebulan lebih saya menunggu, tidak ada kepastian kabar lebih lanjut dari pihak Tokepedia mengenai pengembalian sisa dana refund yang belum dikembalikan. Padahal dibandingkan dengan saat saya melakukan pemesanan barang lain di marketplace Shopee, terjadi hal yang sama yaitu barang tidak dapat dikirim oleh pihak ekspedisi dan dikembalikan ke penjual; tapi pengajuan komplain pengembalian dana maka seluruh dana pembelian barang beserta ongkir langsung dikembalikan, tanpa berbelit-belit dan memakan waktu yang lama.

Filadelfia Sukwendy
Maluku

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Update terbaru :
    Setelah menulis keluhan dan tayang di media konsumen ini, pihak tokopedia langsung menghubungi saya terkait masalah pengembalian dana refund tersebut. Masalah telah terselesaikan dan dana telah kembali. Terima kasih

  • Masalah berbulan-bulan langsung terselesaikan begitu surat pembaca tayang.
    Kalau terus-menerus harus begini caranya supaya konsumen dapat haknya secara adil, ada baiknya korporasi2 menutup saja saluran CS nya.
    Tulis saja: CS melalui SP di MK.