Anteraja Tokopedia, Layanan Buruk yang Memberikan Kesan Scamming

Saya sebagai penjual di Tokopedia merasakan sangat kecewa atas ketidakmampuan Tokopedia menyelesaikan masalah atas paket pengiriman yang dilayani oleh Anteraja di platform Tokopedia.

Orderan masuk ke toko kami pada tanggal 24 April 2020. Setelah dilakukan request pickup, driver Anteraja tidak kunjung muncul. Hal pertama yang menjadi ketidakprofesionalannya pihak Anteraja adalah parcel kita sudah ready di-pickup disaat kita request pickup; tetapi menurut tracking Tokopedia, Anteraja reschedule pickup dengan alasan parcel belum ready?!

Tanggal 25 April 2020 akhirnya driver pickup pesanan. Seminggu kemudian pembeli melaporkan bahwa barang belum juga sampai, padahal pengiriman seharusnya paling lama 2 hari menurut janji kontrak Anteraja (pengiriman sesama Jabodetabek). Saya pun kontak ke pihak Anteraja untuk mengetahui apa yang terjadi.

Singkat cerita kita diminta untuk tunggu 7 hari untuk melacak apa yang terjadi sebelum barang bisa dinyatakan hilang. 7 hari kemudian setelah di-follow up akhirnya barang dinyatakan hilang. Kita pun membuka pusat resolusi di Tokopedia dikarenakan pembelian dilakukan di platform Tokopedia.

Sampai hari ini tanggal 10 Juni 2020 masih juga belum ada penyelesaian dari pihak Anteraja maupun pihak Tokopedia, yang lebih pahitnya lagi ga ada ETA kapan ini akan dipertanggungjawabkan, walaupun waktu 1 minggu yang diminta untuk investigasi sudah lewat 5 minggu lalu. Di mana letak keprofesionalitasan kalian, TOKOPEDIA dan ANTERAJA?

Steef Vendy
Narogong, Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Steef Vendy

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Steef Vendy yang berjudul: “Anteraja Tokopedia, Layanan Buruk yang Memberikan Kesan Scamming” di mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Update: Transaksi akhirnya dapat terselesaikan dengan baik (dana dikembalikan ke konsumen dan penjual).

      Himbauan untuk pihak Tokopedia dan AnterAja mohon kedepannya konsumen lebih di perhatikan jangan sampai diterlantarkan 5 minggu dan setelah masuk mediakonsumen baru di gubris.

      • LOL di zaman now ini memang banyak perusahaan "memindahkan" CS nya ke kolom SP di MK ini. Bahkan kemarin saya juga komen hal ini di SP yang lain.

        Saya juga sedang ancang2 menulis SP soal refund tiket pesawat...
        Sementara sedang saya kasih kesempatan si CS resmi dulu untuk menyelesaikan keluhan saya.
        Benar2 gak masuk di akal kalau masalah berbulan-bulan bisa selesai 1 hari saja setelah SP tayang. Maunya apa sih para korporasi ini?

      • saya pun siap2 mau nulis disini jika masalah saya dgn Tokopedia dan Anteraja tidak terselesaikan

  • ikutan mo nulis disini jg ah nanti kalo masalah saya dengan Tokopedia - AnterAja tidak bisa terselesaikan dalam waktu dekat ini

  • Saya juga mengalami hal serupa beli barang di tokped. Saya ada order obat suplemen disalah satu merchant yg ada di kota Jogjakarta tgl 26 oktober dengan seingat saya pilih kurir JNE REG dan barang saya dikirim pada hari yg sama dgn no resi TKP01 gw kirain TKP ini TIKI jadi saya tidak begitu permasalahkan karena JNE sama TIKI cukup bagus pengiriman tepat waktu. Begitu saya lacak tgl 28 oktober kok barang saya keluar masuk jogya terus dari cabang ke cabang padahal sudah seharusnya dikirimkan ketempat saya di kota medan. Saya langsung tanyakan ke penjual katanya saya pilih kurir rekomendasi jadi diarahkan tokped pakai kurir anteraja. Baru pertama kali ini saya tahu ada kurir ANTERAJA. Saya telp langsung ke call center yg ada diwebsite anteraja tanyakan paket saya ternyata paket saya tidak bisa dikirimkan karena daerah medan tidak tercover dan disuruh hubungi pihak tokped untuk masalah ini.

    Saya cukup terkejut untuk perusahaan sebesar TOKOPEDIA ini bisa-bisanya asal merekomendasikan kurir ANTERAJA untuk mengirimkan barang yang tidak tercover wilayahnya. Apakah waktu pengiriman tidak adakah crosscheck dengan kurir bahwa paket tersebut tidak bisa dikirim karena tidak masuk dalam wilayah jangkauan.

    Sampai sekarang tgl 30 oktober masih tidak ada kejelasan barang saya sampai dimana ? Update resi terakhir tgl 28 oktober barang saya di Jakarta. Kenapa bisa dari Jogja ke Jakarta ? Padahal alamat saya di kota MEDAN. Saya disuruh tunggu terus oleh pihak TOKOPEDIA tapi tidak ada batas kepastian waktunya. Mohon tanggung jawab pihak TOKOPEDIA, jangan lepas tangan karena pihak anda merekomendasikan dan saya ada bayar uang jasa perusahaan anda.