Surat Pembaca

11 Hari Tidak Ada Kejelasan dari Pihak JNE Layanan JTR

Bermula ketika,

Saya melakukan pembelian sebuah ranjang keinginan orang tua melalui Shopee pada tanggal 02 Juni 2020. Seller melakukan pengiriman ke pihak JNE Sukabumi pada tanggal 03 Juni 2020. Pada tanggal 05 juni 2020 paket saya tiba di rumah dalam bentuk seikat kayu (koli 1).

Saya membuat laporan pengaduan ke JNE dengan no Tiket / Pelaporan CAS14593126 menyatakan bahwa pada pengiriman tersebut dengan no resi 3400506360009 benar diterima oleh pihak JNE sebanyak 3 koli namun hanya tiba dipenerima (saya) sebanyak 1 koli. Pada saat pembuatan laporan tersebut saya sudah memberikan informasi secara lengkap kepada pihak JNE seperti jenis barang, ciri kemasan, isi tiap koli, alamat detail, dan no hp saya.

Koli ke 2 tiba pada tanggal 06 Juni 2020 lalu saya menghubungi pihak JNE bahwa paket yang kurang sudah sampai namun masih kurang 1 koli. Pihak JNE menjelaskan akan melakukan investigasi lebih lanjut saat itu dengan waktu maksimal pada tanggal 15 juni 2020.

Pada hari berikutnya yaitu 07 Juni 2020 saya menghubungi pihak JNE lagi pada no 021-50868880 perihal CAS14593126 dan menerima jawaban bahwa masih dalam investigasi tim terkait maksimal tanggal 15 juni 2020. Pada tanggal 08 dan 09 Juni 2020 saya menghubungi kembali Pihak JNE dan hanya mendapatkan response yang sama.

Pada tanggal 11 Juni 2020 saya membuat email ke customercare@jne.co.id dengan menjelaskan serinci mungkin atas kendala CAS14593126 namun tidak ada respon maupun balasan. Pada hari yang sama saya juga melakukan komplain melalui DM Twitter namun baru mendapat respon pada tanggal 13 juni 2020 yang menyatakan tiket tersebut masih ditangani oleh tim terkait.

Pada tanggal 13 Juni 2020 saya juga mendapatkan telepon dari no (0266) 6245599 menyatakan dari JNE Sukabumi dan hanya menginformasikan bahwa tiket saya masih proses pencarian. Masih ditelepon yang sama saya menyatakan untuk menganggap hilang saja oleh pihak jne agar si pengirim (penjual) dapat melakukan klaim jika sampai hari itu tidak ditemukan.

Masih ditanggal yang sama saya mendapatkan telepon dari no (0266) 217321 menyatakn dari pihak JNE Sukabumi dan menginformasikan bahwa kekurangan koli saya sudah ditemukan Tangerang dan akan dikirim ke alamat saya di Bekasi.

Namun karena hingga pagi ini tidak ada kabar, saya menghubungi kembali JNE di no (021) 2927 8888 dan menanyakan perihal CAS14593126 lalu JNE hanya menjawab bahwa tiket tersebut masih dalam proses investigasi oleh tim terkait dan mohon menunggu 7 hari kerja saat tiket ini difollow up.

Yang saya rasakan saat ini sungguh kecewa dengan pihak JNE tidak secara profesional menangani keluhan pelanggan. Saya sangat frustasi dan pusing memikirkan ini setiap hari. Pelajaran saya untuk kedepannya untuk tidak menggunakan jasa layanan kurir JNE agar terhindar dari masalah dikemudian hari.

Muhammad Sadam Sadewa
Bekasi, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 18/6/2020): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Barang sy dari jakarta ke serang banten, sudah 7 hari status masih tetap di sorting center Jakarta,

    Jika alasan PSBB sepertinya sulit diterima, karena paket lain sama2 dari jakarta menggunakan JNT sudah datang normal..

    Banyak sekali keluhan yg hampir sama, di FB, twitter, IG

  • saran saya seharusnya waktu hari pertama paket yg datang cuma satu koli jangan diterima, karena tidak sesuai yang harusnya 3 koli tapi datang cuma 1 koli.

  • Pesanan saya dikirim tanggal 16 sampai saat ini belum ada pergerakan masih di counter jakarta...tolong pihak jne lebih dibenahi lagi. Saya beli karna saya butuh.

  • Paketan aaya 16kg fr Sukabumi ke Bandung pun tersendat. 24 jam berhenti di tengah jalan... Gk mau laju. Mana itu barang udah ditunggu oleh sekian Cuatomer saya. Pertama kali pakai JTR. Sangat sangat kecewa.

    • Saya juga beli bufet rotan warna hijau putih dari toko di shoppe yg sistemnya termasuk ongkir...yg mana brg belum diterima tapi status dishoppe selesai emang barangnya gede ongkir dr cirebon ke pkl pinang 60rb mungkin lama ya tp hampir sebulan blm ada juga barangnya saya komplain ke penjualnya tidak mau tg jwab krn saya beri nilai 1 pd tokonya danmarah pd sellernya chatt gak dibls cm dua kali dibales katanya kendala ada pd JNE ini lagi diurus dan minta nilai diperbaiki enak aja barang blm ada tp uang sudah lenyap...saya minta resipun gak diksh sehingga susah untk melacak..dasar seller dan pengiriman tidk tg jawab...semoga ada barangnya

Penulis
Muhammad