Top Up DANA dan Refill Pulsa Prabayar Tidak Masuk, Apakah Nomor XL Diretas?

Saya adalah pengguna setia kartu XL sejak tahun 1998. Begitu juga keluarga besar saya hampir semuanya pengguna kartu XL. Termasuk istri saya. Untuk isi ulang pulsa dan paket data ke nomor XL istri saya, saya secara rutin yang melakukannya termasuk top up ke rekening DANA agar istri saya bisa transaksi di marketplace Bukalapak dan Shopee juga.

Hanya per hari Minggu, 14 Juni 2020 saya mulai melihat ada sesuatu yang tidak beres di nomor XL istri saya.
Kejadian pertama, sekitar pukul 8 malam, hari Minggu 14 Juni 2020 kami dikejutkan bunyi dering (nada masuk) dari hape XL ibu mertua saya dan pada saat yang bersamaan hape istri saya juga melakukan ‘dial’ sendiri ke nomor XL ibunya. Padahal kedua HP yang bersebelahan itu sedang dalam posisi standby dan berada di atas buffet yang sama. Ini berlangsung dalam hitungan detik, karena saat mau dilihat kenapa terjadi seperti itu kedua hape langsung berhenti.

Kedua, pada hari Senin 15 Juni 2020 pukul 22:04 saya melakukan top up ke rekening DANA istri saya sebesar Rp.100.000,- dan status transaksi berhasil. Tetapi saya cek di rekening DANA istri saya tidak ada masuk transaksi tersebut. Saya melakukan transfer ini dari rekening Bank Permata saya.

Ketiga, pada selasa 16 Juni 2020 pukul 08:16, saya melakukan isi ulang ke nomor HP XL istri saya (0878-808946**) sebesar Rp.15.000,- tetapi lagi-lagi saldo tidak bertambah meskipun status transaksi berhasil. Transaksi ini pun saya lakukan dari rekening Permata Preffered saya.

Dari kejadian ini, bagaimana pihak XL mempertanggungjawabkan hal ini. Apakah ada oknum/ pihak “orang dalam” yang masuk ke sistem provider XL sendiri ?

Artinya, nomor XL istri saya sudah TIDAK AMAN karena mungkin sudah di-DUPLIKASI. Karena transaksi isi pulsa dan top up berapapun TIDAK MASUK ke nomor istri saya. Dan saya sudah pastikan semua transaksi internet banking saya tersebut sudah berhasil (saya juga sudah uji dengan transfer ke rekening Shoppee Pay saya).

Mungkin kejadian ini akan menjadi pelajaran sangat berharga bagi saya dan semua keluarga saya. Semoga saya bisa mendapatkan jawaban yang pasti dari pihak XL dan saya minta tanggungjawabnya. Sungguh mengecewakan.

Terima kasih.

P. Kusmana
08187387**
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: