Surat Pembaca

Shopee Lambat dalam Pengembalian Dana Transaksi Pembelian yang Dibatalkan

Pada tanggal 4 Juni 2020 saya memesan produk HP dari penjual toko PEMBELIAMANAH1 di Shopee. Namun sampai batas waktu yang telah ditentukan pihak penjual tidak memproses dan mengirim barang. Sehingga tanggal 10 Juni pihak Shopee membatalkan otomatis secara sistem, dengan pemberitahuan bahwa dana akan dikembalikan 1 x 24 jam.

Namun sampai pada tanggal 11 Juni 2020 dana belum masuk (terlampir data transaksi Shopee Pay terakhir 09 Juni dengan saldo sisa Rp20 ribu). Semua prosedur sudah saya lalui baik chat live maupun lewat email setiap hari, tapi sampai tanggal 16 Juni 2020 dana belum dikembalikan.

Sampai kapan Shopee akan menahan dana saya dan akan mengembalikan hak saya? Mohon tanggapan dari pihak Shopee.

Yuni Setiyawan
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Akhirnya pihak shopee telah menghubungi saya dan masalah sudah clear.
    Semoga pelayanan shopee lebih baik dan lebih detail dalam menjelaskan penyelesaian setiap masalah/kendala.

    Terimakasih

    • Saya jg pernah mengalami nasib yg sama.
      Saya trauma belanja di Shopee .
      Tolong Shopee agar komitmen dengan waktu.
      Jika sampai batas estimasi tanggal yang ditentukan penjual belum mengirimkan barang pesanan kita, mohon pesanan harus sudah terbatalkan otomatis by system. Bukannya malah masih "dikemas" sampai berhari².
      Itu malah bikin kita sebagai buyer berada dalam posisi yg bingung dan tidak pasti.

      Ini sudah lewat dari tanggal batas estimasi bahwa pesanan harus sudah dikirim. Ditulis di web "sebelum tanggal 9" .

      Artinya batas waktu penjual harus sudah kirim barang adalah sebelum tanggal 9 yaitu tgl 8.
      Kita gk mau tau, apa penjual sudah masukin no resi atau belum. Kita gk butuh no resi, percumah dikasih no resi tapi pesanan belum dikirim dan masih dikemas. Itu cm akal²an dari sellernya aja spy pesanan gk terbatalkan, iya kan..

      Jd jangan alasan penjual sudah input resi jadi kita harus tunggu dari sampai 3 hari dari tanggal yg tertera di web.

      Tapi yg terjadi adalah sy harus tunggu 3 hari dr tanggal yg telah tertera di web. Jadi saya harus tunggu sampai tanggal 11. Pun setelah saya tunggu sampai tanggal 11, masih harus tunggu penyelidikan dari tim terkait 1 sampai 3 hari kerja. Dan selama periode menunggu, status pesanan masih "Dikemas".
      Jadi bingung kita, ini pesanan kita apa masih bisa dikirim atau enggak, kalau masih bisa dikirim kan udah lewat tanggal, tapi klo batal kok status masih dikemas.

      The question is, terus dimana pembatalan otomatis nya yg harus dilakukan oleh system ?
      Dimana Automatically Canceled by system ?
      Ini bukan automatically canceled tapi manually canceled menurut saya.

      Emang duid sy udah balik. Dan all problems is clear.
      Tp komitmen anda terhadap waktu yg telah anda tentukan itu yg tidak bisa anda garansi.
      Alias masih molor².

      Semoga ini bs jd masukkan untuk tim shopee.

    • Kak .. bantu ak dong .. ak juga sama . Belum apa pengembalian dana saya juga beli hp . Dan brang pre order nya ksong .
      Saya harus gimana ya kak . Karna uang hp 3 juta lebih kak . Bantu saran kak

    • mbk, dana nya uda di kembalikan kan lagi blm mbk skrng ?
      soalnya saya mengalami hal yg sama, uda 3 hari blm ada pengembalian dana jga, membuat saya galau,,,

  • Saya juga baru saja mengalami. Shopee sangat alot dalam mengembalikan uang saya yg transaksinya otomatis cancel krn penjual mangkir. Saya dipaksa mengaktifkan shopee pay, jika tdk mengaktifkan maka harus menunggu 1x24 jam baru bisa meminta masuk rek. Selanjutnya proses menambahkan info rek juga dipersulit sehingga uang saya hampir seminggu belum kembali. Shopee sama sekali tidak memihak pembeli, justru makin mempersulitpembeli yang sudah dirugikan/dibohongi penjual. Pembeli mau minta kembali uangnya sendiri saja susahnya bukan main. Kapok trx di shopee. Di market place lain dana kita kembali dalam hitungan menit.

  • Saya juga mengalami hal yang serupa, tapi dalam kasus saya si penjual meminta untuk memesan di akun dia yang lain alhasil saya pun membatalkan pemesanan saya. Untuk pengembalian dana, saya diminta menambahkan no rekening bank agar pengembalian dana bisa dilakukan akan tetapi setelah saya menambahkan rekening keesokan harinya mendapat email lagi bahwa pengembalian dana dilakukan di shopee pay dan meminta tanggal login terakhir saya dan screenshoot halaman shopee pay setelah saya mengirim kedua hal tersebut berselang 3-4 jam saya mendapat email balasan bahwa pengembalian dana akan dikirim ke no rekening saya dan no rekening saya yang sudah saya tambahkan sebelumnya mendapat penolakan dari pihak bank terkait padahal no rekening nya masih aktif dan kartu atm nya masih saya gunakan sampai saat ini. Shopee meminta untuk menambahkan no rekening lain dan akhirnya saya membuat rekening baru dari bank yang berada di halaman shopee pay. Setelah menambahkan no rekening yang baru saya mengirimkan bukti ke shopee halaman depan rekening saya , setelah itu mendapat balasan dari shopee bahwa pengembalian dana akan dilakukan ke no rekening seabank tersebut dengan estimasi waktu 3x24 jam hari kerja.

    Disini saya sebagai konsumen atau pembeli merasa dirugikan karena dari pihak shopee terkesan menahan uang saya dan untuk mendapatkan kembali uang saya harus melalui prosedur yang sangat panjang dan berbelit-belit.